Jenis, Produk dan Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Perempuan

Menjadi perempuan yang hidup di era moderen menuntut kita membagi fokus pada karir, keluarga serta pengembangan diri yang lain. Oleh karena itu, biasanya wanita modern punya perencanaan keuangan yang lebih terkonsep. Salah satunya mengenai proteksi diri dalam bentuk asuransi.

Bagi Anda yang sudah mulai memikirkan asuransi apa yang cocok, saat ini sudah ada loh asuransi kesehatan yang di tujukan khususnya untuk menjamin kebutuhan kesehatan perempuan.

Iklan

Tingginya angka gangguan kesehatan yang khas di alami para perempuan membuat beberapa perusahaan asuransi membuat produk khusus. Walaupun demikian, memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan juga tidak mudah, perlu ketelitian dan juga kesabaran untuk membandingkan satu dengan yang lainnya.

Nah apa saja sih jenis asuransi kesehatan yang wajib di miliki oleh para wanita modern? Berikut adalah ulasannya, lengkap dengan contoh produk dan tips memilihnya!

Jenis Asuransi Kesehatan yang Wajib di Miliki Wanita Modern

Asuransi Kesehatan

Seperti yang kita tahu, bahwa setiap wanita yang memutuskan untuk memiliki anak akan menghadapi masa kehamilan dan melahirkan. Hal ini tentu memiliki resiko yang cukup besar jika tidak di persiapkan dengan baik.

Selain itu wanita juga memiliki beberapa resiko tekena penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker payudara, kanker serviks dan lainnya. Berdasarkan asumsi tersebut, jika Anda sedang mempertimbangkan asuransi sebaiknya pilihlah asuransi yang meng-cover beragam resiko di bawah ini!

1. Asuransi Kesehatan Khusus Untuk Kehamilan/ Melahirkan

Jika Anda berencana menikah dan memiliki anak, pastikan Anda memiliki proteksi kesehatan yang meng-cover masa-masa kehamilan dan juga melahirkan.

Sebab kehamilan dan melahirkan punya resiko finansial yang cukup besar apalagi jika proses persalinan harus menggunakan metode caesar ataupun memerlukan tindakan medis lainnya yang bisa menghabisan ratusan juta.

Yuk baca artikel tentang asuransi lainya, 8 Jenis Asuransi yang Cocok Untuk Generasi Z.

Jadi bisa di bilang bahwa asuransi kehamilan/ persalinan ini merupakan salah satu aspek penting yang menjamin keselamatan sang ibu dan juga anak Anda nantinya.

2. Asuransi yang Meng-cover Penyakit Kanker Serviks

Selanjutnya Anda juga patut mempertimbangkan asuransi kesehatan yang juga melayani pengobatan penyakit kanker seviks. Penyakit ini tentu menjadi hal yang sangat di takutkan oleh para wanita, terutama para wanita yang punya resiko tinggi terkena kanker serviks seperti mereka yang tinggal di perkotaan.

Meskipun kita semua pastinya tidak ingin terkena penyakit mematikan ini tapi tidak ada salahnya jika kita melakukan tindakan penanggulangan. Sehingga jika seandainya hal yang tidak di inginkan tersebut terjadi kita tidak bertambah stress karena harus memikirkan biaya pengobatannya yang tentunya tidak sedikit.

Perlu Anda tahu kalau wanita rentan akan penyakit yang satu ini, data menunjukan setidaknya 40 wanita di Indonesia setiap hari terdiagnosa mengidap kanker serviks. Tidak heran jika banyak perusahaan ausransi yang mengeluarkan polis asuransi untuk mengcover penyakit ini.

Baca artikel terkait, 7 Tips Pilih Asuransi Kesehatan

Namun jika Anda memutuskan untuk mengambil asuransi ini, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan sedari awal. Sebab polis pertanggungannya biasanya mengcover mulai dari tahap awal pengobatan, stadium yang lebih lanjut hingga akhir.

3. Asuransi Kesehatan Untuk Proteksi Kanker Payudara

Jenis asuransi yang wajib di pertimbangkan oleh para wanita adalah asuransi yang mengcover penyakit kanker payudara. Seperti halnya kanker serviks, kanker payudara juga adalah penyakit yang khas hanya beresiko pada wanita yang terkenal menjadi penyakit mematikan no 1 bagi wanita di Indonesia.

Oleh sebab itu penting juga untuk mendapatkan proteksi atas penyakit berbahaya yang satu ini. Coba tanyakan lebih detil mengenai perlindungan asuransi terhadap kanker payudara kepada agen asuransi yang berpengalaman dan terpercaya.

4. Asuransi Jiwa

Asuransi wajib bagi para wanita modern selanjutnya adalah asuransi jiwa. Kita semua tidak bisa memprediksi kapan datangnya musibah seperti kecelakaan dan hal-hal yang tidak di inginkan lainnya bukan?

Apalagi jika Anda wanita yang bekerja, kecelakaan kerja tentu bisa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu wanita yang cerdas perlu mempersiapkan penanganan yang tepat untuk menghadapinya.

Memiliki asuransi jiwa adalah salah satu tindakan yang bisa meringankan dampak negatif jika sewaktu-waktu Anda terkena musibah. Sebab asuransi jiwa akan melindungi Anda sebagai pemegang polis terutama proteksi dari segi finansial.

Pertanggungan masing-masing asuransi jiwa yang di tawarkan oleh perusahaan asuransi bisa berbeda-beda. Anda perlu mendiskusikannya dengan agen asuransi dengan cermat sebelum membeli asuransi jiwa.

Produk Asuransi Khusus Perempuan

Sampai di sini mungkin Anda juga bertanya-tanya, apa saja sih produk asuransi yang bisa memproteksi resiko-resiko di atas. Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan asuransi yang telah mengeluarkan produk asuransi khusus perempuan. Diantaranya :

Wellwoman dari ACA

Wellwoman dari ACA

Produk asuransi kesehatan khusus wanita yang bisa Anda pertimbangkan adalah Wellwoman dari ACA atau PT Asuransi Central Asia. Wellwoman di keluarkan ACA sejak tahun 2014 yang lalu.

Iklan

Asuransi Wellwoman dari ACA ini memberikan proteksi terhadap wanita yang berusia mulai dari umur 18 hingga 64 tahun. Nah, jenis kanker apa saja yang di tanggung polis asuransi ini?

  • Kanker satu atau kedua payudara
  • Satu atau kedua saluran tuba falopi
  • Satu atau kedua ovarium
  • Leher rahim (Serviks)
  • Uterus
  • Vagina
  • Vulva

Asuransi Wellwoman bertujuan untuk meringankan beban finansial para wanita yang terkena kanker spesifik organ kewanitaan. Sehingga dengan begitu wanita yang mengalaminya bisa lebih fokus pada proses penyembuhan dan tidak perlu menambah beban pikiran tentang masalah finansial.

Sebagai peserta polis asuransi, Anda bisa mendapatkan manfaat santunan dari Wellwoman sampai dengan Rp 100.000.000 (maksimum). Mengenai biaya preminya, saat awal peluncurannya di tahun 2014 biaya premi Wellwoman yang di tawarkan cukup bervariasi sekitar Rp250.000-Rp2.000.000/ tahun.

Baca yuk, Tepat Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik (Allianz, Cigna, AXA, Prudential dll)

SMiLe Ladies dari Sinarmas MSIG

SMiLe Ladies dari Sinarmas MSIG

Selain Wellwoman, produk asuransi khusus perempuan selanjutnya adalah SMiLe Ladies. Asuransi SMiLe Ladies adalah produk asuransi yang berasal dari Sinarmas MSIG life yang di luncurkan sejak tahun 2017. Asuransi SMiLe Ladies di program untuk melindungi para wanita mulai dari usia 17 hingga 60 tahun.

Sebenarnya asuransi SMiLe Ladies ini merupakan bagian dari rangkaian program asuransi SMiLe Series. Nah, SMiLe Ladies pun terbagi kedalam beberapa jenis produk lagi seperti :

  • SMiLe Ladies Insurance : Yaitu program asuransi tambahan yang bisa membantu dalam pembayaran UP (Uang Pertanggungan) jika Anda terdiagnosa menderita sakit kanker serviks ataupun kanker payudara.
  • SMiLe Ladies Medical : Adalah program asuransi tambahan yang berupa pembayaran biaya rumah sakit jika sebagai peserta polis Anda terdiagnosa penyakit kanker ovarium dan juga payudara.
  • SMiLe Ladies Hospital Protection : Yakni sebuah program asuransi tambahan yang akan membantu dalam biaya kemoterapi, fisioterapi dan pembayaran rawat inap karena sebuah penyakit maupun kecelakaan yang di alami para wanita.

Sequis Lady Protection Rider dari Sequis Life

Sequis Lady Protection Rider dari Sequis Life

Program asuransi khusus wanita lainnya adalah Sequis Lady Protection Rider yang di luncurkan oleh Sequis life. Asuransi ini bisa mengcover penyakit-penyakit seperti kanker payudara, kanker serviks dan lupus.

Sequis Lady Protection Rider di peruntukan untuk wanita berusia 17 hingga 60 tahun (usia masuk) dan maksimal 65 tahun (usia pertanggungan). Asuransi Sequis Lady Protection Rider bisa memberikan UP (Uang Pertanggungan) Dasar hingga 120% dengan jumlah maksimum Rp1 miliar.

Berikut adalah sekilas komposisi UP dari asuransi Qequis Lady Protection Rider!

1Systemic Lupus Erythematosus100% UP
2Carcinoma in Situ pada payudara atau leher rahim 100% UP
3Pembedahan rekonstruktif wajah karena kecelekaan 20% UP
4Pembedahan rekonstruktif pada payudara karena kanker payudara 20% UP
komposisi UP dari asuransi Qequis Lady Protection Rider

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Wanita

Sudah banyak perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuransi khusus wanita. Tentunya setiap produk asuransi yang di tawarkan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Disamping itu sebagai wanita modern, kita tentu memiliki kondisi dan kebutuhan pribadi yang berbeda-beda. Oleh karena itu kita juga memilih asuransi dengan hati-hati.

Berikut adalah tips memilih asuransi kesehatan untuk wanita yang bisa Anda ikuti sebelum memutuskan membeli suatu polis asuransi!

1. Pahami Kemampuan Diri Dalam Membayar Premi

Kita perlu menyadari bahwa membeli suatu produk asuransi artinya kita akan menambah pengeluaran bulanan kita. Maka dari itu Anda perlu mengkalkulasikan tersebuh dahulu berapa budget yang mampu Anda siapkan untuk membayar premi asuransi.

Jangan sampai biaya premi asuransi melebihi kemampuan Anda dan justru membuat kondisi keuangan tidak stabil. Anda juga bisa berkonsultasi kepada pihak agen asuransi untuk mengetahui informasi seputar produk dan premi asuransi yang tersedia.

2. Cari Tahu Detail Produk dan Ketentuan Klaim Asuransi Kesehatan

Dalam membeli polis asuransi kita juga perlu mempertimbangkan kebutuhan kita sebagai pemegang polis nantinya. Tak lupa pahami pula bagaimana ketentuan dan prosedur untuk melakukan klaim asuransi.

Sebab banyak pula yang tidak mengetahui hal ini, dan akhirnya menyalahkan pihak asuransi karena dianggap lalai. Padahal yang terjadi justru kita sendiri yang tidak tahu bahwa untuk melakukan klaim, perlu mengikuti prosedur dna ketentuan tertentu terlebih dahulu.

Nah, jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Dan Anda justru jadi tidak bisa mendapatkan manfaat dari asuransi yang Anda beli di saat membutuhkannya.

Jadi pastikan Anda mempelajari produk asuransi yang di tawarkan secara detail dan bagaimana prosedur hingga Anda bisa benar-benar mendapatkan biaya pertanggungan dari asuransi tersebut.

3. Pilih Asuransi Dari Perusahaan Resmi & Terpercaya

Tingginya kebutuhan masyarakat akan produk asuransi membuat adanya opnum-opnum tidak bertanggung jawab melihat celah untuk memanfaatnya. Sudah banyak kasus penipuan asuransi yang di alami oleh masyarakat.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda melakukan mini riset untuk mengecek legalitas dan kualitas perusahaan asuransi yang Anda minati. Jangan tergiur dengan penawaran-penawaran asuransi yang kurang masuk akal.

Iklan

Baca artikel seputar asuransi pendidikan, Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik Bagi Anak.

Meskipun mungkin premi yang Anda bayar mungkin akan sedikit lebih mahal, tapi polis akan lebih terjamin jika Anda membeli asuransi untuk proteksi dari penyakit kanker payudara, kanker serviks, ataupun yang mengcover biaya persalinan dan asuransi jiwa dari perusahaan yang resmi dan terpercaya.

Penutup

Sampai disini apakah Anda sudah mulai memiliki gambaran asuransi apakah yang akan Anda pilih? Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda memutuskan ya. Demikianlah ulasan mengenai asuransi kesehatan yang cocok bagi wanita modern. Jika Anda tertarik untuk menambah wawasan seputar keuangan lainnya, jangan lupa nantikan artikel lainnya atau membaca artikel yang sudah di tulis sebelumnya.

Yulinda Nurlisdiana: Hai, saya Yulinda Nurlisdiana, penulis di folderbisnis

This website uses cookies.