10 Keuntungan Saat Anda Membangun Bisnis Sendiri Tanpa Partner

Seperti yang diketahui bersama, untuk membangun sebuah bisnis dari awal memang tak mudah. segala macam resiko bisa dihadapinya, sehingga banyak orang yang lebih baik untuk mundur atau ada pula yang memilih untuk bekerjasama dengan orang lain.

Namun, tanpa disadari bila Anda memilih bekerjasama dengan orang resiko yang dihadapi akan lebih besar. Resiko yang muncul biasanya dari hal pembagian keuntungan, jobdesk, ataupun masalah lainnya yang memang harus dihadapi bersama.

Bukan berarti pula membangun bisnis bersama orang lain adalah sesuatu yang buruk. Hanya saja, jika Anda tipe orang yang tidak mau diperintah atau tipe yang bersebrangan dengan partner Anda akan lebih baik jika membangun bisnis sendiri.

Membangun bisnis memang penuh resiko, tetapi hal tersebut bisa diatasi apabila Anda memiliki ilmu yang mencukupi. Termasuk ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis sendiri, ada keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan. Lalu, keuntungan seperti apakah yang dimaksud? Berikut ulasannya!

Mengetahui Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri

1. Menjadi Bos untuk Bisnis Anda

keuntungan membangun bisnis sendiri tanpa partner

Ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis sendiri tanpa orang lain, maka keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan adalah bahwa Anda menjadi bos untuk bisnis yang dibangun.

Maka, tak ada lagi orang yang bisa menyuruh Anda atau memecat Anda bila target yang dijalankan tidak tercapai. Terlebih segala keputusan yang ada tergantung dari diri Anda sendiri. Karena itu pula Anda tak perlu menunggu orang lain ataupun menyalahkan orang lain.

Walaupun Anda bertindak sebagai bos, tetap saja harus memiliki target tersendiri untuk bisnis yang dicapai. Strategi yang Anda gunakan tentunya perwujudan dari impian yang Anda inginkan. Anda bisa mengatur waktu dengan leluasa, kapan harus bekerja, libur, dan menikmati hasil dari bisnis Anda.

Baca juga : 10 Tips penting sebelum memulai bisnis

Bila Anda belum berani membuka bisnis sendiri, cobalah untuk membayangkan bagaimana rasanya ketika menginginkan sesuatu tetapi tak bisa dilakukan sendiri dan harus menunggu orang lain.

2. Melatih Kemandirian

Membangun bisnis sendiri berarti Anda sedang melatih untuk bisa mandiri dalam segala hal. Dari mulai menyiapakan modal, memproduksi produk, mencari suplier, memasarkan, dan melakukan strategi bisnis, dan mencari relasi adalah tanggung jawab Anda.

Pada awalnya mungkin akan terasa memberatkan, namun jangan khawatir karena saat ini sudah banyak ilmu-ilmu bisnis yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Seringnya Anda melakukan hal tersebut, maka lambat laun akan menjadi sebuah kebiasaan yang membentuk Anda pada sebuah kemandirian.

Anda pun akan menjadi seseorang yang kreatif karena terbiasa melakukan inovasi yang sebelumnya belum pernah terpikirkan. Selain menjadi seorang kreatif Anda pun akan menjadi orang tegas dalam mengambil keputusan.

3. Mewujudkan Impian Bisnis yang Diinginkan

Membangun bisnis sendiri pun membuka peluang bagi Anda untuk bisa mewujudkan mimpi Anda dalam berbisnis.

Tentunya bila mimpi tersebut telah Anda rancang sejak dulu, maka saat kesempatan itu ada segeralah untuk mewujudkannya. Tak ada lagi orang-orang yang bisa mencegahnya karena saat itu Anda adalah seorang pribadi yang bebas.

Ketika Anda membangun bisnis sendiri, Anda bisa merencanakan, merumuskan, dan juga mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Akan lebih baik bila mimpi tersebut juga bermanfaat untuk orang lain sehingga bisa membuat bisnis Anda lebih dikenal dan memiliki nilai manfaat yang besar.

Bayangkan bila Anda membangun bisnis bersama orang lain, pastinya harus siap dengan segala pertentangan dan perdebatan yang terjadi. Karena setiap orang memiliki tujuan dan maksud yang berbeda-beda.

4. Mengurangi Angka Pengangguran di Negeri Sendiri

Bila bisnis Anda dari hari ke hari semakin berkembang dan maju maka tak bisa dipungkiri Anda membutuhkan karyawan lain untuk menempati posisi yang Anda butuhkan.

Namun, tetap saja bila hal tersebut terjadi Anda tetap menjadi seorang pemiliki bisnis yang telah mampu mempekerjakan orang lain. Jika sudah begitu, Anda termasuk orang yang bisa membantu pemerintah dalam hal pengangguran.

Tak masalah bila karyawan yang Anda rekrut hanya 1-2 orang saja. Namun, bila sudah bisnis Anda sudah semakin maju maka Anda membutuhkan banyak karyawan yang bisa bekerjasama. Tentunya angka pengangguran di negeri Anda pun akan semakin berkurang.

Perekrutan karyawan tersebut bisa dimulai dari bagian marketing dan juga keuangan. Keduanya terkadang membutuhkan seseorang yang sudah ahli dalam bidangnya.

5. Bebas Berkreasi dan Berinovasi

keuntungan membangun bisnis sendirian

Ketika Anda yakin dan berani untuk membangun bisnis sendiri, maka tak ada yang melarang Anda untuk berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan produk bisnis yang diinginkan. Saat ini, Anda adalah penggerak utama yang bisa menjalankan bisnis dengan sebaik mungkin.

Namun, Anda harus mengingat tak ada yang mudah untuk dilakukan. Maka diperlukan keberanian, lapang dada, ketekunan, dan patang menyerah untuk melakukannya.

Dengan melakukan sesuatu yang benar, bisa jadi suatu hari nanti produk yang Anda buat bisa menjadi sebuah mahakarya hebat yang bernilai mahal.

Thomas Alfaedison dan Kolonel Harland Sanders telah mencontohkan pada kita semua bahwasannya tak kenal lelah dan pantang menyerah bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk masa depan.

6. Keuntungan Bisnis Menjadi Milik Anda Seutuhnya

Tentunya bila Anda membangun bisnis sendiri, semua keuntungan yang didapat akan menjadi miliki Anda seutuhnya. Tak perlu lagi adanya perjanjian hitam di atas putih antara Anda dengan rekan bisnis.

Pastinya, hal tersebut akan menjadi kebanggan tersendiri dan hasil kerja keras Anda bisa didapatkan dengan sesuai.

Walaupun keuntungan menjadi milik Anda seutuhnya, tetap saja perlu pengontrolan dari segi keuangan. Dimana Anda harus menyiapkan pembayaran gaji karyawan, modal usaha tersedia setiap bulannya, dan memastikan tidak adanya hutang piutang yang terlewat.

Semakin banyak keuntungan yang didapatkan maka bisa dipastikan bahwa bisnis Anda pun akan berkembang lebih baik lagi. Dan Anda bisa menjadi pengusaha sukses yang mandiri.

7. Memiliki Waktu yang Lebih Banyak Bersama Keluarga

Terkadang rutinitas di kantor akan menyita waktu yang cukup banyak. Oleh karena itu bisa berdampak pada jarang atau hilangnya waktu berharga bersama keluarga.

Namun, lain halnya bila Anda membuka bisnis sendiri, tentunya Anda kan memiliki waktu yang lebih banyak untuk keluarga. Dalam bisnis yang dibangun sendiri, Anda adalah penentu kapan saatnya harus bekerja dan juga harus berhenti.

Tentunya dengan waktu luang yang Anda atur tersebut bisa membuat keluarga Anda senang dan pekerjaan pun lancar untuk dikerjakan.

Tetapi, harus diingat dan diwaspadai jangan sampai kebersamaan tersebut membuat Anda lalai dan lupa diri. Tetap harus ada yang namanya pengontrolan diri dan waktu sehingga keduanya bisa dijalankan dengan baik.

8. Kepuasan Diri Lebih Maksimal dalam Mencapai Suatu Target

Ketika Anda membangun bisnis sendiri dan berhasil mencapai target yang telah ditetapkan, tentunya akan merasa sangat puas dan bangga atas usaha yang dilakukan.

Hal tersebut sangatlah wajar, mengingat Anda telah menjadi “aktor utama” yang menggerakkan bisnis tersebut. Pastinya susah senang yang Anda lewati akan menjadikan Anda pribadi yang selalu menghargai setiap proses.

Dari target yang tercapai tersebut, tentunya Anda akan mendapatkan uang yang berlimpah. Namun, sejatinya Anda akan merasa bangga ketika bisa menolong dan memperkerjakan orang lain yang memang kompeten dan membutuhkan.

Namun, jangan sampai pencapaian tersebut membuat Anda lupa diri sehingga masuk ke dalam penyakit hati lain, seperti menjadi orang yang sombong, boros, dan lain sebagainya.

Harus selalu diingat, setelah berhasil mencapai sesuatu tetap harus kembali bekerja membuat strategi lain yang lebih baik dan bermanfaat.

9. Bisa Mempelajari Ragam Ilmu Bisnis

Karena Anda membangun bisnis sendiri, mau tidak mau harus mempelajari beragam ilmu yang terkait dengan bisnis.

Adapun ilmu bisnis yang harus Anda pelajari tersebut mencakup ilmu produksi, akuntansi, promosi, distribusi, pemasaran, dan lain sebagainya.

Bidang tersebut memang tak akan Anda tempati semuanya, namun sebagai seorang pemimpin sudah selayaknya untuk bisa mengetahui ilmu-ilmu tersebut.

Dengan ilmu yang Anda miliki tersebut, tentunya akan menjadi wawasan berarti untuk Anda agar perusahaan bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Baca juga : Menjawab 12 Pertanyaan dalam Model Bisnis SBM (Smart Business Map)

Ilmu tersebut bisa Anda pelajari secara otodidak lewat buku-buku bisnis atau mengikuti training bersama pakar bisnis yang berpengalaman. Bisa pula dengan mempelajarinya secara formal dengan mengambil jurusan bisnis yang Anda inginkan.

10. Meghidupkan Para Pelaku Ekonomi Mikro

Keuntungan membangun bisnis sendiri tidak hanya bisa dinikmati sendiri melainkan bisa dinikmati orang lain. Orang lain yang dimaksud adalah para pelaku ekonomi mikro yang memang saat ini keberadaannya tergantung dari pelaku ekonomi yang sudah cukup besar.

Dengan membanun bisnis sendiri, Anda telah membuka peluang usaha yang besar untuk masayarakat kecil. Mereka akan berdaya karena usaha yang dirintisnya memulai kemajuan yang cukup signifikan dari para pelaku usaha mandiri.

Hal yang Harus Dihindari Ketika Membangun Bisnis Sendiri

Membangun bisnis sendiri memang sangat bagus dan memiliki keuntungan yang banyak seperti yang telah disampaikan pada pembahasan di atas.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika membangun bisnis. Karena bila luput untuk dilakukan akan berdampak pada perkembangan bisnis Anda. Adapun pembahasannya adalah sebagai berikut :

1. Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Sebelum Anda melangkah terlalu jauh, terlebih dahulu periksa kembali tujuan Anda untuk membangun bisnis tersebut. Jangan sampai tujuan yang dilakukan karena hal lain yang tidak terlalu penting dan mendesak.

Contohnya saja karena iri dengan teman Anda yang sukses atau memang memiliki masalah lain dengan teman kerja Anda sehingga ingin keluar dan membuktikan sesuatu pada mereka.

Jika hal tersebut benar adanya, maka Anda harus menunda terlebih dahulu untuk membuka sebuah usaha.

2. Produk yang Dikeluarkan Tidak Sesuai Target Pasar

Setelah Anda memiliki tekad yang kuat untuk membangun bisnis sendiri, maka langkah selanjutnya adalah memproduksi produk yang akan dipasarkan.

Namun, sebelum produk tersebut dipasarkan lebih baik lihat sekeliling Anda apakah produk tersebut diminati target pasar Anda atau tidak.

Baca juga : 10 Produk paling laku di pasaran saat ini

Jangan sampai euforia Anda dalam membangun bisnis melupakan Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu. Sehingga produk yang dihasilkan menjadi tidak laku di pasaran.

3. Besar Pengeluaran daripada Pendapatan

Banyak pebisnis pemula yang gagal karena lupa untuk menerapkan sebuah manajemen dalam pengeluaran dan pendapatan. Sehingga tanpa sadar, pelaku bisnis tersebut banyak mengeluarkan uang untuk membeli produk yang ternyata memiliki keuntungan yang tidak sebanding.

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah skala manajemen yang dapat mengatur pola antara investasi, biaya operasional, dan target pendapatan. Jangan sampai Anda melupakan sistem ini sehingga merugikan diri sendiri.

4. Modal Dipakai untuk Kebutuhan Lain

Ketika Anda mendapatkan dana segar atau modal dari orang lain atau sebuah lembaga, maka modal tersebut belanjakanlah sesuai dengan kebutuhan untuk bisnis.

Jangan sampai Anda tergoda untuk menggunakan modal untuk membeli segala macam yang tidak berhubungan dengan bisnis.

Baca juga : 15 Cara mendapatkan modal usaha tanpa meminjam bank

Karena bila hal tersebut terjadi, tak jarang para pelaku bisnis akan kesulitan untuk membayarkan modal tersebut. Bila hal terjadi akan sulit untuk membayar hutang dan tak ada keuntungan yang akan Anda peroleh.

Penutup

Nah, itu dia pembahasan mengenai 10 keuntungan membangun bisnis sendiri. Bagaimana menarik bukan?

Ingat, tak ada keberhasilan yang bisa didapatkan secara Cuma-Cuma. Oleh karena itu, Anda harus siap dengan segala resiko yang terjadi ketika membangun bisnis sendiri.

Namun, bukan berarti rintangan tersebut tak bisa dilewati semua bisa diatasi apabila Anda sungguh-sungguh dan memiliki ilmu yang cukup mumpuni.

Intinya, jangan pernah takut dan meragukan kemampuan diri sendiri. Tak ada salahnya untuk mencoba.

Semoga artikel 10 Keuntungan Saat Anda Membangun Bisnis Sendiri bermanfaat dan semoga sukses.

Loading...