Mau Masuk Universitas? 7 Pilihan Jurusan Kuliah ini Cocok untuk Calon Pengusaha!

jurusan kuliah calon pengusaha

Di bulan Mei ini, para pelajar tingkat akhir di SMA/SMA/MA sederajat memang harap-harap cemas menanti pengumuman kelulusan. Tentu berhasil lulus sekolah menengah adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Namun kelulusan ini juga berarti sebuah tantangan mengingat Anda akan memulai langkah awal menjadi manusia dewasa dalam lingkungan bermasyarakat.

Keputusan apa yang dilakukan usai lulus sekolah menengah pun jadi banyak dibicarakan remaja-remaja usia 17-19 tahun saat ini. Ada yang memilih langsung bekerja usai lulus, tapi banyak lagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Bicara soal pendidikan ke perguruan tinggi, tentu ada banyak sekali pilihan kuliah yang bisa Anda pilih.

Berbagai alasan kerap menyertai pilihan jurusan kuliah seseorang, entah pertimbangan keluarga, pertimbangan ekonomi, pertimbangan nilai hingga minat dan bakat. Namun jika Anda memiliki visi jauh ke depan dan ingin menjadi seorang wirausaha sukses, tentu harus memilih jurusan yang mengajarkan ilmu jadi pebinis handal. Nah, supaya tidak keliru, berikut ini tujuh jurusan kuliah yang mampu membuat Anda jadi seorang wirausaha seusai lulus.

Rekomendasi 7 Jurusan Kuliah Yang Mengajarkan Ilmu Berwirausaha

jurusan kuliah calon pengusaha
jurusan kuliah calon pengusaha

1. Manajemen Bisnis

Seperti namanya, jurusan kuliah ini memberikan peluang bagi Anda untuk langsung menjadi wirausaha selepas lulus. Karena jika dibandingkan jurusan-jurusan lain, manajemen bisnis adalah tempat di mana Anda belajar seluruh hal mengenai kewirausahaan. Anda bisa tahu seperti apa manajemen perusahaan, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) hingga manajemen keuangan.

Baca juga : 5 Hal yang akan anda perjuangkan setelah lulus kuliah

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis handal, jurusan manajemen bisnis adalah tempat yang tempat untuk memulainya. Hanya saja karena manajemen bisnis lebih fokus pada sistem manajemen, Anda tetap harus memiliki inovasi sendiri mengenai produk bisnis yang bakal digeluti. Namun tak perlu khawatir, karena biasanya dalam jurusan manajemen bisnis akan disinggung mengenai pemasaran.

Pengetahuan mengenai pemasaran juga sangat penting bagi setiap calon pebisnis karena itu bakal berkaitan dengan bidang usaha yang digeluti. Salah satu contoh pebisnis tajir yang merupakan lulusan jurusan pemasaran adalah Robert Kuok, pengusaha Tionghoa-Malaysia yang pernah tercatat sebagai orang kedua terkaya di Asia Tenggara.

2. Pendidikan

Apakah menurut Anda sarjana pendidikan hanya bisa jadi guru sekolah saja? Salah besar. Zaman yang terus berkembang membuat jurusan pendidikan semakin memperlihatkan potensinya untuk melahirkan calon wirausaha sukses. Bahkan saat ini lulusan jurusan pendidikan bisa memanfaatkan momentum untuk mendirikan lembaga kursus, pelatihan atau seminar.

Baca juga: Belajar dari Kerajaan Bisnis Gwyneth Paltrow, ‘Istri’ IRON MAN yang Super Tajir!

Jika Anda sudah berhasil mendirikan lembaga kursus, maka itu artinya Anda sudah cocok disebut sebagai pebisnis. Jangan remehkan penghasilan lembaga kursus, karena bisa saja para tutor dan pemiliknya mampu meraup uang bulanan lebih besar daripada institusi pendidikan resmi. Dengan sarjana pendidikan yang Anda peroleh, Anda tentu bisa membangun lembaga kursus yang kredibel dan bertanggung jawab.

Dalam jurusan pendidikan, mahasiswa akan diajari bagaimana membuat silabus pembelajaran, cara belajar-mengajar yang baik dan tepat serta mengevaluasi sistem pendidikan. Sebuah ilmu yang sangat berguna dalam perkembangan dunia pendidikan dewasa ini, bukan? Yang lebih menyenangkan, jurusan pendidikan memiliki berbagai jenis ilmu pengetahuan yang bisa Anda pilih sesuai minat dan bakat masing-masing.

3. Teknologi Informasi (TI)

jurusan kuliah calon pengusaha-Teknologi Informasi
jurusan kuliah calon pengusaha-Teknologi Informasi

Tak ada yang bisa memungkiri bahwa perkembangan dunia teknologi dan informasi dewasa ini memang luar biasa pesat. Industri digital yang digadang-gadang jadi bisnis masa depan jelas membutuhkan para praktisi TI. Sebetulnya bidang TI ini sangatlah luas cakupannya mulai dari perangkat, aplikasi hingga perihal desain grafis. Anda bisa langsung membuka usaha desain grafis atau jasa edit yang banyak dibutuhkan.

Bahkan jika Anda termasuk cukup handal dalam bidang IT, bisa dianggap sebagai praktisi perangkat lunak (software). Bukan tak mungkin jika Anda nantinya bisa mengembangkan sebuah aplikasi yang berguna bagi orang banyak seperti misalnya Google, Facebook hingga GO-JEK. Di mana aplikasi-aplikasi populer tersebut jelas memiliki para ahli TI yang handal dalam proses pengembangannya.

4. Kedokteran

jurusan kuliah calon pengusaha-Kedokteran
jurusan kuliah calon pengusaha-Kedokteran

Ada yang bilang bahwa jurusan kedokteran membuat seseorang cepat kaya. Tak heran kalau kedokteran merupakan salah satu jurusan favorit di Indonesia dan diidamkan orangtua. Anak-anak yang kuliah di kedokteran akan dipandang berkelas dan punya masa depan cerah. Apakah itu benar? Memang. Dan menjadi dokter yang mampu membuka praktik sendiri sudah menjadikan Anda seorang pengusaha.

Hanya saja untuk membuka praktik sendiri, Anda tentu butuh modal yang tak sedikit. Harus mengurus izin praktek resmi, begitu pula mempersiapkan berbagai perlengkapan medis dan kemudian lokasi strategis. Berbeda dengan dokter-dokter yang ikut dalam pemerintahan atau klinik, dokter yang buka praktek sendiri memang punya peluang meraup penghasilan jauh lebih besar.

5. Ilmu Hukum

Sama seperti jurusan kedokteran, ilmu hukum juga merupakan salah satu bidang pembelajaran bergengsi di mana lulusannya selalu dianggap berkelas di mata masyarakat. Dan hampir seperti sarjana kedokteran pula, lulusan ilmu hukum juga punya hak untuk membuka praktek dalam berbagai bidang hukum. Misalkan saja menjadi pengacara atau notaris independen.

Baca juga: 10 Ide Bisnis StartUp Paling Potensial di 2019, Layak untuk Dicoba!

Untuk menjadi pengusaha di bidang hukum, jelas bukan sesuatu yang mudah. Bahkan sama seperti kedokteran, kadang Anda harus melanjutkan jenjang ke S2 hingga S3 supaya memiliki value lebih di mata masyarakat. Menjadi seorang pengacara dan notaris swasta mengharuskan Anda memiliki pengalaman yang handal. Jangan diremehkan, pengacara swasta sekelas Hotman Paris Hutapea atau Hotma Sitompul di Indonesia bisa meraup ratusan juta rupiah per kasus. Luas biasa, bukan?

6. Teknik Mesin

Inilah jurusan yang paling diminati kaum laki-laki. Tidak salah memang karena teknik mesin memang identik dengan pekerjaan kasar, tapi mampu memberikan penghasilan besar. Ada banyak sekali hal yang dipelajari ketika Anda kuliah di jurusan teknik mesin yang notabene memang membuat mesin. Namun ketahuilah, hampir seluruh hal di dunia ini jelas membutuhkan mesin.

Pabrik-pabrik besar dan industri skala masif jelas membutuhkan keberadaan mesin yang membuat mereka mencari praktisi mesin handal. Jika tidak ingin bergabung di sebuah perusahaan, Anda bisa membuka jasa servis mesin sendiri atau mungkin menemukan sebuah inovasi mesin masa depan yang akan menjadikan Anda seorang ilmuwan memperoleh royalti besar.

7. Ilmu Komputer

jurusan kuliah calon pengusaha-Ilmu Komputer
jurusan kuliah calon pengusaha-Ilmu Komputer

Saat ini segala hal butuh komputer. Berbagai bidang industri pun menggunakan komputer. Tak heran kalau wirausaha yang memiliki latar belakang pendidikan ilmu komputer bakal memiliki kemampuan lebih baik di atas rekan-rekannya. Karena dengan pemahaman ilmu komputer, bisa mengembangkan bisnis ke arah yang lebih menjanjikan.

Salah satu pebisnis tajir dunia yang merupakan sarjana ilmu komputer adalah Sergey Brin, co-founder mesin pencarian raksasa internet, Google. Anda yang merupakan sarjana ilmu komputer bisa mengikuti jalan Brin dengan menciptakan temuan dalam dunia perangkat.

Melihat ketujuh jurusan yang sudah dibahas, memang memberikan peluang besar bagi lulusannya untuk langsung jadi wirausaha. Namun satu hal yang harus Anda ingat, kesuksesan dalam bidang apapun tidak akan ada artinya tanpa kerja keras, selalu belajar, berdoa dan pantang menyerah. Dengan keempat pilar tersebut, mau dari jurusan kuliah apapun Anda berasal, memiliki peluang jadi pebisnis sukses. Semangat untuk kuliah ya!

Scroll to Top