10 Ide Bisnis StartUp Paling Potensial di 2019, Layak untuk Dicoba!

Perkembangan teknologi yang semakin modern didukung dengan akses internet, memang membuat bisnis start-up mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Nama-nama seperti Grab dan GO-JEK adalah bukti nyata perusahaan start-up mampu meraih status sebagai Decacorn dengan nilai perusahaan lebih dari USD 10 miliar.

Kesuksesan dua perusahaan teknologi transportasi online itu akhirnya menginspirasi banyak enterpreneur untuk menjajaki bisnis start-up. Bicara soal start-up, sebetulnya tidaklah identik dengan perusahaan teknologi semata. Karena start-up adalah tahapan awal sebuah bisnis. Hanya saja kemunculan start-up berbarengan dengan kemajuan teknologi internet sehingga start-up lebih dikaitkan dengan dunia digital.

Mayoritas penggerak bisnis start-up adalah kalangan muda masa kini alias generasi milenial. Tidak sulit sebetulnya untuk mengembangkan bisnis start-up, asalkan Anda memiliki ide inovatif yang mampu menarik perhatian investor supaya bersedia menanamkan modal dan mengembangkan perusahaan. Nah, berikut ini adalah ulasan beberapa ide bisnis start-up yang layak Anda coba tahun 2019 ini.

Inilah Rekomendasi 10 Ide Bisnis Start-Up Paling Menarik Yang Layak Dicoba

1. Kebutuhan Akan Hiburan

Ide bisnis start-up kebutuhan akan hiburan

Semua orang jelas butuh akan hiburan. Dan perkembangan teknologi membuat tren akan hiburan semakin modern. Kalau dulu mungkin didapat dari TV dan radio, saat ini semua tergantikan oleh internet. Tak heran jika keberadaan Youtube dan penyedia layanan TV berlangganan/streaming online seperti HBO, Netflix, VIU atau Iflix semakin tinggi peminatnya.

Gaya hidup mobile adalah alasan kuat kenapa hiburan lewat internet jauh lebih berkembang pesat dibandingkan TV. Hal ini bisa jadi peluang bisnis start-up yang bisa Anda geluti. Misalkan saja Anda memiliki ide start-up video film, penyedia tautan serial drama favorit hingga kumpulan lagu. Bukan tak mungkin start-up Anda juga bisa jadi tempat di mana content creator berkumpul selayaknya Tik-Tok hingga Youtube.

2. Akses Layanan Online

Baca juga: 10 Perusahaan Fintech Indonesia Paling Berkembang saat ini

Di zaman yang serba modern ini, masyarakat semakin malas keluar rumah dan menginginkan semua hal berjalan praktis. Mulai dari membeli barang, membayar sesuatu hingga mengantarkan makanan, kalau bisa dilakukan secara online.

Dari fakta ini, Anda bisa memulai ide bisnis start-up dengan menawarkan berbagai akses layanan online. Misalkan saja jasa pesan-antar makanan, ambil-kirim barang, pesan tiket transportasi umum, pembelian token listrik hingga guru privat online. Semakin membuat kehidupan jadi lebih praktis, start-up Anda bakal makin populer.

3. Dunia Perempuan

Ide bisnis start-up dunia perempuan

Ketahuilah bahwa perempuan memiliki pola yang sangat menarik dalam mengakses internet. Kecenderungan mereka untuk mencari gosip selebritis, tips-tips kecantikan, resep makanan hingga video kucing lucu di internet bisa menjadi peluang besar dalam bisnis start-up. Untuk itulah Anda bisa mengembangkan start-up yang khusus mengulas dunia perempuan.

4. Dunia Anak

Sama seperti perempuan, anak-anak juga punya potensi besar dalam start-up. Apalagi saat ini, banyak orangtua sudah membiasakan buah hati mereka memiliki gawai. Karena itu bisnis start-up yang menyediakan berbagai macam hiburan mulai dari video, permainan hingga pendidikan khusus anak bakal memiliki potensi yang sangat besar.

Bukan hanya bakal membantu anak memperoleh konten di internet, start-up dunia anak juga berpeluang diakses oleh orangtua juga. Sehingga Anda bisa menyediakan berbagai kebutuhan tips perawatan anak, tips pendidikan anak atau mungkin serba-serbi dunia anak yang menarik lainnya.

5. Konsultasi Kesehatan

Ide bisnis start-up konsultasi kesehatan

Kelak di masa depan, rumah sakit dan klinik kesehatan mungkin akan tergantikan oleh sebuah aplikasi konsultasi kesehatan. Bahkan saat ini, sudah banyak masyarakat modern yang memilih untuk berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi online di gawai mereka. Hal ini tak lepas dari kebiasaan masyarakat yang begitu tergantung pada internet.

Di Inggris misalnya, diperkirakan pada tahun 2025 nanti pangsa pasar aplikasi medis bisa mencapai USD 11,2 miliar. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang lebih besar, jelas nilai bisnisnya bakal jauh lebih tinggi. Untuk itulah ide bisnis start-up konsultasi kesehatan akan sangat berpotensi. Anda bisa menghubungkan para dokter, pasien, apoteker dengan pasien secara online.

6. Jasa Penerjemah

Era globalisasi membuat masyarakat dunia harus bersatu padu dalam satu bahasa internasional. Tidak hanya untuk kebutuhan pendidikan, tapi semakin luas hingga ke bidang industri, politik hingga ekonomi. Apalagi dengan diterapkannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), hubungan diplomatik antar negara bakal semakin berkembang.

Untuk itulah jasa penerjemah bakal menjadi bidang yang begitu dibutuhkan banyak orang. Sehingga ide bisnis start-up yang menghimpun para penerjemah bisa menjadi sebuah perusahaan dengan potensi sangat besar.

7. Perawatan Hewan

Semakin berkembang ekonomi sebuah keluarga, kecenderungan untuk memiliki hewan peliharaan juga makin tinggi. Untuk itulah Anda bisa mengembangkan jasa perawatan hewan mewah entah untuk anjing, kucing atau reptil. Bisnis start-up yang menyediakan layanan perawatan hewan mewah ini diprediksi cepat berkembang karena sudah memiliki pasar tersendiri.

8. Virtual dan Augmented Reality

Ide bisnis start-up Virtual Augmented Reality
Ide bisnis start-up Virtual Augmented Reality

Keberadaan teknologi Virtual Reality (VR) serta Augmented Reality (AR) memang dianggap sebagai salah satu inovasi terbaik manusia. Layaknya film-film Hollywood berefek super canggih, VR dan AR membantu manusia untuk merasakan sebuah dunia digital yang tampak benar-benar nyata. Bahkan ke depannya, teknologi VR dan AR bisa diterapkan dalam berbagai bidang.

Meskipun saat ini game menjadi industri terbesar yang memanfaatkan keberadaan VR dan AR, ke depannya berbagai bidang kehidupan akan mulai mengembangkan dua teknologi ini. Sehingga ide start-up yang menggunakan VR dan AR dipandang banyak investor punya masa depan cerah sehingga sangat menarik untuk dikembangkan.

9. Layanan Pemerintahan

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak urusan pemerintahan yang sudah ketinggalan zaman. Di saat semua hal serba digital, tidak semua aparatur negara cukup memahami teknologi masa kini. Untuk itulah ide bisnis start-up yang membantu kinerja pemerintahan jadi lebih modern memiliki potensi yang begitu besar.

Baca juga: 8 Peluang Usaha untuk Anda Lulusan SMA/ SMK, Anda Bisa Sukses!

Anda bisa coba menyasar klien pemerintah seperti menciptakan sebuah database digital untuk warga usia produktif, simulasi bencana alam hingga kepentingan sosial ekonomi lainnya yang memiliki manfaat luas. Bukan tak mungkin start-up Anda bisa dilirik oleh pemerintah di skala yang lebih luas hingga tingkat nasional sehingga memberikan keuntungan lebih besar.

10. Dunia Pendidikan

Saat ini pendidikan tidak hanya bisa diperoleh di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi saja. Kembali lagi kepada gaya hidup masyarakat modern yang serba mobile, Anda bisa memanfaatkan peluang dengan mengembangkan ide bisnis start-up dunia pendidikan. Menggabungkan perihal teknologi, ciptakan aplikasi khusus di mana guru dan murid bisa saling berbagi secara online.

Tidak hanya pendidikan ilmu-ilmu konvensional, aplikasi ini juga bisa memberikan ilmu non formal seperti kerajinan menjahit, bengkel hingga salon yang tentunya dibutuhkan masyarakat lebih luas lainnya. Aplikasi start-up teknologi pendidikan seperti inilah yang bisa dikembangkan di negara berkembang seperti Indonesia untuk memangkas jumlah pengangguran.

Sebetulnya masih ada banyak sekali ide-ide bisnis start-up yang bisa dikembangkan. Hal ini membuktikan kalau ada banyak sekali bidang kehidupan yang menuntut perkembangan ke arah modern. Dengan bisnis yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, maka usaha start-up Anda bakal bisa bertahan dan terus berkembang sesuai zaman.

Loading...