Inilah 10 Ide Bisnis Paling Menguntungkan untuk Single Moms, Pasti Sukses!

Menjadi seorang single moms atau single mother alias ibu tunggal memang bukanlah sesuatu yang mudah. Rasa-rasanya tak ada seorang perempuan pun di dunia ini yang ingin hidup sendiri ketika sudah menikah kelak. Namun kadang, nasib membawa perempuan harus menjalani kehidupan rumah tangga tanpa suami.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang perempuan jadi janda seperti perceraian hingga kematian suami. Tentu menjalani rumah tangga, merawat buah hati sendiri tanpa sosok kepala keluarga sangatlah berat. Karena itulah menjadi single moms kerap kali menjadi hal yang dihindari perempuan.

Selain karena sangat berat dalam hal finansial keluarga, single moms juga harus siap dengan stigma buruk sebagai seorang janda. Namun tenang, menjadi single moms bukanlah neraka dan akhir segalanya. Perempuan adalah sosok kuat yang bahkan tetap bisa tegar untuk buah hati sekalipun hidup mereka berat.

Bagi Anda yang kini tengah menjalani kerasnya kehidupan ibu tunggal, berikut ini adalah beberapa ide bisnis menguntungkan yang layak dicoba. Karena seperti layaknya seorang lajak atau perempuan beristri, single moms patut untuk bahagia dan bahkan menjalani kehidupan yang sejahtera finansial.

Baca juga: 10+ Peluang Bisnis Terbaik dan Menjanjikan Bagi Pemula 2020

10 Ide Bisnis Menjanjikan dengan Untung Besar Bagi Single Moms!

1. Social Media Influencer

Social Media Influencer

Media sosial saat ini bukanlah menjadi platform berbagi keseharian saja. Dengan perkembangan teknologi dan jumlah penggunanya yang terus meningkat, media sosial bahkan bisa jadi tempat mendulang pundi-pundi Rupiah. Salah satu profesi yang sangat menjanjikan dan berasal dari media sosial adalah social media influencer. Seperti layaknya selebritis di TV, influencer merupakan sosok berpengaruh.

Entah di Instagram, Facebook, Twitter atau Youtube sekalipun, influencer sangat diburu para pemilik bisnis dan brand-brand terkemuka. Tentunya semakin besar jumlah pengikut Anda, peluang brand untuk mengajak kerjasama makin tinggi sehingga memberikan penghasilan.

Anda bisa menyuguhkan konten mengenai kemandirian menjadi seorang single moms dan sekadar berbagi tips atau pengalaman ibu tunggal. Tentu konten-konten seperti ini memiliki target pasar tersendiri. Anda bahkan bisa menerima jasa endorsement dengan membuat konten iklan di rumah sambil mengawasi buah hati.

2. Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar rumahan

Ide bisnis berikutnya yang sangat cocok untuk single moms adalah dengan menyediakan jasa bimbingan belajar alias bimbel. Anda bisa menawarkan jasa bimbel ini di rumah ketika sore atau petang, dengan target anak-anak di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Memang sudah ada banyak lembaga bimbel yang jauh lebih besar atau bahkan bimbel online. Namun peluang bisnis bimbel rumahan masih cukup menjanjikan karena orangtua merasa jauh lebih nyaman jika tetangga mereka sendiri yang mengajari buah hati. Apalagi kalau Anda mempunyai gelar sarjan pendidikan, tentu bakal menambah kepercayaan orangtua murid.

3. Online Shop

Online Shop

Inilah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dan layak dicoba oleh single moms. Tak perlu memiliki toko dan modal besar, lewat online shop Anda bisa menyediakan berbagai kebutuhan konsumen melalui internet. Baik mempromosikan produk yang dijual di media sosial atau marketplace, media yang dibutuhkan hanyalah smartphone.

Ada banyak sekali produk yang bisa dijual online mulai dari sepatu, tas, busana, alat elektronik hingga produk-produk kecantikan atau kesehatan. Supaya online shop Anda jadi pilihan, pastikan untuk menawarkan produk yang benar-benar berkualitas, harga kompetitif dan layanan memuaskan.

Baca juga: 20 Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan Bagi Generasi Muda

Untuk itulah coba mencari distributor yang tepat dan perhitungkan betul urusan pengiriman barang. Bagaimana jika ingin memulai bisnis online shop tapi modal pas-pasan? Tenang, Anda bisa mengambil konsep dropshipper yang bahkan bisa dimulai tanpa modal sekalipun.

4. Konsultan

profesi konsultan

Mempunyai banyak pengalaman dan sudah pernah menjadi wanita karir sebelumnya? Anda mungkin bisa mempertimbangkan membuka jasa konsultan. Bisnis konsultan ini bisa dilakukan dengan waktu yang cukup fleksibel dan tentunya masih fokus merawat buah hati. Namun supaya sukses dalam profesi ini, tentunya harus disesuaikan dengan latar belakang pendidikan Anda.

Misalkan saja Anda adalah lulusan Psikologi, maka bisa menjadi seorang Psikolog tentunya setelah memperoleh izin praktek. Pilihan lain untuk profesi ini adalah jadi konsultan PR, Media Relations & Event Management yang bukan tak mungkin menjadikan Anda seorang enterpreneur yang masih bisa membagi waktu bersama anak. Selain PR, bidang konsultan lainnya yang bisa dipilih single moms seperti konsultan keuangan, konsultan karir hingga konsultan pernikahan

5. Kue-Kue Rumahan

bisnis cupcake karakter

Salah satu bisnis yang begitu digandrungi single moms dengan hobi memasak adalah pembuat kue-kue rumahan. Berawal dari hobi, membuat kue bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Bisa melakukan proses produksi di rumah, proses pembuatan kue jelas menyenangkan dan bahkan buah hati turut menikmatinya. Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjajakan kue-kue basah tradisional yang dijual di etalase depan rumah atau dititip jual di toko-toko.

Namun jika ingin bisnis membuat kue ini makin berkembang, cobalah mempelajari aneka kue kekinian dengan topping yang menggugah selera seperti contohnya kue tart atau cupcake karakter. Semakin unik ide kue yang Anda tawarkan, tentu bakal bisa dijual dengan harga yang lebih mahal. Manfaatkan media sosial untuk menjual kue-kue yang Anda buat kepada calon konsumen. Bukan tak mungkin kalau bisnis terus berkembang, Anda bakal bisa merekrut karyawan.

6. Content Writer

Content Writer

Seorang perempuan yang memiliki kemampuan dalam dunia penulisan tidaklah bisa diremehkan, karena menulis mampu menghasilkan pundi-pundi Rupiah menjanjikan. Salah satu profesi yang layak dicoba oleh single moms penyuka penulisan adalah content writer. Seperti namanya, Anda akan menjadi seorang penulis konten baik di blog pribadi, website oran lain atau menawarkan jasa-jasa penulisan di situs freelance.

Menjadi seorang content writer tidaklah memerlukan waktu sepanjang hari seperti layaknya jadi penulis di media. Anda bisa melakukannya di rumah ketika anak-anak berangkat sekolah atau beristirahat sejenak. Bahkan jika Anda mampu membagi waktu dengan tepat dan selalu memperhatikan deadline, jadwal menulis pun tak akan mengganggu quality time bersama anak tercinta.

Baca juga: Layak Dicoba! 10 Ide Bisnis Musim Hujan yang Berikan Untung Besar

Supaya lebih fokus, ada baiknya menyediakan ruangan khusus untuk mengerjakan tugas sebagai content writer. Semakin profesional Anda bekerja, tentu tarif penulisan yang ditawarkan bakal semakin besar. Bahkan Anda bisa memperoleh keuntungan lebih jika menjadi seorang travel blogger atau food blogger, sehingga memperbesar peluang endorse dari brand-brand besar.

Selalu tingkatkan kualitas menulis dan lengkapi dengan kemampuan fotografi, sehingga diri Anda bisa menjadi seorang content writer yang banyak diburu. Penulis yang sudah berpengalaman dan mampu membuat artikel bagus, bahkan memiliki tarif satu artikel menembus ratusan ribu Rupiah. Bahkan saat ini sudah ada banyak sekali content writer yang mempunyai penghasilan jauh lebih bagus dibandingkan karyawan kantoran. Lebih untung lagi, profesi ini dijalankan tanpa melewatkan waktu mengawasi anak tercinta di rumah.

7. Penjahit

penjahit

Hobi lain yang bisa menjadi ladang penghasilan single moms adalah menjahit. Asalkan Anda tekun dan selalu mau belajar, tentu bisnis jahit pakaian akan mencukupi kebutuhan finansial keluarga. Ada banyak sekali ibu-ibu tunggal yang menawarkan jasa menjahit dan mampu menyekolahkan buah hati mereka hingga perguruan tinggi. Supaya bisa menjadi seorang penjahit yang sukses, ada baiknya kalau Anda mengikuti program pelatihan menjahit dan terus mengembangkan kemampuan.

Ketika bisnis sudah berjalan, jangan lupa untuk memfokuskan pada jasa jahit yang ditawarkan seperti khusus busana muslimah, khusus seragam sekolah hingga menerima aneka pesanan jahitan. Sekadar informasi, untuk jahit kebaya, kain batik atau gaun tentu membutuhkan usaha, waktu dan kemampuan lebih yang membuat tarifnya jauh lebih mahal. Jika memang bisnis jahit-menjahit ini adalah pilihan, pastikan menyiapkan modal untuk membeli mesin jahit dan aneka perangkat pendukung.

8. Agen Pulsa

bisnis agen pulsa

Bagaimana jika tidak bisa memasak, menulis, menjahit atau memiliki latar belakang pendidikan tertentu? Apakah seorang single moms bisa menghidupi anaknya? Jawabannya adalah bisa! Pertimbangkanlah untuk menggeluti bisnis agen pulsa yang mudah dilakukan oleh siapa saja. Yap, agen pulsa adalah bisnis yang bisa dibilang paling umum dan sudah memiliki target pasar. Sekalipun konter pulsa menjamur, bisnis jual-beli pulsa tidak pernah ada kata bangkrut jika dijalankan dengan bertanggung jawab.

Untuk menjadi seorang agen pulsa, Anda tentu harus memilih distributor yang berkualitas. Pastikan distributor menyediakan berbagai produk pulsa hingga produk tambahan seperti token PLN, pulsa data internet, pembayaran PPOB hingga keperluan e-money atau e-wallet. Alasan utama kenapa bisnis pulsa sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja adalah karena modal awal yang dibutuhkan sangatlah terjangkau. Beberapa distributor pulsa bahkan menerima deposit awal mulai nominal Rp100 ribu.

9. Make Up Artist

Make Up Artist

Tertarik dengan bisnis di bidang kecantikan tapi modal belum bisa membeli alat-alat salon? Maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalani profesi sebagai MUA (Make Up Artist). Sekalipun Anda belum pernah menjadi seorang tata rias, MUA kini bisa dilakukan oleh siapapun yang mau belajar.

Bagaimana caranya? Pelajari tutorial riasan yang banyak bisa ditemukan di Youtube atau mengikuti pelatihan menjadi MUA. Anda juga harus mulai menabung untuk investasi pada produk-produk kecantikan dan tools make up. Seorang MUA yang sudah populer bahkan bisa mematok tarif belasan juta Rupiah untuk sekali make up. Siapa saja? Bubah Alfian, Ryan Ogilvy, Bumiauw, Marlene Hariman, Irwan Riady hingga Khadijah Azzahra adalah beberapa di antaranya.

10. Katering

bisnis katering rumahan

Seorang ibu memang identik untuk memasak. Nah, jika Anda cukup percaya diri dengan hasil masakan maka bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis katering. Tidak perlu besar-besaran, katering rumahan bisa mengawalinya dalam skala kecil dan menjualnya secara online. Anda bahkan bisa menawarkan bisnis katering kepada tetangga-tetangga atau perkantoran yang berada di dekat rumah.

Baca juga: Melirik Bisnis Rice Box, Olahan Nasi Kekinian yang Menguntungkan

Kunci sukses dari bisnis katering adalah senantiasa mampu menjaga kualitas rasa serta kebersihan produk. Anda bisa mengembangkan bisnis katering ke tema yang lebih khusus seperti katering khusus pegawai kantoran, katering khusus anak kos hingga katering sehat untuk diet. Gunakan bahan-bahan masak terbaik supaya produk yang dihasilkan selalu terjaga kualitasnya. Anda juga bisa menawarkan bisnis katering ini secara online sehingga jauh lebih efisien dan bisa dijalankan di rumah.

Tentunya dari 10 bisnis yang sudah dijelaskan di atas, single moms bisa menjalankannya dari rumah. Dengan begitu Anda tidak akan kehilangan waktu bersama buah hati tercinta, tapi tetap memperoleh penghasilan demi keuangan keluarga. Seorang single moms yang mampu hidup mandiri dan sejahtera finansial bersama anak-anaknya tentu bakal menjadi sosok yang patut disegani.

Tinggalkan komentar