10 Keunggulan KUR BRI 2021 (Syarat dan Tabel Angsuran)

Dari banyaknya program pembiayaan modal kerja di Indonesia, produk KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang digelontorkan oleh BRI (Bank Rakyat Indonesia) adalah salah satu yang terbaik. Bahkan berbagai keunggulan KUR BRI 2021 menjadi begitu diburu oleh masyarakat demi mengatasi masalah finansial mereka.

Bukan tanpa alasan kenapa banyak orang penasaran terhadap keunggulan KUR BRI 2021, karena semenjak pandemi Covid-19 melanda, finansial memang jadi salah satu masalah paling pelik. Banyak orang kehilangan pekerjaan yang memicu turunnya daya beli, sehingga membuat pelaku bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) begitu terdampak.

Iklan

Belum lagi resesi ekonomi yang terjadi sejak November 2020, jelas membuat perekonomian masih babak belur. Beruntung pada akhir Desember 2020 kemarin, pemerintah mengumumkan untuk memperpanjang subsidi bunga dan menambah plafon KUR pada tahun 2021, seperti dilansir Bisnis.

Baca juga: 5 Cara Isi Saldo DANA Lewat Transfer di ATM, Minimarket dan Lain-Lain

Airlangga Hartanto selaku Menko Bidang Perekonomian menyebutkan kalau plafon KUR pada 2021 mencapai Rp253triliun, sementara tahun 2020 sebesar Rp220 triliun. Dengan peningkatan itu, tentu sangatlah menguntungkan pelaku bisnis. Masih bimbang untuk mengajukan KUR? Sejumlah keunggulan KUR BRI 2021 berikut wajib Anda ketahui.

10 Keunggulan KUR BRI 2021

© Shutterstock

Untuk tahun 2021 ini, BRI menargetkan penyaluran KUR mencapai 67% dari total dana atau sekitar Rp170 triliun. Mengingat permintaan kredit yang terus meningkat, tentu bukanlah hal yang sulit bagi BRI untuk mencapai target jumlah debitur. Agar makin yakin, berikut sederet keunggulan KUR BRI 2021:

1. Punya Dana KUR Terbesar

Keunggulan KUR BRI 2021 yang pertama adalah memperoleh alokasi dana terbesar. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemerintah akan menyalurkan KUR ke bank-bank BUMN dengan total Rp253 triliun. Dari jumlah itu, lebih dari 60% atau sekitar Rp170 triliun menjadi target milik BRI. Jumlah ini lebih besar dibanding target tahun 2020 yakni Rp140 triliun.

Besarnya jatah yang diperoleh BRI ini tentu cukup menggembirakan padahal sudah ada lebih dari 45 lembaga terpilih untuk menyalurkan KUR 2021. Dengan jatah yang besar, kesempatan Anda untuk lolos sebagai calon debitur pun lebih besar. Jika pada 2020 kemarin BRI berhasil menyalurkan KUR ke lebih dari 4 juta debitur, tentu 2021 ini bakal jauh lebih besar.

2. Pengajuan KUR Tersebar di Seluruh Indonesia

Berstatus sebagai bank dengan aset terbesar di Tanah Air, membuktikan kalau jaringan BRI memang tersebar ke seluruh pelosok Indonesia. CNBC Indonesia menyebutkan pada Februari 2020, bahwa BRI memiliki lebih dari 9.600 unit kerja, 467 Kantor Cabang (KC), 611 Kantor Cabang Pembantu (KCP), 2.049 Teras BRI dan lebih dari 20 ribu ATM.

Dengan jumlah itu, tentu calon debitur bisa dengan mudah mendatangi unit layanan BRI terdekat untuk memperoleh informasi pengajuan KUR BRI 2021. BRI sendiri menerima pengajuan KUR di KC, KCP, Teras BRI hingga Teras BRI Kapal.

3. Suku Bunga KUR BRI Rendah

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, pemerintah sebetulnya sudah menurunkan suku bunga KUR menjadi sebesar 6% per tahun. Hal ini membuat bunga KUR BRI jelas lebih rendah yang tentu menguntungkan debitur. Debitur bisa memperoleh pinjaman untuk modal usaha atau kerja dengan cicilan yang makin ringan.

4. Produk KUR Lengkap

Inilah keunggulan KUR BRI 2021 yang membuat mereka berbeda dengan bank atau lembaga penyalur KUR lainnya. Dimana KUR yang disalurkan oleh BRI bisa dibilang terlengkap. Mulai dari KUR Mikro dan KUR Ritel untuk modal kerja serta usaha bagi kalangan UMKM pemilik usaha produktif, serta KUR TKI untuk modal penempatan kerja di luar negeri.

Baca juga: Inilah Cara Isi Saldo OVO Paling Mudah dan Cepat yang Bisa Dipilih

5. Syarat Pengajuan Ringan

Memahami diri bahwa target KUR adalah masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah hingga rendah, BRI memberlakukan syarat yang tidak menyulitkan. Tentunya masing-masing produk punya syarat berbeda mulai dari KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI.

6. Proses Pengajuan KUR BRI Mudah

Berkaitan dengan jaringan BRI yang sangat luas di seluruh

Iklan
Tanah Air, proses pengajuan KUR jelas tidak ribet. Anda tinggal membawa sejumlah syarat yang diminta termasuk dokumen-dokumen identitas pribadi, ke unit layanan BRI terdekat. Jika memang tidak ada KC atau KCP, Anda bisa meminta informasi di Teras BRI yang biasanya terdapat di pasar-pasar tradisional.

Nanti pihak BRI akan melakukan proses verifikasi data dan kemudian survey ke lokasi calon debitur. Dalam waktu singkat jika semua data dan syarat terpenuhi, dana KUR BRI jelas langsung cair ke rekening debitur.

7. Cara Pembayaran Angsuran Anti Ribet

Menyadari bahwa saat ini semua orang menyukai sesuatu yang memudahkan, BRI pun menerapkan hal serupa dalam hal pembayaran angsuran KUR. Anda tak perlu harus pergi ke unit layanan BRI seperti KC atau KCP untuk membayar cicilan. Karena angsuran bulanan KUR BRI bisa dibayarkan melalui mesin ATM.

Bahkan jika Anda memiliki layanan internet atau mobile banking BRI, angsuran KUR bisa dibayar tanpa perlu keluar dari rumah. Dengan pembayaran angsuran yang tepat waktu dan tidak melebihi jatuh tempo, Anda tentu akan terhindar dari denda serta rekam jejak keuangan buruk di Bank Indonesia (BI).

8. Kualitas SDM yang Dimiliki BRI

Berdiri pada 16 Desember 1895 dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden, perjalanan BRI di sejarah Indonesia tentu sudah sangat banyak. Kini dengan semakin banyaknya lembaga perbankan, BRI tetap selalu bertahan sebagai bank terbaik karena memang kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang mereka miliki sangat profesional.

Kemampuan SDM yang handal dan mumpuni ini tentu sangat memudahkan calon debitur yang ingin memperoleh informasi KUR BRI. Para staff juga akan senang hati membantu kebutuhan keuangan calon debitur dengan mengenalkan produk-produk KUR BRI yang sesuai.

9. Keberadaan Platform Digital

Keunggulan KUR BRI 2021 berikutnya berkaitan dengan semakin visionernya bank ’plat merah’ ini. Bahkan untuk urusan pengajuan KUR BRI, Anda bisa melakukannya lewat beberapa platform digital yang bekerjasama dengan BRI seperti Grab, Gojek, Shopee hingga Tokopedia.

Sehingga kalau Anda adalah mitra Grab atau Gojek entah sebagai driver atau merchant, bisa melakukan pengajuan KUR BRI. Begitu juga para penjual di marketplace Shopee atau Tokopedia, akan makin dipermudah dalam mengajukan pinjaman KUR BRI, asalkan kinerja online shop memuaskan.

10. Subsidi Bunga Angsuran KUR BRI

Inilah keunggulan KUR BRI 2021 terakhir yakni subsidi bunga angsuran. Hal ini sesuai keputusan pemerintah untuk meningkatkan anggaran subsidi bunga KUR 2021 sebesar Rp7,6 triliun. Dimana subsidi bunga KUR ini akan berjalan hingga Desember 2021 dengan besaran 3%. Kebijakan ini diambil karena KUR bisa dimanfaatkan UMKM untuk pemulihan ekonomi.

Syarat Pengajuan KUR BRI

© Finansial Bisnis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada tiga produk KUR BRI yakni KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI. Masing-masing produk KUR jelas punya ketentuan syarat yang berbeda, berikut penjelasannya:

Baca juga: Tertarik? Ini 6 Cara Mendapatkan Voucher Gojek Tahun 2021

KUR Mikro – Plafon maksimal Rp50 juta

  • Calon debitur wajib memiliki usaha produktif dan layak, dengan usia minimal 6 bulan
  • Tak punya tanggungan kredit dari bank lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) dan kartu kredit
  • Melengkapi dokumen wajib seperti KTP, KK (Kartu Keluarga) dan SIU (Surat Izin Usaha)
  • Wajib punya rekening bank BRI

KUR Ritel – Plafon Rp50 juta – Rp500 juta

  • Mempunyai usaha produktif dan layak dengan waktu berjalan minimal enam bulan
  • Tak punya tanggungan kredit dari bank lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan kartu kredit
  • Melengkapi dokumen identitas pribadi seperti KTP, SIM dan KK
  • Wajib punya rekening bank BRI
  • Memiliki Surat IUMK (Izin usaha Mikro dan Kecil) atau surat izin usaha sejenis termasuk TDP (Tanda Daftar Perusahaan), SK (Surat Keterangan) Domisili hingga Akta Pendirian dan Akta Perubahaan sebagai legalitas usaha
  • Wajib menyertakan agunan atau jaminan seperti BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor)
  • Melampirkan cacatan pembukuan atau laporan keuangan usaha

KUR TKI – Plafon maksimal Rp50 juta

  • Hanya dapat diajukan oleh para buruh migran alias TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dengan tujuan penempatan kerja di Singapura, Taiwan, Malaysia, Hongkong, Jepang, Brunei Darussalam dan Korea Selatan
  • Iklan
  • Wajib menyertakan persyaratan administrasi KTP, KK, paspor dan VISA
  • Melamporkan perjanjian penempatan kerja di negara tujuan dari agen penyalur serta bukti perjanjian kerja dengan calon pengguna jasa TKI

Tabel Angsuran KUR BRI 2021

Bagi Anda yang ingin mengajukan KUR BRI di tahun 2021 ini, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu simulasi angsuran bulanan. Anda bisa memperoleh brosur yang memuat tabel cicilan KUR BRI 2021 di unit layanan BRI terdekat. Jika tidak, kami akan memperlihatkan informasinya berikut ini:

tabel KUR BRI 2021 via gopinjol

Kesimpulan

Melihat keunggulan KUR BRI 2021 termasuk kemudahan syarat dan simulasi cicilan bulanan, tak bisa ditolak lagi kalau KUR dari bank BRI adalah produk pinjaman terbaik saat ini. Jadi bagi Anda yang ingin memperluas bisnis tentu bisa mempertimbangkan KUR BRI untuk dimanfaatkan sebaik mungkin.

Baca juga: Cara Cek Resi GoSend dari Gojek yang Mudah dan Anti Ribet

Arai Amelya: Pecinta seni yang harus menikahi jurnalistik dan penulisan

This website uses cookies.