Jangan Investasi Jam Tangan Sebelum Memahami Hal-Hal Berikut Ini

Investasi jam tangan menjadi salah satu pilihan investasi yang digemari banyak orang. Baik anak muda hinga orang dewasa menyukai investasi pada aksesori yang satu ini.

Ketertarikan ini telah diperlihatkan oleh beberapa public figure. Anda dapat menemukan di kanal YouTube maupun media lain, beberapa publik figur yang menunjukkan koleksi jam tangan mereka.

Keberadaan jam tangan memang sangat penting untuk meningkatkan penampilan seseorang. Karena dengan menggunakan jam tangan, kesan yang diberikan bisa sangat berbeda dan menjadi lebih baik.

Mungkin Anda sendiri adalah penyuka jam tangan. Maka selain dimanfaatkan untuk meningkatkan penampilan, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari jam tangan. Yaitu dengan menjadikannya instrumen investasi.

Alasan Investasi Jam Tangan Digemari Banyak Orang

Jangan Investasi Jam Tangan Sebelum Memahami Hal-Hal Berikut Ini/Unsplash

Tingginya ketertarikan banyak orang menjadikan jam tangan sebagai bentuk investasi tentu bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa alasan banyak orang yang menyukai instrumen investasi ini.

  • Fungsional

Tidak banyak instrumen investasi yang dapat digunakan. Contoh seperti saham atau deposito, Anda hanya mendapat keuntungan setelah proses penjualan. Namun sebelum dijual, saham atau deposito tersebut tidak dapat Anda manfaatkan.

Hal inilah yang menjadi salah satu nilai lebih dari jam tangan. Anda dapat menggunakan jam tangan sebagai pelengkap fashion Anda. Sehingga walau jam belum dijual, Anda sudah bisa mendapat keuntungan.

  • Bernilai Seni

Sebagian orang mencintai jam tangan bukan hanya karena keuntungan yang bisa diberikannya. Namun selain sebagai instrumen investasi, aksesori satu ini juga memiliki nilai seni di dalamnya.

Jam tangan yang dijadikan instrumen investasi tentu bukanlah jam sembarangan. Jam tersebut memiliki kelebihan baik itu dari segi material, proses pembuatan, sejarah dan lain sebagainya.

Hal inilah yang membuat investasi jam tangan seakan mengoleksi benda seni. Sebab Setiap jam tersebut memiliki daya tariknya tersendiri yang sangat menarik untuk para kolektor.

  • Dapat Diwariskan

Alasan lain yang membuat jam tangan begitu digemari sebagai instrumen investasi adalah karena dapat diwariskan. Bahkan beberapa keluarga dapat mewariskan jam tangan hingga beberapa generasi.

Hal ini karena jam tangan berkualitas tidak akan mudah rusak walau sudah berumur puluhan tahun. Bahkan nilainya akan terus bertambah semakin tua usia jam tangan tersebut.

Jam tangan juga dapat menjadi benda berharga bagi orang yang mendapatkannya. Sebab jam tangan dapat mengingatkan pada pemberi. Hal ini tentu memberikan nilai tambah tersendiri bagi pemilik jam.

Contoh Brand Ternama Untuk Investasi Jam Tangan

Contoh Brand Ternama Untuk Investasi Jam Tangan/Unsplas

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa tidak semua jam tangan dapat dijadikan instrumen investasi. Jika salah justru Anda hanya akan mendapatkan kerugian jika mengoleksi jam-jam tersebut.

Oleh karena itu Anda harus memperhatikan jam yang dijadikan instrumen investasi. Salah satunya adalah dari segi brand jam tangan tersebut. Berikut adalah beberapa contoh brand yang bisa Anda jadikan investasi.

  • Rolex

Jika membicarakan jam tangan mewah, maka Rolex pasti akan muncul di benak banyak orang. Hal ini tidak salah karena Rolex memang telah terkenal sebagai brand jam tangan ternama di dunia.

Salah satu tipe yang banyak dijadikan investasi adalah Rolex Submariner. Bahkan diketahui walau sudah berumur 10 tahun, Rolex masih dapat terjual dengan harga lebih tinggi 50% dari harga awalnya.

  • Patek Phillipe

Salah satu brand yang juga digemari untuk investasi jam tangan adalah Patek Philippe. Brand ini juga sangat terkenal di kalangan para pecinta jam sebagai produsen jam tangan mewah.

Sama seperti Rolex, jam Patek Phillipe tetap memiliki harga tinggi walau sudah berumur. Anda bisa menjual Patek Phillipe yang berumur 10 tahun dengan harga 40-50% lebih tinggi dari harga aslinya.

  • Tag Heuer

Merupakan salah satu brand ternama di dunia jam tangan, Tag Heuer juga perlu Anda pertimbangkan ketika memilih jam untuk investasi. Bahkan beberapa seri dari brand ini sangat diburu oleh investor.

Seperti Tag Heuer Silverstone yang merupakan seri terbatas dan sangat diburu banyak orang. Harga untuk jam tangan ini mencapai lebih dari 90 juta rupiah sehingga wajar jika banyak dicari investor.

Pentingnya Komunitas

Pentingnya Komunitas Dalam Investasi Jam Tangan/Unsplash

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi pada aksesoris ini, ada baiknya Anda tergabung dengan sebuah komunitas. Berikut adalah beberapa kelebihan jika Anda memiliki komunitas sesama pecinta jam tangan.

  • Mendapatkan Teman Untuk Berdiskusi

Perlu diakui memang masih ada orang yang tidak paham dengan nilai dari jam tangan. Sehingga mereka menganggap jam tangan yang dihargai dengan belasan atau puluhan juta adalah berlebihan.

Oleh karena itu Anda memang tidak bisa membicarakan jam tangan dengan sembarang orang. Di sinilah letak pentingnya komunitas agar Anda bisa mendapatkan teman untuk mendiskusikan nilai sebuah jam.

  • Mengetahui Minat Pecinta Jam

Jika Anda memutuskan untuk investasi jam tangan, maka perlu mengetahui minat para pecinta jam. Sehingga Anda bisa mendapatkan jam tangan yang akan bernilai tinggi ketika dijual nanti.

Karena semakin banyak peminat suatu jam, tentu harganya juga akan semakin tinggi. Tanpa terlibat dalam komunitas, Anda akan sulit mengetahui jenis jam yang disukai oleh para pecinta jam.

  • Mudah Menemukan Pembeli

Berbeda dengan saham atau reksadana, Anda harus mencari sendiri calon pembeli ketika hendak menjual jam. Hal ini akan sulit dilakukan jika Anda tidak terlibat di dalam suatu komunitas jam tangan.

Baca juga, 6 Investasi Terbaik Untuk Perempuan Single Parent Agar Mandiri Finansial

Dengan mengikuti komunitas, Anda bisa dengan mudah menawarkan jam kepada sesama anggota komunitas. Bahkan mungkin Anda sudah mendapatkan calon pembeli walau belum menawarkan jam tersebut.

Berhati-Hati Dengan Merk Palsu

Hati-Hati Dengan Merek Palsu/Unsplash

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika investasi jam tangan adalah berhati-hati pada brand atau merk palsu. Sebab tingginya nilai jam tangan memunculkan banyak oknum jahat yang berusaha memanfaatkannya.

Tentu saja nilai jam tangan palsu sangat jauh dengan aslinya. Agar Anda bisa terhindar dari oknum jahat tersebut, berikut ini kami berikan tips yang bisa Anda terapkan.

  • Perhatikan Fisik Jam

Kemampuan untuk membuat barang palsu atau KW saat ini memang sangat luar biasa. Anda mungkin akan kesulitan membedakan jam tangan asli dan palsu secara kasat mata.

Namun material pembuatan jam tidak akan berbohong. Contohnya seperti penggunaan bahan safir sebagai kaca pada jam tangan asli. Bahan ini tidak akan meninggalkan berkas cahaya hijau saat dilihat dari samping.

  • Perhatikan Kelengkapan Jam

Ketika Anda memutuskan untuk investasi jam tangan maka perhatikan kelengkapan apa saja yang Anda dapatkan saat membelinya. Jam tangan mewah asli pasti akan dilengkapi dengan box dan beberapa kelengkapan lain.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan adanya garansi jam tangan khususnya ketika membeli jam baru. Sebab jam tangan palsu atau black market umumnya tidak memiliki garansi resmi.

  • Perhatikan Tempat Membeli Jam

Perkembangan internet saat ini membuat Anda bisa membeli jam tangan di mana saja. Karena Anda tidak lagi harus pergi ke toko jam untuk bisa membelinya. Namun hal ini mempermudah penipuan.

Baca ulasan seputar, 5 Jenis Investasi Properti Menjanjikan yang Bisa Dipilih

Jika harus membeli online, pastikan Anda membeli di tempat terpercaya. Pastikan Anda sudah memahami betul penjual jam. Mulai dari review, jenis jam yang dijual dan sebagainya harus Anda pastikan terjamin.

Perhatikan Biaya Perawatan

Perhatikan Biaya Perawatan Saat Investasi Jam Tangan/Unsplash

Dalam berinvestasi, tentu Anda mengharapkan keuntungan. Namun keuntungan ini bisa hilang jika ternyata jam tersebut rusak. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan perawatan jam tangan.

Apalagi jenis investasi satu ini membutuhkan waktu bertahun-tahun. Maka pasti biaya untuk perawatan jam juga perlu diperhitungkan. Berikut adalah beberapa tips dalam merawat jam tangan.

  • Memahami Jenis Jam

Jam tangan sendiri terdapat dua jenis dengan kebutuhan perawatan yang berbeda. Salah satu jenisnya adalah jenis otomatis yang tidak memerlukan tenaga baterai untuk menggerakkan jarum jam.

Untuk jenis jam otomatis, perawatannya memang perlu sedikit lebih diperhatikan. Salah satunya adalah dengan sering menggunakan jam atau memakai watch winder agar putaran jam tidak berhenti.

  • Hindari Dari Benturan

Ketika Anda investasi jam tangan, maka pasti akan ada waktu menggunakan jam tersebut. Ketika jam sedang dipakai, Anda harus berhati-hati agar jam tidak terkena benturan.

Karena meski beberapa jam sudah dilengkapi material anti benturan, tetap saja akan ada pengaruh pada mekanisme jam. Sehingga lebih baik Anda menghindari benturan agar jam tahan lama.

  • Perhatikan ketahanan Air

Saat ini beberapa jam tangan memang telah dilengkapi dengan fitur anti air. Meski begitu, ketahanan air pada setiap jam akan berbeda-beda. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikannya.

Beberapa jam mungkin mampu menahan air hingga lebih dari kedalaman 10 meter. Oleh karena itu jam tersebut bisa dibawa untuk menyelam. Namun beberapa jam lainnya hanya tahan terhadap cipratan air.

Jangan Hanya Bergantung Pada Investasi Jam Tangan

Jangan Hanya Bergantung Pada Investasi Jam Tangan/Unsplash

Salah satu ungkapan yang sangat penting dalam dunia investasi adalah don’t put all your eggs in one basket. Hal ini berlaku untuk segala jenis instrumen investasi.

Arti dari ungkapan tersebut adalah jangan taruh seluruh uang Anda pada satu jenis instrumen investasi saja. Sebab jika instrumen tersebut mengalami kerugian, Anda tidak memiliki cadangan.

Begitu juga dengan menjadikan jam tangan sebagai instrumen investasi. Anda tidak boleh hanya bergantung pada jam tangan saja. Apalagi jika menghabiskan seluruh harta yang dimiliki.

Hal ini juga yang telah dicontohkan oleh mereka yang melakukan investasi jam tangan. Sebab mereka tetap berinvestasi pada instrumen lain seperti saham, obligasi, reksadana atau selainnya.

Sebab tidak ada satupun instrumen investasi yang bebas dari potensi merugi. Semua instrumen investasi memiliki kemungkinan mengalami penurunan nilai yang membuat harta Anda justru berkurang.

Oleh karena itu Anda perlu memikirkan matang-matang instrumen investasi apa saja yang hendak dipilih. Baik itu memilih jam tangan ataupun instrumen lainnya harus dipertimbangkan dengan matang.

Dengan memiliki banyak jenis instrumen investasi, Anda bisa terhindar dari risiko kerugian yang terlalu besar. Sebab ketika satu instrumen sedang turun, instrumen lainnya bisa mengalami peningkatan dan menjaga nilai kekayaan.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih untuk menjaga kekayaan. Mulai dari surat berharga seperti saham dan obligasi, hingga barang fisik seperti rumah dan jam tangan.

Baca yuk, Keuntungan Investasi Properti Bagi Pemula, Jenis dan Tipsnya

Meski begitu dalam melakukan investasi tidak boleh asal-asalan. Termasuk ketika Anda berinvestasi pada barang fisik seperti jam tangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelumnya.

Mulai dari menentukan jam tangan yang Anda jadikan investasi, memikirkan perawatan jam dan sebagainya. Jika semua itu sudah Anda lakukan, maka Anda bisa investasi jam tangan dan dapatkan keuntungan berlipat.

Anggraini Munanda Effani: Hai, saya Anggraini Munanda Effani penulis di Folder Bisnis