5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Menggunakan Media Sosial

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, tak dipungkiri membawa perubahan dalam segala hal termasuk dalam mata pencaharian seseorang.

Adanya kemudahan dalam memanfaatkan teknologi membuat semua orang menjadi kreatif untuk bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. Salah satunya adalah adanya bisnis online yang memanfaat media sosial untuk pemasarannya.

Berdasarkan data dari perusahaan riset We Are Social, jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada tahun 2017 sudah mencapai 106 juta orang dari 132,7 juta pengguna internet. Jadi tak heran, bila kini banyak orang memanfaatkan media sosial untuk berbisnis.

Pada mulanya adanya media sosial tersebut digunakan untuk menjalin pertemanan antara negara maupun luar. Seiring berjalannya waktu, para pengusaha sukses pun lahir dari media sosial tersebut seperti facebook, instagram, BBM, Line, dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, adanya media sosial ini belum diterima oleh semua orang karena ada kelebihan dan kekurangan yang pernah dirasakan oleh hampir sebagian masyarakat di seluruh dunia.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya bila Anda fokus berbisnis di media sosial? Ini Dia Ulasannya!

Kelebihan Berbisnis Online di Media Sosial

1. Akses Membuka Akun Gratis

Kelebihan dan kekurangan jika ANda hanya fokus bisnis online
Kelebihan dan kekurangn fokus bisnis online


Bagi para pengguna sosial media pasti akan setuju dengan salah satu kelebihan ini. Ya, karena untuk membuka akun sosial media tidak perlu berbayar cukup memiliki kuota atau koneksi internet serta smartphone atau PC komputer.

Jangan lupa sebelum Anda mendaftar, sebaiknya buat terlebih dahulu email. Biasanya proses verifikasi media sosial menggunakan email seperti Gmail salah satunya.

Walaupun berbayar, biasanya digunakan bila Anda ingin memasang iklan yang berbayar seperti Fb, Instagram atau google ads.

Karena itulah, daya tarik sosial media bagi semua orang begitu kuat mudahnya diakses dan pembuatan akun yang cepat menjadikan para pengguna media sosial bisa Anda bidik sebagai pelanggan bisnis Anda.

2. Modal yang Dikeluarkan Relatif Kecil

Berbisnis lewat media sosial tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar terutama modal dalam penyewaan tempat usaha.

Bahkan tagline bisnis online “tanpa modal” pun banyak digaungkan orang-orang karena bila sudah memiliki smartphone, akses internet, Anda pun bisa menjadi reseller yang menjual produk dari produsen utama.

Dan bahkan, proses pengirimannya pun bisa dilakukan oleh pihak pertama yang disebut dengan istilah dropshiper.

Dengan memulai bisnis online pun modal, bisa mengurangi biaya iklan lewat flyer, spanduk, atau media cetak lainnya.

3. Jangkauan Luas

Kelebihan bisnis online selanjutnya adalah bisa menjangkau luas antar pulau bahkan negara. Tentunya semua orang. Dan itulah salah satu alasan banyak orang yang mau beralih menjalankan bisnis online.

Hanya bermodal internet produk Anda sudah tersebar dengan luas dan dikenal banyak orang. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi para pekerja yang fokus di dunia marketing.

Bila dulu harus mobile, saat ini cukup duduk diam depan smartphone atau laptop aktivitas berjualan pun bisa dilakukan.

Bayangkan, tanpa internet pastinya akan memerlukan modal yang cukup banyak untuk biaya iklan bila ingin dipasrakan hingga wilayah lain.

Bila tanpa adanya media sosial, jualan Anda pun hanya bisa menjangkau kecamatan atau kota Anda sendiri.

4. Bisa Dikerjakan Kapan Saja dan Dimana Saja

Dengan menjalankan bisnis online, tentu hal tersebut bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Asyiknya lagi, pekerjaan yang Anda lakukan pun tidak perlu mengikuti jam kerja kantor pada umumnya.

Maka dari itu, bisnis online pun bisa dilakukan oleh karyawan yang bekerja karena di sela-sela waktu senggang Anda bisa upload produk dan follow up para customer yang berbelanja di toko online Anda.

Baca juga artikel kami yang lain berjudul : 42 usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan

Bisnis online pun tidak mengenal waktu, karenanya hari libur atau tanggal merah pun bisa Anda gunakan untuk berbisnis. Dan saat orang lain bekerja Anda bisa mengambil waktu untuk berlibur. Menarik bukan?

5. Transaksi Cepat dan Praktis

Dengan berjualan online tentu seseorang yang membutuhkan barang Anda akan mudah mendapatkannya. Sekalipun orang tersebut berada di tempat yang jauh dari Anda lewat bisnis online bisa terbantukan.

Lewat mesin pencarian google misalnya, tinggal mengetikkan kata kunci barang yang diinginkan maka bila akun media sosial sosial Anda cukup populer akan mudah terdeteksi di mesin pencarian.

Setelah barang yang Anda inginkan dipilih, maka proses transaksi berikutnya yang bisa lakukan adalah melakukan pembayaran. Untuk pembayaran pun bisa dengan cara transfer yang ditujukan ke rekening penjual.

Setelah transaksi berhasil, barang akan dikirim menggunakan jasa kurir yang saat ini sudah banyak macamnya di Indonesia.

Kekurangan Berbisnis di Media Sosial

Setelah mengetahui kelebihan berbisnis di media sosial, maka Anda pun harus mengetahui tentang kekurangannya berbisnis di media tersebut.

Bagaimana pun juga di dunia ini tidak ada yang sempurna dan memiliki sisi lain yang perlu diketahui dan diperhatikan.

Adapun kekurangan berbisnis online di media sosial yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Barang Tidak Sesuai dengan Gambar

Perkara tentang barang tidak sesuai gambar ini apakah Anda pernah mengalaminya? Karena hal tersebut masih saja ada yang merasakannya terutama seseorang yang membeli barang-barang fashion.

Para pelanggan pun tidak bisa mencoba barang sebelum mebeli, maka tugas Anda unuk menyakinkan pelanggan harus sangat kuat yang biasanya selalu dibahas dalam seminar atau workshop tentang pelatihan bisnis.

Tentunya bila pelanggan sudah kecewa, mereka pun akan berpikir dua kali untuk membeli barang di tempat Anda.

Maka dari itu, sebelum Anda terjun dalam bisnis online. Sebisa mungkin untuk menampilkan detail dari barang tersebut dan yang paling penting adalah jujur dalam memberikan informasi barang yang dijual.

2. Masih Maraknya Penipuan Bisnis Online

Membangun kepercayaan dalam berbisnis online adalah modal utama yang harus Anda miliki. Adanya ketakutan tersebut dikarenakan sudah banyak korban yang terjerembab dalam kasus tersebut.

Akhirnya, mereka yang pernah tertipu pun mengurungkan niatnya untuk berbelanja online dan lebih memilih belanja secara offline.

Penanganan tentang kasus seperti ini, lambat laun sudah mulai menjadi sorotan para pihak yang berwenang.

Akan tetapi kita sendiri masih bisa mendeteksi penipuan tersebut dari mengecek seberapa aktif akun tersebut, followers yang mengikuti akun tersebut, serta liat testimoni dan komentar yang ada pada akun tersebut.

Untuk Anda yang ingin membangun bisnis online agar bisa dipercaya tentunya bersikaplah dengan jujur, profesional, dan menunaikan tugas Anda dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, konsumen pun akan mempercayai Anda.

3. Sangat memungkinkan Barang Tidak Sampai Ke Alamat Tujuan

Kekurangan lain dalam bisnis online adalah sangat mungkin terjadinya barang tidak sampai ke tempat tujuan. Hal tersebut disebabkan oleh alamat pelanggan yang kurang jelas, terjadinya bencana alam atau kesalahan dari pihak kurirnya sendiri.

Baca juga : 5 Penyebab Gagal Transaksi dalam E-Commerce

Walaupun hal ini sudah bisa diminimalisir, tetap saja masih ada pelanggan yang “takut” untuk berbelanja online dan menjadi trauma sendir bagi mereka.

Terlebih jika alamat yang dituju menjangkau  tempat yang memang sulitnya di akses kurir. butuh sebuah keikhlasan dan kerjasama antara pelanggan, penjual, dan juga kurirnya.

4. Ongkos Kirim Terlalu Mahal dari Barang yang Dibeli

Perkara tentang ongkos kirim pun masih menjadi polemik tersendiri dikalangan pebisnis online. Terlebih jika pelanggan berada di luar negeri atau pulau yang jauh.

Ongkos kirim yang dibebankan biasanya tergantung pula dari barang yang dibeli. Semakin banyak biasanya semakin mahal.

Karena perkara ongkos kirim inilah banyak pelanggan pun yang mengurungkan niatnya untuk membeli sebuah produk.

Seiring dengan berjalannya waktu, masalah ongkos kirim pun menjadi daya tarik sendiri untuk dibuatkan sebuah promo. Sehingga ada pula toko online shop yang mengratiskan ongkos kirim namun dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh pelanggan.

Selain dijadikan promo, saat ini pun sudah ada beberapa market place yang mengiming-imingi pelangggan baru dengan ongkos kirim gratis apabila membuka situs di website market place tersebut.

5. Koneksi Internet di Indonesia Masih Belum Merata

Kendala berikutnya adalah tentang koneksi internet yang belum merata. Terutama di daerah-daerah luar pulau jawa yang memang pemerintah pun masih sulit untuk menjangkau akses tempat tersebut.

Jangankan di tempat yang sulit terjangkau, di kota pun biasanya masalah jaringan masih menjadi kendala walaupun sudah mulai bisa diatasi.

Bila kendala internet sudah masuk dalam ranah pelanggan Anda. Tentu akan mengurangi konsumen yang akan berbelanja pada Anda.

Jika sudah begini, solusi yang bisa dilakukan adalah mencari pasar lain atau bisa sambil membuka offline jika modal sudah tercukupi.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Sosial

Bila tekad Anda sudah kiat untuk membuka bisnis lewat media sosial, maka sebelum benar-benar terjun ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui, Seperti :

Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial yang begitu populer di Indonesia. Facebook ini selain banyak digunakan untuk mendapatkan pertemanan baru bisa juga digunkan untuk berbisnis.
Adapun Kelebihannya adalah sebagai berikut :

  • Bisa mengulas produk dengan detail dan panjang
  • Terdapat fitur comment yang bisa dilihat tentang ketertarikan atau kesan-kesannya dari calon konsumen atau pelanggan.
  • Pengguna facebook dari mulai 15 hingga 65 tahun
  • Kekurangannya:
  • Hanya terbatas untuk 5.000 orang. Jika ingin lebih Anda harus memanfaatkan fanspage berbayar agar pelanggan bisa tertarget

Instagram

Instagram kini menjelma sebagai media sosial untuk kaum milenial. Tampilan yang friendly serta sangat cocok untuk eksistensi diri membuat orang-orang ebralih ke akun instagram.

Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut :

  1. Display produk simple
  2. Terdapat fitur insta story untu mendukung produk lebih terjangkau oleh orang yang bukan followers Anda
  3. Follower bisa mencapai jutaan orang 

Kekurangan instagram adalah sebagai berikut : 

Detail produk tidak bisa ditulis terlalu panjang kecuali bila ingin dicantumkan pada gambar 
Selain Facebook dan instagram tentunya masih ada lagi medi sosial lainnya. Hanya saja kedua media sosial tersebut saat ini masih banyak penggunannya dan menjadi favorit.

Penutup

Bagaimana Anda siap untuk menjadi pebisnis online mulai saat ini? Bila sudah menjalankannya jangan lupa untuk sering sharing dan menimba ilmu dari pakarnya.

Loading...

Walaupun terkesan mudah, tetap saja ada trik-trik lain yang biasanya sulit untuk kita ketahui sebagai orang yang beru terjun di dunia media sosial.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!