10 Ide Menambah Penghasilan yang Realistis Untuk Karyawan

Gaji yang pas-pasan seharusnya tidak boleh membuat kita jadi patah semangat untuk bekerja dan akhirnya hanya pasrah saja menerima keadaan. Karena di zaman digital ini, bahkan peluang kerja bisa ciptakan sendiri. Asalkan kita mau sedikit memberikan effort yang lebih untuk berpikir dan berusaha.

Tapi seringkali kita merasa tidak mungkin untuk menambah kegiatan lain diluar pekerjaan utama karena terikat jam kantor. Padahal ada loh peluang bisnis dan pekerjaan part time yang realistis di kerjakan di luar jam kantor!

Atau alasan lainnya bagi yang minatnya bisnis adalah modal minim, jadi mau bisnis juga susah. It’s a BIG NO! Kita bisa kok memulai bisnis dengan modal berapapun. Tentu saja syaratnya, adalah manajemen waktu dan energi yang baik, tanpa hal itu pekerjaan apapun akan sangat berat dilakukan. Yuk langsung kita bahas satu persatu!

1. Mencoba Usaha Dropship

Untuk kamu yang punya mimpi jadi pebisnis tapi belum realistis punya produk sendiri dan masih harus kerja di kantor untuk mengumpulkan modal yang lebih banyak, menjadi agen dropship bisa menjadi alternatif solusi yang bisa dipilih.

Kenapa?

Karena dropship tidak perlu modal uang terlalu banyak bahkan adapula yang menyediakan pendaftaran dropship gratis. Secara waktupun bisa kita atur sendiri, bahkan jika kita sedang sibuk-sibuknya di kantor. Kita bisa menawarkan barang lewat media yang paling mudah bagi kita seperti status whatsapp, medsos hingga mengiklankannya secara online jika bisnis sudah lebih mapan.

Sistem dropship mirip seperti reseller yang menjual barang orang lain dan dari penjualan itulah kita mendapatkan keuntungan. Bedanya, dalam sistem dropship kita bertindak sebagai ‘distributor’ saja tetapi bisa menggunakan nama sendiri seperti kita membuka toko sendiri. Kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli stok barang, karena kita memesan barang jika ada pesanan dan melakukan pembayaran jika customer sudah membayar.

Tapi jangan lupa untuk meminta izin pada pemilik usaha yang memproduksi barang yang akan kita jual tersebut. Sebab ada usaha yang belum mengarahkan program pemasarannya pada sistem dropship, bisa-bisa kita di tuntut karena menjadi reseller ilegal.

Keuntungan lainnya jika kita meminta izin adalah, memungkinkan untuk di berikan harga yang lebih murah jika kita berhasil bernegosiasi. Kecuali jika kita sudah memastikan bahwa sistem dropship tidak di atur oleh pihak produksi, maka kita bisa aman menjual kembali barang teersebut dengan sistem dropship.

Ada beberapa tips jika Anda ingin memulai usaha dropship yang mungkin bisa Anda coba :

  1. Usahakan mencari barang dari perusahaan tangan pertama atau memproduksi sendiri barang. Karena jika kita menjual barang dari second hand dan seterusnya maka barangnya akan lebih mahal dan keuntungan yang kita dapatkan dari dropshippun akan lebih kecil
  2. Pilih barang dropship yang memang kita minati atau ada hubungannya dengan bidang produk yang ingin kita produksi sendiri nantinya. Supaya kita tidak terlalu nge-blank untuk mencari cara yang tepat untuk memasarkannya dan memiliki sense pengembangan diri yang kuat karena relate dengan impian kita kedepan.
  3. Pilih media yang paling mudah dan realistis bagi kita sebelum memakai media lainnya. Misalnya menawarkan barang lewat status whatsapp, atau group-group wa keluarga, teman sd, smp dan seterusnya. Jangan lupa untuk menyantumkan keterangan bahwa barang yang di pesan adalah pre-order untuk menghindari kekecewaan pelanggan.
  4. Setelah itu mulai siapkan konten yang menarik untuk memasarkannya dimedia sosial, screenshoot testimony pelanggan untuk menambah kepercayaan para calon pelanggan baru di medsos.

2. Jualan Pulsa/ PPOB Dimana & Kapan Saja

Kata siapa jualan pulsa itu harus punya gerai toko di pinggir jalan yang harga sewanya bisa leih dari separuh gaji kita sebulan? Belum lagi harus beli properti seperti etalase , tempat duduk dan banyak perintilan lainnya.

Kalau seperti itu syaratnya maka kita tidak akan pernah memulai bisnis pulsa yang padahal dengan bermodal HP jadul dan pulsa atau smartphone dengan internet sudah bisa jualan pulsa dimana saja, kapan saja!

Banyak counter pulsa yang menyediakan kesempatan untuk menjadi agennya. Selain itu sekarang, sudah banyak aplikasi juga untuk bisa jual pulsa/ PPOB secara online seperti Grab Kios/KUDO, PayFazz, Fastpay, Ayopop dan masih banyak lagi.

Langkahnya sangat mudah dan cepat, Anda tinggal mendownloadnya di app store lalu melakukan registrasi dan ‘boom’! Anda siap jualan pulsa. Selain pulsa Anda juga bisa menawarkan pembayaran PLN, PDAM dan tagihan rutin lainnya. Kesempatan untungannya bisa semakin banyak kan?

Beri tahun teman-teman kantor, sekitar rumah, atau teman nongkrong dan juga keluarga Anda bahwa Anda menyediakan layanan tersebut. Mengenai pembayaran, Anda bisa menawarkan dengan metode transfer atau cash.

Jika seandainya tidak memungkin keduanya, usahakan hanya mengizinkan penundaan pembayaran pada orang yang benar-benar Anda kenal saja dan mudah membayarkan secepatnya untuk menghidari hutang piutang yang akan merugikan dan mengacaukan cashflow Anda.

3. Menjual Sarapan Pagi dengan Positioning yang Menarik

Menjual Sarapan Pagi dengan Positioning yang Menarik

Sarapan adalah kebutuhan rutin hampir semua orang. Tapi banyak juga orang-orang yang tidak sempat sarapan karena terlalu sibu harus datang kekantor lebih pagi sehingga tidak bisa menyiapkan sarapannya sendiri. Hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda yang memiliki hobby memasak dan ingin berbisnis untuk menambah penghasilan.

Tetapi, di Indonesia biasanya penjual sarapan pagi sudah banyak bertebaran dimana-mana. Maka dari itu untuk Anda yang ingin ikutan mengambil peluang ini, harus memiliki positioning dan pasar yang spesifik. Seperti makanan sehat, bersih dan enak yang berganti menu tiap harinya. Ini bisa ditawarkan ke teman-teman kantor Anda terlebih dahulu. Selain menyalurkan hobby, Anda juga bisa mendapatkan income tambhan. Menyenangkan bukan?

Anda bisa membuatnya di malam hari lalu menghangatkannya di pagi harinya atau membuat di pagi hari sekalian membuat sarapan untuk diri sendiri sebelum berangkat kantor. Jika respon sudah meningkat Anda bisa memikirkannya lebih jauh lagi.

4. Menjual Delivery Order Setelah Jam Kerja

Jika Anda tidak bisa menjual sarapan karena kegiatan pagi hari tidak memungkinan, Anda yang memiliki hobby dibidang kuliner dan ingin menambah penghasilan tetap bisa berjualan makanan secara delivery order setelah pulang kerja.

Di era digital ini, Anda tidak perlu harus punya lapak atau toko yang letaknya strategis seperti dipinggir jalan utama terlebih dahulu untuk memulai bisnis kuliner. Anda bisa membuka toko makanan/minuman di rumah Anda sendiri tanpa mengganggu jam kerja kantor. Karena pembelian makanan/minuman dengan metode delivery order sudah semakin populer di masyarakat Indonesia.

Anda bisa mendaftarkan jenis makanan/minuman yang ingin dijual dan alamat serta jadwal buka-tutup toko melalui aplikasi seperti Gofood atau GrabFood dan tunggu orderan. Jika perlu, Anda bisa mempromosikannya kepada teman-teman, keluarga dan membuat medsos untuk mempromosikannya.

Dengan begitu pekerjaan di kantor tidak terbengkalai, Anda juga tetap bisa menyalurkan hobby dan mendapat penghasilan tambahan.

5. Menjadi Content/Copy Writer Secara Remote

Untuk Anda yang tidak terlalu minat dengan dunia bisnis, tetapi punya kemampuan menulis Anda bisa mencoba menjadi content writer dengan cara remote (dikerjakan dirumah atau dimana saja).

Karena seiring berkembangnya zaman, muncul kebutuhan akan profesi yang dulunya tidak ada atau belum populer. Salah satunya adalah content & copy writer. Sebagian perusahaan biasanya membuka posisi content maupun copy writer secara freelance atau remote untuk kebutuhan sosialisasi dan marketing perusahaan.

Tugas dari content & copy writer biasanya adalah menulis untuk kebutuhan marketing perusahaan. Tetapi content writer cenderung menulis yang bersifat edukatif sedangkan copy writer menulis yang sifatnya lebih pada ajakan yang mendorong audiens melakukan pembelian. Anda bisa memilih untuk fokus ada salah satunya yakni menjadi content writer atau copy writer saja atau memilih keduanya.

Banyak sekali media online maupun perusahaan yang membuka kesempatan untuk menjadi content writer dengan metode remote ataupun freelance. Jadi jika Anda adalah karyawan yang punya hobby dan kemampuan menulis, selain menjadi media untuk menyalurkan hobby dengan mengambil project menjadi content atau copy writer Anda juga bisa menambah penghasilan sesuai waktu luang yang Anda miliki.

6. Buka Jasa Digital Ads Online

Lagi-lagi, apa sih yang tidak bisa dilakukan jika kita sudah kenal dengan dunia online?

Saat ini kita sudah tidak asing dengan iklan online. Ketika googling dan membuka sebuah website ataupun medsos kita pasti melihat iklan. Banyak sekali jenis dan usaha yang berminat memasang iklan online, mulai dari UKM hingga perusahaan-perusahaan besar.

Nah ternyata Anda juga bisa membuka jasa digital ads secara online. Tetapi sebelum itu, pastikan bahwa Anda mulai membangun medianya seperti blog/website dengan visitor yang ramai, ataupun akun medsos.

Dengan menawarkan jasa pemasangan secara online Anda bisa menambah penghasilan secara flexibel dan tidak memerlukan modal uang yang terlalu besar. Yang perlu Anda siapkan adalah membangun medianya dengan menulis kontennya sendiri, mempelajari pemasangan iklan dan mempromosikannya lewat medsos maupun blog/website Anda.

7. Menerima Jasa Penerjemah

Dizaman digital ini, kemampuan bahasa asing Anda bisa digunakan untuk berbagai keuntungan. Salah satunya adalah dengan menjadi penerjemah. Anda tidak hanya bisa menggunakannya untuk kebutuhan pekerjaan di kantor, tetapi juga bisa membuka jasa penerjemah.

Anda bisa memasang jasa yang Anda tawarkan di situs ataupun grup telegram khusus untuk pekerjaan freelance. Sehingga Anda mengambil job sesuai dengan kemampuan Anda secara waktu dan energi. Jangan lupa untuk menyertakan bahasa apa saja yang Anda kuasai, portofolio singkat dan kontak yang bisa dihubungi. Lalu siapkan portofolio yang lebih detail dan juga tarif yang Anda pasang jika ada client yang tertarik menggunakan jasa penerjemah Anda.

8. Menerima Jasa Pengetikan

Jika menjadi content & copy writer atapun penerjemah tidak cocok untuk Anda tetapi Anda punya skill mengetik cepat, Anda mungkin bisa membuka jasa pengetikan untuk orang-orang yang membutuhkannya. Siapa saja yang membutuhkan jasa pengetikan?

Biasanya mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi malas mengerjakan urusan teknis untuk mengetik atau mahasiswa S2 yang juga bekerja tidak punya waktu untuk mengetik tugas-tugasnya dan terkadang ada pula urusan kantor yang perlu diketik tetapi tidak tertangani oleh internal karyawannya sehingga membutuhkan jasa pengetikan.

Anda bisa mengerjakan tugas pengetikan ini sesuai deadline yang di sepakati, masalah tempat dan waktu pengerjaan bsia bebas terserah Anda. Anda juga memasang tarif bervariasi berdasarkan halaman, perkata dan ukuran kertas yang perlu di ketik.

Sebagai referensi jasa pengetikan dengan ukuran kertas F4 (full teks), spasi 1,5 ukuran font 12 dan juga revisi sebanyak 1x biasanya dimulai dengan tarif Rp4000-Rp5000/ lembarnya. Tarif ini bisa kurang ataupun bisa lebih, bisa di sesuaikan dengan ketentuan lainnya dan juga preferensi Anda.

9. Membuka Jasa Jahit Setiap Sabtu-Minggu

Membuka Jasa Jahit Setiap Sabtu-Minggu

Punya kemampuan lain seperti menjahit?

Anda juga bisa tetap bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan tapi tidak mengganggu jam kerja kok! Solusinya yaitu, dengan membuka jasa jahit setiap sabtu dan minggu (hari libur kerja Anda). Maksudnya, Anda tetap bisa mencicil orderan setiap pulang kerja atau sebelum berangkat kerja. Tetapi toko untuk melayani orderan baru dari customer setiap sabtu dan minggu saja.

Karena sifatnya job tambahan, jadi tidak masalah jika segmen pasar Anda masih orang-orang terdekat yang membutuhkan jasa jahit. Jika Anda tidak punya mesin jahit, Anda bisa membeli mesin jahit second tetapi masih layak pakai. Itu akan membantu menghemat biaya produksi.

Anda bisa mempromosikan jasa jahit Anda pada teman-teman, saudara ataupun tetangga supaya mereka tahu bahwa Anda akan stay melayani jasa jahit lebih lama pada hari sabtu dan minggu. Mengenai jam bukanya, bisa Anda atur sendiri.

10. Menjadi Guru Privat

Nah berbeda lagi jika Anda punya jiwa-jiwa pengajar atau coaching yang ingin di salurkan dan menghasilkan income tambahan. Anda memilih menjadi guru/coaching private.

Saat ini sudah ada pula aplikasi-aplikasi yang mewadahi jasa para guru/coach untuk murid yang membutuhkan. Bukan hanya pelajaran sekolah/ kuliah, tapi juga diluar itu seperti coaching memasak, yoga dan pengembangan diri lainnya.

Jadi Anda tinggal mendaftar, pasang tarif sekali pertemuan dan Anda pun berhak menerima, me-reschedule dan meng-cancel permintaan calon siswa Anda sesuai ketentuan perusahaan penyedia aplikasi tersebut.

Selain pengalaman sharing ilmu dan networing, dengan menjadi guru/coach private Anda juga bisa mendapat pengahasilan tambahan.

Penutup

Pada prinsipnya, kita bisa bisa mencari celah solusi di tengah keterbatasan kondisi jika kita ingin karena setiap manusia di beri potensi dan kemampuannya masing-masing. Dengan bekerja keras dan bekerja cerdas, justru keterbatasan bisa membuat seseorang berkembang melebihi batas . Kira-kira dari 10 ide untuk menambah penghasilan di atas, kamu terinspirasi dari yang mana?

Bagikan ;