10 Jenis Usaha Jasa Tanpa Modal untuk Karyawan

Bagi seseorang yang berjiwa bisnis dan ingin bebas, memilih bekerja sebagai karyawan adalah pilihan yang begitu berat. Karena sejatinya setiap orang yang memiliki jiwa bebas ingin memiliki waktu yang banyak bersama keluarga, teman, hobi, dan lain sebagainya.

Selain itu mereka pun tidak ingin terikat oleh rutinitas serta suruhan atasan yang terkadang membuatnya menjadi lebih jenuh serta tak bersemangat dalam bekerja.

Jika Anda termasuk kedalam kategori di atas, sebaiknya segera untuk memutuskan untuk resign dari pekerjaan yang Anda lakukan saat ini.

Tak perlu khawatir akan penghasilan, setelah resign Anda bisa berbisnis sesuai keinginan dan kemampuan. Bisnis yang bisa dilakukan pada zaman modern ini pun beragam, salah satunya adalah membuka usaha jasa.

Trend usaha jasa ini sedang berkembang, karena memang dari segi pendapatan bisa melebihi gaji Anda selama bekerja.

usaha jasa

Lalu usaha jasa apa yang bisa Anda buka tanpa modal? Berikut ulasannya dalam pembahasan 10 usaha jasa tanpa modal!

1. Usaha Jasa Les Privat

Membuka jasa les privat di Indonesia adalah hal yang sangat menggiurkan. Pasalnya dari segi level tingkat dasar hingga menengah atas memerlukan jasa les sebagai bahan tambahan pelajaran. Tentunya ini bial dilihar dari segi les privat untuk anak sekolah.

Les privat untuk ilmu lain pun bisa Anda buka mulai dari les privat musik, menari, menggambar, bahasa hingga les privat yang bersifat keagamaan yang Anda kuasai.

Membuka les privat ini bisa dilakukan di tempat And ataupun tempat murid les privat Anda. Sehingga memang tak perlu modal untuk memulai bisnisnya.

Dengan kata lain cukup dengan ilmu yang Anda kuasai untuk bisa memulai usaha jasa les privat. Bila Anda sudah dikenal sebagai guru privat yang mahir dalam satu ilmu, maka dengan sendirinya para klien akan berdatangan meminta Anda untuk mengajarkan mereka.

2. Usaha Jasa Penerjemah

Apakah Anda memiliki kemampuan berbahasa asing? Jika iya, manfaatkanlah hal tersebut untuk membuka usaha jasa penerjemah.

Cara memulainya pun beragam bisa bergabung dengan salah satu travel agent yang memang sering membuka perjalanan internasional.

Dengan begitu Anda bisa menjadi pemandu wisata yang mengenalkan keindahan alam Indonesia ataupun membawa tamu dalam negeri untuk menemani mereka selama traveling di luar negeri.

Selain bergabung dengan travel agent, bisa pula bergabung dengan salah satu penerbit yang memang selalu menjual buku-buku luar negeri yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Jika memang tidak bergabung dengan kedua perusahaan tersebut, Anda pun bisa membuka usaha sendiri sebagai pemandu wisata untuk wisatawan mancanegara atau membuka jasa penerjemah buku dengan mendirikan CV atau agent tersendiri.

Karena memerlukan jaringan yang kuat, mau tidak mau Anda harus mempromosikan usaha ini lewat sosial media atau bisa memnita teman Anda untuk membantu mempromosikannya.

Bayaran yang diterima tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kesepakatan Anda dengan klien. Di awal membuka jasa penerjemah ini Anda bisa memasang tarif standar dengan sesekali berikan diskon yang menarik agar klien Anda tertarik.

Bisnis jasa penerjemah ini masih tergolong jarang, karena itu bila Anda menekuninya dengan serius akan bisa menjadi perusahaan jasa penerjemah yang terbaik di Indonesia.

3. Usaha Jasa Pengetikan

Usaha jasa berikutnya adalah membuka jasa pengetikan. Tentunya bila Anda memiliki komputer atau laptop bisa dengan mudah membuka usaha ini tanpa harus mengeluarkan modal.

Untuk usaha jasa pengetikan ini biasanya yang memerlukan adalah mahasiswa, siswa, atau guru-guru yang berada di lingkungan sekolah.

Karena itu untuk membuka usaha ini bisa mempromosikannya ke lingkungan sekolah atau kampus yang berada di dekat tempat tinggal Anda.

Jika rumah Anda berada di tempat sekolah tersebut akan sangat mudah dan menjadi hoki tersendiri sendiri bagi Anda untuk meraup keuntungan.

Mereka yang memang menggunakan jasa pengetikan ini rata-rata tidak mahir dalam mengoperasikan komputer. Atau ada pula yang memang tak memiliki banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Selain bisa dipromosikan secara offline, membuka usaha ini pun bisa dilakukan secara online lewat sosial media yang Anda miliki.

Jika sudah begitu tak dipungkiri klien Anda akan didapat dari daerah lain yang memang sangat jauh jangkauannya.

Jangan lupa selain ada fasilitas komputer sertakan juga dengan printer. Karena biasanya mereka ingin mencetak hasil pengetikan tersebut.

Namun, jika belum ada Anda bisa menggunakan flash disk atau jasa pengiriman lewat email dan tergantung dari keinginan pemesan.

Karena ini menyangkut jasa, maka harus diperhatikan tentang deadline serta service excelent yang memuaskan pelanggan Anda.

Baca juga :

4. Usaha Jasa Penulisan Artikel

Untuk Anda yang memiliki hobi menulis, manfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha jasa penulisan artikel.

Karena saat ini banyak perusahaan atau para pelaku bisnis online yang memerlukan tulisan artikel untuk diterbitkan dalam blog maupun websitenya.

Untuk memulai usaha ini Anda harus memiliki laptop atau komputer sebagai bahan “tempur” memulai bisnis. Ynag diperlukan dalam membuaka usaha jas penulisannya artikel ini adalah mau menulis dengan tema apapun dan harus mau menulis seusia dengan pesanan klien.

Jangan lupa pula setiap bulannya harus menyisihkan anaggaran untuk bisa terkoneksi dengan internet. Tujuannya untuk mudah berkoordinasi dengan klien Anda dari hal pengiriman sampai konsultasi masalah penulisan.

Tarif untuk menulis pun beragam seusai dengan kata yang dipesan oleh klien. Sebagai gambaran para penulsi artikel ada yang mentarif 15,000 untuk satu artikel bila klien memesan 10 sampai 20 artikel.

Ada pula yang menghargai tulisan artikel 50,000 – 75,000 bila klien hanya memesan satu artikel atau dengan jumlah yang sedikit.

Tentunya di Indonesia ini belum ada standar khusus dalam menetapkan harga tulisan artikel. Berapapun nilai yang disepakati antara Anda dan klien perhatikanlah kualitas tulisan karena mereka menyukai tulisan yang benar-benar original.

Bila Anda mahir dalam penulisan artikel bahasa inggris pun sangat diperhitungkan dan dicari oleh beberapa klien. Karena saat ini blog berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk menjangkau negara lain dan mendapatkan penghasilan dari tulisan tersebut.

Karenanya, Anda bisa mengupgrade skill yang dimiliki dengan mencoba menuliskan artikel berbahasa Inggris.

5. Pebisnis Online atau Blogger

Di zaman yang serba canggih ini segala sesuatu bisa menjadi sumber penghasilan. Salah satunya adalah menjadi seorang blogger yang saat ini begitu sangat menjanjikan untuk meraup pundi-pundi penghasilan dalam bentuk dollar.

Bila Anda yang suka menulis cobalah untuk mempostingnya lewat sebuah blog yang telah disediakan oleh google. Setelah tulisan Anda mencapai 30 sampai 60 artikel bisa didaftarkan ke google adsense untuk mendapatkan penghasilan dari hal tersebut. Tentu saja dengan syarat trafiic pengunjung mencapai ratusan hingga ribuan.

Bila Anda disetujui pihak google tentunya mereka kan membayar Anda dari iklan yang dipasang dalam blog atau website Anda.

Loading...

Nah, blogger tersebut saat ini menjadi usaha jasa online yang sangat diminati oleh kaula muda maupun orang tua. Mereka rela berjam-jam di depan komputer atau laptop hanya untuk menulis, memposting dan mensharenya lewat sosial media.

Dari usaha tersebut banyak bermunculan para blogger dengan penghasilan di atas 10 juta setiap bulannya. Tentunya ini menjadi salah satu bentuk usaha yang menggiurkan. Berawal dari sebuah hobi Anda bisa menjadi seorang miliarder.

Untuk membuka usaha ini bisa pula melakukan privat atau masuk dalam komunitas serupa dimana mereka akan membagikan tips-tips untuk memulai usaha tersebut.

6. Dropship atau Reseller Produk Online

Saat ini banyak orang yang menjual barang usahanya lewat online. Karena dengan online bisa menjangkau daerah atau tempat manapun tanpa harus bertatap muka.

Nah, banyaknya produk online yang berseliweran adalah peluang untuk Anda membuka usaha. Anda bisa menjadi reseller yang menghubungkan konsumen dan produsen. Tentunya keuntungan yang didapat dari hasil penjualan yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Untuk urusan pengiriman serahkan pada pemilik barang karena mereka yang akan mengurusnya. Ongkos kirim yang dikeluarkan pun biasanya ditanggung oleh pembeli dimana mereka akan mengeluarkan ongkos kirim sesuai dengan tempat tinggal mereka.

Produk online yang dijajakan pun beragam mulai dari baju, produk kecantikan, mainan anak, makanan, dan lain sebagainya.

Sebaiknya untuk memulai usaha ini lakukan dengan satu produk dahulu biarkan orang mengenal Anda dengan branding penjual makanan atau fashion. Setelah sukses dengan omset lumayan Anda pun bisa mencoba produk lain.

Usaha jasa ini tentunya tak mengeluarkan modal justru Anda adalah “penyelemat” bagi produsen dan juga konsumen.

7. Jasa Mengantar Anak Sekolah

Bila Anda memiliki kendaraan yang cukup besar manfaatkanlah hal tersebut untuk membuka usaha jasa mengantar anak sekolah.

Bila mobil Anda tidak terlalu besar bisa membidik salah satu sekolah Paud atau TK untuk mengantar beberapa anak yang akan sekolah.

Tahap untuk membuka usuha ini tentunya harus berkoordinasi dengan pihak sekolah. Selanjutnya pihak sekolah akan mensosialisasikan hal tersebut pada orang tua.

Untuk membuka usaha ini Anda harus mau mengetahui tentang karakteristik anak mulai dari penangananya sampai sikap yang harus ditunjukkan kepada mereka.

Sekilas memang tampak gampang tetapi bila dijalani akan ada kejutan-kejutan menarik yang dilakukan anak-anak. salah sedikit atau salah penanganan akan berdampak fatal bagi mereka.

Usaha jasa ini pun tak memakan waktu banyak bisa disesuaikan dengan kepergian dan kepulangan siswa. Membuka usaha pun tak harus menggunakan modal yang besar tentunya bila Anda memiliki kendaraan sendiri.

8. Usaha Jasa Titip atau Jastip

Usaha jasa titip saat ini tengah menjadi usaha yang begitu menggiurkan dikalangan remaja sampai berbagai kalangan.

Biasanya pelaku jasa titip ini adalah seseorang yang tinggal di luar kota atau negeri yang menawarkan barang ciri khas negara atau kota setempat dengan harga yang murah namun kualitas sangat bagus.

Selain barang, jasa titip pun menawarkan aneka kuliner yang berasal dari daerah atau negara setempat.

Cara kerja pelaku jasa titip ini adalah dengan masuk ke sebuah toko fashion, makanan, aksesoris dan lain sebagainya.

Mereka pun akan memotret barang-barang yang sekiranya akan laku untuk dijual. Setelah itu mereka akan mengunggahnya lewat sosial media.

Tentu saja para pelaku jasa titip ini hanya memerlukan smartphone atau laptop, kuota, dan jaringan internet yang memadai.

Bagi yang membuka usaha jasa titip khusus barang-barang yang ada diluar negeri biasanya akan dibatasi sesuai dengan kapasitas bagasi pesawat.

Jasa titip ini juga berlaku untuk Anda yang senang traveling. Kemanapun Anda akan pergi terlebih dahulu bisa mencari informasi tentang oleh-oleh daearah setempat yang bisa Anda jual ke konsumen.

9. Usaha Jasa Sewa DVD Original

Untuk Anda yang hobi menonton film dan mengoleksi DVD original bisa dimanfaat untuk membuka usaha. Usaha yang Anda buat tentunya dengan cara menyewakan usaha jasa sewa DVD original.

Peluang untuk membuka usaha tersebut sangat besar karena tidak semua orang senang nonton atau sempat pergi ke bioskop untuk menonton.

Walaupun sudah ada fasilitas internet dimana mereka bisa mendownload film sendiri rata-rata masih ada rasa sayang untuk mengeluarkan kuota yang cukup banyak.

Karena itu jika Anda memiliki DVD orginial film segera manfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha jasa sewa DVD.

Jika Anda ingin membukanya dalam waktu dekat ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan diantaranya adalah :

  • Untuk membuka usaha jasa ini idealnya memang memiliki tempat yang strategis. Namun, bila belum ada modal dan tidak masuk dalam kategori di atas jangnalah khawatir cukup dengan menyiapkan tempat di rumah sendiri.
  • Langkah berikutnya adalah menyiapkan promosi lewat online ataupun offline. Nah, jika tempat yang Anda pakai dirasa tidak strategis lakukanlah promosi lewat sosial media.
  • Membuat sistem peminjaman DVD dengan sistem pencatat rapih lewat buku ataupun disimpan di laptop.
  • Kemudian langkah selanjutnya adalah survey harga penyewaan DVD. Hal tersebut dilakukan agar DVD yang Anda sewakan tidak terlalu mahal ataupun murah.
  • Membuat aturan dengan konsumen agar mau menjaga barang sewaannya sebaik mungkin.

10. Usaha Jasa Video Shooting

Lagi-lagi membuka usaha jasa ini sangat erat kaitannya dengan hobi atau minat yang Anda sukai. Untuk Anda senang atau akrab dengan kamera maupun alat perekam bisa dijadikan usaha dengan membuka jasa video shooting.

Bisnis video shooting ini sedang menggeliat di dunia bisnis seiring dengan maraknya pengguna sosial media. Semua orang ingin mengabadikan moment pentingnya dengan dibuatkan sebuah video.

Baru-baru ini di sosial media viral dengan sebuah video persiapan kelahiran yang dilakukan oleh beberapa artis ternama di Indonesia.

Mereka menggunakan jasa video shooting untuk merekam moment sebelum dan sesudah kelahiran.

Tak hanya itu saja, sejumlah masyarakat umum pun memerlukan jasa video shooting untuk merekam hari ulang tahun, pertunangan, pernikahan, dan moment berharga lainnya.

Nah, peluang seperti itulah yang bisa Anda buat untuk membuka usaha jasa video shooting. Terlebih jika Ana memiliki kamera yang mumpuni dan bisa mengoperasikannya tentunya tak akan ada lagi keraguan untuk segera membuka usaha jasa tersebut.

PENUTUP

Bagaimana mudah bukan untuk membuka usaha jasa tanpa modal? Ya, usaha jasa ini memang berawal dari hobi yang dikerjakan yang kemudian bisa dijadikan peluang untuk membuka bisnis.

Tentunya semua pekerjaan di atas bersifat fleksibel tidak harus diawali dengan pagi hari dan berakhir di sore hari. Melainkan bisa jadi Anda tetap lembur dan dikerjakan di waktu yang tidak biasanya.

Namun, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda karena mengerjakan pekerjaan atas dasar cinta dan tanpa paksaan siapapun.

Jangan berkecil hati bila pendapatan yang diterima sangatlah jauh dari harapan. Justru sikap bersyukurlah yang harus ditanamkan ketika mendapatkan penghasilan dari hasil usaha sendiri. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Artikel Terkait :

    2 Shares
    Loading...