Ingin Mendapatkan Uang Dari Bermain Game? Berikut Cara Mudahnya

Mendapatkan uang dari bermain game adalah salah satu keinginan banyak orang. Karena Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan bersumber dari kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.

Bermain game memang merupakan kegiatan yang disukai banyak orang. Bukan hanya disukai anak kecil, remaja maupun orang dewasa juga menjadikan bermain game sebagai kegiatan favorit mereka.

Bahkan bermain game adalah salah satu pilihan untuk refreshing setelah melakukan pekerjaan seharian penuh. Mungkin Anda sendiri juga menyukai kegiatan ini dan berusaha untuk melakukannya di sela waktu pekerjaan.

Namun pernahkah Anda berpikir untuk bisa mendapatkan uang dari pekerjaan yang menyenangkan ini? Faktanya saat ini bermain game bukan hanya menjadi pengisi waktu luang semata.

Beberapa orang mampu mendapatkan penghidupan mereka dari bermain game. Jika Anda juga ingin bisa mendapatkan uang dari bermain game, silahkan simak artikel ini hingga tuntas.

Kesempatan Mendapatkan Uang dari Bermain Game

Ingin Mendapatkan Uang Dari Bermain Game, Berikut Cara Mudahnya

Jika kembali pada beberapa tahun lalu, bermain game masih dianggap sebagai hal yang tidak berguna dan buang-buang waktu. Bahkan mungkin beberapa orang tidak sempat merasakan bermain game karena dilarang.

Anggapan tersebut tidak bisa dianggap keliru. Sebab pada masa itu, game memang belum bisa menghasilkan uang. Kecuali Anda telah berkecimpung di dalam dunia pengembangan game.

Namun jika hanya memainkannya, kebanyakan orang tua akan menganggapnya sebagai hal tidak berguna. Oleh karena itu mereka melarang anak-anak menyentuh game karena dianggap bisa menghambat masa depan.

Dengan perkembangan zaman, anggapan bermain game sebagai hal tidak berguna telah berubah. Saat ini, kesempatan mendapatkan uang dari bermain game telah terbuka dengan begitu lebar.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan yang menyenangkan ini. Bahkan tidak tanggung-tanggung, penghasilan dari bermain game dapat mengalahkan gaji seorang karyawan.

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa hanya dengan bermain game bisa mendapatkan penghasilan sama seperti karyawan bukan? Namun faktanya, saat ini sudah banyak orang yang membuktikannya.

Bukan hanya para pemain game dari luar negeri, pemain game dari Indonesia juga sudah mampu membuktikan hal tersebut. Sehingga tidak perlu keraguan lagi bahwa hal ini memang bisa memberi penghidupan.

Mungkin Anda penasaran bagaimana hal itu terjadi. Tidak perlu berlama lagi, berikut ini akan kami sampaikan beberapa cara agar bisa mendapatkan uang dari bermain game.

Menjadi Atlet eSports Profesional

Menjadi Atlet eSports Profesional

Perkembangan dunia game telah sampai pada titik game diakui sebagai salah satu cabang olahraga. Hal ini juga sering dikenal sebagai eSports. Bahkan eSports telah mendapat pengakuan negara.

Contohnya pada ajang SEA Games 2019, eSports pertama kali menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Terdapat enam game yang saat itu dipertandingkan dalam SEA Games.

Oleh karena itu, kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk bisa mencari penghasilan melalui bermain game. Yaitu dengan mendedikasikan diri Anda sebagai seorang atlet eSports profesional.

Mungkin Anda khawatir karena untuk menjadi atlet nasional bukanlah hal mudah. Namun tenang saja, karena ada banyak game yang memiliki liga tersendiri dengan hadiah cukup besar.

Tentunya para pemain yang ada di dalamnya juga akan mendapatkan gaji atau bayaran. Saat ini sudah banyak organisasi atau tim eSports yang memperlakukan para pemain dengan lebih profesional.

Sehingga Anda tetap bisa mendapatkan uang dari bermain game walau bukan menjadi atlet nasional. Anda cukup menjadi atlet pada liga nasional dari game yang Anda sukai.

Selain itu, beberapa game juga memiliki liga yang mempertemukan tim perwakilan negara untuk saling berhadapan. Sehingga jika Anda dan tim cukup baik dalam liga nasional, akan berkesempatan untuk mengikutinya.

Karena mempertemukan antar negara, tentu saja hadiah yang ditawarkan tidak kalah dengan ajang seperti SEA Games. Meskipun hadiah dari setiap liga atau kejuaraan akan berbeda antar game.

Baca yuk, 5 Game Penghasil Uang Terbaik

Meskipun begitu tetap saja menjadi atlet eSports profesional sangatlah menyenangkan. Anda mungkin tidak pernah membayangkan sebelumnya jika bisa mendapat gaji bulanan hanya dengan bermain game.

Tips Dalam Menjadi Atlet eSports Profesional

Tips Dalam Menjadi Atlet eSports Profesional

Tidak perlu khawatir jika Anda bingung mengenai cara untuk menjadi atlet eSports profesional. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menempuh karir sebagai atlet eSports.

  • Pilih Game Yang Anda Sukai

Saat ini ada banyak game yang telah memasuki ajang profesional. Agar bisa mendapatkan uang dari bermain game, Anda harus memilih satu game yang akan ditekuni sebagai karir.

Anda harus memilih mulai dari jenis game yang akan Anda tekuni. Selain itu, tentukan juga media bermainnya. Karena saat ini terdapat beragam media bermain mulai dari smartphone, PC atau konsol.

Kami sarankan Anda untuk memilih game yang Anda sukai. Karena ketika menjadi seorang atlet waktu Anda akan habis untuk memainkan game tersebut. Sehingga memilih game yang disukai akan sangat membantu.

  • Bergabung Dalam Tim

Bergabung dengan sebuah tim atau organisasi eSports akan sangat membantu karir profesional Anda. Bukan hanya mendapatkan jaminan dalam pendapatan seperti gaji, tetapi kemampuan pemain dalam tim telah terjamin.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk memenangkan beragam kejuaraan. Sehingga kesempatan Anda untuk mendapatkan uang dari bermain game akan semakin besar dengan memenangkan kejuaraan tersebut.

  • Terus Latih Skill Anda

Menjadi seorang atlet profesional tentu saja mengharuskan Anda memiliki skill di atas rata-rata. Oleh karena itu Anda harus terus melatih kemampuan bermain game walau telah memiliki tim.

Organisasi eSports profesional biasanya memiliki waktu dan mekanisme tersendiri dalam melakukan latihan. Namun Anda tetap bisa berlatih di luar waktu tersebut agar skill Anda menjadi lebih hebat lagi.

Mendapatkan Uang Dari Bermain Game Dengan Menjadi Streamer

Selain menjadi atlet, ada cara lain yang banyak dilakukan untuk mendapatkan uang melalui game. Cara tersebut adalah dengan menjadi seorang streamer yang memainkan game tertentu.

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah streamer. Streamer sendiri memang berarti orang yang melakukan siaran langsung. Sebenarnya di dalam live streaming tidak harus berisi konten bermain game.

Namun hal ini sering dimanfaatkan karena potensi pendapatan seorang streamer cukup besar. Meski memang pendapatan streamer cukup bergantung pada hasil donasi orang-orang yang menonton live streaming.

Namun hal ini juga berarti potensi mendapatkan uang dari bermain game dengan menjadi seorang streamer sangat besar. Berikut ini adalah beberapa platform live streaming yang bisa Anda manfaatkan.

  • Twitch

Merupakan platform live streaming gamingterbesar di dunia. Banyak para pemain game di seluruh dunia melakukan live streamingdi platform satu ini. Penikmat platform ini juga tersebar di seluruh dunia.

Sehingga kesempatan Anda untuk mendapatkan penggemar tidak terbatas hanya pada lingkup negara Indonesia saja. Anda bisa mendapatkan penggemar dari luar negeri seperti Amerika atau Eropa.

  • Nimo TV

Memiliki slogan profesional game live streaming platformsehingga sangat cocok untuk menjadi tempat live streaming para pemain game. Platform ini juga sedang tumbuh besar di Indonesia.

Di dalam Nimo TV sendiri sudah tersedia tab yang mengelompokkan streamer sesuai dengan judul game. Sehingga para penggemar dari game yang Anda mainkan bisa langsung menemukan Anda.

  • YouTube

Anda pasti sudah mengetahui platform berbagi video yang satu ini. Namun YouTube juga memiliki fitur live streaming yang bisa Anda manfaatkan dengan mengisi konten bermain game.

Tips Menjadi Seorang Streamer

Tips Menjadi Seorang Streamer

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa mendapatkan uang dari bermain game dengan menjadi seorang streamer akan bergantung pada penonton. Simak beberapa tips berikut agar Anda bisa mendapatkan hati para penonton.

  • Menjadi Unik

Berbeda dengan menjadi seorang atlet profesional, setiap orang bisa menjadi seorang streamer. Oleh karena itu Anda bisa menemukan banyak sekali streamer di dalam banyak game.

Sehingga jika Anda ingin mendapatkan hati para penonton, Anda harus memiliki keunikan. Karena jika biasa-biasa saja, ada banyak streamer lain yang akan mengalahkan popularitas Anda.

Banyak hal yang bisa Anda jadikan keunikan. Mulai dari cara bermain, cara berinteraksi dengan penonton atau hal lainnya. Dalam aspek inilah kreativitas Anda harus digunakan dengan maksimal.

  • Menghibur

Mendapatkan uang dari bermain game dengan menjadi streamer akan mengandalkan donasi dari para penonton. Oleh karena itu, konten Anda harus bisa menghibur agar para penonton mau memberikan donasi.

Salah satu contohnya adalah Anda membuka tantangan. Biarkan penonton memberikan tantangan sesuai keinginan mereka. Jika Anda berhasil melakukannya, maka penonton akan memberikan donasi dengan nominal tertentu.

Selain memberikan hiburan dari skill permainan, Anda juga bisa memberikan hiburan dari interaksi dengan penonton. Salah satunya dengan memberikan reaksi-reaksi yang menghibur dari komentar para penonton.

Etika Menjadi Seorang Atlet ESports ataupun Streamer

Bisa mendapatkan penghasilan melalui game memanglah hal yang menyenangkan. Namun selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan menyangkut etika dalam melakukannya. Pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Memberikan Contoh Baik

Tidak bisa diungkiri bahwa mayoritas penggemar dari game adalah anak-anak hingga remaja. Sementara pada usia tersebut, kebanyakan orang masih sangat mudah untuk meniru idola mereka.

Dengan menjadi seorang atlet eSports atau streamer, Anda akan menjadi idola dari banyak anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, ada baiknya Anda bisa memberikan contoh baik kepada mereka.

Sehingga bukan hanya mendapatkan uang dari bermain game, Anda juga bisa memberikan manfaat. Ada banyak contoh baik yang bisa Anda berikan kepada para penonton Anda.

Seperti dengan mencontohnya sikap kerja keras untuk mencapai kemenangan. Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan sikap kesatria dengan menerima kekalahan dengan lapang dada saat kalah bermain game.

  • Menjaga Lisan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda juga perlu untuk menjaga lisan ketika bermain game. Sehingga orang-orang yang menonton Anda juga mampu menjaga lisan mereka ketika bermain game.

Karena salah satu persoalan dalam industri game adalah perilaku umpatan yang sering dilontarkan para pemain. Hal ini sering kali ditiru oleh para penggemar dengan saling menyerang satu sama lain.

Tentu saja kondisi ini bukanlah hal baik. Sebab paradigma terhadap industri game dapat menjadi buruk. Pada akhirnya, bisa terjadi penolakan dan kesempatan menjadikan bermain game sebagai karir tertutup.

Baca yuk, 23 bisnis online menjanjikan saat ini

Setiap orang menginginkan cara mudah untuk bisa mendapatkan uang. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadikan bermain game sebagai karir untuk mendapatkan penghidupan.

Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan perilaku Anda ketika menjadi seorang atlet eSports profesional maupun streamer. Sehingga bukan hanya mendapatkan uang dari bermain game, Anda juga bisa menjadi contoh baik.

Tinggalkan komentar