Menganggur Karena Corona? 9 Ide Usaha Modal Kecil ini Bisa Dicoba!

Memasuki bulan April 2020, kondisi perekonomian memang tampaknya masih cukup suram bagi Indonesia. Penyebab utamanya jelas yakni pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh strain coronavirus jenis SARS-Cov-2. Sudah menjangkiti lebih dari 1,3 juta penduduk dunia, hingga Selasa (7/4) pagi ada 2.491 kasus Covid-19 di Tanah Air dengan 209 kematian.

Semakin parahnya serangan virus corona ini membuat berbagai sendi kehidupan pun akhirnya jadi korban. Yang paling jelas terasa pada sektor ekonomi dan bisnis, hingga membuat nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS anjlok ke level Rp16.645. Para pelaku bisnis pun harus putar otak, agar usaha mereka tidak bangkrut karena biaya produksi melambung sementara daya beli masyarakat menurun.

Apalagi dengan adanya anjuran pemerintah untuk mengurangi kegiatan sosial, mau tak mau para pelaku bisnis pun menetapkan kebijakan merumahkan karyawan. Sudah pasti kondisi ini membuat banyak orang menjadi pengangguran. Sebuah situasi yang sangat pelik karena menjadi jobless di saat pandemi dan jelang puasa Ramadhan. Keluhan di kalangan masyarakat pun semakin ramai terdengar karena krisis ekonomi saat ini.

Baca juga: 10 Kiat Ampuh Bisnis Tidak Ambruk dan Tetap Cuan Saat Corona

Termasuk yang demikian? Maka Anda harus segera bangkit dan mencoba mencari peluang usaha lain. Namun bagaimana kalau modal yang dimiliki sangat kecil? Tenang saja. Ada kok beberapa bisnis yang bahkan membutuhkan modal benar-benar minim, sehingga sangat cocok dicoba oleh Anda yang baru saja kehilangan pekerjaan karena virus corona. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

9 Ide Usaha Menjanjikan dengan Modal Kecil Saat Pandemi Covid-19

1. Berjualan Pulsa Elektrik

bisnis konter pulsa

Modal: Rp100 ribu – Rp1 juta

Inilah ide usaha yang sangat menjanjikan dan dijamin tetap bisa bertahan sekalipun pandemi Covid-19. Dengan modal yang sangat terjangkau (beberapa distributor pulsa menetapkan deposit awal minimal Rp100 ribu), Anda sudah bisa berjualan pulsa. Apalagi lantaran virus corona, komunikasi melalui smartphone banyak dipilih karena mampu berhubungan dengan orang lain tanpa perlu keluar rumah.

Tak perlu langsung menyediakan etalase besar atau menyewa lapak untuk berjualan pulsa, Anda bisa memulai usaha dengan menawarkan produk kepada saudara, keluarga hingga tetangga. Bahkan Anda bisa memulainya di depan rumah dengan menyediakan meja, kursi serta banner kecil-kecilan mengenai usaha pulsa elektrik tersebut.

Memang keuntungan berjualan pulsa ini sangatlah kecil, tapi semakin lengkap produk yang ditawarkan, tentu keuntungan kecil itu bisa berkumpul dan semakin besar. Jika awalnya Anda cuma berjualan pulsa elektrik, kembangkanlah usaha tersebut dengan menyediakan produk pulsa internet, pengisian dompet digital, pembelian token listrik hingga loket pembayaran.

2. Jasa Les Privat

jasa les privat

Modal: Kemampuan Akademis

Anak-anak sekolah termasuk yang terkena dampak akibat pandemi Covid-19 lantaran pemerintah menghentikan total kegiatan belajar-mengajar. Namun meskipun begitu, guru-guru masih tetap memberikan tugas rumah agar dikerjakan selama masa liburan darurat ini secara online. Kondisi ini rupanya cukup menyulitkan beberapa orangtua karena tidak semuanya cukup paham pelajaran semasam sekolah.

Peluang inilah yang bisa Anda manfaatkan dengan menyediakan jasa les privat. Apalagi kalau Anda merupakan sarjana bidang ilmu pengetahuan seperti matematika, pengetahuan alam hingga bahasa, tentunya bakal semakin menunjang bisnis ini. Tawarkan jasa les privat kepada anak-anak di sekitar tempat tinggal Anda, tentunya dengan biaya yang terjangkau. Jika satu anak diberi tarif Rp50 ribu setiap kali pertemuan, maka tentu penghasilan yang diperoleh akan cukup menggiurkan dengan semakin banyak anak yang ikut belajar.

3. Kuliner Kecil-Kecilan

kuliner kecil-kecilan

Modal: Rp100 ribu – Rp500 ribu

Seburuk apapun pandemi Covid-19 nantinya, setiap orang tetap butuh makan. Untuk itulah bisnis kuliner jelas tetap akan berjalan dalam kriris ekonomi. Tidak bisa memasak? Tak perlu cemas karena Anda bisa mencontek resep dan cara masak melalui Youtube. Anda pun tak perlu memasak yang dirasa merepotkan karena kuliner kecil-kecilan seperti jajanan anak kecil pun laris manis.

Berkaitan dengan anak-anak yang libur sekolah, maka peluang usaha jajanan anak ini akan tetap laris-manis. Dengan modal murah meriah, omzet yang berkali-kali lipat bahkan bisa diperoleh. Pastikan Anda selalu berinovasi dan tetap paham pada tren media sosial, karena kuliner yang viral jelas akan diburu. Jangan lupakan juga dengan faktor kebersihan dan pemilihan bahan baku berkualitas, supaya produk kuliner Anda tetap jadi primadona.

Baca juga: Stay at Home Diperpanjang, 10 Hobi Ini Bisa Dijadikan Penghasilan

4. Makelar

Modal: Rp500 ribu – Rp1 juta

Lantaran banyak orang membutuhkan uang tunai, akan ada yang memilih untuk menjual aset mereka mulai dari kendaraan bermotor hingga properti. Di sinilah akhirnya muncul peluang usaha modal kecil yakni menjadi makelar. Sebagai seorang makelar, Anda bertugas menjadi perantara perdagangan antara penjual dan pembeli.

Supaya bisa jadi makelar yang handal, Anda tentu membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik dalam menjelaskan produk. Pastikan kendaraan bermotor atau properti (rumah dan tanah) yang ditawarkan memiliki surat-surat kepemilikan yang jelas, supaya pembeli pun puas. Bukan hanya itu saja, periksa kelengkapan onderdil kendaraan bermotor atau surat-surat pajak properti agar harga jual kembalinya memang cukup kompetitif.

Kalau dulu makelar harus mencari pembeli di pusat keramaian, manfaatkan media sosial untuk menawarkan produk jualan Anda. Bahkan beberapa marketplace juga menawarkan jasa penjualan kendaraan bermotor bekas atau properti yang bisa Anda manfaatkan pula. Pastikan Anda cukup ramah melayani calon pembeli yang bertanya-tanya.

5. Toko Online

produksi masker kesehatan
© Reuters

Modal: Rp100 ribu – Rp1 juta

Lantaran pemerintah sudah menganjurkan untuk Work From Home (WFH), maka tentunya jaringan internet akan sangat membantu. Sekadar informasi, penggunaan internet selama WFH begitu melonjak sehingga ini bisa jadi peluang bisnis untuk memulai toko online alias online shop. Ada banyak sekali produk yang bisa Anda jual mulai dari baju, hijab, sepatu, tas, aksesoris perempuan hingga alat kesehatan.

Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, masker dan hand sanitizer sangatlah dibutuhkan sehingga Anda bisa menjualnya. Supaya bisa menjual dengan harga terjangkau, cari produsen yang berkualitas. Namun bagaimana kalau tak punya modal untuk memulai online shop? Maka Anda boleh memilih konsep dropship. Dengan dropship, Anda hanya tinggal menawarkan produk kepada konsumen dan kemudian menghubungi produsen atau distributor untuk mengirimkannya kepada pembeli.

6. Agen Asuransi

Modal: Wawasan Asuransi

Menjadi agen asuransi adalah salah satu peluang usaha yang tidak butuh modal dan bisa dimulai setelah Anda kehilangan pekerjaan. Tidak bisa keluar rumah dan bertemu calon klien? Manfaatkan saja smartphone karena Anda bisa melakukan promosi produk asuransi dan follow up menggunakan WhatsApp. Setiap kali ada polis asuransi yang berhasil terjual, tentu Anda sebagai agen akan memperoleh penghasilan.

Lagi-lagi memanfaatkan momen wabah corona, penawaran asuransi kesehatan hingga asuransi kendaraan bermotor pun akan sangat menjanjikan. Pastinya Anda tidak boleh menjadi agen asuransi yang mengganggu, tapi utamakan untuk menjelaskan keuntungan dari produk asuransi tersebut. Coba tawarkan produk asuransi kepada sahabat, teman, saudara hingga tetangga terlebih dulu sebagai langkah awal. Baru kemudian coba memasang iklan di media sosial dan lakukan langkah selanjutnya.

Baca juga: 8 Tips Tetap Produktif Saat Work From Home Karena Corona

7. Jasa Penulisan

jasa penulisan online
© melsmommychronicles

Modal: Keterampilan dan Gawai

Termasuk suka menulis dan dulu di kantor ada pada bagian administrasi? Maka Anda bisa memanfaatkan kemampuan menulis dengan menawarkan jasa penulisan. Ada banyak sekali website berisikan para freelance writer yang bisa Anda pilih seperti Sribulancer dan Projects. Dalam website itu ada berbagai proyek pekerjaan yang membutuhkan para penyedia jasa kepenulisan dengan penawaran tarif beragam.

Tentunya semakin banyak pengalaman seseorang dalam kepenulisan, tarif yang dipasang pun makin tinggi. Bukan tak mungkin Anda akan bisa mematok tarif minimal Rp100 ribu untuk satu artikel sepanjang 1.000 kata. Agar bisa bertahan dalam bisnis jasa penulisan, Anda harus benar-benar profesional termasuk dalam memenuhi deadline target yang dipasang oleh klien.

8. Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis
© itechgraphics

Modal: Keterampilan dan Gawai

Sama seperti jasa penulisan, jasa desain grafis juga merupakan salah satu ide usaha modal kecil menjanjikan yang bisa dicoba dalam pandemi Covid-19. Apalagi kalau Anda adalah desainer yang terkena dampak perumahan karyawan, lantaran bisnis milik bos harus melakukan efisiensi pegawai. Manfaatkan betul media sosial untuk menawarkan jasa yang dimiliki.

Meskipun krisis ekonomi memburuk, masih banyak orang membutuhkan jasa desain grafis entah dalam membuat logo, ilustrator hingga kebutuhan promosi lain. Jika dirasa mencari calon klien cukup merepotkan, Anda bisa bergabung di beberapa website penyedia jasa freelancer desain grafis seperti Sribulancer atau Projects. Bahkan kalau kemampuan bahasa Inggris Anda cukup mumpuni, beranikan diri menerima proyek desain grafis dari pasar global seperti di 99designs atau Elance.

9. Jasa Antar-Jemput Barang

kurir online
© Ofiskita

Modal: Kendaraan Bermotor dan HP

Nah, inilah jenis peluang usaha lainnya yang bisa dipilih kalau delapan ide usaha sebelumnya kurang menarik. Apalagi kalau Anda memiliki kendaraan bermotor yang menganggur, maka manfaatkan jasa antar-jemput barang. Yap, karena adanya pembatasan sosial maka makin banyak orang memilih tinggal di dalam rumah. Orang-orang seperti inilah calon konsumen yang menjadi peluang bisnis menjanjikan.

Anda bisa menyediakan jasa pembelian barang di pasar, antar-jemput dokumen hingga pembelian makanan di restoran. Konsumen tak perlu keluar dari rumah, karena Anda bisa menawarkan jasa dan mewakili mereka. Kalau dirasa cukup ribet menjadi seorang kurir tunggal, maka Anda bisa bergabung di layanan jasa transportansi online untuk menawarkan jasa ini seperti GO-JEK dan Grab.

Baca juga: 8 Tips Supaya UKM Tetap Cuan dan Bertahan Ditengah Pandemi Corona

Pastikan untuk tetap memenuhi aturan dari pemerintah soal bekerja di luar rumah ini. Misalkan saja menggunakan masker kain dan menjaga jarak dari orang lain. Jika perlu, bawa serta hand sanitizer agar selalu membersihkan tangan sebelum makan dan mengusap wajah. Dengan begitu, Anda tetap jauh dari risiko tertular Covid-19, tapi tetap bisa memperoleh penghasilan dari mengantar jemput barang.

Kesimpulan

Bagaimana? Masih ada banyak sekali bukan sebetulnya bidang pekerjaan yang bisa dipilih sekalipun pandemi Covid-19 masih menggila. Untuk itulah Anda tak perlu bersedih terlalu lama jika terpaksa dirumahkan oleh perusahaan, karena bisa memilih salah satu dari sembilan peluang usaha di atas. Pastikan memilih bidang usaha yang sesuai dengan kemampuan dan kemauan, supaya bisa fokus dan memperoleh target sesuai harapan.

Ingat, jangan pernah menyerah sekalipun mungkin kondisi Covid-19 semakin buruk. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindari dari wabah yang sudah menular di lebih dari 200 negara di Bumi itu. Nanti ketika penghasilan berkat usaha kecil-kecilan ini sudah Anda terima, usahakan untuk selalu menabung demi mempersiapkan dana darurat saat kondisi semakin memburuk. Semangat!

SEKURITAS

INFO

5/5
  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

4.5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex