Indo Premier, Sekuritas Swasta Terbesar di Indonesia

Sekuritas alias efek memang selalu berhasil menjadi salah satu aset investasi yang paling ‘seksi’ dalam kondisi apapun. Termasuk pandemi Covid-19 seperti saat ini yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan perekonomian tak tentu, sekuritas tetap jadi pilihan seseorang untuk menyimpan sekaligus melipat gandakan hartanya.

Bentuk sekuritas yang sangat beragam adalah alasan terkuat kenapa banyak orang memilihnya sebagai aset investasi. Contohnya seperti saham, obligasi, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka hingga reksadana. Jenis yang sangat variatif membuat siapapun bisa menentukan sekuritas sesuai kebutuhan.

Hanya saja kadang kala beberapa orang enggan berinvestasi di sekuritas dan memilih investasi konvensional seperti emas, tabungan deposito atau properti karena tidak paham pasar efek, sehingga takut merugi. Termasuk yang demikian? Maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan sekuritas di Indonesia.

Bukan hanya sebagai perantara transaksi perdagangan efek antara investor dengan pasar modal saja, perusahaan sekuritas kini siap memberikan konten edukasi mengenai aset kepada calon-calon investor milenial. Dengan begitu bagi Anda yang benar-benar baru di dunia sekuritas, tak akan cemas asalkan memilih perusahaan sekuritas yang berkualitas. Salah satu perusahaan yang layak untuk dipilih adalah Indo Premier Sekuritas.

Baca juga: Tetap Cuan, Inilah 10 Saham Terbaik di Era New Normal

Mengenal Indo Premier Sekuritas

tampilan website IPOTPLAN
tampilan website IPOTPLAN

Sejarah pendirian perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di bidang pasar modal ini bermula pada tahun 2002. 18 tahun lalu, para pendiri IndoPremier membeli perusahaan efek ini dan kemudian memilih nama PT Indo Premier Securities. Baru pada tahun 2017 kemarin, perusahaan resmi berubah menjadi PT Indo Premier Sekuritas.

Dalam menjalankan bisnisnya, IndoPremier memberikan layanan sebagai bidang perantara pedagang efek, penjamin emisi efek sekaligus MI (Manajemen Investasi). Ada dua kategori nasabah yang jadi fokus IndoPremier yakni individu dan institusi. Hal ini merupakan prestasi tersendiri, karena tidak banyak perusahaan sekuritas di Indonesia yang sangat berhasil melayani dua kategori nasabah yang berbeda.

Berikut kegiatan bisnis yang dilayani oleh IndoPremier berdasarkan kategori nasabah:

1. Nasabah Institusi

IndoPremier menyediakan tiga kegiatan bisnis untuk keperluan nasabah institusi. Tiga kegiatan itu adalah Investment Banking, Equity Sales & Trading serta Fixed Income Sales & Trading. Dalam lingkup Investment Banking, IndoPremier bisa membantu menghimpun dana untuk perusahaan. Sementara di bidang Equity dan Fixed Income Sales & Trading, ada lebih dari 400 lembaga dana pensiun, perusahaan domestik, asuransi, perusahaan multinasional hingga MI yang dilayani oleh IndoPremier.

Demi memposisikan diri sebagai salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Tanah Air, IndoPremier pun melakukan ekspansi dengan melayani jasa transaksi efek nasabah institusi di luar negeri. Di mana pada tahun 2013, IndoPremier bekerjasama dengan Jeffries & Co, salah satu bank investasi ternama di Amerika Serikat. Melalui kerjasama ini, IndoPremier bisa menyalurkan equity research ke klien Jeffries & Co.

2. Nasabah Individu

tampilan website IPOTFUND
tampilan website IPOTFUND

Jika banyak perusahaan sekuritas menghindari nasabah individu, tidak dengan IndoPremier. IndoPremier sadar betul bahwa lambatnya perkembangan SDM (Sumber Daya Manusia) tanah Air di bidang investasi, dipengaruhi oleh tidak adanya platform yang mampu memenuhi kebutuhan akan informasi tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan IndoPremier merilis IPOT (IndoPremier Online Technology) pada tahun 2007 silam.

Melalui IPOT, IndoPremier menciptakan sebuah ekosistem keuangan berbasis teknologi yang nantinya bisa menjadi platform solusi keuangan terintegrasi serta menyeluruh, untuk kebutuhan masyarakat Tanah Air. Tak cuma IPOT, IndoPremier sekaligus merilis IPOTSTOCK di tahun yang sama, supaya masyarakat bisa memperoleh akses informasi atas data-data perdagangan pasar modal.

Keunggulan Indo Premier Sekuritas

Melihat uraian di atas, Anda tentu bisa dengan mudah menyimpulkan bahwa IndoPremier merupakan salah satu sekuritas terbaik di Indonesia dan sangat layak dipilih. Namun tahukah Anda, kalau ternyata sekuritas yang baru saja meluncurkan aplikasi IPOT di tengah pandemi Covid-19 demi meningkatkan pertumbuhan investor ritel baru sebesar 40% ini, memiliki banyak keunggulan. Apa saja? Berikut ulasannya!

Baca juga: Lengkap! Inilah Cara Trading Forex Indonesia 2020

1. Keamanan Nasabah Terjamin

Salah satu tips untuk memilih perusahaan sekuritas adalah mengetahui reputasinya terlebih dulu. Banyak calon investor disarankan untuk mengecek status legalitas sebuah perusahaan sekuritas di situs OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Perusahaan sekuritas yang terdaftar dan diawasi OJK sudah pasti mampu menjamin seluruh kegiatan investasi dan keamanan data nasabah. Hal inilah yang dipenuhi oleh IndoPremier, di mana perusahan sudah memperoleh izin OJK lewat nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

2. Prestasi Segudang

Keseriusan IndoPremier di bidang Investment Banking memang tidak bisa dianggap remeh. Hanya dalam waktu setahun sejak berdiri, IndoPremier berhasil menjadi Sole Lead Underwriter atau Penjamin Pelaksana Efek Sendiri yang melayani LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia) – IEB (Indonesia Eximbank) dalam menerbitkan obligasi sebesar Rp300 miliar!

Tak heran kalau pada tahun 2006, IndoPremier berhasil ada di posisi ke-8 sebagai Rupiah Bond Underwriter terbesar di Indonesia (berdasarkan data Bloomberg). Bahkan sejak 2014-2019, IndoPremier mampu bertahan di posisi puncak. Sementara di bidang Equity Investment Bank, IndoPremier menjadi Lead Underwriter (Penjamin Pelaksana Emisi) berbagai macam perusahaan terbuka entah penawaran domestik atau global (Amerika Serikat dan Eropa) untuk saham/obligasi, dengan dana yang terhimpun sekitar Rp200 triliun per tahun (dalam lima tahun terakhir).

3. Produk Beragam dan Lengkap

tampilan website IPOTSTOCK
tampilan website IPOTSTOCK

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, IndoPremier tidak hanya ingin menjadi perusahaan sekuritas pada umumnya. Sejak pertama kali berdiri, IndoPremier membuktikan kalau mereka adalah inovator lewat berbagai produk yang ditawarkan untuk nasabah. Apa saja? Berikut penjelasannya:

  • IPOTSTOCK: Website jual-beli saham yang bisa diakses melalui perangkat komputer baik PC dan laptop. Dengan penampilan yang user-friendly, IPOTSTOCK menawarkan sistem auto-trading, fitur grafik/chart sampai kalkulator multiguna
  • IPOTGO: Platform investasi online yang terintegrasi sehingga nasabah bisa melakukan transaksi reksadana, saham dan ETF sekaligus dalam satu akun, satu bank pembayaran serta satu laporan
  • IPOTKU: Solusi menyimpan uang dengan return (imbal hasil) lebih tinggi daripada tabungan biasa, lewat produk Bung Dana
  • IPOTFUND: Supermarket alias marketplace reksadana online pertama dan terlengkap di Indonesia yang berdiri pada April 2014. Ada 40 MI serta 254 reksadana yang bergabung
  • IPOTPLAN: Website perencana keuangan yang diluncurkan pada Februari 2014
  • IPOTNEWS: Website berita ekonomi, pasar modal, perusahaan terbuka dan data transaksi di pasar modal yang bisa diakses gratis sejak tahun 2011
  • Aplikasi IPOT: Platform trading dan investasi berbasis mobile smartphone (Android dan iOS) yang pertama kali dikenalkan pada 2016. Namun di tahun 2020, dilakukan inovasi baru dengan teknologi Robo Trading, charting dengan indikator dan tools yang lebih lengkap serta kalender aksi korporasi

4. Sekuritas Swasta Terbesar di Indonesia

Bukan sekadar isapan jempol kalau IndoPremier diberi status sebagai sekuritas swasta terbesar di Indonesia. Perusahaan karya anak bangsa ini bahkan ada di posisi teratas dalam persaingan pasar obligasi di paruh pertama 2019. Tak main-main, volume transaksi IndoPremier mencapai Rp10 triliun yang artinya mereka menguasai 20% pangsa pasar. Bahkan per 31 Agustus 2019, IndoPremier ada di posisi kedua perdagangan saham dengan volume transaksi menyentuh Rp1,9 triliun (sekitar 12,9% dari pangsa pasar).

5. Perilis ETF Saham Satu-Satunya

tampilan website IPOTGO
tampilan website IPOTGO

Memahami betul bahwa mereka unggul dalam pengembangan teknologi, IndoPremier merilis ETF (Exchange Traded Fund) saham pertama di Indonesia pada tahun 2007. Hal ini merupakan pengembangan bisnis aset manajemen IndoPremier, lewat anak perusahaan PT Indo Premier Investment Management.

Sampai penghujung 2019, sudah ada 22 jenis ETF dengan total pengelolaan dana menembus Rp10 triliun dan 7 partner MI. Lantaran membutuhkan kompetensi teknologi terbaik, IndoPremier hingga sejauh ini masih jadi satu-satunya perusahaan sekuritas dan perusahaan aset manajemen di pasar modal Indonesia, yang merilis produk ETF saham.

Baca juga: Inilah 4 Broker Lokal Terbaik yang Sudah Teregulasi BAPPEBTI

IndoPremier: Daftar Akun Satu Jam dan Deposit Awal Suka-Suka

Bukan hanya segudang prestasi dan berbagai produk yang ditawarkan, untuk membuka rekening efek saham dan reksadana di IndoPremier sangatlah mudah dan cepat, seperti bikin akun e-commerce.

Jika sebelumnya prosesnya berhari-hari dan butuh verifikasi tatap muka, IndoPremier mempermudahnya lewat jalan digital, tanpa tanda tangan basah atau dokumen fisik yang wajib dikirimkan. Berikut langkah-langkahnya:

Halaman Portfolio IPOT © irfan.id
Halaman Portfolio IPOT © irfan.id
  1. Lakukan registrasi digital dengan mengunduh aplikasi IPOTGO atau IPOT milik IndoPremer. Pasang aplikasi di perangkat komputer atau smartphone
  2. Masukkan alamat email dan nomor HP, lalu kemudian isi kode OTP
  3. Masukkan NIK dan nomor NPWP (opsional)
  4. Isi kelengkapan data seperti informasi pekerjaan, alamat kantor, sumber penghasilan, tujuan membuka akun dan lain-lain
  5. Unggah dokumen yang diperlukan seperti KTP, foto selfie dengan KTP, NPWP (opsional) dan foto tanda tangan
  6. Bikin User ID (terdiri dari huruf besar dan angka sebanyak 6-16 karakter), password (paduan huruf besar dan kecil serta angka minimal 8 karakter) dan PIN (terdiri dari 8 angka)
  7. Lakukan verifikasi lewat email untuk konfirmasi pembukaan rekening. Kemudian verifikasi langsung secara online dengan CS (Customer Care) menggunakan video call
  8. Anda akan memperoleh rekening efek sebagai rekening transaksi, SRE (Sub Rekening Efek) sebagai rekening penyimpanan efek, nomor SID (Single Investor Identification) dan RDN (Rekening Dana Nasabah) yang otomatis di bank Permata sebagai rekening penampungan dana
  9. Lakukan deposit awal transaksi tanpa minimal setoran dana karena disesuaikan dengan minimal pembelian 1 lot saham. Sehingga dengan begitu Anda bisa setor deposit mulai dari Rp50 ribu!

Baca : 10 saham blue chip terbaik tahun ini

Supaya proses pendaftaran singkat dan tanpa masalah, pastikan mendaftar di jam bursa (hari Senin-Jumat pukul 09.00-16.00) agar otomatis memperoleh akun Reguler dalam waktu satu jam. Nah, bagaimana? Tidak sulit bukan untuk memulai langkah awal berinvestasi? Berbagai kemudahan inilah yang akhirnya membuat IndoPremier sebagai sekuritas terpopuler di Indonesia yang memang memiliki segudang keunggulan istimewa.

Bagikan ;

SEKURITAS

INFO

  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex

5/5
  • 50% Bonus deposit

  • $ 50 Deposit Awal

  • Trading Forex, CFD

  • Komoditas dan indeks Saham

5/5