Ingin Jadi Pengusaha Wanita Sukses? Ini 5 Tantangan yang Harus Dihadapi!

pandangan masyarakat terhadap perempuan

Jika dulu dunia kerja hanya didominasi oleh kaum pria, di zaman yang terus berkembang pesat saat ini, perempuan juga memiliki porsi yang sama. Yap, kesetaraan gender memang sudah menjadi hal yang lazim terjadi baik di negara maju maupun berkembang seperti Indonesia. Sudah banyak wanita-wanita tangguh yang mampu sukses di atas kakinya sendiri sebagai seorang pekerja.

Baca juga: Inilah 10 Bisnis Franchise dengan Modal Kurang dari 10 Juta Rupiah

Memang, seorang perempuan yang mampu menentukan nasibnya sendiri bakal tampak begitu powerful, tangguh dan susah dikalahkan. Perempuan di era saat ini bukanlah kelompok yang cuma menanti seorang pria meminangnya, tapi sosok hebat yang bisa memilih jalan hidup sesuai passion, bahkan sebagai seorang pengusaha sukses.

Kendati demikian, menjadi seorang pengusaha bagi perempuan bukanlah hal mudah. Ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, bahkan lebih kompleks daripada kaum pria. Namun meskipun begitu, banyak sekali nama-nama sukses yang dikenal sebagai seorang pengusaha wanita handal. Mereka ini adalah sosok-sosok luar biasa yang mampu mapan secara finansial dengan pikiran dan tenaga tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan.

Pengusaha Wanita Indonesia yang Sukses Bangun Bisnis

Kalau bicara mengenai pengusaha, mungkin yang ada di benak Anda sejauh ini masihlah didominasi kaum pria. Tidak salah, karena memang sejak peradaban manusia ini ada dan hampir berbagai budaya serta agama di dunia ini, memang mewajibkan seorang pria bekerja. Namun kembali lagi, perubahan zaman membuat perempuan kini bisa berdiri sejajar dengan pria dalam hal pekerjaan.

wirausaha wanita sukses - Alamanda Shantika Santoso
wirausaha wanita sukses – Alamanda Shantika Santoso

Bahkan di Indonesia, ada banyak sekali sosok wirausaha wanita yang mencetak sukses di bidang-bidang yang identik dengan laki-laki. Salah satu yang mungkin tak banyak orang tahu adalah Alamanda Shantika Santoso. Perempuan berusia 30 tahun ini adalah seorang programmer handal yang ada di balik kesuksesan perusahaan transportasi online raksasa, GO-JEK. Perempuan yang menjabat Vice President GO-JEK ini bahkan sudah akrab dengan coding sejak usia 14 tahun!

Nama berikutnya yang juga sukses di bisnis startup adalah Diajeng Lestari. Perempuan berhijab berusia 33 tahun ini adalah pendiri e-commerce khusus fashion perempuan muslim, HijUp.com. Seolah tak mau kalah dengan sang suami, Achmad Zaky (pendiri Bukalapak), Diajeng tetap fokus membesarkan HijUp sembari tak melupakan tugasnya sebagai istri dan ibu rumah tangga.

Dan terakhir, sosok pengusaha wanita asal Indonesia yang sukses sebagai wirausaha adalah Dian Pelangi. Perempuan berusia 28 tahun ini adalah salah satu desainer muda berbakat yang dikenal publik internasional. Karya-karya Dian bahkan sudah sering tampil di berbagai ajang fashion dunia. Berkat Dian, fashion muslim Indonesia semakin dikenal publik global.

wirausaha wanita sukses - Dian Pelangi
wirausaha wanita sukses – Dian Pelangi

Tentu menjadi sosok yang sukses seperti para wirausaha wanita di atas, tidaklah diperoleh secara mudah. Diperlukan komitmen dan semangat baja hingga membuat mereka dikenal sebagai pengusaha bermental baja. Anda pun bisa mengikuti jejak mereka menjadi seorang wirausaha wanita yang berhasil. Hanya saja, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi perempuan saat ingin memulai bisnis sendiri.

Tantangan yang Dihadapi Calon Wirausaha Perempuan

1. Takut dan Cemas untuk Memulai Bisnis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dunia kerja memang lebih identik dengan laki-laki. Tak heran kalau nama-nama pebisnis sukses baik di tingkat dunia atau Indonesia, hampir pasti didominasi pria. Hal inilah yang kerap membuat perempuan minder bahkan sebelum memulai bisnis. Rasa takut dan cemas kerap dirasakan ketika mengawali langkah sebagai pengusaha.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Solusinya adalah Anda harus benar-benar mengasah mental dan rasa percaya diri. Bagaimana caranya? Sering-seringlah mengikuti seminar atau talkshow bisnis yang pembicaranya adalah perempuan. Ada baiknya juga jika Anda membaca kisah sukses wirausaha wanita demi meningkatkan semangat juang. Bahkan saat ini ada banyak komunitas bisnis dan pengusaha wanita yang bisa Anda ikuti. Komunitas ini juga menyediakan komunikasi online sehingga Anda bisa belajar banyak soal tips bisnis dan meminta solusi sehingga Anda tak perlu cemas atau takut lagi jadi pengusaha.

2. Bermasalah dengan Modal

modal untuk berbisnis
modal untuk berbisnis

Modal memang jadi masalah banyak orang, tidak cuma wirausaha perempuan. Hanya saja beberapa pihak pemberi pinjaman, mayoritas lebih memilih kepala keluarga (dalam hal ini adalah pria) untuk diberi pinjaman. Masih banyak lembaga pemberi pinjaman yang memiliki pandangan patriarki sehingga membuat banyak pengusaha perempuan kesulitas mencari modal usaha.

Namun jangan biarkan fakta ini membuat semangat Anda jadi pengusaha menurun. Sekarang ada banyak sekali bisnis bermodal kecil untuk perempuan seperti bisnis jastip (jasa titip), menjadi seorang MUA (Make Up Artist) hingga dropshipper. Anda pun bisa menggadaikan atau menjual aset jika memang modal yang dibutuhkan cukup besar, kendati memang risiko-nya lebih besar.

3. Pandangan Masyarakat yang Meremehkan Wirausaha Wanita

pandangan masyarakat terhadap perempuan
pandangan masyarakat terhadap perempuan

Budaya patriarki yang menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan utama baik dalam bidang politik, hak sosial hingga pekerjaan memang masih kental di kalangan masyarakat dunia. Bahkan dunia bisnis dianggap sangat maskulin dan keras sehingga lebih cocok untuk pria. Wanita sering dinilai terlalu lemah untuk bisa bertahan dalam kerasnya dunia bisnis dan bersaing dengan kaum laki-laki. Hal ini yang membuat wirausaha wanita kerap diremehkan.

Padahal pandangan seperti itu tidaklah tepat. Perempuan justru memiliki peluang jadi pebisnis sukses karena sifat alaminya. Misalkan saja, wanita lebih cenderung berhati-hati dan berpikir panjang saat membuat keputusan bisnis. Begitu pula saat menjalin relasi bisnis, tak bisa dipungkiri kalau perempuan adalah sosok yang mampu menarik perhatian. Tak heran kalau Bank Indonesia mencatat bahwa dari total 57,83 juta UMKM di Tanah Air, 60% di antaranya dikelola perempuan. Hebat, kan?

4. Ilmu Soal Bisnis yang Terbatas

Baca juga: Ingin Capai Sukses? Berikut 5 Bisnis yang Bisa Membuat Anda Cepat Kaya!

Tak bisa dipungkiri bahwa ilmu pengetahuan soal bisnis sangatlah penting ketika ingin jadi wirausaha. Kaum perempuan biasanya cenderung punya akses terbatas karena sekolah bisnis lagi-lagi lebih sering dipenuhi pria. Bahkan seorang pengusaha, cenderung ingin dan mengajarkan anak laki-lakinya untuk menjadi pewaris kerajaan bisnis.

Namun tenang saja, saat ini sudah banyak sekali cara belajar bisnis secara online menggunakan e-book. Anda pun bisa ikut kelas-kelas seminar bisnis langsung ke ahlinya. Atau mungkin, cobalah ikuti jejak Cynthia Tenggara, pendiri perusahaan katering online Berrykitchen. Alih-alih kuliah bisnis, Cynthia merupakan sarjana Hubungan Internasional UPH dan pernah jadi tim kreatif di RCTI sebelum memulai bisnis di bidang kuliner.

5. Galau Pilih Antara Keluarga dan Bisnis

perempuan antara bisnis dan keluarga
perempuan antara bisnis dan keluarga

Kembali lagi, kodrat perempuan memang menjadi seorang istri dan ibu. Hal inilah yang sering membuat seorang wanita galau jika disuruh memilih keluarga dan bisnis. Namun tahukah Anda, saat ini sudah banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan di rumah dan memiliki hasil fantastis. Misalkan saja menjadi seorang blogger atau penulis online, berjualan baju di media sosial hingga layanan katering rumahan. Penghasilan tetap didapat dan tugas jadi ibu rumah tangga tak terlupakan.

Wah, ternyata cukup berat sekali bukan tantangan menjadi pengusaha wanita? Tetapi fakta membuktikan bahwa ada banyak sekali perempuan yang sukses menjalani kehidupan sebagai pebisnis tanpa melepaskan peran sosialnya. Untuk itulah bagi Anda perempuan-perempuan hebat yang ingin jadi pengusaha, jangan patah semangat. Pasti akan selalu ada jalan meraih kesuksesan!

Scroll to Top