16 Ide Usaha Kreatif Paling Diminati di Indonesia

Zaman yang semakin canggih menuntut semua orang untuk bisa lebih kreatif lagi dalam menghadapi setiap bidang.

Begitu pula untuk setiap orang yang terjun dalam bisnis dituntut untuk lebih memiliki ide usaha kreatif agar mampu menarik pelanggan dan juga investor.

Untuk menciptakan usaha kreatif sendiri bukanlah suatu hal yang sulit. Karena sejatinya pasar untuk menciptakan sesuatu yang unik dan kreatif tersebut sudah ada.

Hanya saja selalu ada hambatan dalam diri ataupun hambatan dari luar yang tak pernah teruwujud untuk mengembangkannya.

Seringkali kurangnya modal juga menjadi hambatan utama sehingga usaha pun tak pernah terlaksana.

Namun, bila dipelajari dengan seksama di Indonesia sendiri banyak pelaku bisnis yang sudah berhasil membuat usaha kreatif yang begitu sukses untuk diraih.

Lalu, usaha kreatif apa saja yang paling diminati di Indonesia? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

1. Jasa Rental Drone

Di Indonesia ini jasa penyewaan drone masih tergolong langka. Padahal di beberapa event besar maupun kecil di Indonesia, memerlukan drone tersebut untuk mengabadikan moment penting yang dilakukan masyarakatnya.

Jika Anda memiliki drone dengan kualitas kamera terbaik, segeralah untuk buka usaha kreatif jasa rental  tersebut.

Karena saat ini para penyewa drone rata-rata dari sebuah instansi, perusahaan, ataupun developer yang memang membutuhkan drone untuk proyek pekerjaan mereka.

Peluang jasa rental drone saat ini cukuplah menjanjikan. Pasalnya masih belum banyak sedangkan permintaan cukup tinggi. Jadi, tunggu apalagi saatnya berpenghasilan dari barang yang Anda miliki.

2. Jual Sayuran Siap Masak

Di Indonesia, usaha kreatif jual sayuran siap masak  sudah mulai diminati oleh para wanita karier.

Pasalnya, bisnis tersebut membuat mudah seseorang untuk memasak tanpa harus ribet membuat bumbu atau terlewat membeli sayuran.

Bisnis tersebut modelnya begitu simpel. Beragam jenis sayuran telah dipacking dengan rapih beserta bumbu bahan alami yang telah diolah.

Setiap pelanggan yang membelinya tinggal mengolah bahan tersebut menjadi sayuran yang bisa dimasak dalam waktu 15 menit.

Uniknya, para pelanggan tak perlu memotong kembali sayuran tersebut karena memang sudah siap untuk dimasak.

Nah, dengan adanay usah tersebut Anda bisa memodifikasinya dari segi waktu ataupun bahan bumbu yang digunakan.

Misalnya waktu pengolahan sayuran bisa dilakukan selama 10 menit ataupun bumbu yang digunakan bisa ditambahan dengan bahan racikan lainnya yang lebih lezat lagi.

3. Jasa Sewa Peralatan Bayi

Siapa sangka jasa sewa peralatan bayi ini sedang marak dan sangat diminati. Para pelanggan yang baru memiliki bayi sangat terbantu dengan jasa penyewaan tersebut.

Pasalnya, peralatan bayi tersebut bersifat sementara dan hanya bisa dipakai dalam hitungan bulan. Jadi, banyak orang yang memilih untuk menyewanya dari pada membeli.

Peralatan bayi yang bisa untuk digunakan seperti box bayi, kursi makan bayi, freezer asi, pompa asi, mainan, dan lain sebagainya.

Waktu penyewaan peralatan bayi pun beragam, rata-rata dimulai dari satu bulan samapai enam bulan. Semuanya tergantung kebutuhan pelanngan dan juga akad dari kedia belah pihak.

Usaha kreatif jasa sewa peralatan bayi ini cukup menjanjikan. Untuk melakukan promosinya bisa melalui sosial media. Ataupun media promosi lainnya yang bersifat online.

4. Usaha Print 3 Dimensi

Usaha kreatif berikutnya yang cukup diminati di Indonesia adalah usaha Print 3 dimensi.

Hasil print 3 dimensi tersebut bisa dicetak untuk souvenir, kaos, dan lain sebagainya.

Usaha ini cukup unik dan menjanjikan, siapaun bisa melakukannya asalkan memiliki printer khusus untuk membuat hasil print 3 dimensi.

Para peminat dari hasil usaha ini biasanya dari kalangan anak, remaja, dan juga dewasa.

5. Usaha Puding 3 Dimensi

Usaha kreatif lainnya yang cukup diminati di Indonesia adalah puding 3 dimensi.

Pada umumnya usaha puding yang banyak dikenal oleh masyarakat umum adalah makanan penutup biasa yang terbuat dari agar-agar yang dicampur dengan susu.

Kini, puding tersebut memiliki variasi lain dimana terdapat variasi lain yang membuat seseorang tertarik untuk membeli serta mencicipinya.

Variasi baru yang ada puding tersebut adalah menggunakan hiasan 3D dengan beraneka macam bentuk.

Hiasan 3 dimensi yang paling banyak digunakan untuk puding ini biasanya berbentuk bunga, daun, dan juga batik.

6. Jasa Membuat Karikatur Wajah

Jika Anda mahir dalam menggambar atau membuat lukisan, cobalah untuk membuka usaha kreatif jasa membuat karikatur wajah.

Belakangan ini, usaha tersebut sedang menjadi tren sehingga banyak orang yang mencari dan menginginkannya.

Jasa membuat karikatur tersebut sangat cocok diberikan kepada seseorang di hari pernikahan, ulang tahun, wisuda dan lain sebagainya.

Membuka usaha ini pun tak perlu modal yang cukup banyak. Hanya menggunakan kanvas, alat gambar, dan promosi lewat sosial media sudah bisa membuka jasa pembuatan karikatur tersebut.

7. Usaha Food Truck

Usaha ini termasuk kedalam usaha yang masih jarang keberadaanya. Usah food truck merupakan usaha menjual makanan dengan menggunakan truck yang dimodifikasi.

Selain menjual makanan yang menjadi daya tarik pelanggan adalah truck tersebut dihias dengan unik menggunakan warna dan gambar yang menarik.

Biasanya yang dijual dalam usaha kreatif food truck tersebut meliputi makanan siap saji dan minuman racikan yang memang sedang banyak diminati oleh masyarakata Indonesia.

Keberadaan fodd truck sendiri masih ada di kota-kota besar Indonesia. mereka akan berjualan di tempat keramaian seperti apartemen, mall, komplek perumahan, dan alun-alun kota dan lain sebagainya.

Untuk membuka usaha ini memang dibutuhkan modal yang cukup besar mengingat truck tersebut harus dimodifikasi sedemkian rupa menyerupai restoran pada umumnya.

Namun, pengeluaran yang dikeluarkan akan sebanding dengan pendapatan karena dibuat dengan konsep yang menarik serta kreatif.

8. Usaha Salon untuk Muslimah

Usaha mendirikan salon untuk muslimah di Indonesia masih tergolong sangat jarang. Padahal segmentasi pasar untuk membuka usaha ini begitu besar.

Usaha kreatif ini bukan hanya sekedar mencari keuntungan belaka. Namun bisa memperdayakan para wanita di Indonesia yang memang tidak memiliki pekerjaan.

Selain itu membuka usaha ini bisa menjadi wadah untuk mensyiarkan agama islam khususnya tentang kemuslimahan.

Salah satu motivasi adanya salon muslimah ini karena kebanyak dari mereka ingin berada pada ruang privat yang hanya dilakukan oleh sesama muslimah.

Karena itu harus diperhatikan adalah mengenai batasan-batasan yang sesuai dengan ajaranNya.

Baca juga :

9. Usaha Bros atau Pin untuk yang Berhijab

Di Indonesia sudah banyak para wanita muslimah yang berhijab. Diantara mereka pun ada yang membentuk komunitas dengan nama hijabers.

Biasanya para hijabers tersebut menggunakan baju ataupun aksesoris yang menarik serta unik. Salah satu hal yang membuat mereka berbeda adalah dari tampilan bros atau pin yang dipakainya.

Karena itu dari peluang tersebut Anda bisa membuka usaha kreatif membuat bros atau pun bagi yang berhijab.

Bros atau pin yang banyak disukai biasanya berbentuk bunga atau karikatur yang unik dan lucu. karena itu Anda pun perlu meriset tentang pembuatan bros atau pin yang akan dibuat.

Untuk membuatnya memang diperlukan kreativitas dan keterampilan yang khusus. Mengingat tak mudah membuat bros atau pin yang sesuai dengan pasar tersebut.

Namun, jangan khawatir mengenai modal yang akan dikeluarkan karena dengan menggunakan bahan daur ulang akan mudah untuk dibuat serta meminimalisir modal yang digunakan.

10. Usaha Jasa Sewa Kostum

Siapa sangka usaha jasa sewa kostum di Indonesia tengah berkembang dengan baik. Biasanya para pelaku bisnis usaha kreatif ini menyewakan kostum-kostum tokoh karikatur maupun baju adat tradisional.

Tokoh karikatur yang paling banyak diminati biasanya anime dan juga beberapa karakter walt disney. Selain diminati anak-anak, para remaja maupun dewasa pun tertarik untuk menyewanya.

Karena itu bila Anda ingin membuka usaha jasa sewa kostum diusahakan memiliki kostum untuk anak-anak dan juag dewasa.

Ha lain yang harus diperhatikan adalah bekerjasama dengan seorang designer ataupun penjahit. Karena mereka akan membantu Anda untuk dibuatkan kostum-kostum menarik yang diminati oleh pelanggan.

Harga sewa kostum sendiri biasanya dikisaran 100 K – 350 K untuk satu harinya.

11. Usaha Kreatif Berbahan Dasar Rotan

Di Indonesia usaha dengan berbahan dasar rotan masih sangat diminati. Pasalanya bentuk rotan yang elastis sangat memungkinkan untuk dibuat berbagai macam benda untuk dijual.

Contohnya saja benda berbahan rotan yang digemari adalah tas rotan,keranjang rotan, tempat lampu, dan lain sebagainya.

Para pelaku usaha kreatif berbahan dasar rotan tersebut tak pernah salah membuatnya.

Mereka memodifikasinya dengan sedemikian rupa sehingga membentuk karya yang layak untuk dijual.

Usaha tersebut pun berpeluang dilirik oleh mancanegara karena memang mencirikan sesuatu khas Indonesia.

Karena itu untuk meenjualnya bisa dilakukan secara online lewat sosial media yang Anda miliki.

12. Kartu Undangan Pernikahan Unik

Usaha kreatif berikutnya bisa membuat kartu undangan yang unik dan kreatif. Pelaku usaha kartu undangn pernikahan memang sudah cukup banyak.

Tentunya di zaman yang serba canggih ini dituntut untuk mengeluarkan ide kreatif untuk membuat sesuatu yang baru.

Karena itu mulailah bermunculah kartu undangan pernikahan yang unik dan kreatif seperti berbentuk tiket boarding pesawat, undangan dalam bentuk tas, undangan pernikahan dengan gambar yang unik, serta sederetan design lainnya yang menarik minat para calon pengantin.

Untuk membuka usaha ini diperlukan team yang bisa membuat konsep design yang menarik. Selain itu diperlukan pula para team marketing yang handal untuk memasarkannya.

13. Stiker Kulkas

Biasanya kulkas selalu dihiasai oleh magnet-magnet yang menarik dan lucu. Namun, saat ini ada yang lebih menarik dari hal tersebut.

Para pelaku bisnis yang kreatif membuat hiasan kulkas dengan dibuatkan sebuah stiker kulkas dengan berbagai macam warna dan bentuk yang tentuya sanga unik serta kreatif.

Contoh design stiker kulkas yang sudah beredar ditengah masyarakat seperti stiker kulkas dengan design club bola, stiker kulkas berbentuk kotak telepon, ada pula yang dibentuk menyerupai ATM sehingga terkesan adanya ATM di rumah Anda.

14. Usaha Desain Mahar Uang Kertas dan Koin untuk Pernikahan

Jenis Usaha Kreatif
Jenis Usaha Kreatif

Pernahkah Anda melihat uang mahar pernikahan yang berbentuk unik serta menarik?

Ya, usaha tersebut saat ini sedang dicari dan lirik oelh banyak orang yang akan menikah.

Berbagai macam desain uang mahar pun bisa Anda pesan sesuai dengan keinginan.

Bentuk desain mahar yang biasanya paling banyak dipesan biasanya berbentuk nama kedua calon mempelai, burung, ka’bah, gambar pemandangan, karikatur kedua belah pihak, dan bentuk unik lainnya.

Modal yang dikeluarkan untuk usaha kreatif ini tidaklah besar. Anda hanya memerlukan kanvas serta uang mahar yang biasanay langsung dikirimkan oleh calon pengantin kepada Anda selalku pendesain uang mahar.

15. Usaha Jual Agenda Tahunan dengan Design Unik

Walaupun saat ini banyak orang yang menggunakan smartphone untuk mencatat segala aktifitas sehari-hari tetap saja masih diperlukan sebuah agenda berbentuk fisik yang diperluakn sebagian orang.

Sebelum adanya smartphone banyak orang yang menjual agenda tersebut. namuan lambat laun menjadi berkurang karena sudah beralih menggunakan teknologi.

Tetapi janganlah khawatir membuat agenda tahunan tersebut tidak benar-benar mati karena memang masih ada peminatnya.

Karena itu Bila Anda ingin menekuni usaha kreatif tersebut bisa dimodifikasi dari segi desain dan juga isi agenda.

Anda bisa bermain dari segi design cover dengan mengusung tema profesi yang ada di Indonesia. seperti profesi dokter, polisi, guru, pebisnis dan lain sebagainya.

Aatau bisa pula menggunakan design karikatur yang tengah diminati anak-anak maupun remaja. Yang lebih unik bisa pula menggunakan design foto wajah dari pemilikinya.

Selain design cover yang menjadi daya tarik dari agenda tahunan adalah isi dari agendanya sendiri. Bisa dibuat sebuah tabel dengan adanya targetan yang akan dicapai di tahun baru.

Hal tersebut bisa berguna untuk para pelanggan karena mereka merasa terbantukan kehadiran tabel target tersebut.

Usaha kreatif tersebut tak memerlukan modal yang cukup besar. Hanya saja Anda harus bekerja sama dengan percetakan maupun seorang designer.

16. Usaha Menjual Cokelat dengan Bentuk yang Unik

Usaha Kreatif berikutnya adalah dengan menggunakan bahan dasar cokelat.

Saat ini sudah banyak beredar bahan dasar cokelat dengan bentuk unik serta kreatif. Ada yang menjualnya dengan bentuk boneka, bunga, pakaian, buket bunga,  otomotif  dan bentuk unik lainnya.

Cokelat dengan berntuk unik masih sangat dicari terutama oleh kalangan remaja.

Selain dibentuk unik dan menarik, cokelat juga bisa dicampur oleh bahan lain seperti dodol, kacang-kacangan, dan laun sebagainya.

Usaha cokelat ini sangatlah menjanjikan terlebih bila digeluti dengan serius. Biasanya tingginya permintaan cokelat ini menjelang hari raya ataupun moment tertentu yang begitu spesial bagi pelanggan.

Penutup

Peluang membuka usaha kreatif di Indonesia ini begitulah besar. Selain 16 contoh di atas masih banyak usaha kreatif lainnya yang bisa Anda geluti mulai dari kuliner, fashion, aksesoris, dan lainnya.

Anda pun bisa menggunakan bahan dasar daur ulang untuk membuak usaha kreatif. Dengan memanfaatkan bahan sederhana yang ada Anda pun tidak perlu memerlukan modal yang cukup banyak.

Intinya dalam membuat usaha kreatif ini yang harus diperhatikan adalah peluang. Dalam arti melihat peluang yang ada di depan mata Anda seperti menggunakan bahan dasar ulang.

Selanjutnya adalah segmentasi pasar, maksudnya adalah usaha kreatif tersebut akan dibuat untuk siapa yang tentunya harus disesuaikan dengan usia.

Dan yang terkahir adalah kemaun untuk terus belajar dan berinovasi. Pada dasarnya contoh usaha kreatif yang diminati di Indonesia telah banyak yang membuat dan menjual.

Tugas Anda adalah memperbaharui hal tersebut menjadi sesuatu yang baru dimana diperlukan kemauan untuk terus belajar. Dengan tujuan terciptanya sebuah produk yang benar-benar unik serta kreatif.

Bagaiaman Anda siap untuk menjadi pengusaha yang unik dan kreatif?

Terkait :