10 Website Inspirasi Bisnis Pertanian

Beberapa minggu lalu Presiden Jokowi menyampaikan keprihatinannya bahwa anak muda sekarang tidak ada yang mau jadi petani. Apa betul begitu ya?

Menurut data sensus BPS pada tahun 2020, mayoritas petani di Indonesia adalah orang berusia 40 tahun ke atas. Bagaimana nasib 10 tahun ke depan kalau tidak ada petani? Mau makan apa kita, masa makan hasil panen dari Harvest Moon. Hehehe.

Ini sebenarnya merupakan tantangan bagi generasi muda yang sudah melek teknologi dan informasi. Agar bisa mengadaptasi teknologi dalam bidang pertanian untuk dipraktekkan di Indonesia. Khususnya para sarjana pertanian nih, pasti kan masih muda – muda.

Tapi tanggung jawab pertanian tidak hanya pada pundak sarjana pertanian, siapa saja boleh mempunyai niat untuk mengembangkan bisnis pertanian. Anda juga tidak perlu bingung bagaimana belajar mengenai pertanian.

Karena sekarang banyak sekali media informasi berupa website yang memberikan pengetahuan dan inspirasi dalam hal bisnis pertanian.

Sebagian dari halaman website yang akan kita ulas ini juga memiliki akun Youtube, sebagai bagian dari integrasi media informasi. Mari kita simak ulasan 10 website untuk belajar pertanian, Cek!!

1. paktanidigital.com

Anda ingin belajar apa? Pertanian, perkebunan, peternakan, atau perikanan semua ada dalam satu halaman website ini.

Website ini memberikan makna yang luas pada kata tani, bukan hanya menanam padi di sawah tapi juga semua hal tentang tanaman, hewan, dan ikan.

Ini seperti apa yang dilakukan oleh petani pada jaman dulu, melakukan 3 hal ini bersamaan sebagai sumber ekonomi keluarga.

Anda bisa menemukan banyak tips bertani dalam website ini, juga ada tips tentang mengolah tanah dan membuat kolam yang benar.

Ada juga berita – berita up to date seputar dunia pertanian dan juga buletin digital yang bisa Anda unduh dengan gratis. Iya, gratisss.

Bahkan website ini sudah ada dalam bentuk aplikasi yang bisa Anda unduh di playstore untuk ponsel Android.

Dengan visi memberdayakan petani sebagai pelaku utama industri pertanian pada era Society 5.0. Pak Tani Digital menjadi salah satu start-up bidang pertanian yang fokus pada jual beli hasil tani dan pengembangan sosial.

Pak Tani Digital ingin mendorong anak muda agar mau menjadi petani untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional pada masa yang akan datang.

2. folderdesa.com

Sesuai namanya, website ini memuat banyak bisnis pertanian dan peternakan yang ada di desa – desa. Seperti lagu Iwan Fals, desa harus jadi kekuatan ekonomi agar warganya tak pindah ke kota.

Ini adalah semangat yang diusung oleh tim dari Folder Desa untuk mengabarkan pada masyarakat luas bahwa desa menyimpan potensi dalam hal pertanian dan peternakan.

Ini sebagai isyarat pada pemerintah bahwa Desa harus mendapat perhatian lebih dan serius. Juga sebagai semangat pada kawan – kawan yang tinggal di desa agar percaya diri bahwa kekuatan pangan Indonesia ya bergantung pada desa.

Selayaknya media informasi pada tahun 2021, folder desa juga mempunyai channel Youtube yaitu Folder Desa TV. Ada liputan mengenai peternakan kelinci, kambing, ikan air tawar, lalu pertanian anggur di desa.

3. pertanian.go.id

Meski banyak website informatif yang dibangun oleh para anak muda, namun kita tidak bisa begitu saja meninggalkan website resmi pemerintah.

Karena dari sana kita bisa melihat tentang perkembangan informasi dan arah gagasan pemerintah dalam usaha meningkatkan hasil pertanian.

Dari situ kita akan bisa tahu, komoditas pertanian apa yang sedang menjadi perhatian pemerintah. Sukur – sukur bisa ikut dapat kucuran bantuan pendanaan. Kan lumayan ya gaes.

Website dari kementerian pertanian ini mempunyai beberapa menu yang sangat bermanfaat untuk para petani.

Baca yuk, 4 Usaha Pertanian yang Menguntungkan!

Ada menu layanan publik untuk mengakses informasi seputar konsultasi dan penyuluhan. Kemudian ada Indoagropedia dan Perpustakaan untuk menambah pengetahuan pada bidang pertanian.

4. mitalom.com

Apakah Anda tahu apa itu kacang sacha inchi? Apakah Anda berencana untuk menjadi petani cabe? Atau Anda sedang mencari info bagaimana mendaftar kartu tani?

Semua jawabannya ada di website mitalom.com yang juga memuat banyak tips dan trik dalam melakukan aktifitas bertani.

Jika informasi berupa tulisan belum cukup bagi Anda, mitalom juga mempunyai Youtube channel lho. Anda bisa langsung terhubung dengan channel Youtube mitalom langsung dari laman website nya.

Ada juga kamus pertanian, yang menurut kami sangat bermanfaat. Sebagaimana kamus, dia memuat banyak istilah yang khas mengenai pertanian, seperti nama aneka jenis pupuk, obat, dan istilah pertanian.

Ini selain bermanfaat bagi para petani, juga untuk para mahasiswa pertanian yang diminta dosennya untuk menghafalkan istilah – istilah. Asal jangan buat bahan nyontek kalau ujian ya. Hehe

5. trubus-online.co.id

Bagi para pebisnis bidang pertanian, tentu tidak asing dengan majalah trubus. Trubus yang merupakan kata dalam bahasa jawa artinya Tunas.

Mengikuti tuntutan teknologi, majalah Trubus kemudian memunculkan tunasnya berupa website yang tidak kalah informatifnya dengan majalah.

Jika majalah Trubus hadir dalam edisi bulanan, tentu website bisa lebih mengoptimalkan informasi dengan pembaharuan informasi secara harian.

Ini tentu akan memanjakan para penikmat majalah Trubus yang kini sudah semakin akrab dengan ponsel Android.

Trubus menyajikan banyak informasi tentang agrobisnis, yaitu bisnis potensial yang berhubungan dalam bidang pertanian.

Dulu yang sempat mencuat adalah bisnis tanaman hias gelombang cinta dan kini ada tanaman hias Aglonema. Mencuatnya mereka salah satunya karena dorongan dari majalah Trubus ini lho.

Meski kini sudah mempunyai website, tapi Trubus tetap tidak meninggalkan bisnis majalahnya lho.

Jika Anda merasa membaca majalah lebih menyenangkan daripada website, Anda juga bisa melakukan pemesanan langsung dari menu pada halaman resmi Trubus.

6. tabloidsinartani.com

Selain Trubus, ada juga satu Tabloid pertanian yang kini sudah mencapai usia 51 tahun. Dia adalah Sinar Tani, atau yang beberapa orang memanggilnya Sinta. Biasanya tabloid ini hadir dua mingguan.

Sejak beberapa tahun lalu, Sinar Tani mengembangkan aneka portal informasi mengenai pertanian antara lain : website, e-paper, chanel Youtube Sinta tV.

Sinar Tani memang sudah lama dikenal sebagai perusahaan yang memiliki komitmen dalam bidang pertanian dengan menyelenggarakan banyak pelatihan, kegiatan seminar, serta sertifikasi produk pertanian.

Khusus sertifikasi produk pertanian ini untuk menjawab kebutuhan pasar pertanian global yang tentu mempunyai standar lebih tinggi daripada standar yang berlaku di dalam negeri.

Sinar Tani menyajikan banyak informasi dari berbagai narasumber seperti penyuluh pertanian, akademisi, perusahaan pertanian, dan para petani lokal.

Mengembangkan pertanian berbasis informasi dan teknologi menjadi fokus Sinar Tani saat ini. Menyajikan beberapa menu informasi seperti Pangan, Horti, Ternak, Kebun, Akuamina, dan Agri Sarana.

Sinar Tani juga mempromosikan gaya hidup yang baru dikenal di Indonesia beberapa tahun ini, yaitu Urban Farming Style.

Pemanfaatan pekarangan sekitar rumah sebagai media bercocok tanam. Konon bagi mereka yang tinggal di perkotaan, ini semacam sarana healing dari stress akibat kemacetan dan lelahhnya bekerja setiap hari.

Dengan menjalin kemitraan banyak pelaku pertanian Sinar Tani berharap bisa menyajikan informasi untuk pertanian yang efektif dan efisien.

7. bebeja.com

Website yang mengusung visi menjadi rujukan Agribisnis Indonesia memang sedikit berbeda dari yang lain. Selain menjual informasi, website ini juga menjual aneka hasil olahan pertanian seperti benih tanaman, media tanam, bibit ikan, dan pupuk.

Informasi yang ada pada website bebeja lebih banyak membahas tentang tanaman, misalnya tanaman hias, tanaman rempah, atau hidroponik.

Bebeja juga membagikan tips untuk membangun usaha pertanian, dan bagaimana mengoptimalkan usaha Anda agar bisa mendapat keuntungan.

Kami juga melihat ada beberapa artikel tentang burung lovebird pada laman website ini. Jika Anda sedang membudidaya Love Bird, kami sarankan untuk membaca beberapa artikelnya.

Satu lagi menu yang merupakan ciri khas bebeja adalah info kampus pertanian dan resensi buku.

Bebeja menampilkan beberapa buku yang membahas pertanian, tidak hanya tentang teknisnya tapi juga tentang permasalahan agraria yang melingkupinya.

Memang untuk melakukan perubahan, membutuhkan buku bacaan untuk inspirasi. Bebeja paham bahwa petani juga butuh membaca.

Karena pertanian tidak semata – mata tentang tanaman dan tanah tapi juga sosial, ekonomi, lingkungan, dan politik.

8. alamtani.com

Apakah Anda ingin belajar metode menanam padi SRI dengan cara organik? Atau penasaran darimana biji kopi berasal?

Anda bisa cek infonya pada laman alamtani.com yang memuat aneka informasi mengenai pertanian buah, sayur, dan bahan pangan lainnya.

Selain itu, alam tani juga memberikan kiat – kiat beternak kambing, sapi dan ikan. Tidak hanya ikan yang bisa dimakan, tapi juga ikan hias seperti cupang atau guppy.

Menarik bukan? Ada juga satu hewan yang jarang dibahas pada website sebelumnya, yaitu lebah madu.

Beberapa tahun ini kami melihat semakin banyak orang yang beternak lebah madu. Apalagi madu kini menjadi kebutuhan untuk menambah daya tahan tubuh.

Apakah Anda sedang mencari info ternak lebah madu? Segera kunjungi website nya ya.

9. agroindustri.id

Ini bukan website jurusan perkuliahan ya, website ini isinya informasi tentang bagaimana industri pertanian berkembang.

Ada berita tentang penggunaan teknologi kekinian untuk mengembangkan pertanian, juga tentang manfaat hasil pertanian untuk kesehatan kita. Seperti sayuran bervitamin, atau manfaat minyak kelapa untuk rambut.

Ada juga akun Youtubenya untuk mengemas informasi lebih interaktif. Coba cek Agro Industri TV di Youtube Anda.

10. sariagri.id

Dari sekian banyak website yang sudah kami ulas, tidak ada yang lebih lengkap daripada sariagri.id. Selain berisi konten tentang pertanian dan perikanan, website ini juga memuat informasi mengenai kehutanan dan energi.

Dua hal ini adalah aspek yang secara tidak langsung juga turut mempengaruhi iklim pertanian pada negara Indonesia.

Sari Agri juga memuat cerita isnpiratif dari para petani muda, yang mengembangkan pertanian dengan cara yang lebih modern, menyenangkan, dan tentu menghasilkan.

Karena media ini muncul semenjak teknologi menjadi arus utama informasi, maka tampilan Sari Agri pun cenderung fresh.

Baca yuk, 7 Peluang Usaha Pertanian Tetap Cuan Meski Sedang Pandemi

Jika Anda menuju channel Youtubenya yaitu Sariagri, Anda akan melihat betapa thumbnail setiap videonya dibuat dengan desain grafis yang khas anak muda dengan warna cerah.

Ini akan memancing banyak orang untuk penasaran menonton video mereka. Kini channel Sariagri sudah mempunyai lebih dari 5K susbscribers.

Kami suka laman utama Sari Agri yang menampilkan harga komoditi pertanian, ini jarang kami temui pada website lain bahkan hampir tidak ada.

Informasi ini bisa menjadi acuan para petani dan pelaku bisnis pertanian dalam menentukan harga jual mereka pada konsumen.

Selain itu juga mencantumkan harga pupuk, harga emas, bahkan kurs dollar. Mungkin Sari Agri mempunyai cita-cita bahwa pertanian Indonesia harus bisa Go-Internasional.

Tinggalkan komentar