Tips Untung Investasi Perhiasan Emas Untuk Perempuan Milenial

Ada yang bilang bahwa untuk urusan investasi, kaum Adam dianggap lebih ahli. Apakah itu benar? Belum tentu! Karena perempuan juga bisa meraih keuntungan yang sama melalui investasi perhiasan emas.

Tunggu, investasi perhiasan emas?

Yap, perhiasan emas yang mungkin selama ini dianggap hanya sebagai item yang mempercantik penampilan perempuan, bisa menjadi produk keuangan menjanjikan. Asalkan dirawat dan dikelola secara maksimal, perhiasan emas bukan tak mungkin bisa berkilau sama seperti emas batangan.

Seperti yang Anda tahu, di masa pandemi Covid-19 dan perekonomian serba sulit, ada banyak instrumen investasi yang menjadi lemah. Namun hal berbeda justru dialami oleh emas. Bahkan logam mulia yang satu ini sempat menembus level Rp1 juta per gram pada bulan Agustus-September 2020.

Baca juga: Emas Digital Online vs Fisik, Review Kelebihan dan Kekurangan

Lantaran dianggap menjanjikan, seluruh produk emas pun tampak memiliki nilai yang luar biasa berharga bahkan sampai masa resesi ekonomi seperti sekarang. Hal sama juga dialami perhiasan emas. Hanya saja meskipun memang terbuat dari logam mulia, tentu saja investasi perhiasan emas memiliki perbedaan dengan emas batangan.

Beda Investasi Perhiasan Emas dan Emas Batangan

emas batangan - perhiasan emas
© indoindians

Meskipun ada banyak sekali produk investasi masa kini seperti saham, reksadana, SBR (Saving Bond Ritel) hingga P2P Lending, ada alasan tersendiri kenapa emas selalu jadi pilihan. Bahkan dari generasi ke generasi, logam mulia yang satu ini selalu saja dianggap sebagai bukti kekayaan.

Kenapa bisa begitu?

Karena harga jual emas yang cenderung meningkat. Emas juga merupakan aset safe haven yang mana keberadaannya tidak terpengaruh oleh inflasi. Hal-hal inilah yang akhirnya membuat banyak investor tetap setiap mengubah uang tunai-uang tunai mereka ke emas batangan. Apalagi saat ini, untuk investasi emas bisa dimulai dengan kepingan gramasi rendah hingga adanya produk Tabungan Emas, membuat milenial makin memilih emas jadi investasi andalan.

Namun kalau menurut Anda investasi emas batangan dan perhiasan emas ini sama, maka itu salah besar. Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan keduanya meskipun sama-sama berupa emas. Berikut ulasan singkatnya:

  • Nilai karat emas batangan jauh lebih besar daripada perhiasan emas, karena emas murni 24K biasanya tidak digunakan sebagai bahan baku perhiasan. Kenapa? Lantaran semakin tinggi dan murni kadar emas, semakin lunak pula teksturnya, sehingga sulit dibentuk jadi perhiasan
  • Pada umumnya ada lima jenis karat perhiasan emas yakni 22K, 20K, 18K, 16K dan 14K. Tidak murninya karat pada perhiasan emas karena dalam proses pembuatannya menggunakan campuran logam lain seperti tembaga dan perak
  • Karena perhiasan emas ini tidak menggunakan emas 24K, sudah pasti harga jual dan belinya lebih rendah serta lebih tidak stabil daripada emas batangan murni
  • Ada sejumlah biaya yang ditimbulkan saat Anda membeli perhiasan emas mulai dari biaya produksi, desain perhiasan hingga pajak. Namun ketika dijual kembali, kadang kala toko emas cuma mempertimbangkan berat dan kadar emas pada perhiasan tersebut

Kendati dari ulasan di atas tampak investasi perhiasan emas kurang menjanjikan jika dibandingkan dengan emas batangan, Anda tak perlu cemas. Karena sebetulnya ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan agar perhiasan-perhiasan emas yang dimiliki bisa menjadi aset investasi menjanjikan.

Inilah 6 Tips Investasi Perhiasan Emas Agar Untung

Sejauh ini, perempuan memang lebih suka mengoleksi perhiasan emas. Bahkan untuk ibu rumah tangga, perhiasan emas bisa menjadi ‘amunisi’ ketika kondisi keuangan keluarga tengah sulit. Biasanya mereka akan memilih untuk menjual atau menggadaikan perhiasan emas mereka supaya memperoleh dana tunai.

Baca juga: Inilah 6 Faktor Perempuan Bisa Investasi Lebih Baik Daripada Laki-Laki

Namun seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak faktor yang membuat harga jual kembali dari perhiasan emas ini anjlok yang menjadikannya kurang maksimal sebagai instrumen investasi. Termasuk yang mengalami hal serupa? Maka sederet tips berikut ini bisa coba Anda terapkan:

1. Pilih Penjual Berkualitas

suasana toko perhiasan emas
© The New York Times

Saat ini untuk membeli perhiasan emas sangatlah mudah karena toko-toko emas bisa ditemukan dengan sangat mudah baik di kota besar atau wilayah pinggiran. Hanya saja jika memang tujuan Anda adalah investasi, maka usahakan untuk memilih penjual perhiasan emas yang berkualitas. Penjual dengan reputasi baik tentu sangat menjanjikan.

Biasanya penjual yang berkualitas akan menawarkan perhiasan emas sesuai dengan kadarnya. Contohnya, mereka menyebutkan kalau perhiasan emas itu 18K, maka memang memiliki kadar emas 75% yang bisa dibuktikan dengan adanya sertifikat keaslian. Dengan adanya sertifikat ini pula, harga jual kembali perhiasan emas tidak akan anjlok drastis.

2. Bijak Pilih Perhiasan Emas

ilustrasi pilih perhiasan emas
© Bayut

Ada banyak sekali bentuk dari perhiasan emas mulai dari kalung, cincin, gelang hingga anting. Tentu setiap bentuk perhiasan emas ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Cincin emas 16K seberat lima gram bisa saja lebih mahal daripada kalung emas 18K seberat tiga gram. Apalagi kalau cincin emas dihiasi logam mulia, sudah pasti harganya akan lebih mahal.

Namun patut diingat pula, semakin berat perhiasan emas biasanya peluang untuk terjual kembali tidak akan semudah perhiasan-perhiasan dengan gramasi ringan. Namun jika Anda memang berpikir untuk investasi jangka panjang, ada baiknya membeli perhiasan emas dengan desain yang menarik dan tidak ketinggalan zaman. Sesuaikan kadar dan beratnya dengan budget, bahkan jika perlu pilih yang berhias logam mulia agar nilai investasi makin tinggi.

3. Cermat Saat Beli

Pentingnya membeli perhiasan emas di penjual yang sudah terpercaya ada pada bagian ini. Yap, tidak semua perempuan yang cukup jeli saat membeli perhiasan sehingga mereka kerap jadi korban oknum tak bertanggung jawab. Apalagi kalau membeli perhiasan emas secara online, tentu akan sulit menyampaikan keluhan lantaran tak bisa melihat perhiasan secara langsung sebelum transaksi.

Nah, bagi Anda yang membeli perhiasan emas di toko atau outlet resmi, perhatikan betul-betul penampilannya apakah ada goresan yang muncul hingga warna kilauan yang pudar. Kondisi perhiasan emas yang memiliki cacat jelas akan mempengaruhi nilai jual kembalinya sehingga investasi Anda bisa saja merugi.

4. Simpan Perhiasan dengan Tepat

Meskipun memang emas adalah logam mulia yang tidak bisa berkarat, bukan berarti Anda dapat menyimpan perhiasan emas secara sembrono. Anda harus sangat berhati-hati dalam meletakkannya supaya tidak rawan tergores atau bahkan memudar. Biasanya ada tempat khusus yang diperuntukkan untuk menyimpan perhiasan emas dan memiliki lapisan kain lembut. Jika perhiasan emas Anda cukup banyak, simpanlah dalam brankas terkunci yang terlindung dari musibah termasuk tindakan kriminal.

Baca juga: Mudah dan Murah, 10 Cara Investasi Emas Tanpa Beli Fisiknya

5. Paham Harga Emas

mengamati perhiasan emas
© Business Insider

Nah, hal yang sangat penting dalam investasi perhiasan emas adalah Anda wajib tahu pergerakan harga logam mulia ini. Sama seperti prinsip yang dipakai para investor emas batangan, usahakan untuk membeli ketika harga emas anjlok dan menjualnya saat harga emas terkerek naik sehingga ikut merasakan cuan. Kendati memang harga perhiasan ems tak setinggi emas 24K, tetap saja kalau harga emas meningkat, nilai jual perhiasan emas akan ikut meningkat.

Agar makin untung pula, jangan lupa pertimbangkan biaya-biaya yang dikeluarkan misalkan biaya penyimpanan hingga biaya polesan, supaya Anda bisa menentukan saat yang tepat untuk menjual perhiasan-perhaisan emas tersebut.

6. Jangan Dipakai

perhiasan emas yang disimpan
© oceanside-jewelers

Tips terakhir investasi perhiasan emas yang mungkin tak banyak diduga adalah usahakan untuk tidak menggunakannya. Lhoh, kenapa? Perhiasan emas yang dipakai terus-menerus justru akan membuat penampilannya tak sempurna. Apalagi kalau Anda menggunakan sepanjang hari dengan mobilitas tinggi, perhiasan emas jelas mudah terpapar kotoran entah keringat dari kulit sampai kondisi cuaca yang terik dan berdebu.

Baca juga: 10 Alasan Emas Adalah Bentuk Investasi Terbaik

Jika dibiarkan, perhiasan emas yang dipakai ini jelas akan memudar dan mempengaruhi harga jual kembalinya. Karena itulah kalau Anda memang memilih perhiasan emas sebagai jalan berinvestasi, ada baiknya menyimpan secara aman dan nyaman di tempat yang tepat, tidak dipakai dan hanya dikeluarkan saat benar-benar hendak ingin dijual kembali.

Kesimpulan

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk investasi perhiasan emas? Untuk itulah bagi Anda perempuan yang memang hobi mengoleksi perhiasan, bisa mempertimbangkan untuk menjadikannya sebagai produk investasi. Namun jika memang mendamba keuntungan besar perhiasan emas dalam hal investasi, Anda tentu harus menerapkan sejumlah tips di atas supaya memang harga jual kembalinya tetap stabil.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar

XM Trading Forex dan Saham, Bonus 15 sampai 500$
Daftar sekarang