10 Jenis Kue Lebaran yang Bisa Dijadikan Peluang Bisnis saat Ramadhan

Kue lebaran merupakan salah satu hidangan yang wajib ada di Hari Raya Idul Fitri. Selain dijadikan hidangan wajib, kue ini kerap dijadikan parcel atau bingkisan untuk diberikan kepada orang-orang sebagai THR, tanda bakti, tanda silahturahim, dan lain sebagainya.

Banyaknya, peminat terhadap kue lebaran tersebut membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk menjual kue kering tersebut. Kue kering yang dijual pun ada yang melalui online maupun offline.

Menjual kue saat momen Ramadhan dan Idul fitri pun jangan khawatir untuk tidak laku. Karena semua orang pasti mencarinya dan hal ini menjadi peluang besar untuk Anda yang hobi membuat kue atau hobi berjualan.

Kue lebaran sendiri banyak jenisnya dan hampir semua kue lebaran disukai baik yang memiliki rasa asin maupun manis.

Namun, jika Anda masih bingung jenis kue lebaran mana sajakah yang bisa Anda jual di bulan Ramadhan, berikut ulasannya!

1. Kue Nastar

Kue nastar lebaran

Kue nastar merupakan kue lebaran yang masih eksis hingga hari ini. Kue ini wajib ada di setiap rumah dan pasti Anda temukan di kota-kota besar Indonesia.

Baca juga : 8 ide bisnis untuk pria saat ramadhan yang bisa bikin jadi jutawan

Kue nastar ini terbuat dari tepung terigu, telur, mentega, dan juga selai nanas yang menjadi ciri khas dari kue nastar tersebut.

Nah, jika Anda mahir dalam membuat kue nastar ini, maka di momen Ramadhan ini merupakan momen yang tepat untuk membuat kue tersebut.

Pasalnya, setiap orang akan mencari kue tersebut untuk dihidangkan ketika lebaran ataupun diberikan sebagai bingkisan.

Harga yang dibanderol pun bervariasi dari mulai Rp 25,000- hingga RP 70,000 untuk satu toplesnya.

Jika Anda belum atau tidak mahir dalam membuat kue, bisa menjadi reseller dari toko-toko kue yang ada di sekitar Anda ataupun akun toko kue yang Anda temukan di sosial media.

2. Kue Kastengel

Kue kastengel lebaran

Kue lebaran berikutnya yang bisa dijadikan peluang bisnis adalah kue kastengel. Sama halnya dengan kue nastar, kue kastengel ini merupakan kue lebaran legendaris yang masih eksis hingga hari ini.

Baca juga : 5 macam investasi syariah menguntungkan yang bisa anda coba

Kue kastengel ini pun terbuat dari tepung terigu, telur, dan keju. Dimana keju tersebut diparut dan disimpan di atas kue berbentuk persegi panjang.

Rasa dari kue kastengel ini gurih dan asin serta cocok dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Setiap Anda bersilahturahmi ke rumah sanak suadara ataupun tetangga pasti akan menemukan kue kastengel tersebut.

Banyaknya peminat terhadap kue tersebut tentu saja menjadikan Anda bisa meraup keuntungan dari kue kastengel ini.

Jika saat ini Anda sangat berminat untuk menjual kue kastengel tersebut, bisa langsung menghubungi pihak toko kue terdekat untuk menjadi reseller ataupun membuatnya sendiri.

Jangan lupa, jika Anda membuatnya sendiri simpanlah kue dalam kemasan yang menarik dan juga eye catching. Selain menarik perhatian, pastikan juga terjaga kebersihannya.

3. Kue Sus Kering

kue sus lebaran

Kue sus selain dikenal sebagai kue basah juga terdapat kue sus kering. Kue sus ini merupakan jenis kue lebaran yang bisa dijadikan peluang bisnis saat Ramadhan.

Baca juga : 10 makanan yang cocok di jual saat bulan ramadhan tiba

Pasalnya, kue sus kering ini bisa ‘’dimodifikasi’’ menjadi makanan yang kekinian dengan isian rasa taro, green tea, strawberry, cokelat, keju bawang, kornet, dan lain sebagainya.

Kue ini selain laku dipasaran, cara pembuatan dan pengemasannya pun cukup mudah. Tak perlu alat khusus untuk membuatnya, cukup dengan memiliki kompor untuk mencampur semua bahan serta oven aluminium untuk memanggang adonan, kue sus sudah bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak.

Dengan varian rasa yang kekinian serta pemasaran yang baik, maka bukan hal yang mustahil untuk bisa meraup keuntungan lebih dari bisnis kue sus kering tersebut.

4. Kue Putri Salju

kue salju lebaran

Kue lebaran berikutnya yang selalu ada menghiasi meja-meja ruang tamu adalah kue putri salju. Kue putri salju berbeda dengan kue lebaran lainnya karena terdapat gula halus yang menyelimuti kue tersebut.

Kue lebaran berikutnya yang selalu ada menghiasi meja-meja ruang tamu adalah kue putri salju. Kue putri salju berbeda dengan kue lebaran lainnya karena terdapat gula halus yang menyelimuti kue tersebut.

Baca juga : 5 peluang usaha fashion di bulan puasa yang bakal ramai pembeli

Kue tersebut memiliki rasa gurih dan manis. Jika Anda menggigit kue tersebut bersamaan dengan gula halus tersebut, maka akan ada sensasi dingin di mulut yang membuat semua orang menyukainya.

Kue putri salju juga termasuk kue jadul yang masih eksis hingga hari ini. Maka dari itu, jika Anda menjual kue tersebut adalah pilihan yang tepat karena masih banyak orang yang akan mengkonsumsinya.

Bentuk dai kue putri salju ini beragam, ada yang berbentuk bulan sabit, bulat, persegi panjang, dan bentuk lainnya.

Nah, jika Anda sudah tertarik untuk menjualnya, maka bisa langsung menghubungi toko kue terdekat atau membuat sendiri kue tersebut.

5. Rengginang

kue rengginang

Rengginang bisa dibilang masuk dalam jenis kue lebaran yang pasti ada di setiap rumah ketika Hari Raya.

Namun, bila dilihat dari bentuknya, rengginang ini sejenis kerupuk jadul yang terbuat dari nasi atau beras ketan kemudian dijemur dibawah matahari hingga kering. Kemudian, untuk mengonsumsinya Anda harus menggorengnya terlebih dahulu.

Rengginang ini ada yang memiliki rasa manis dan asin dan umumnya berbentuk bulat. Walaupun begitu, rengginang ini selalu menjadi sajian andalan ketika lebaran dan sampai hari ini masih banyak yang mencarinya.

Nah, jika Anda ingin menjual kue lebaran yang berbeda serta ingin melestarikan makanan tradisional Indonesia, maka rengginang inilah pilihan yang cocok dan tepat untuk Anda.

Anda bisa menjual rengginang yang mentah ataupun yang sudah matang. Hanya saja untuk menjual rengginang yang matang harus hati-hati dan pengemasannya pun harus benar-benar diperhatikan, mengingat teksturnya yang rapuh.

Jika Anda ingin menjual makanan tradisional ini, perlu diperhatikan pula tentang kemasannya. Buatlah inovasi kekinian agar orang-orang khususnya generasi milenial bisa tertarik dengan makanan tersebut.

6. Kue Brownies

Kue brownies

Kue brownies ini bukan termasuk kue kering namun sejak boomingnya kue tersebut beberapa tahun lalu di Kota Bandung, menjadikan kue tersebut wajib dihidangkan ketika lebaran.

Di Bandung sendiri, sudah ada pusat tempat kue brownies yang masih eksis hingga saat ini. Varian rasanya sudah beraneka ragam mulai dari original, pandan, sarikaya, strawberry dan lain sebagainya.

Mengingat masih banyaknya peminat kue ini serta banyaknya pesaing, membuat kue brownies ini tetap laku dan eksis.

Kue brownies pun sekarang sudah ‘’dimodifikasi’’ sedemikan rupa sehinga tersedia pula kue brownies kering dan bakar yang rasanya pun tak kalah enak dengan kue brownies original.

Nah, jika Anda ingin berjualan kue brownies ini bisa menjadi reseller kue tersebut dimana pusatnya ada di kota Bandung.

Namun, jika tidak memungkinan Anda pun bisa tetap menjualnya dengan menghubungi langsung cabang-cabang kue tersebut yang sudah tersebar di beberapa kota besar Indonesia.

7. Aneka Kacang-Kacangan

kue kering kacang-kacangan

Berikutnya jenis kue lebaran yang bisa dijadikan peluang bisnis saat Ramadhan adalah aneka kacang-kacangan.

Aneka kacang yang jual biasnaya kacang goreng almond, Thailand, mede, telur, dan lain sebagainya.

Nah, untuk menjual aneka kacang ini Anda bisa menjualnya kacang yang mentah karena bisa dijadikan bahan membuat kue atau bisa menjualnya dengan matang.

Namun yang pasti, aneka kacang-kacangan ini pasti laku dipasaran karena dicari semua orang ketika lebaran.

Bahkan ada beberapa toko kue yang mengemas kacang-kacang tersebut lewat kemasan yang unik dan menarik dengan berbagai varian rasa.

Harga kacang yang dibanderol pun relative mulai dari Rp 50,000 hingga Rp 200,000 tergantung jenis kacang yang dipesan serta kemasan yang dipilih.

Semakin unik kemasan yang digunakan, biasanya harga yang dibanderol pun semakin mahal. Tetapi jangan khawatir apapun yang dijual saat Ramadhan terutama yang berhubungan dengan lebaran pasti akan laku dibeli.

8. Kue Stick Keju

kue stik keju

Keju saat Ramadhan menjadi makanan favorit karena bisa diolah menjadi berbagai macam kue salah satunya adalah kue stick keju tersebut.

Stick keju ini termasuk ke dalam kue lebaran favorit semua orang sehingga berpeluang untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan saat Ramadhan.

Stick keju di Indonesia sendiri sudah mulai booming sejak tahun 1998. Berawal dari seorang ibu rumah tangga yang membuat kreasi kue tersebut untuk bekal suaminya.

Ternyata, rekan-rekan kerjanya banyak yang menyukainya sehingga diproduksi dalam jumah yang banyak dan dipasrarkan ke warung-warung hinga supermarket.

Kini, di zaman yang serba cangih ini, banyak orang yang telah membuat stick keju tersebut sehingga mudah didapatkan dan semakin banyak orang yang menyukainya.
Stick keju di zaman sekarang pu dibuat rasa yang bervariasi dengan kemasan yang menarik sehingga mampu bersaing dengan kue snack lebaran kekinian.

Untuk Anda yang ingin menjual makanan ini, tentu pilihan yang tepat karena permintaan pasarnya cukup tinggi sehingga bisa meraup keuntungan yang cukup banyak.

9. Kue Khong Ghuan

kue khong guan

Khong Ghuan masih menjadi kue lebaran favorit di zaman modern ini. Selain dihidangkan untuk lebaran, banyak orang yang membelinya untuk keperluan parcel maupun THR.

Sejak dulu hingga sekarang, kemasan khong ghuan tidak pernah berubah yaitu kemasan kaleng denga isi kue yang cukup banyak dan bervariasi.

Selain itu, khong ghuan ini mudah ditemukan baik secara online maupun offline yang biasanya dijual di setiap supermarket.

Walaupun masih banyak yang menjual, justru ini merupakan peluang bisnis yang cukup menguntungkan bagi Anda.

Karena target pasar yang jelas dan banyak serta produsennya pun mudah ditemukan. Nah, jika sudah begitu tinggal bagaimana Anda memasarkannya secara offline maupun online.

Namun, yang pasti khong ghuan ini kerap diperlukan oleh instansi perkantoran, sekolah, maupun Lembaga-lembaga lainnya untuk dibagikan kepada para karyawannya sebagai THR ataupun bonus di hari Raya Idul Fitri.

10. Aneka Kue Jadul

aneka kue jadul

Kue lebaran berikutnya yang bisa dijadikan peluang bisnis adalah aneka kue jadul. Kue tersebut seperti kue serpong, gabus, kembang goyang, mancho mayang, samosa, kue situ, kue jahe dan lain sebagainya.

Aneka kue jadul di atas sudah semakin jarang ditemukan dan itu bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang bisa meraup keuntungan yang besar.

Karena memang sudah jarang, Anda bisa mengemasnya dengan kemasan yang menarik sehingga menarik perhatian pembeli.

Untuk kue jadul ini Anda bisa memasarkannya secara online karena semua orang bisa mengaksesnya tidak tehalang jarak dan juga waktu.

Nah, itulah di 10 jenis kue lebaran yang bisa dijadikan peluang bisnis saat Ramadhan. Dari ke 10 kue di atas adakah kue favorit Anda?

Apapun kue favoritnya segera ambil kesempatan untuk dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan di bulan Ramadhan. Semoga sukses.

Loading...