6 Investasi Terbaik Untuk Perempuan Single Parent Agar Mandiri Finansial

© vectorsecurity

Menjadi seorang single parent, tentu adalah nasib yang tak pernah diinginkan setiap perempuan. Namun saat rumah tangga berakhir karena perceraian atau suami meninggal dunia, Ibu haruslah jadi sosok kuat demi buah hatinya. Supaya anak tetap bisa hidup sejahtera, investasi terbaik untuk perempuan yang menjadi single parent sangat wajib dipahami.

Perempuan yang memutuskan jadi orangtua tunggal haruslah bersikap tidak hanya menjadi seorang Ibu, tapi juga sosok Ayah. Seperti yang Anda tahu, Ayah bertanggung jawab untuk menafkahi keluarga. Sehingga ketika seorang perempuan berstatus sebagai single parent, tetap harus putar otak menjadi tulang punggung keluarga demi memenuhi kebutuhan.

Iklan

Memilih jalan sebagai single parent, tentu bukanlah perkara yang mudah. Tekanan untuk mencari nafkah, tekanan untuk tetap memperhatikan tumbuh kembang buah hati, hingga belum lagi cibiran banyak tetangga atau kerabat karena status janda yang disandang. Kalau sudah begini, single parent haruslah punya rencana finansial yang baik.

Ada banyak sekali cerita anak yang dibesarkan oleh orangtua tunggal dalam hal ini perempuan, kesulitan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi karena masalah keuangan sang Ibu. Apakah ini artinya Ibu yang single parent tak bisa sejahtera finansial? Tentu saja tidak! Asalkan Anda tahu seperti apa sih investasi terbaik untuk perempuan, jadi single parent bukan masalah.

Baca juga: Cara Menabung Emas di Pegadaian Lengkap Dengan Gambaran Keuntungannya

Ada Banyak Perempuan Single Parent di Indonesia

© Vecteezy/BRO Vector

Ada banyak sekali alasan kenapa perempuan akhirnya menjadi single parent. Yang pertama adalah ditinggal sang suami meninggal dunia. Kematian adalah sesuatu yang datang dengan tiba-tiba dan tak ada seorang pun yang bisa memprediksi. Bisa saja Anda baru bahagia dikaruniai buah hati yang berusia beberapa bulan, mendadak musibah terjadi dan suami pergi untuk selama-lamanya.

Kepedihan jelas dirasakan. Ketakutan merangkai masa depan buah hati tanpa hadirnya sang kepala keluarga tentu menjadi kecemasan yang sangat menghantui. Namun perempuan biasanya bisa bangkit kembali dan menerima nasib menjadi seorang single parent, demi membesarkan anak untuk sang mendiang suami.

Lalu kedua selain kematian, penyebab perempuan menjadi single parent karena perceraian. Tak ada yang bisa menduga pasangan suami istri yang menikah begitu harmonis, bisa berakhir begitu saja di Pengadilan Agama. Perceraian bisa terjadi karena sudah tidak ada ketidak cocokan entah perbedaan visi, misi atau prinsip hidup, tapi juga masalah asmara.

Perselingkuhan kerap jadi alasan terbesar kenapa istri akhirnya memutuskan menggugat cerai sang suami. Tentu bukanlah perkara mudah bagi perempuan sampai akhirnya rela menyandang status janda. Namun ketika akhirnya rumah tangga berakhir lewat perceraian, pemikiran berikutnya hanyalah bagaimana caranya membesarkan buah hati.

Di Indonesia sendiri, hukum Pengadilan Agama cenderung memberikan hak asuh kepada sang Ibu, terutama jika anak masih di bawah umur. Kondisi ini bagi umat Islam yang notabene terbesar di Indonesia, memang sesuai dengan aturan KHI (Kompilasi Hukum Islam) Pasal 105, dimana memelihara anak yang belum mumayyiz (belum berusia 12 tahun) adalah hak Ibu.

Tak hanya KHI, beberapa Putusan Mahkamah Agung RI juga menegaskan kalau pemberian hak asuh akan memang diprioritaskan pada Ibu kandung. Ibu dianggap lebih dekat dan akrab dengan anak, sekaligus anak-anak di bawah umur memang masih membutuhkan kasih sayang dan perawatan seorang Ibu saat perceraian terjadi.

Hal inilah yang akhirnya membuat banyak sekali perempuan single parent di Indonesia. Meskipun memang mantan suami masih wajib memberikan nafkah untuk anak, seorang Ibu yang menjadi orangtua tunggal harus punya rencana keuangan tersendiri. Bagaimana cara mewujudkan hal itu? Dengan mulai melirik sejumlah investasi terbaik untuk perempuan.

6 Jenis Investasi Terbaik Untuk Perempuan yang Jadi Orangtua Tunggal

Tidak ada yang membantah bahwa menghidupi sendiri anak tanpa kehadiran sosok suami memang sangatlah berat. Hal inilah yang membuat perempuan-perempuan single parent selalu mendapat julukan strong woman. Perjuangan mereka untuk tetap membesarkan buah hati sekaligus mencari nafkah, bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara bersamaan,

Agar para perempuan single mother ini bisa mencapai tujuan-tujuan finansial yang diinginkan termasuk hidup sejahtera finansial saat tua, berikut beberapa instrumen investasi terbaik untuk perempuan single parent yang bisa dilirik:

Baca juga: Apa Benar Investasi Minimal Trading Bitcoin Cukup Rp5 Ribu Saja?

1. Deposito

Pilihan aset investasi terbaik untuk perempuan single parent yang pertama adalah deposito alias tabungan berjangka. Dibandingkan instrumen investasi lainnya, deposito bisa dibilang yang termudah dan anti ribet. Anda hanya tinggal buka rekening tabungan berjangka ke bank, lalu melakukan penyetoran tiap bulan dan meraih keuntungan di akhir jatuh tempo.

Karena anti ribet inilah, banyak Ibu tunggal yang memilih deposito selain untuk menabung tapi juga sebagai aset investasi. Tentu menjadi Ibu tunggal, membuat perempuan harus siap dengan kondisi keuangan terburuk di masa depan. Jika tidak rajin-rajin menabung, pada siapa sang single parent akan menghadapi kesulitan? Daripada tabungan konvensional, deposito lebih baik.

Keunggulan Deposito Sebagai Aset Investasi

Meskipun konsepnya sama-sama menyimpan uang dalam rekening bank, deposito punya beberapa keunggulan lain dibandingan tabungan biasa. Bahkan keunggulan deposito ini membuatnya bisa jadi aset investasi yang menjanjikan. Apa saja? Berikut ulasannya:

  • Lantaran ada banyak kasus investasi bodong atau abal-abal, Anda tentu harus lebih selektif memilih instrumen investasi. Namun asalkan Anda memilih institusi perbankan resmi sebagai tempat membuka rekening deposito, Anda bisa tenang karena sudah dijamin sepenuhnya secara aman oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
  • Dibandingkan rekening tabungan konvensional, besaran suku bunga untuk produk deposito jelas lebih tinggi. Sejumlah bank swasta di Indonesia mematok suku bunga 5-7% untuk deposito yang artinya nilai pokok uang yang disimpan bakal bertambah di akhir periode jatuh tempo, sehingga Anda makin untung
  • Setiap rekening bank tentu akan mendapat potongan biaya administrasi. Namun kalau Anda menyimpan uang tunai di rekening tabungan berjangka, pihak bank tak akan memotong biaya administrasi sehingga nilai pokok uang tidak akan berkurang
  • Kendati deposito baru bisa dicairkan ketika memasuki masa jatuh tempo entah 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun atau bahkan 5 tahun, Anda tetap bisa memperoleh imbal hasil sebelum waktunya. Karena beberapa bank di Indonesia mengizinkan bunga deposito dicairkan ke rekening milik nasabah bahkan sebelum jatuh tempo

Bagaimana Cara Investasi Deposito?

Setelah membahas keunggulan deposito sebagai aset investasi, tentu hal berikutnya adalah bagaimana sih cara mulai berinvestasi pada produk tabungan berjangka? Berikut tahapannya:

  • Siapkan terlebih dulu dokumen yang dibutuhkan seperti bukti identitas diri baik KTP/SIM/Paspor dan NPWP (jika memiliki) untuk perorangan dan jika Anda punya bisnis berbentuk badan usaha dan ingin buka rekening deposito, siapkan fotokopi bukti legalitas badan usaha
  • Jangan lupa sediakan sejumlah uang tunai sesuai aturan pihak bank, sebagai setoran awal rekening deposito
  • Datangi kantor cabang bank terdekat yang menyediakan produk deposito lalu ambil antrian untuk dilayani petugas CS (Customer Service). Jangan segan bertanya ke pihak CS mengenai besaran bunga, berapa lama tenornya, apakah uang dan bunga deposito bisa diambil sewaktu-waktu serta cara melakukan setoran bulanan
  • Isi formulir pembukaan rekening deposito sesuai dengan data diri dan kondisi yang dimiliki lalu serahkan kembali ke CS beserta sejumlah dokumen informasi diri
  • Jika formulir diisi dengan tepat, maka proses pembukaan rekening deposito jelas akan lancar. Pihak CS akan memberikan dokumen berupa surat/slip yang berisi keterangan rekening deposito milik Anda, dimana surat ini akan berfungsi saat pencairan dana deposito ketika jatuh tempo

2. Emas

© marketwatch

Aset investasi terbaik untuk perempuan single parent berikutnya adalah emas. Yap, si logam mulia ini bahkan sudah sejak dulu hingga saat ini selalu jadi simbol kekayaan. Bahkan siapapun yang menyimpan emas sejak dulu, tentu akan memperoleh banyak sekali imbal hasil fantastis di masa kini.

Apalagi saat pandemi Covid-19 menggila tahun 2020 dan membuat banyak instrumen investasi hancur lebur, emas justru makin berkilau. Dimana logam mulia ini sampai menyentuh harga lebih dari Rp1 juta per gram! Dari informasi terbaru pada Jumat (21/5) kemarin, harga emas murni 24K dibanderol Rp963 ribu per gram.

Keunggulan Emas Sebagai Aset Investasi

Menjadikan emas sebagai instrumen investasi terbaik untuk perempuan single parent bukanlah hal sulit. Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan seperti:

  • Sebuah instrumen yang nilainya semakin bertambah, jelas bukti kalau bisa jadi aset investasi menjanjikan. Hal itulah yang dialami oleh emas. Pada tahun 2019 saja, emas masih di kisaran Rp660 ribuan lalu melambung hingga Rp1 juta di tahun 2020 dan di 2021 ini menurun ke Rp960 ribuan. Meskipun naik turun, harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun dan bikin Anda untung
  • Dibandingkan aset investasi lain, emas dianggap yang paling mudah dicairkan jadi uang tunai. Misalkan saat anak mendadak sakit atau harus membayar uang pendidikan, Anda bisa jual emas batangan yang dimiliki dan mendapat uang tunai langsung secara cepat baik ke Pegadaian, toko-toko emas atau bahkan secara online di marketplace
  • Dari banyaknya aset investasi, emas adalah instrumen yang bebas pajak. Bandingkan dengan Anda menggelontorkan uang tunai Rp10 juta untuk beli saham, tentu saat pencairan harus dipotong pajak. Namun saat Anda beli emas seharga Rp10 juta yang artinya 10 gram, Anda tak perlu membayar pajak saat menjual emas itu dan bahkan justru untung
  • Saat ini untuk bisa memiliki emas sebagai investasi tidak harus selalu beli minimal emas batangan satu gram. Anda bisa memiliki emas dari jumlah kecil baik dalam bentuk kepingan fisik atau rekening Tabungan Emas yang ditawarkan Pegadaian
  • Keunggulan terakhir dari emas adalah logam mulia ini bisa dibilang kebal inflasi. Bahkan di saat nilai uang tunai, suku bunga bank hingga saham anjlok, emas justru jadi pilihan banyak investor untuk mengamankan uang mereka. Yang membuat saat inflasi terjadi, harga emas melambung

Baca juga: 10 Broker Crypto Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Bagaimana Cara Investasi Emas?

Untuk memulai investasi pada emas, sebetulnya tidaklah sulit sama sekali. Yang pertama adalah pastikan Anda membeli emas batangan murni 24K di tempat yang mampu menjamin keasliannya seperti Pegadaian atau jaringan toko resmi Antam. Pedagaian menjual emas-emas murni produksi Antam yang tentunya memiliki nilai jual dan nilai beli tertinggi.

Kalau Anda cukup modal untuk membeli emas satu gram, maka langsung saja beli emas murni 24K sejumlah harga emas terbaru dan kemudian disimpan di tempat yang aman. Bisa di brankas dalam rumah, atau menyewa safe deposit box khusu di bank.

Namun jika modal pas-pasan, Anda bisa membuka Tabungan Emas di Pegadaian. Tinggal buka saja rekening Tabungan Emas dan menyetorkan uang tunai sebagai setoran awal sesuai syarat Pegadaian. Nantinya Anda bisa mengisi rekening itu dengan setoran minimal Rp50 ribu yang langsung diakumulasikan ke harga emas terbaru.

Anda bisa mengubah saldo Tabungan Emas itu ke kepingan emas fisik sesuai dengan ketentuan Pegadaian. Tak ada waktu ke Pegadaian atau jaringan toko Antam? Tenang saja. Saat ini di marketplace sudah banyak penjual kepingan emas murni 24K asli mulai dari ukuran 0.1 gram. Namun pastikan si penjual memang bertanggung jawab supaya pengiriman kepingan emas aman.

3. Perhiasan

© jtv

Perempuan dan perhiasan adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Bahkan sekalipun Anda berstatus sebagai single parent, tetap terlihat menawan dengan perhiasan bukanlah sebuah larangan. Namun ternyata perhiasan tak hanya membuat penampilan perempuan makin cantik saja, lho. Perhiasan justru bisa jadi aset investasi menjanjikan.

Iklan

Tentu saja dari banyaknya pilihan material perhiasan, tak semua punya nilai jual sebagai instrumen investasi. Anda haruslah memilih perhiasan yang terbuat dari kuningan, perunggu, palladium, platina, perak, tembaga dan tentunya emas hingga berlian.

Keunggulan Perhiasan Sebagai Aset Investasi

Memang jika dibandingkan dengan investasi emas batangan murni, menjadikan perhiasan sebagai investasi masih kalah menjanjikan. Namun asalkan Anda bisa mengelolanya dengan tepat, investasi perhiasan justru memiliki sejumlah keunggulan berikut ini:

  • Jika emas batangan hanya bisa disimpan di dalam brankas, perhiasan emas dalam hal ini, bisa juga dipakai untuk mempercantik penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Hal inilah yang membuat perhiasan menjadi salah satu investasi terbaik untuk perempuan single parent, agar tetap bisa terlihat memesona
  • Kalau investasi emas batangan murni 24K hanya bisa dibeli di Pegadaian atau jaringan Antam, Anda bisa beli perhiasan di toko-toko emas dekat rumah. Tak hanya perhiasan emas, perhiasan dari material lain juga bisa ditemukan di pusat perbelanjaan hingga e-commerce
  • Keunggulan berikutnya dari investasi perhiasan adalah bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Yap, Anda bisa memilih cincin, gelang, anting atau kalung sesuai kemampuan finansial. Termasuk dengan berapa besar karat yang diinginkan saat hendak membeli perhiasan emas. Dibandingkan dengan investasi emas, modal investasi perhiasan lebih ringan
  • Kalau perhiasan emas punya harga lebih murah daripada emas batangan murni 24K, tidak dengan berlian. Berlian bahkan punya perhitungan karat dan harga yang sangat fantastis, terutama jika termasuk berlian langka karena harga perhiasan berlian itu bisa meningkat seiring waktu
  • Terakhir, perhiasan termasuk aset investasi yang juga mudah dijual. Asalkan masih memiliki surat keaslian perhiasan, Anda bisa menjualnya secara mudah di toko perhiasan dan dapat uang tunai secara cepat.

Bagaimana Cara Investasi Perhiasan?

Sama seperti investasi emas, investasi perhiasan juga mudah dilakukan. Kunjungi saja toko-toko perhiasan di kota Anda dan pilih material perhiasan sesuai dengan budget. Khusus untuk perhiasan emas, sudah pasti tidak akan semahal emas batangan murni 24K.

Kenapa begitu?

Karena perhiasan emas biasanya punya karat 22K, 20K, 18K, 16K dan 14K lantaran sudah dicampur logam lain. Begitu pula sebagai barang mewah, perhiasan emas entah emas putih atau emas rose gold, sudah dikenai pajak. Apalagi kalau perhiasan berlian yang punya harga jauh lebih mahal daripada perhiasan emas sekalipun, jelas punya perhitungan pajak lebih besar.

4. Reksadana

© reksadanasam

Jika aset-aset investasi terbaik untuk perempuan sebelumnya sudah banyak dipilih, bagaimana kalau Anda mencoba yang sedikit lebih berisiko yakni reksadana. Reksadana sendiri adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat pemodal yang kemudian dikelola secara profesional dalam portofolio Efek oleh MI (Manajer Investasi).

Keberadaan MI inilah yang akhirnya membuat dana para pemodal reksadana bisa lebih terjamin. Apalagi bagi Ibu tunggal yang anti ribet dan tidak terlalu paham soal bursa Efek, reksadana tentu bisa jadi pilihan terbaik karena semua dikelola oleh MI. Anda tinggal tunggu imbal hasil yang muncul dari berbagai portofolio Efek yang dipilih saja.

Keunggulan Reksadana Sebagai Aset Investasi

Secara mudahnya, reksadana ini ibaratnya Anda ingin membeli restoran seharga Rp10 juta tapi kemudian patungan dengan saudara atau rekan lainnya. Nanti ketika bisnis restoran itu untung, Anda juga akan memperoleh profit sesuai dengan sejumlah uang yang disetorkan sebagai modal. Hal inilah yang membuat reksadana punya banyak sekali keunggulan seperti berikut:

  • Investasi reksadana bisa dibilang sebagai alternatif kalau ingin berkecimpung di pasar saham. Namun tentunya Anda tak perlu menggelontorkan banyak dana untuk membeli satu lot saham langsung. Saat ini ada banyak reksadana yang ditawarkan dengan modal mulai dari Rp50 ribu oleh para MI di Indonesia
  • Dengan investasi pada reksadana, Anda tak perlu repot melakukan diversifikasi investasi. Karena dalam satu unit reksaadana, MI bisa mengelolanya ke instrumen saham atau obligasi
  • Anda bisa berinvestasi reksadana baik jangka panjang atau jangka pendek, sesuai dengan kebutuhan karena dapat dicairkan sewaktu-waktu pula saat butuh dana darurat. Bahkan return yang dihasilkan reksadana jauh lebih besar daripada deposito
  • Seperti yang sudah disebutkan, keberadaan MI sebagai pengelola reksadana tentu bikin tenang. Karena Anda tetap bisa melakukan pekerjaan sehari-hari dan merawat buah hati, sementara uang investasi sudah dikelola oleh MI profesional
  • Ingin tahu apakah unit reksadana sedang untung atau rugi? Pihak MI yang profesional akan memberikan informasi pergerakan nilai dan harga secara rutin
  • Dengan investasi reksadana, Anda tak perlu bingung terhadap perhitungan pajak dan biaya transaksi di pasar Efek
  • Keunggulan terakhir reksadana adalah sangat praktis karena saat ini Anda dapat membeli unitnya secara online di berbagai sekuritas terpercaya hingga institusi perbankan

Bagaimana Cara Investasi Reksadana?

Untuk memulai investasi reksadana, sebetulnya tidaklah sulit. Langkah pertama adalah Anda tinggal memilih platform pembelian reksadana. Entah di marketplace reksadana online atau perusahaan-perusahaan sekuritas. Pastikan dulu penjual unit reksadana ini memang berkualitas, berpengalaman dan mengantongi izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Baru setelah itu tentukan MI dan perhitungkan seluruh biaya yang diperlukan.

Setiap MI memiliki tarif unit reksadana yang berbeda-beda. Anda juga harus tahu kalau ada banyak jenis reksadana seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran hingga reksadana saham yang tentunya punya keuntungan dan risiko yang berbeda. Pastikan Anda pilih yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda sebagai single parent dengan cara membaca prospektus reksadana secara teliti.

Kemudian terakhir, tentukan jangka waktu Anda hendak investasi reksadana, sehingga bisa memperhitungan keuntungan yang dimiliki. Misalkan saja Anda memulai investasi reksadana saat buah hati masih SD, maka Anda bisa mencairkan return ketika anak memasuki jenjang kuliah yang tentunya sangat besar hasilnya.

Baca juga: 6 Investasi Cuan Besar Saat Ramadhan Untuk Milenial dan Gen Z

5. P2P Lending

Perkembangan industri teknologi di Indonesia membuat masyarakat negeri ini memasuki zaman Fintech (Financial Technology). Dari banyaknya Fintech, konsep operasional yang paling digandrungi adalah pembiayaan P2P (Peer-to-Peer) Lending.

Secara mudahnya, pembiayaan P2P Lending ini Anda menyetorkan sejumlah uang ke Fintech penyelenggara P2P Lending. Nanti uang itu akan dipinjamkan ke calon debitur produktif yang membutuhkan. Uang Anda akan kembali sesuai tenor, sekaligus mendapat imbal hasil yang sudah disepakati dengan pihak P2P Lending.

Dibandingkan meminjamkan uang kepada teman yang mungkin akan menunggak, jauh lebih aman dan menguntungkan kalau uang yang Anda miliki disalurkan oleh pihak Fintech ke debitur potensial.

Keunggulan P2P Lending Sebagai Aset Investasi

Meskipun kehadiran P2P Lending masih cukup baru Indonesia, pasalnya kini makin populer di kalangan investor pemula. Bahkan sejumlah keunggulan berikut menjadikan P2P Lending sebagai salah satu investasi terbaik untuk perempuan single parent:

  • Dibandingkan deposito, return yang didapat dari investasi P2P Lending jelas lebih besar yakni bunga hingga mencapai 14-21% per tahun! Artinya kalau Anda menanamkan modal Rp5 juta di sebuah Fintech P2P Lending berkualitas, dalam setahun uang tunai Anda bisa mencapai Rp6,05 juta!
  • Kalau deposito, emas bahkan reksadana punya waktu agar nilainya bertambah, P2P Lending bisa melakukannya dalam waktu lebih cepat. Yap, tenor investasri P2P Lending ini sangatlah pendek karena memang pihak Fintech memberikan pembiayaan ke debitur tidak lama-lama. Bisanya jangka waktu mulai dari 1/3/6/9 bulan saja
  • Tanpa disadari dengan investasi P2P Lending, Anda ikut membantu operasional bisnis pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Kok begitu? Karena Fintech penyelenggara P2P Lending mayoritas memilih pelaku UMKM sebagai debitur karena produktif dan punya penghasilan
  • Demi mewujudkan iklim investasi yang aman, kini penyelenggara Fintech P2P Lending haruslah mengantongi izin dan terdaftar resmi di OJK. Dengan begitu Anda sebagai calon investor jauh lebih aman dalam menyetorkan uang
  • Lantaran dikelola oleh Fintech, seluruh operasional investasi P2P Lending digelar secara online. Artinya Anda sebagai Ibu tunggal, tak perlu repot-repot keluar rumah dan tinggal dipantau saja pergerakan profit melalui smartphone sambil masih memantau perkembangan buah hati, serta menggeluti pekerjaan sehari-hari

Bagaimana Cara Investasi P2P Lending?

Masih sama seperti sejumlah instrumen investasi terbaik untuk perempuan single parent sebelumnya, cara investasi di P2P Lending juga sangat mudah dan anti ribet. Seperti apa? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih terlebih dulu Fintech penyelenggara P2P Lending dan kemudian lakukan pendaftaran secara online
  • Saat sudah jadi anggota dari Fintech P2P Lending, Anda yang bertujuan menjadi investor haruslah melihat daftar pinjaman yang bisa didanai. Tenang saja, daftar pinjaman yang tertera biasanya sudah melewati proses verifikasi kelayakan alias screening oleh pihak Fintch sehingga Anda tak perlu cemas pada kualitas peminjam
  • Perhatikan betul profil risiko pada tiap-tiap daftar pinjaman. Dimana makin besar keuntungannya, sudah pasti risikonya makin tinggi pula. Sehingga Anda harus mempertimbangkannya secara bijaksana
  • Kalau sudah memahami dan menentukan informasi sebuah pinjaman, Anda tinggal melakukan investasi. Setiap daftar pinjaman punya jumlah minimal investasi sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan budget. Setorkan dana investasi sesuai dengan aturan Fintech dan kemudian Anda tinggal menanti return dari investasi P2P Lending itu cair ke rekening

6. SBN Ritel

© Kemenkeu

Nah, instrumen investasi terbaik untuk perempuan single parent yang terakhir adalah SBN ritel. Secara mudahnya, SBN (Surat Berharga Negara) adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Indonesia, dan bisa dibeli oleh WNI (Warga Negara Indonesia) dengan mudah.

Ada empat jenis SBN yang ditawarkan oleh pemerintah dalam hal ini Kemenkeu (Kementrian Keuangan yakni) SBR (Savings Bond Ritel) dan ORI (Obligasi Negara Ritel) yang sama-sama merupakan SUN (Surat Utang Negara). Lalu ada juga ST (Sukuk Tabungan) dan SR (Sukuk Ritel) yang keduanya merupakan produk SBSN (Surat Berharga Negara Syariah).

Baik SBR dan ST memiliki karakteristik tingkat imbal hasil yang mengambang dengan tingkat minimum, serta masa jatuh tempo dua tahun. Sementara ORI dan SR menawarkan tingkat imbal hasil tetap dengan masa jatuh tempo tiga tahun.

Keunggulan SBN Ritel Sebagai Aset Investasi

Luky Alfirman selaku DJPPR Kemenku menyebutkan kalau target penerbitan SBN ritel di tahun 2021 mencapai Rp70-80 triliun sama seperti tahun 2020. Bareksa melansir bahwa realisasi penjualan SBN ritel di tahun 2020 mencapai Rp76,78 triliun yang tentunya merupakan pencapaian luar biasa.

Cukup mengejutkan karena ternyata selama pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia masih banyak yang sadar akan pentingnya investasi. Hal inilah yang menjadikan SBN ritel sebagai salah satu aset investasi terbaik untuk perempuan single parent. Tak percaya? Berikut sejumlah keuntungannya:

  • Hampir semua instrumen investasi dibebankan pajak, kecuali emas. SBN memang juga dibebankan pajak, hanya saja nilainya relatif rendah yakni sebesar 15%. Besaran pajak SBN ini bahkan lebih kecil daripada pajak deposito yang mencapai 20%
  • Lantaran kehidupan yang dijalani, setiap perempuan yang menjadi Ibu tunggal tentu tak bisa sembrono dalam menggunakan penghasilannya termasuk investasi. Butuh investasi yang sangat aman? SBN ritel adalah jawabannya karena dijamin oleh negara. Apapun yang terjadi, negara akan mengembalikan modal Anda bersama kupon karena tak akan bangkrut
  • Iklan
  • Keunggulan SBN ritel berikutnya sebagai pilihan investasi terbaik untuk perempuan single parent adalah keuntungan yang didapat, bisa diperoleh tiap bulan tanpa perlu menunggu jatuh tempo. Saat jatuh tempo, Anda akan mengembalikan dana yang pernah disetorkan, tapi tiap bulannya akan memperoleh bunga alias kupon sesuai dengan aturan yang ada
  • Dibandingkan deposito, imbal hasil dari investasi SBN lebih besar daripada deposito meskipun kedua aset ini sama-sama terjamin keamanannya. Sekadar informasi, kupon bunga ORI yang tertinggi tercatat pada tahun 2006 (12.05%) dan terendah di tahun 2009 (6.25%). Sementara deposito di Indonesia? Hingga 2020 saja masih rata-rata 6%
  • Tak perlu cemas jika Anda mendadak butuh dana segar secara darurat seperti buah hati sakit atau harus bayar biaya sekolah, SBN ternyata bisa digadaikan secara aman di Pegadaian atau dijual langsung di pasar saham
  • Seperti yang Anda tahu, ada dua profit saat berinvestasi SBN yakni capital gain dan kupon bunga. Kedua keuntungan ini dibayarkan langsung ke inevstor secara konsisten tak peduli pasar tengah naik-turun
  • Dan keuntungan terakhir dari SBN ini adalah Anda ikut berkontribusi dalam pembangunan nasional. Kok bisa? Karena dana yang terhimpun dari SBN ini digunakan pemerintah untuk membangun infrastruktur atau melaksanakan rencana negara demi kesejahteraan masyarakat

Baca juga: Cara Berinvestasi di Usia 20, 30, 40 dan 50-an Serta Portofolionya!

Bagaimana Cara Investasi SBN Ritel?

Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan, berinvestasi pada SBN ritel tentu jadi salah satu pertimbangan dalam memilih investasi terbaik untuk perempuan. Untuk tahun 2021 sendiri, Kemenkeu direncanakan bakal menerbitkan enam seri SBN ritel yakni ORI019, SR014, SBR010, SR015, ORI020 dan ST008.

Jadwal terdekat untuk penerbitan SBN ritel adalah SBR010 pada 21 Juni – 15 Juli. Tertarik untuk membeli dan melakukan investasi pada jenis SUN? Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui jadwal penerbitan SBN ritel yang biasanya diinformasikan langsung di media sosial resmi Kemenkeu
  • Siapkan terlebih dulu modal untuk pembelian seri SBN dan pastikan budget Anda sesuai dengan pembelian minimal serta maksimal pada setiap seri SBN
  • Pilih salah satu Midis (Mitra Distribusi) SBN. Bisa lewat institusi perbankan resmi (BCA, Mandiri, BRI, BNI, Danamon, Permata, dll), platform Fintech P2P Lending (Koinwork, Tanamduit, Modalku, dll) dan platform investasi atau sekuritas (Bareksa, Danareksa, dll)
  • Lakukan registrasi pada pihak Midis sebelum masa penawaran SBN dimulai. Nantinya sistem elektronik Midis mewajibkan Anda mengisi data-data pribadi termasuk memiliki SID (Single Investor Identification), nomor rekening dana/rekening surat berharga. Tenang saja, Midis akan membantu Anda memperoleh SID dan nomor rekening yang dibutuhkan
  • Kalau Anda sudah sukses melakukan registrasi, pesan langsung seri SBN yang tengah ditawarkan. Agar makin nyaman dan tahu berapa besar imbal hasil, waktu penerbitan, waktu pencairan dan kapan kupon dibayarkan tiap bulan, baca serta pahami informasi memorandum yang diminta
  • Jika orderan seri SBN yang Anda kehendaki sudah diverifikasi (verified order), Anda kana memperoleh kode pembayaran (billing code) baik lewat email atau SMS sesuai aturan Midis. Kemudian Anda harus membayar pembelian SBN dalam batas waktu yang ditentukan
  • Kalau pembayaran berhasil, Anda sebagai investor akan mendapat NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) sekaligus jadwal penerbitan SBN ritel. Nanti jika SBN sudah terbit, Anda bisa meminta bukti konfirmasi kepemilikan pada Midis

Jika semua hal sudah dilakukan, maka Anda bisa menanti hingga jatuh tempo. Berterima kasihlah pada perkembangan teknologi, karena sekarang SBN ritel bahkan bisa dibayar secara online atau dibeli juga di dunia maya dengan mudah.

Kesimpulan

Bagaimana? Sangat menarik sekali bukan membahas apa saja sih jenis-jenis investasi terbaik untuk perempuan single parent? Terbukti bahwa perempuan dalam kondisi apapun termasuk jadi orangtua tunggal, tidaklah berarti tak bisa meraih kesejahteraan finansial. Asalkan bisa mengelola penghasilan secara tepat, perempuan pun bisa mandiri dalam hal keuangan.

Perempuan yang sudah mencapai kesejahteraan finansial baik untuk dirinya sendiri atau buah hati, tentu akan mempunyai value diri lebih besar di hadapan masyarakat. Mereka sudah membuktikan bahwa kehidupan rumah tangga, merawat buah hati dan bekerja bisa berjalan bersama asalkan paham bagaimana cara memilih investasi terbaik untuk perempuan secara tepat.

Arai Amelya: Pecinta seni yang harus menikahi jurnalistik dan penulisan

This website uses cookies.