Dijamin Laris! Inilah 9 Jenis Usaha Paling Menguntungkan di Area Kampus

Ada yang bilang bahwa ketika mendirikan sebuah tempat usaha, harus disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal. Kenapa harus begitu? Karena ini bakal mempengaruhi omzet dari bisnis yang Anda geluti. Tidak mungkin dong Anda ngotot mendirikan restoran makanan non halal di kawasan lingkungan pesantren? Itu jelas akan membuat bisnis Anda gulung tikar.

Baca juga: Wah, Ternyata 9 Seleb Hollywood ini Sukses Geluti Bisnis Kuliner! Tertarik Mengikuti?

Hanya saja kadang beberapa calon wirausaha kurang concern dengan pentingnya lingkungan tempat tinggal. Alhasil, banyak bisnis yang terpaksa bangkrut hanya karena si pemilik tidak peka dengan permintaan pasar. Namun ketika Anda mampu membaca peluang di lingkungan dan mendirikan bisnis yang cocok, jelas bakal memperoleh pendapatan yang menggiurkan.

Nah kali ini, kami akan membahas beberapa jenis usaha yang bisa Anda coba di area kampus. Jangan remehkan pangsa pasar mahasiswa/mahasiswi, karena mereka bisa jadi konsumen yang loyal selama Anda mampu mendirikan bisnis yang cocok. Memang seperti apa saja sih jenis usaha paling menguntungkan di area kampus? Simak ulasannya berikut ini yuk!

Rekomendasi 9 Peluang Usaha Paling Menguntungkan di Sekitar Kampus

1. Rumah Kos

peluang usaha di sekitar kampus - rumah kos
peluang usaha di sekitar kampus – rumah kos

Inilah jenis usaha pertama yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin berbisnis di sekitar kampus. Alasannya jelas sangat kuat, karena mahasiswa/mahasiswi itu butuh tempat tinggal. Yap, semua orang tahu bahwa tidak semua pelajar di universitas itu berasal dari kota Anda. Banyaknya anak-anak perantauan jelas membutuhkan tempat tinggal selama setidaknya tiga tahun mengenyam pendidikan di kampus.

Untuk itu peluang usaha rumah kos tidak pernah ada matinya dan selalu untung jika dibuka di sekitar kampus. Namun wajib diingat, karena para mahasiswa ini merupakan anak rantau yang belum punya penghasilan tetap, usahakan tidak membebani biaya sewa kamar yang terlalu mahal. Jika Anda memberikan harga terjangkau dan lingkungan bersih, rumah kos pasti laris-manis.

2. Buka Warnet

Meskipun saat ini semua orang rasa-rasanya bisa mengakses internet menggunakan smartphone, tetap saja yang namanya warnet sangat dibutuhkan. Karena beberapa orang lebih suka mencari informasi di depan komputer, alih-alih layar ponsel. Saat kondisi mepet dan kuota internet habis, pelajar kampus tentu lebih senang mencari warnet untuk mengerjakan tugasnya.

Untuk mendirikan warnet alias warung internet, Anda memang perlu mengeluarkan modal yang tak sedikit. Selain perangkat komputer lengkap dengan meja, kursi dan sekat PC, Anda juga harus menggunakan jaringan internet yang stabil. Semakin lancar jaringan internet yang Anda tawarkan, tentu bakal diminati mahasiswa. Sehingga bukan tak mungkin modal yang dikeluarkan bisa kembali dalam waktu singkat.

3. Jasa Fotokopi dan Print

peluang usaha di sekitar kampus - jasa fotokopi
peluang usaha di sekitar kampus – jasa fotokopi

Yang namanya mahasiswa pasti akan selalu diliputi dengan tugas dari dosen. Demi menjalankan tugasnya itu, mereka kadang sering memfotokopi buku atau jurnal. Untuk itulah bisnis jasa fotokopi bakal selalu dibutuhkan oleh mahasiswa. Lebih baik lagi jika bisnis fotokopi yang Anda buka dilengkapi dengan jasa print yang sangat diperlukan anak kampus.

Pahamilah bahwa tidak semua mahasiswa mendapatkan fasilitas mesin print dari orangtuanya, sehingga jasa print sangat membantu. Meskipun satu lembar print dihargai seribu rupiah, mengingat ada puluhan atau ratusan lembar tugas yang harus mereka cetak tentu merupakan keuntungan bagi Anda. Bahkan bukan tak mungkin jika pendapatan jasa fotokopi dan print yang Anda geluti bisa menghasilkan pendapatan berkali-kali lipat dari modal.

4. Rental Komputer dan Jasa Pengetikan

Ada mahasiswa yang beruntung dibelikan laptop atau PC oleh orangtuanya, tapi banyak yang tidak. Nah, mereka yang tidak memiliki komputer inilah merupakan pangsa pasar dari bisnis rental komputer dan jasa pengetikan. Berbeda dengan warnet yang mematok tarif perjam lebih mahal, rental komputer memang relatif lebih murah dan membuat banyak mahasiswa rela menghabiskan waktu berjam-jam mengerjakan tugas.

Selain rental komputer, Anda juga bisa menawarkan jasa pengetikan. Ketahuilah bahwa tak semua mahasiswa punya keterampilan menulis. Sehingga Anda bisa memanfaatkan peluang pengetikan skripsi dan memperoleh pendapatan per lembar yang cukup menggiurkan.

5. Jualan Pulsa

peluang usaha di sekitar kampus - konter pulsa
peluang usaha di sekitar kampus – konter pulsa

Semua orang tak bisa lepas dari handphone, termasuk mahasiswa. Entah untuk menghubungi orangtuanya atau temannya. Supaya ponsel bisa bekerja maksimal, jelas butuh yang namanya pulsa. Untuk itulah berjualan pulsa akan sangat menguntungkan di area kampus. Bukan hanya pulsa elektrik, penuhi juga kebutuhan mahasiswa dengan menjual pulsa paket internet berharga murah. Dijamin konter pulsa Anda bakal laris-manis.

6. Jasa Laundry Kiloan

Hidup jauh dari orangtua dan kampung halaman memang menuntut mahasiswa harus mandiri. Mulai dari mengurusi makanan sampai keperluan cuci baju. Namun bagi mereka yang disibukkan dengan berbagai kegiatan kampus atau tugas dosen, kerap kali baru bisa mencuci baju seminggu sekali. Nah, mereka inilah yang bisa menjadi pangsa pasar empuk untuk bisnis jasa laundry kiloan.

Sediakan harga murah meriah untuk jasa cuci dan setrika kiloan jika Anda ingin bisnis berjalan lancar. Namun sekalipun harga terjangkau, jangan sampai cucian tidak bersih karena ini bakal membuat calon konsumen lari terlebih dulu. Lebih baik lagi jika jasa laundry kiloan menyediakan fasilitas antar-jemput cucian.

7. Warung Makan Murah

peluang usaha di sekitar kampus - warung makan murah
peluang usaha di sekitar kampus – warung makan murah

Sekalipun di dalam kampus ada kantin, yang namanya mahasiswa dengan uang saku terbatas pasti bakal mencari warung makan murah. Untuk itulah jenis bisnis ini bakal sangat untung besar di lingkungan kampus. Satu rahasia para mahasiswa, mereka biasanya lebih mengutamakan kuantitas daripada kualitas saat mencari makan. Sehingga tak perlu lauk pauk enak sekali, asalkan porsi nasi banyak bakal diburu.

Trik ini bisa Anda terapkan dalam bisnis warung jika ingin digemari mahasiswa. Sediakan harga murah meriah, lauk pauk yang layak dimakan dan buka sejak pagi hingga malam. Tak butuh waktu lama, bisnis warung makan Anda bakal memberikan omzet melimpah ruah.

8. Cafe Tempat Nongkrong

Mahasiswa yang masih berusia muda tentu senang kumpul bareng temannya. Entah membicarakan tugas kampus, sekedar bergaul atau berkencan usai kesibukan kampus. Di sinilah letak kejelian Anda untuk membuka sebuah cafe. Bisa cafe berukuran besar lengkap dengan fasilitas wifi, live music atau cuma sekedar kedai kopi sederhana. Asalkan harga menunya terjangkau dan bisa nongkrong lama, cafe itu jelas bakal jadi pilihan.

Baca juga: 10 Ide Bisnis StartUp Paling Potensial di 2019, Layak untuk Dicoba!

Keberadaan hotspot internet gratis dalam cafe juga akan membuat bisnis Anda dipilih anak kampus. Karena mereka bakal doyan nongkrong lama sambil membawa laptop entah berselancar atau mencari tugas.

9. Persewaan Lapangan Futsal

Selain nongkrong, anak-anak muda jelas suka berolahraga bareng rekannya. Olahraga apa yang mayoritas disukai banyak orang? Sepakbola. Untuk menyediakan fasilitas olahraga sepakbola bagi mahasiswa, Anda bisa membuka persewaan lapangan futsal. Meskipun membutuhkan modal cukup besar, tapi jika lapangan futsal Anda berkualitas dengan harga sewa sebanding, jelas bakal ramai dipilih.

Bagaimana? Ada banyak bukan ternyata jenis usaha yang cocok dibuka di area kampus? Anda bisa memilih salah satu di antaranya, sesuai dengan kemampuan dan kemauan. Meskipun mungkin peluang bisnis yang Anda kehendaki sudah ada sebelumnya, jangan pesimis. Tawarkan kualitas yang lebih baik dengan harga terjangkau serta fasilitas mumpuni supaya bisnis yang Anda pilih diminati anak kampus.

Loading...