8 Ide Bisnis untuk Pria saat Bulan Puasa yang Bikin Cepat Jadi Jutawan

Bukan rahasia umum lagi jika memulai bisnis di bulan suci Ramadan menjadi sebuah momen yang sangat dinantikan. Apalagi jelang Hari Raya Idul Fitri, para pekerja jelas akan memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR) dari kantor masing-masing. Kalau sudah begini, masyarakat akan membebaskan perilaku konsumtif mereka dikarenakan memang ingin memenuhi banyak hal kebutuhan sehari-hari.

Beberapa hal yang laris dibeli saat Ramadan jelas adalah makanan dan minuman untuk santap sahur serta berbuka. Namun selain itu, berbagai item fashion entah pakaian, celana hingga sepatu juga laris manis penjualannya di saat Ramadan. Tidak ingin ketinggalan peluang meraup rezeki sebanyak mungkin di saat Ramadan? Maka Anda harus pintar dalam menentukan bisnis yang bakal dikelola.

Bicara soal bisnis di bulan suci Ramadan, kaum pria pun memiliki peluang besar untuk bisa menambah penghasilan. Memang apa saja sih bentuk-bentuk bisnis yang bisa dilakukan para pria saat Ramadan tiba? Ulasan berikut ini jelas layak jadi pertimbangan Anda!

Rekomendasi 8 Ide Bisnis Saat Ramadan Untuk Para Pria

1. Jual Perlengkapan Ibadah

usaha jualan jilban pada bulan puasa

Seperti yang sudah diketahui hampir semua orang, Ramadan adalah bulan mulia di mana seluruh umat muslim diharuskan berlomba-lomba memperbanyak ibadah. Tak hanya puasa, ibadah salat juga harus diperkuat hingga puncaknya di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Karena kebutuhan beribadah inilah, peluang bisnis jual-beli perlengkapan ibadah sangatlah cocok.

Baca juga : 10 makanan yang cocok dijual saat bulan ramadhan tiba

Tidak perlu seperti jualan busana muslim atau hijab yang mungkin harus memahami tren fashion yang mungkin dikuasai perempuan, jual perlengkapan ibadah tidak bikin para pria bingung. Anda tinggal menawarkan kitab suci Alquran beserta terjemahannya dalam berbagai bentuk dan harga, lalu jualan tasbih, sajadah, sarung hingga peci. Bahkan berjualan buku-buku kisah para Nabi dan Rasul hingga sejarah Islam juga sudah menguntungkan.

2. Jual Petasan dan Kembang Api

Bisnis jualan kembang api

Meskipun zaman sudah berubah makin modern, nuansa Ramadan tidak akan semarak tanpa kehadiran kembang api. Anak-anak yang bermain petasan usai salat Tarawih hingga sesaat sebelum sahur sepertinya sudah menjadi pertanda Ramadhan tiba. Membaca peluang tersebut, Anda bisa mencoba berjualan petasan atau kembang api. Tak perlu memiliki lapak di pasar, Anda bisa berjualan dengan memanfaatkan kendaraan.

Baca juga : 5 peluang usaha fashion di bulan puasa yang bakal ramai

Hanya saja jika berjualan di tempat umum, Anda harus waspada mengingat pemerintah biasanya melarang kehadiran petasan. Demi tetap menjaga diri sendiri, para pedagang petasan pun pilih beralih jualan kembang api. Namun kalau Anda masih tetap was-was dan khawatir, cobalah berjualan secara online di platform media sosial entah Facebook atau Instagram.

3. Usaha Parcel Lebaran

Usaha parcel lebaran

Parcel Lebaran adalah salah satu bisnis paling menggiurkan di bulan Ramadan. Semakin dekat Idul Fitri, jumlah peminatnya juga terus bertambah. Sehingga menjadi pilihan tepat kalau Anda mencoba memulainya. Tawarkan parcel Anda dengan harga yang cukup kompetitif dengan tampilan yang cantik serta barang berkualitas. Mayoritas konsumen parcel memang kalangan menengah ke atas sehingga Anda harus kreatif.

Dalam memilih barang-barang yang dirangkai di dalam parcel, Anda tidak boleh sembrono dan pastikan semuanya masih aman dikonsumsi. Dengan menjadi penjual parcel bertanggung jawab, Anda tentu akan memperoleh banyak rekomendasi dan usaha bakal laris manis.

4. Bisnis Rental Mobil Saat Mudik

Ide bisnis  bagi pria saat lebaran
© oakvilleinsurance.com

Pria selalu identik dengan kendaraan bermotor, untuk itulah bisnis rental mobil saat mudik Lebaran bakal jadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Bahkan harga sewa mobil di saat Lebaran bisa meningkat hingga tiga-lima kali lipat. Tak perlu khawatir kalau mobil yang Anda miliki hanya satu, karena Anda bisa melakukan joint bisnis dengan sejawat.

Supaya bisnis rental mobil tidak bikin kecewa, pastikan jika konsumen yang akan menyewa benar-benar terpercaya. Bahkan kalau perlu, pasang pelacak GPS di mobil Anda supaya bisa sesuai dengan lokasi si penyewa. Agar lebih aman, sediakan pula tenaga sopir untuk rental mobil karena itu juga bisa menambah pundi-pundi uang Anda.

5. Jalankan Usaha Laundry

© chatthillcountry.org

Banyak yang tidak sadar kalau usaha laundry sangat cocok dijalankan saat Ramadan. Ada beragam alasan orang enggan cuci baju misalkan saja lemas karena puasa hingga sibuk karena pekerjaan harus selesai sebelum libur Lebaran. Di sinilah peluang bisnis bisa Anda jalankan. Terlebih jelang Lebaran, akan ada banyak Asisten Rumah Tangga (ART) yang libur sehingga bukan tak mungkin masyarakat bakal butuh laundry.

Lakukan bisnis laundry secara tekun, menjaga kepecayaan konsumen dan memberikan pelayanan terbaik. Bukan tak mungkin kalau nanti akhirnya usaha Anda tetap laris manis dan lancar jaya dijalankan sekalipun Ramadhan sudah usai.

6. Jasa Pencucian dan Servis Kendaraan Bermotor

Usaha jasa rental mobil

Sama seperti laundry, jasa pencucian kendaraan bermotor juga berpeluang laris manis saat Ramadan. Alasannya pun hampir mirip yakni banyak orang malas dan tak punya waktu mencuci kendaraan. Anda pun bisa menambah pendapatan dengan fasilitas servis kendaraan seperti tambal ban, ganti oli, ganti aki atau mungkin cek mesin.

Jika memiliki hunian yang strategis seperti pinggir jalan raya yang ramai dilewati saat arus mudik atau balik lebaran, jasa pencucian sekaligus servis kendaraan bermotor bakal sangat dibutuhkan. Karena para pemudik biasanya akan berhenti untuk sekedar mengecek kondisi mesin kendaraan.

7. Jasa Antar-Jemput Barang

© marketing.co,id

Kalau perempuan biasanya berjualan lewat toko online entah kue kering, fashion Ramadan, beragam takjil jelang berbuka atau paket sahur, maka Anda sebagai pria bisa memanfaatkannya sebagai bisnis antar barang. Yap, peluang usaha yang kerap disebut kurir ini justru begitu banyak peminatnya di saat puasa. Karena biasanya banyak orang lebih memilih belanja online dan menunggu di rumah daripada harus pergi ke pusat perbelanjaan.

Supaya laris, pastikan Anda memasang tarif kurir dengan terjangkau dan kompetitif. Berikan pelayanan maksimal serta bertanggung jawab. Di saat banyak kurir lain mulai libur karena mau mudik, Anda yang tak punya rencana mudik bisa tetap menawarkan jasa kurir. Bukan tak mungkin para pemilik toko online akan sangat membutuhkan Anda.

8. Bisnis Travel dan Penjualan Tiket

Saat Lebaran, pemerintah dan perusahaan swasta akan menetapkan hari libur bersama. Hal ini membuat banyak masyarakat ingin menghabiskan waktu di kampung halaman. Apa peluang bisnis yang bisa dilakukan dari kondisi ini? Jual tiket perjalanan sekaligus bisnis travel. Anda bisa menawarkan paket liburan ke suatu tempat usai Idul Fitri karena biasanya tinggi peminat.

Bahkan harga tiket perjalanan entah kereta api, kapal laut, bus malam hingga pesawa terbang bisa melonjak. Tentu sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan memenuhi seluruh kebutuhan pemudik.

Bagaimana? Ternyata bukan hanya perempuan dan ibu-ibu saja kan yang bisa meraup untung besar saat Ramadan? Anda para pria pun harus membuktikan kalau bisa memanfaatkan peluang. Namun tetap ingat, jangan sampai kesibukan berbisnis membuat Anda lupa akan kewajiban menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan.

Loading...