37 Jenis Usaha Rumahan Modal Kecil dengan Penghasilan Besar

Ulasan tentang 37 Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil ini akan membantu Anda yang ingin mendapat ide bisnis rumahan yang potensial. Seringkali usaha gulung tikar sebelum berkembang disebabkan pemilihan jenis usaha dan perencanaannya yang kurang matang. Oleh karena itu kami ingin berbagi inspirasi 37 peluang usaha rumahan dengan modal kecil. Hanya dengan modal ratusan ribu pun Anda sudah bisa mulai berbisnis dengan laba yang menggiurkan dan prospeknya yang cerah tentunya.

Ketika kita baru mencoba untuk belajar berwirausaha, memang sebaiknya memulai dari usaha bermodal kecil. Dengan begitu maka kemungkinan resiko yang ditanggung pun menjadi semakin kecil. Ini penting karena banyak orang yang akhirnya terlilit hutang ketika memulai usaha dan gulung tikar.

Penyebabnya orang tersebut belum menguasai seluk-beluk usaha yang digelutinya, sehingga kucuran modal besar tidak banyak membantu. Selain itu, kurangnya perencanaan bisnis juga menjadi faktor besar penyebab kegagalan. Untuk mengetahui tentang bagaimana membuat suatu perencanaan usaha yang mudah di pelajari silahkan buka artikel ini.

Untuk itu kami menyarankan untuk mencoba 37 peluang usaha ini. Bahkan beberapa usaha bisa dikerjakan sebagai usaha kecil-kecilan paruh waktu. Sehingga ini cocok bagi Anda yang masih berstatus karyawan swasta, pegawai kantoran, PNS, mahasiswa hingga ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha tanpa meninggalkan pekerjaan sebelumnya. Meskipun bisnis sampingan namun jika dikelola secara baik, usaha-usaha ini menjanjikan profit yang tinggi.

Lalu apa saja peluang usaha kecil-kecil dengan prospek menjanjikan tersebut? Ini dia:

#1. Buka cucian motor

Coba lihatlah sekeliling Anda, hampir semua orang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian. Sementara karena berbagai kesibukan sangat jarang orang yang memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mencuci motornya sendiri. Jika kita jeli, hal tersebut merupakan peluang usaha yang tidak pernah kehilangan konsumen. Ya betul, Anda bisa memulai bisnis Anda dengan membuka cucian motor.

Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau mencari tempat strategis untuk mendirikan usaha tersebut.  Anda pun tak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya. Manfaatkan relasi Anda di kantor, atau teman-teman Anda untuk menjadi pelanggan sekaligus membantu Anda  untuk memasarkan bisnis tersebut.

Sekali lagi, selagi masih ada orang yang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian, maka bisnis dengn modal kecil ini akan selalu memiliki pelanggan potensial.

#2. Membuka usaha Print foto dan stiker yang dikerjakan di rumah

Salah satu jenis usaha modal kecil yang bisa dicoba adalah dengan membuka jasa print foto dan stiker. Bahkan jika Anda telaten, Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal. Caranya dengan membuat komputer dan printer di rumah menjadi lebih produktif. Pilih lokasi yang dekat dengan kantor layanan pemerintah ataupun lembaga pendidikan. Jika Anda punya kamera akan lebih baik.

#3. Usaha kecil-kecilan Jasa pengetikan yang dilakukan di sela kesibukan

Punya komputer dan tidak produktif? Kenapa tidak mencoba untuk membuka jasa pengetikan? Anda bisa bergabung dengan berbagai platform yang menyediakan proyek pengetikan yang akan membantu memasarkan jasa Anda secara online. Dengan bisnis ini, Anda dapat memperoleh uang tambahan tanpa harus keluar banyak keringat.

Jika Anda rasa kurang, membuka bisnis semacam ini di area kampus akan lebih menjanjikan lagi. Mahasiswa yang dikejar dedline tugas makalah atau skripsi adalah target pasa Anda. Jika ada 10 mahasiswa saja, dengan tarif pengetikan 1500 per lembar dikali rata-rata 10 lembar, maka dalam sehari sudah bisa memperoleh Rp. 150.000,-

Baca juga : Ide bisnis Modal kecil Untuk Mahasiswa

#4. Menjadi Jasa Penerjemah

Anda punya kemampuan berbahasa inggris atau bahasa asing lain? Membuka jasa terjemah bisa menjadi pilihan usaha sampingan loh. Bahkan bisa dimulai tanpa modal. Anda bisa tawarkan jasa penerjemah untuk pembuatan summary pada skripsi, thesis atau disertasi. Selain itu, untuk menambah jejaring Anda bisa juga bergabung dengan platform penerjemah berbasis online seperti projects.co.id dsb.

#5. Membuka Kedai Kopi

Anda memiliki kebiasan meminum kopi atau menyukai kopi? Kenapa tidak mencoba berbisnis ala kafe dengan membuka kedai kopi. Tentu tak perlu semewah kafe-kafe untuk membuat kedai kopi sederhana, modal yang dibutuhkan pun tak terlalu besar. Anda bisa menyulap halam depan rumah menjadi kedai dengan menambahkan tenda, meja besar sebagai tempat meracik kopi, dan beberapa kursi.

Bisnis kedai kopi akhir-akhir ini sedang naik daun karena peminat kopi kian banyak. Apalagi jika di daerah Anda banyak anak muda. Membuka kedai kopi saat malam tiba bisa menjadi penghasilan tambahan yang menggiurkan.

Sebagai daya tarik, Anda bisa membuat mini acara seperti nonton bareng petandingan sepak bola ataupun sekedar diskusi kecil-kecilan. Sajikan juga menu-menu pendukung seperti gorengan, roti bakar, atau yang lainnya. Untuk menjaring semakin banyak pelanggan, Anda bisa menambah varian minuman seperti susu murni, susu jahe, dan lain sebagainya.

#6. Membuka usaha Laundry Rumahan

Bisnis modal kecil ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perumahan, atau setidaknya perkotaan, di mana orang-orangnya mempunyai mobilitas tinggi sehingga tidak sempat mencuci pakaian. Anda pun bisa memanfaatkan mesin cuci rumah Anda sebagai aset pertama untuk memulai usaha.

Tinggal buat papan nama dan pamflet promosi untuk disebarkan ke target pelanggan usaha laundry Anda. Memanfaatkan broadcast BBM ataupun media sosial lain juga bisa. Intinya, dengan mesin cuci rumah Anda, sekarang Anda resmi memiliki usaha laundry dan langkah selanjutnya adalah bagaimana agar semua orang tahu. Semakin banyak yang tau, tentu makin besar kemungkinan pendapatan Anda.

#7. Membuka Jasa jahit di rumah

Anda memiliki ketrampilan menjahit? Jika iya Anda tak perlu ragu untuk membuka usaha jasa jahit pakaian. Ini juga salah satu usaha “abadi”, maksudnya usaha yang tidak akan pernah kehilangan konsumennya. Bagaimana tidak, mode pakaian yang terus berganti, pakian kesayangan yang rusak, serta mengubah ukuran hingga bentuk pakian yang baru saja dibeli adalah kegiatan yang sering dilakukan banyak orang.

Untuk meningkatkan omset, Anda bisa menjajakan jasa ini secara keliling dari komplek ke komplek. Anda juga bisa merekrut beberapa tenaga terampil untuk membantu memperluas jejaring pelayanan.

#8. Usaha Pangkas Rambut di rumah sebagai tambahan pengasilan

Membuka jasa pangkas rambut bisa menjadi opsi yang menarik untuk Anda yang punya ketrampilan tersebut dan ingin membuka usaha. Jika tidak, Anda bisa mempekerjakan satu karyawan terampil untuk mengelola bisnis Anda ini.

Pangkas rambut bisa menjadi usaha rumahan yang mendatangkan omset lumayan jika dikelola secara serius. Apalagi jika Anda mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan yang setiap bulannya akan menyetorkan pundi-pundi rupiah ke dompet Anda. Anda pun tak perlu modal yang wah untuk memulainya, cukup dengan menyulap ruangan rumah atau dengan membuatnya di halaman rumah Anda sudah bisa memiliki tempat pangkas rambut yang siap beroprasi.

#9. Usaha Angkringan kecil-kecilan

Angkringan adalah tempat makan favorit bagi sebagian anak muda yang sering begadang. Rasanya yang lezat dan harganya yang murah membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi. Anda bisa membuka usaha Angkringan ini malam hari selepas pulang kerja, terutama bagi Anda yang rutinitas bekerjanya di pagi hingga sore hari.

Pastikan angkringan Anda memiliki nilai jual lebih agar segera memenangkan persaingan.

#10. Konter pulsa dan paket internet

Seiring tingginya kebutuhan akan akses informasi, saat ini hampir semua orang memiliki gedget. Dan itu berarti mereka semua membutuhkan pulsa atau paket internet untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi mereka. Sehingga keputusa Anda untuk menjatuhkan pilihan pada bisnis ini tidaklah salah.

Mulailah dengan menjadi downline pulsa, sambil mencoba menawarkan paket perdana internet pada orang-orang di sekitar Anda. Jika ini berjalan lancar, Anda bisa segera membuka gerai pulsa dan paket internet ini.

#11. Pembayaran Online

Salah satu bisnis rumahan yang berkembang pesat seiring dengan tumbuhnya teknologi digital adalah sistem pembayaran online. Anda bahkan bisa memanfaatkan telephon pintar yang sehari-hari menemani aktivitas Anda untuk menjalankan bisnis dengan modal kecil ini.

Contohnya ikut program paytren milik Ustad Yusuf Mansur

#12. Toko kelontong

Eits jangan jangan memandang sebelah mata usaha yang satu ini. Meskipun sekilas memberikan margin keuntungan yang kecil, namun ini adalah usaha rumahan yang tak akan pernah sepi pembeli. Setiap hari semua keluarga mengalokasikan sejumlah uangnya untuk berbelanja di warung kelontong semacam ini.

Jadi ini adalah usaha rumahan dengan prospek cerah

#13. Membuka warung Nasi uduk di rumah

Bagi kebanyakan orang, memasak sarapan di pagi hari adalah hal yang tidak praktis, apalagi untuk orang-orang yang tinggalnya indekos. Oleh karena itu, Anda bisa membuka usaha ini di pagi hari sebelum berangkat kerja seperti biasa.

Anda bahkan bisa membungkusnya lalu membawanya ke kantor untuk dijual kepada teman-teman kantor yang belum sempat sarapan. Tentu ini membutuhkan tenaga ekstra, tapi bukankah orang yang bekerja lebih giat yang paling banyak dapat hasilnya?

#14. Jualan Bubur ayam

Konsepnya sama seperti membuka usaha nasi uduk di atas. Hanya saja varian menunya yang diubah. Ini karena pangsa pasarnya lain, kerapkali anak-anak lebih memilih bubur sebagai sarapan di pagi hari.

#15. Bakso

Bakso merupakan makanan favorit bagi banyak orang. Rasanya yang gurih dan lezat serta harganya yang tidak terlalu mahal membuat bakso digandrungi banyak orang, dari yang muda hingga tua. Oleh karena itu memilih bakso sebagai usaha rumahan bermodal kecil adalah langkah awal yang bagus.

Anda bisa mengkreasikan berbagai bentuk dan rasa untuk menambah daya tarik konsumen membeli bakso Anda. Memulainya dengan menjajak dagangan ini secara keliling juga hal yang bisa dicoba.

#16. Cemilan sehat

Siapa yang tidak suka cemilan? Jawabannya pasti tidak ada. Semua orang suka cemilan, apalagi dinikmati pas suasana santai bersama keluarga. Cemilah juga sesuatu yang rasanya wajib tersaji saat menonton televisi. Namun sayangnya banyak pedagang nakal yang membuat cemilan dengan tambahan bahan kimia berbahaya.

Sebagai langkah mengantisipasinya, Anda bisa membuat aneka cemilan sehat. Mulai dari kadang-kacangan, keripik, hingga kue kering.

#17. Menjual minuman Milkshake dengan konsep usaha kreatif dan inovatif

Saat cuaca panas dan terik matahari menyengat di siang hari, rasa-rasanya hanya es lah yang mampu memuaskan dahaga kita. Oleh karena itu, Milkshake menjadi pilihan banyak orang ketika siang hari, apalagi di kota-kota besar, jumlah peminatnya makin banyak.

Milkshake, selain memberi kesegaran, juga kaya akan nutrisi dan vitamin sehingga diminati banyak orang yang sadar akan kecukupan gizinya.

#18. Membuka usaha Warung nasi

Selain minuman, usaha yang tak akan pernah sepi peminat adalah membuka warung nasi. Dengan ketrampilan memasak dan tata ruang yang nyaman, usaha warung nasi Anda pasti akan selalu ramai dikunjungi pelanggan. Meskipun usaha ini banyak saingannya, namun tetap saja Anda tidak akan kehilangan pembeli karena segmentasinya yang menyasar semua orang.

Anda cukup membidik segmen pasar mana yang akan Anda ambil, mereka kelas menengah ke atas, atau yang menengah ke bawah. Usahakan segmentasi pasar yang Anda ambil tidak sama dengan pesaing terdekat Anda. Tentu agar dapat meminimalisir kerasnya persaingan di awal-awal memulai usaha.

#19. Jualan Es Krim

Semua orang, baik tua maupun anak-anak, menyukai es krim. Rasanya yang yummi serta kesegaran yang diberikannya membuat banyak orang jatuh hati dengan es krim. Untuk memulai bisnis ini Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Sebagai pelaku usaha pemula, Anda Sebagai pengusaha pemula, Anda tidak perlu modal banyak. Modal ditambah sebaiknya ketika Anda sudah menguasai lapangan untuk keperluan ekspansi usaha.

Usaha kecilkecilan rumahan modal kecil

Sebagai langkah awal Anda hanya pelu freezer sebagai penyimpan es krim siap jual. Sementara peralatan lain bisa memanfaatkan yang sudah ada di dapur Anda. Untuk bahan es krim pun tak perlu pusing, karena sudah banyak penyedia bahan es krim siap olah. Kunci dari bisnis ini adalah inovasi, teruslah mencoba mengembangkan varian baru yang membuat konsumen selalu penasaran dan tertarik membeli dan membeli.

#20. Jualan sayur-sayuran segar

Sayuran adalah barang “wajib” yang dicari ibu-ibu di setiap pagi, terlebih di perkotaan yang kita tahu tidak ada lahan untuk bercocok tanam sayur. Sehingga menjual sayuran, baik berkeliling maupun dengan cara membuka lapak, adalah usaha yang prospeknya cerah.

Untuk bisa berjualan sayur, Anda tak membutuhkan modal besar. Cukup dengan membelanjakan ratusan ribu di pasar sayur yang biasanya sudah beroprasi saat tengah malam, Anda sudah bisa memulai berbisnis sayur ini.

#21. Membuka Mie Ayam kaki lima yang berbeda dan inovatif

Mie ayam dikenal sebagai makanan pengganti nasi yang rasanya lezat, apalagi dikonsumsi saat cuaca sedikit mendung. Berjualan mie ayam juga mempunyai segmen pasar yang luas karena disukai oleh semua kalangan. Anda bisa menambahkan sedikit inovasi agar mie ayam Anda berbeda dengan produk pesaing.

Mengubahnya menjadi mie ayam kriyik dengan menambahkan usus dan kulit ayam goreng pada mie yang siap saji atau memposisikan mie hingga membentuk gambar “love” untuk kemudian dinamakan mie ayam cinta bisa dicoba.

#22. Jajanan pinggir jalan

Dilihat dari namanya, jenis usaha ini mungkin terkesan sepele dan beromzet kecil. Tapi jangan salah, menjual jajanan di pinggir jalan jug bisa mendatangkan omzet sampai jutaan rupaih per hari. Jika tidak percaya kisah siomay pink Pak Sriyono bisa menjadi buktinya. Silahkan baca lebih lanjut tentang kisah penjual somay nyentrik ini di sini (http://businessnthings.com/kisah-pengusaha-sukses-siomay-pink-sriyono/).

Intinya jangan menilai usaha dari tampak luarnya saja. Anda pun tidak perlu terpaku pada somay untuk memilih menjalani usaha pinggir jalan ini. Sederet jajanan mulai dari gorengan, minuman dingin, hingga pakian bisa dipilih. Tapi ingat tetap perhatikan aturan ya, biar tidak berurusan dengan Satpol PP.

#23. Jus Buah

Jus buah menjadi minuman primadona bagi mereka yang melek kesehatan, karena cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu rasanya yang segar juga membuatnya banyak disukai pembeli. Membuka usaha jus buah ini juga tak memerlukan modal berjuta-juta. Praktis Anda hanya perlu membeli alat berupa cup sealler dan blender untuk memulai bisnis ini.

#24. Air isi ulang

Membuka usaha air isi ulang adalah usaha dengan peluang bagus, hal ini karena kebutuhan akan minum menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Umumnya masyarakat sekarang menggunakan galon untuk keperluan minum sehari-hari, sehingga membuka usaha air isi ulang adalah pilihan yang bagus.

#25. Membuka usaha Katering rumahan

Seringkali tentu kita mendapati orang-orang di sekitar kita memesan katering untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sebuah acara yang mereka selenggarakan. Bisnis katering memang menguntungkan karena jumlah dalam sekali pesan bisa langsung banyak.

Anda perlu gencar mempromosikan usaha katering Anda agar semakin banyak orang yang mempercayakan konsumsinya pada usaha katering Anda. Sekedar informasi, untuk usaha makanan, margin keuntungan bisa mencapai 20-40% loh.

#26. Membuka usaha jualan Nasi goreng rumahan

Menjual nasi goreng di malam hari merupakan salah satu pilihan usaha modal kecil yang layak dicoba. Perhatikan jika Anda jalan-jalan keluar pada malam hari, tenda-tenda yang menjual nasi goreng hampir tak pernah sepi pembeli. Ini karena nasi goreng memang telah mendapat tempat tersendiri di lidah orang Indonesia.

#27. Roti bakar

Ketika lapar di malam hari sementara males untuk makan nasi, roti bakar biasanya menjadi pilihan selanjutnya. Rasanya yang manis legit ditambahnya teksturnya yang krenyes-krenyes membuat roti bakar banyak digilai orang. Anda jangan berpuas diri dengan menu yang itu-itu saja yang selama ini disediakan penjual roti bakar. Berimprovisasilah dengan varian rasa baru atau bentuk yang lucu agar roti bakar Anda memiliki kesan tersendiri di benk konsumen.

#28. Buka usaha warung Soto khas daerah

Soto adalah salah satu makanan tradisional yang eksis dan masih disukai banyak orang hingga sekarang. Seringnya kita jumpai penjual soto adalah bukti bahwa makanan ini tak sepi peminat. Anda pun bisa memilih membuka warung soto sebagai usaha dengan modal mini.

#29. Jualan Aksesoris perempuan

Perempuan memang suka berdandan, jadi sudah pasti jika mereka banyak membutuhkan aksesoris dan pernak-pernik lainnya untuk menunjang penampilan. Ini adalah peluang usaha yang baik bagi Anda. Anda bisa memanfaatkan akun media sosial yang banyak digandrungi wanita seperti instagram untuk memasarkan usaha Anda ini.

#30. Membuka usaha jasa Sewa kamar

Anda memilki kamar kosong yang jarang atau malah tidak pernah dipakai di rumah Anda? Jika iya tentu tak ada salahnya untuk mendaftarkan kamar Anda pada paltform sewa kamar seperti airBnB. Dengan demikian, kamar yang tak terawat bisa menghasilkan pendapatan.

Apalagi untuk Anda yang memiliki villa ataupun rumah yang tak dihuni. Skema bisnis ini amat cocok untuk diikuti. Sekedar diketahui, harga sewa kamar di airBnB ini cukup bervariasi, mulai dari seratus ribuan hingga jutaan. Jadi sudah terbayang kan pendapatan yang akan masuk dari kamar-kamar Anda?

#31. Membuka jasa Bimbel atau les private

Jika Anda memiliki ketrampilan mengajar, ada baiknya Anda membuat jasa bimbingan belajar sebagai bisnis rumahan Anda. Untuk membuka usaha ini pun terbilang simpel. Anda hanya perlu mempromosikan ketrampilan Anda tersebut kepada teman, tetangga, ataupun yang lainnya yang sekiranya membutuhkan. Kehadiran internet dan media sosial akan memudahkan Anda untuk promosi.

#32. Menawarkan jasa Desain grafis

Kemampuan desain grafis adalah salah satu kemampuan yang dihargai tinggi. Ini wajar karena desain grafis tidak hanya membutuhkan ketrampilan dan kreativitas, tetapi juga kesabaran untuk menghadirkan detail yang menawan. Bagi Anda yang memiliki ketrampilan ini, sudah banyak platform digital yang bisa mempertemukan kemampuan Anda dengan calon pembeli kerja kreatif Anda. Saat ini sudah bertebaran platform digital yang sip menampung kreatifitasmu.

#33. Menjadi Penulis freelance

Punya kemampuan menulis juga bisa jadi sumber pendapatan loh. Sekarang banyak web ataupun blog yang membutuhkan jasa seorang penulis untuk mengisinya. Saking banyaknya, pendapatan Anda dari menulis di internet bahkan bisa menyaingi gaji karyawan biasa.

Sebagai gambaran, kamu akan mendapatkan bayaran Rp. 50.000-100.000 per artikel untuk tulisan yang tayang. Di beberapa blog ada juga yang menawarkan skema pembayaran per views di setiap artikelnya. Bayaran akan diakumulasi dan ditransfer setiap bulannya. Keren bukan?

#34. Menjadi seorang Blogger dari kamar tidur rumahmu

Bagi Anda yang memiliki cukup tenaga dan biaya untuk membangun sendiri sebuah blog juga tidak masalah. Menjadi seorang blogger bukan lagi profesi yang dianggap main-main. Sudah banyak para blogger yang mendapatkan pasive income sampai puluhan bahkan ratusan juta per bulan. Hanya saja Anda perlu sedikit bersabar untuk ini, yang jelas pendapatan pertama tidak akan secepat ketika Anda hanya menjadi seorang penulis konten.

#35. Menjadi Youtuber

Menjadi seoang youtuber adalah pekerjaan yang sedang banyak digandrungi oleh mereka anak-anak muda. Terutama yang kreatif dan memiliki skil memproduksi video. Anda yang tertarik pun bisa mencobanya. Cukup buat dan upload video Anda pada situs berbagi video youtube, setelah verifikasi akun, youtube Anda pun akan menjadi penghasil dollar dari hasil iklan yang muncul.

Untuk menjadi seorang youtuber yang menghasilkan banyak uang, Anda harus konsisten menyuguhkan video-video berkualitas agar makin banyak viewernya. Tak perlu neko-neko dengan memasang viewer robot dan sebagainya, karena justru membuat akun Anda rawan di banned oleh google.

#36. Dropshiper

Bisnis tanpa modal yang banyak digeluti oleh para pelaku bisnis onlien adalah dropshiper ini. Anda bahkan tak perlu memegang barang dan menanggung biaya pengiriman karena itu semua akan dilakukan oleh reseller yang barangnya didrop oleh Anda. Reseller inilah yang akan menjual langsung barang kepada konsumen.

Hanya saja Anda membutuhkan kejelian dan ketekunan untuk menemukan partner reseller yang jujur dan berkomitmen. Karena tanpa hal tersebut, usaha Anda tidak akan berkembang bahkan terancam gulung tikar.

#37. Bisnis Affiliate

Untuk mulai menjalankan bisnis affiliate ini Anda tidak harus memiliki produk dahulu. Caranya, Anda tinggal menjualkan produk atau jasa milik orang lain melalui blog Anda maupun jejaring internet lainnya seperti email, media sosial dan sebagainya. Nanti jika ada produk yang terjual dari rekomendasi Anda, Anda akan mendapat komisi sekian persen.

Adapun variasi produk yang bisa dijual sangat beragam, bisa berbentuk fisik, digital, hingga membership. Dan usaha ini merupakan usaha tanpa modal yang banyak dijalankan oleh para marketer dalam dan luar negeri loh.

Itu dia 37 Peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal pas-pasan. Sebenarnya masih banyak usaha lain, tapi tentu sulit untuk menyajikan semuanya. Oleh karena itu kami pilih 37 peluang usaha rumahan dengan modal kecil sebagaimana telah diulas di atas saja.

Kunci dari semua jenis usaha, setelah Anda merencanakan dengan baik dan memulainya adalah pemasaran yang jitu. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jurus pemasaran yang jitu silahkan lihat artikel ini.