Mau Investasi Apartemen Terbaik? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut Ini!

Sedari dulu, investasi di bidang properti menjadi salah satu instrumen investasi yang dinilai sangat menjanjikan. Dibandingkan saham atau deposito, properti dianggap memiliki resiko yang lebih kecil dan memiliki prospek jangka panjang yang baik, karena nilai properti yang cenderung naik dan potensi return of investment (ROI) yang tinggi.

Saat ini, investasi properti yang sedang berkembang adalah investasi apartemen. Investasi apartemen semakin dilirik karena berbagai daya tariknya, diantaranya lokasi yang strategis dan terintegrasi dengan pusat perbelanjaan dan perkantoran, memiliki akses yang mudah, dan fasilitas apartemen yang lengkap.

Anda bisa memulai berinvestasi apartemen dengan membeli unit apartemen yang tujuannya bukan untuk Anda huni, namun untuk Anda sewakan. Dari sewa tersebutlah Anda bisa mendapatkan keuntungan sewa dan kenaikan nilai properti.

Namun, sebaik-baiknya prospek sebuah investasi diperlukan perencanaan yang matang. Hal ini karena setiap investasi memiliki berbagai resiko, namun Anda bisa menanggulangi resiko investasi dengan perencanaan yang matang. Oleh sebab itu, perencanaan yang matang sangat diperlukan ketika memulai sebuah investasi, termasuk investasi apartemen.

Dalam artikel ini, Anda bisa mengetahui kelebihan investasi apartemen, prospek investasi apartemen di Jakarta, dan pilihan apartemen yang memiliki nilai investasi tinggi. Selain itu, terdapat pula tips memilih apartemen untuk investasi.

Mengapa Investasi Apartemen Menjadi Pilihan Tepat?

Mengapa Investasi Apartemen Menjadi Pilihan Tepat?
Mengapa Investasi Apartemen Menjadi Pilihan Tepat

Pertanyaan pertama yang sering muncul ketika seseorang diberikan rekomendasi untuk berinvestasi apartemen adalah “mengapa investasi apartemen?”

Baca juga : Ingin Bisa Punya Rumah Sendiri, Ini Caranya!

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentu ia yang bertanya harus mengetahui keuntungan dari investasi apartemen. Setidaknya ada 5 keuntungan dari investasi apartemen, yakni:

1. Permintaan yang relatif tinggi

Saat ini, tinggal di apartemen menjadi sebuah tren gaya hidup di kalangan keluarga muda Jakarta. Hunian apartemen yang menawarkan kehidupan yang praktis dan modern dinilai sesuai dengan gaya hidup keluarga muda. Selain itu, apartemen pun menawarkan lokasi strategis, akses mobilitas yang memadai, dan fasilitas lengkap.

Dengan adanya tren tinggal di apartemen di kalangan keluarga muda membuat potensi tingginya permintaan hunian apartemen sehingga harga jual maupun sewa apartemen bisa semakin tinggi. Selain itu, risiko unit tidak tersewa pun rendah.

2. Tidak membutuhkan modal besar

Hunian apartemen memiliki berbagai segmentasi pasar, mulai dari kelas bawah, menengah, maupun kelas atas. Harga belinya pun pastinya berbeda-beda untuk setiap kelas apartemen.

Biasanya semakin strategis dan semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan maka semakin mahal harga belinya. Namun, tidak menutup kemungkinan apartemen dengan lokasi strategis dan fasilitas lengkap memiliki harga yang terjangkau.

Dengan adanya berbagai segmentasi tersebut, Anda bisa memulai investasi apartemen dengan membeli apartemen kelas bawah maupun menengah dengan harga terjangkau.

3. Dapat disewakan dengan jangka waktu bervariasi

Sama dengan bentuk properti lainnya, misalnya rumah tapak, apartemen bisa Anda sewakan. Namun, properti lain yang biasanya memiliki jangka waktu sewa 6 bulan hingga 1 tahun, unit apartemen bisa disewakan mulai dari sewa harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Harga sewa bisa Anda tetapkan tergantung tipe unit, luas unit, dan fasilitas unit. Semakin besar tipe unit, luas unit, dan semakin lengkapnya fasilitas dapat memiliki harga sewa yang lebih tinggi dibandingkan luas yang lebih sempit dan kurang lengkapnya fasilitas unit.

4. Harga Jual Selalu Naik

Seperti properti lain, harga jual apartemen cenderung naik per tahunnya. Persentase kenaikan harga jual apartemen sampai tahun 2023 ketika tulisan ini dibuat mencapai 4-5 persen per tahun.

Sehingga, jika Anda membeli apartemen seharga 200 juta, maka per tahun bisa mendapat kenaikan harga sebesar 10 juta.

5. Risiko Kerugian Rendah

Berinvestasi apartemen memiliki resiko mendapatkan kerugian yang rendah. Hal ini karena cenderung selalu naiknya nilai properti sehingga bisa Anda jual dengan harga yang lebih tinggi.

Selain itu, harga sewa pun memiliki tren yang selalu naik, apalagi jika apartemen Anda berlokasi di lokasi strategis dan memiliki fasilitas unit lengkap.

Masa Depan Investasi Apartemen Jakarta

Investasi Apartemen Terbaik

Berdasarkan laporan dari Colliers Indonesia, sampai dengan kuartal III 2019 jumlah suplai apartemen di Jakarta mencapai 209.286 unit. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah kembali sampai tahun 2023 dengan rata-rata mencapai 9.600 unit per tahun.

Untuk demand apartemen Jakarta, laporan Colliers Indonesia melaporkan tren penawaran apartemen dari 2018 hingga 2023 diperkirakan berada di 85-86% per tahun.

Hal tersebut menunjukkan penurunan dari kuartal III 2019 yang mencapai 87.5%. Walaupun menurun, tetapi masa depan demand apartemen masih memiliki harapan yang baik.

Selanjutnya, untuk tren kenaikan harga sewa dari 2018-2023 sebesar 2-3% per tahun atau rata-rata di angka 475.000. Angka perkiraan tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan harga sewa di kuartal III 2019 yang berada di angka 427.882.

Baca : 10 Tips Belajar Saham Bagi Pemula

Untuk harga jual, sampai kuartal III 2019 harga apartemen per meter persegi yakni 34.6 juta. Sedangkan, perkiraan kenaikan harga apartemen sampai tahun 2023 berada di 4-5% per tahun atau rata-rata 41.8 juta/ meter persegi.

Bagaimana Memilih Apartemen yang Tepat Untuk Investasi?

Ketika memulai untuk berinvestasi apartemen, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki sebuah unit apartemen yang akan diinvestasikan. Tentu, Anda harus membeli terlebih dahulu unit yang akan diinvestasi.

Dalam membeli unit apartemen untuk investasi, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, yakni:

1. Lokasi

Lokasi adalah salah satu faktor mutlak yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih apartemen untuk investasi. Lokasi yang baik tentu akan mendatangkan capitalization rate yang tinggi.

Biasanya, pengembang apartemen membangun apartemen pada dua jenis area, yaitu prime area dan non prime area. Prime area adalah lokasi yang dekat dengan CBD. Sedangkan, non prime area adalah lokasi yang belum berkembang, namun diprediksi akan menjadi pusat bisnis di masa depan.

Perbedaan antara prime area dan non prime area dalam investasi apartemen adalah nilai capitalization rate-nya. Apartemen di prime area biasanya memiliki capitalization rate yang lebih tinggi daripada apartemen di non prime area.

2. Pengembang Terpercaya

Ketika ingin membeli apartemen, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengetahui pengembang yang membangun apartemen yang Anda sasar.

Anda harus mengetahui track record dari pengembang apartemen sehingga Anda tahu kredibilitas, legalitas, dan komitmen dalam mengembangkan pembangunannya.

3. Ketahui Status Lahan

Dalam memilih apartemen untuk investasi, usahakan memilih apartemen yang status lahan pembangunannya sudah jadi hak milik pengembang.

Jangan memilih apartemen yang berdiri di lahan berstatus BOT (Build, Operate, Transfer). Lahan BOT adalah lahan yang dimiliki pemerintah pusat atau daerah yang pemanfaatannya diserahkan kepada pihak swasta dalam jangka waktu tertentu dengan hak konsesi. Jika jangka waktu pemanfaatan habis, maka tanah dan bangunan harus diserahkan ke pemerintah.

Baca juga: 10 Investasi Return Terbaik saat ini

Oleh sebab itu, memilih apartemen untuk investasi yang dibangun di lahan BOT sangat beresiko. Jika masa pemanfaatan lahan sudah habis, Anda harus angkat kaki dari apartemen dan menerima uang kompensasi yang nilainya jauh lebih kecil daripada nilai investasi yang sebenarnya.

4. Ketersediaan Fasilitas Umum

Anda harus melihat fasilitas umum apartemen yang Anda miliki. Adanya fasilitas umum yang memadai akan berpengaruh pada ketertarikan calon penyewa. Biasanya, kriteria mutlak fasilitas umum apartemen yang dipertimbangkan calon penyewa adalah:

  • Adanya fasilitas olahraga (gym, kolam renang, jogging track)
  • Adanya sistem keamanan 24 jam
  • Area parkir yang luas
  • Tersedianya sambungan internet
  • Adanya area komunal

5. Lihat Potensi Segmentasi Pasar

Yang penting Anda lakukan dalam memilih apartemen untuk investasi adalah dengan melihat potensi segmentasi pasar apartemen Anda. Anda bisa menentukan segmentasi pasar salah satunya dengan melihat posisi apartemen dengan lingkungan sekitar.

Jika apartemen Anda dekat dengan pusat perkantoran, Anda bisa membidik pekerja sebagai segmen pasar. Anda pun harus menentukan harga sewa yang pas dengan kantong segmen pasar apartemen Anda, sehingga apartemen Anda bisa laku dengan cepat.

Rekomendasi Apartemen Jakarta Untuk Investasi

Salah satu langkah untuk memulai investasi apartemen adalah dengan memilih apartemen yang tepat untuk investasi. Dengan memilih apartemen yang memiliki nilai investasi tinggi, tentu Anda bisa menikmati keuntungan sewa dan kenaikan nilai properti yang tinggi.

Berikut ini adalah rekomendasi apartemen di Jakarta yang bagus untuk investasi:

1. Apartemen Puri Park View

Investasi Apartemen Puri Park View

Apartemen Puri Park View berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Apartemen ini memiliki letak yang strategis, karena dekat dengan area bisnis Puri Indah dan dikelilingi berbagai fasilitas umum, seperti Halte TransJakarta Kebon Jeruk (2 km) dan Stasiun KRL Taman Kota (4 km).

Apartemen ini memiliki tipe unit mulai tipe studio hingga tipe dua kamar tidur. Unit terbaik untuk investasi di apartemen ini adalah unit tipe 2BR fully furnished dengan harga sewa Rp. 45 juta/ tahun.

2. Apartemen Royal Mediterania Garden Residence

Investasi Apartemen Royal Mediterania Garden Residence

Apartemen ini dibangun oleh pengembang kenamaan, Agung Podomoro Group. Apartemen yang biasa disebut “Royal Medit” ini berlokasi di kawasan superblok Podomoro City, Jakarta Barat, sehingga dikelilingi Central Park Mall, APL Office Tower, Mall Taman Anggrek, dan Neo Soho.

Unit terbaik untuk investasi di Royal Medit adalah unit tipe 2BR fully furnished dengan harga sewa Rp. 45 juta/ tahun.

3. Apartemen Kalibata City

Investasi Apartemen Kalibata City

Apartemen Kalibata City adalah salah satu apartemen yang terkenal murah di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan. Walaupun murah, apartemen ini menawarkan lokasi strategis karena dekat dengan kawasan bisnis seperti Pancoran, Gatot Subroto, Kemang, dan Pasar Minggu. Pilihan investasi terbaik di Kalibata City adalah unit studio fully furnished dengan harga sewa Rp. 36 juta/ tahun.

4. Apartemen Kemang Village

investasi Apartemen Kemang Village

Berlokasi di kawasan elite Kemang, Apartemen Kemang Village berada di dalam kompleks superblok Kemang Village dan terintegrasi dengan Lippo Mall Kemang. Di dalam kompleks Kemang Village pula terdapat Sekolah Pelita Harapan International, Hotel Aryaduta, dan kawasan kuliner Avenue of the Star.

Pilihan investasi terbaik di Apartemen Kemang Village adalah unit tipe studio fully furnished dengan harga sewa Rp. 156 juta/ tahun.

5. Apartemen Sudirman Park

Investasi terbaik Apartemen Sudirman Park

Apartemen Sudirman Park adalah hunian yang berlokasi di tengah kawasan bisnis, yakni kawasan Sudirman.

Apartemen ini dekat dengan kawasan bisnis Sudirman, Mega Kuningan, Gatot Subroto, Rasuna Said, dan MH Thamrin. Pilihan investasi terbaik di apartemen ini adalah unit tipe 1BR fully furnished dengan harga sewa Rp. 84 juta/ tahun.

Siap Memulai Investasi Apartemen?

Investasi apartemen adalah salah satu investasi yang saat ini sedang naik daun dan memiliki potensi jangka panjang yang baik. Bila Anda baru memulai investasi apartemen, Anda bisa memuai dengan merencanakan taktik investasi dan membeli unit apartemen yang Anda nilai memiliki peluang investasi tinggi.

Setelah merencanakan dan membeli unit apartemen untuk investasi, ini saatnya Anda untuk eksekusi dengan memasarkan unit yang Anda miliki. Anda bisa memasarkan unit Anda melalui agen properti lokal.

Salah satu agen properti lokal terpercaya yang bisa Anda pilih adalah Jendela360. Jendela360 adalah agen spesialis sewa apartemen di Jakarta. Anda hanya perlu isi formulir dengan mengisi
nama, email, nomor telepon, dan nama apartemen yang disewa. Lalu, tim Jendela360 segera
menghubungi Anda.

Anda tidak perlu repot memfoto unit Anda, karena tim Jendela360 akan memfoto unit dengan profesional serta mendata informasi dan fasilitas unit Anda secara lengkap.

Baca juga : 7 Tabungan Terbaik Bagi Milenial

Anda pun tidak perlu repot berhubungan dengan calon penyewa, karena semua urusan proses sewa diserahkan kepada tim Jendela360 hingga unit Anda laku.

Tunggu apalagi, segera promosikan unit Anda di www.jendela360.com dan dapatkan passive
income dari sewa apartemen Anda!

Kenapa memilih investasi apartemen?

Properti dianggap memiliki resiko yang lebih kecil dan memiliki prospek jangka panjang yang baik, karena nilai properti yang cenderung naik dan potensi return of investment (ROI) yang tinggi.

Masa depan investasi apartemen?

Laporan Colliers Indonesia melaporkan tren penawaran apartemen dari 2018 hingga 2023 diperkirakan berada di 85-86% per tahun. Hal tersebut menunjukkan penurunan dari kuartal III 2019 yang mencapai 87.5%. Walaupun menurun, tetapi masa depan demand apartemen masih memiliki harapan yang baik.

Bagaimana Memilih Apartemen yang Tepat Untuk Investasi?

1. Lokasi
2. Pengembang terpercaya
3. Ketahui status lahan
4. ketersediaan fasilitas umum
5. Lihat potensi segmentasi pasar