5 Kerja Sampingan Online yang Bisa Menambah Penghasilan Anda

Bisakah kerja sampingan secara online di tengah kesibukan pekerjaan utama Anda? Bekerja adalah keharusan seseorang guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri maupun keluarga. Dengan bekerja pun berarti mensyukuri potensi yang Tuhan berikan agar bisa dioptimalkan untuk orang banyak.

Nah, jika Anda saat ini masing kurang puas dengan pekerjaan yang dijalani sehari-hari atau dari segi penghasilan belum tercukupi dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan di zaman ini sangat berbeda karena Anda tidak diharuskan untuk selalu hadir dalam bekerja. Artinya pilih dan carilah pekerjaan sampingan secara online dimana Anda bisa mengerjakannya kapanpun dan dimanapun.

Kebutuhan orang akan kerja sampingan ini bermacam-macam, namun yang utama adalah pekerjaan online bisa untuk menambah gaji Anda. Adanya penambahan gaji ini juga bisa dipastikan bahwa pekerjaan yang Anda lalui sekarang tidak atau belum mencukupi kebutuhan Anda.

Untuk Anda yang masih bingung tentang pencarian pekerjaan online seperti apakah yang harus Anda cari dan lakukan? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

Baca juga : 17 Ide bisnis online menguntungkan yang bisa Anda coba

Macam-Macam Pekerjaan Online yang Bisa Dijadikan Pekerjaan Sampingan, mari simak bersama pemaparan dari beberapa pekerjaan tersebut, seperti :

1. Membuka Jasa Design Online

kerja menjadi Design Online
Kerja menjadi Design Online

Untuk Anda yang hobi menggambar atau mahir dalam membuat segala macam design, maka tidak ada salahnya untuk saat ini memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Karena di zaman yang serba digital ini, keberadaan para pembuat design sangat diperlukan. Biasanya pihak perusahaan atau instansi pemerintahan sangat memerlukan jasa design untuk membuat logo, poster, spanduk, baligho, dan lain sebagainya.

Baca juga : 10+ Peluang bisnis terbaru dan menjanjikan yang bisa Anda coba

Tentunya modal yang perlu Anda siapkan adalah laptop yang sudah dilengkapi dengan software pembuatan gambar atau sejenisnya. Selain itu, siapkan pula modem atau perangkat yang mendukung aktivitas internet.

Cara promosi jasa design ini bisa memanfaatkan sosial media atau Anda bisa terlebih dahulu mengerjakan design orang terdekat Anda. Sehingga mereka pun dengan sendirinya bisa melihat kemampuan Anda dan bisa memasarkan keahlian Anda.

Jangan lupa pula untuk mengikuti website yang berisikan para freelancer dalam mendapatkan kliennya. Dengan begitu Anda tinggal menunggu klien yang membutuhkan jasa Anda.

Penghasilan yang didapatkan pun beragam mulai dari Rp 500,000 hinggan puluhan juta rupiah apabila proyek yang Anda dapatkan juga cukup besar.

2. Admin Media Sosial

Banyaknya aplikasi media sosial saat ini merupakan sebuah peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah gaji Anda. Pasalnya, media sosial bukan sebagai tempat untuk eksistensi diri melainkan banyak pula pebisnis online yang lahir dari media sosial tersebut.

Karena fenomena itulah, muncul sebuah profesi baru sebagai admin media sosial. Para admin tersebut tugasnya mengupload foto jualan atau conten-conten yang berhubungan dengan akun tersebut.

Selain itu, admin juga bertugas membalas dan melayani para konsumen yang akan membeli sebuah produk di akun tersebut.

Jika Anda termasuk salah seorang yang senang untuk melayani dan paham akan produk yang dijual dalam salah satu akun media sosial, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi admin media sosial.

Modal utama yang diperlukan biasanya adalah smartphone yang memiliki kuota data untuk bisa mengupload produk-produk jualan. Terkadang bila sudah banyak dan besar, laptop juga diperlukan agar lebih mudah menyimpan data.

Untuk menjadi admin ini Anda bisa mencarinya lewat akun-akun lowongan yang ada di kota Anda. Atau bisa pula bekerja sama dengan teman serta rekan Anda yang sudah menjadi pengusaha dan mengelola sebuah akun media sosial.

Penghasilan yang didapatkan pun beragam dimulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta. Namun, yang pasti pekerjaan tersebut bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun Anda berada.

3. Driver Online

Kerja sampingan Menjadi Driver Grab
Kerja sampingan Menjadi Driver Grab

Anda memiliki kendaraan roda dua atau roda empat? Jika Anda memilikinya, maka kendaraan tersebut bisa menghasilkan uang tambahan setiap bulannya.

Seperti yang diketahui bersama, saat ini sedang marak dengan aplikasi transportasi online dimana seseorang bisa memesan kendaraan lewat smartphone. Fenomena ini jelas saja disambut oleh masyarakat luas karena memudahkan mereka untuk berpergian dengan tarif yang tergolong murah.

Para driver juga memiliki manajemen yang baik sehingga tidak perlu khawatir akan pendapatan yang diterima atau bonus yang akan didapatkan para driver.

Saat ini, banyak para pelaku driver online yang bisa menghasilkan pendapatan melebihi gajinya di kantor. Jelas saja, ini menjadi peluang yang cukup besar untuk bisa menambah pendapatan setiap bulannya. Anda bisa mencoba menjadi Driver GO-Jek atau menjajal Driver Grab.

Rata-rata para driver online akan mendapatkan penghasilan Rp 1 juta hingga 8 juta setiap bulannya. Semakin rajin dan sering mendapatkan pelanggan maka semakin besar pula pendapatan yang akan diterima.

Modal yang diperlukan tentunya mobil ataupun motor yang memang masih layak untuk digunakan. Waktu kerjanya pun bisa Anda tentukan sendiri, terlebih jika weekend tiba pasti banyak orang yang memesan transportasi tersebut.

Jika Anda memilih driver online sebagai pekerjaan online untuk menambah gaji, maka segera datangi kantor resmi driver online di kota Anda. Dan penuhi syarat serta ketentuan yang diminta oleh mereka.

4. Menjadi Youtuber

kerja sampingan online menjadi youtuber yang sukses
Profesi sampingan menjadi youtuber

Youtuber ini bisa dibilang profesi baru di era milenial yang sangat disukai oleh generasi muda. Anda bisa mendapatkan uang dari internet dengan membuat konten vidio yang di unggah ke youtube.

Lewat video yang diunggah via youtube, siapa sangka bisa meraup keuntungan dari adsense yang cukup fantastis.

Tips sukses yutube versi folderbisnis;

  1. Fokus pada konten, masalah template lebih baik gunakan template profesional.
  2. Belajar pada ahlinya.
  3. Bergabunglah dikomunitas yang cocok

Karena penghasilan yang begitu besar, maka youtuber ini menjadi sebuah profesi baru yang bisa Anda perhitungkan untuk menambah gaji bulanan.

Para youtuber harus membuat sebuah video dengn tema atau konten yang sesuai dengan minatnya. Di youtube sendiri telah banyak contoh para publik figure ataupun dari kalangan biasa yang bisa melejit karena youtube.

Ada youtube yang berisikan kegiatan sehari-hari, menyanyi, travleing, kuliner, horor, cerita, politik, tentang keagamaan, dan lain sebagainya.

Nah, bila Anda tertarik untuk menjadi youtuber hal yang harus dipersiapkan adalah mengenai isi dari video tersebut. setelah itu, buat penonton tertarget apakah remaja, anak-anak, atau orang dewasa sehingga Anda bisa konsisten untuk membuat video.

Modal yang diperlukan adalah laptop yang sudah dilengkapi dengan software untuk mengedit video. Setelah itu diperlukan kesabaran serta konsisten untuk membuat videonya.

Bila ditekuni dengan baik, maka profesi menjadi youtube ini bisa meraup penghasilan hingga puluhan juta rupiah.

5. Penulis Artikel

Apakah Anda memiliki kemampuan atau minat terhadap menulis? Jika Iya, maka pekerjaan sampingan yang bisa Anda pilih adalah menjadi seorang penulis artikel untuk website yang membutuhkannya.

Bila sebuah website terisi dengan tulisan yang berkualitas dan menarik, maka bisa meningkatkan performanya. Jika sudah begitu keuntungan dari adsense bisa diterima oleh pengelola dan juga penulisnya yang berkontribusi.

Profesi ini juga menjadi trend dikalangan anak muda generasi milenial karena lewat menulis pun Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup fantastis.

Bahkan, belakangan ini profesi tersebut berkembang seiring dengan banyak permintaan untuk menulis review produk, copy writer di sosial media, liputan acara, dan lain sebagainya.

Tentu saja tulisan yang dihasilkan akan sebanding dengan penghasilan yang didapatkan. Para penulis artikel online ini bisa meraup keuntungan Rp 500 ribu hingga puluhan juta, dimana disesuaikan dengan jam terbang dan kemampuannya dalam menulis.

Bila Anda tergolong penulis pemula, biasanya untuk tarif satu artikel bisa dilihat dari jumlah kata yang ditulisnya. Bila pemesan artikel membutuhkan 500 kata maka bisa Anda harga sebesar Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Jika mereka memesan lebih dari 1000 kata bisa Anda hargai lebih dari Rp 50.000

Namun harga di atas bersifat dinamis, bisa berubah sewaktu-waktu. Dimana perubahan tersebut disesuaikan dengan jam terbang dan juga kualitas artikel yang Anda buat.

Modal untuk penjadi penulis artikel ini adalah dengan memiliki laptop dan juga koneksi internet agar mudah berkomunikasi dengan klien. Dan yang terpenting pengerjaannya bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Manfaat Kerja Sampingan

Sebelum membahas pada macam-macam pekerjaan online yang menambah gaji Anda, alangkah lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu tentang manfaat kerja sampingan.

Dengan begitu, pilihan pekerjaan yang akan Anda lakukan bisa dikerjakan dengan seoptimal mungkin. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Pendapatan per bulan bisa bertambah, seseorang yang bekerja sampingan akan mendapatkan pendapatan tambahan dalam sebulan yaitu Rp 300,000 – Rp 5 juta. Angka tersebut tidak bersifat mutlak karena tergantung dengan jenis kerja sampingan yang Anda kerjakan.
  • Bisa menghargai waktu yang dimiliki, dengan bekerja sampingan maka Anda akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Jika tidak dioptimalkan, maka baik pekerjaan utama dan sampingan tidak akan terwujud dengan baik.
  • Mengatasi rasa jenuh dalam bekerja, melakukan pekerjaan sampingan juga bisa mengurangi rasa jenuh dalam bekerja. Karena setidaknya pekerjaan sampingan yang Anda lakukan berbeda dari segi waktu, tempat, dan lain sebagainya.
  • Bisa Menyalurkan Hobi, jika Anda memiliki hobi tertentu maka cara terbaik untuk bekerja sampingan adalah lakukan yang berhubungan dengan hobi Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengerjakan pekerjaan tersebut dengan sepenuh hati dan tanpa keluhan.

Tips Memilih Pekerjaan Sampingan

Untuk Anda yang berniat mencari pekerjaan sampingan, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Dengan tujuan agar dikemudian hari pekerjaan tersebut tidak menjadi beban untuk Anda dan bisa menambah gaji. Adapun tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Pelajari dengan seksama tentang pekerjaan sampingan yang akan Anda lakukan. Dari mulai jobdesk, jam kerja, serta penghasilan yang didapatkan.
  • Sebaiknya pilih pekerjaan sampingan yang memiliki waktu fleksibel dan bisa dikerjakan dengan mudah serta dilakukan kapanpun dan dimanapun.
  • Cari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion Anda. Jika saat ini pekerjaan utama sudah membuat Anda lelah dan jenuh karena tidak menyukai bidang tersebut, maka sudah saatnya Anda bekerja sesuai dengan bakat dan minat Anda. Sehingga tidak akan menjadi beban ketika menjalaninya.

Baca juga : 8 Langkah pemula memulai jualan online sampai mendapatkan pembeli

Penutup

Bagaimana sudah memiliki gambaran tentang pekerjaan tambahan yang akan Anda lakukan untuk menambah gaji setiap bulan?

Dan yang pasti, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat Anda. Jangan merasa terbebani dan lakukan dengan ikhlas.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda. Selamat memilih pekerjaan sampingan online yang sesuai dengan Anda.

Loading...