Ekhi Ryan, Lulusan SMA yang Mampu Raup Rp 30 Juta/Bulan

Menjadi seorang wirausaha, adalah hak setiap orang. Entah Anda laki-laki, perempuan, berlatar belakang keluarga mampu atau kurang mampu hingga berpendidikan tinggi maupun lulusan sekolah menengah saja. Setiap orang punya peluang yang sama untuk sukses atau rugi. Hanya satu yang membedakan, tekad sekuat baja.

Seseorang dengan tekad yang kuat, akan mampu bertahan sekalipun dalam kondisi terberat. Mental enggan menyerah seperti inilah yang seharusnya dimiliki oleh mereka para calon businessman. Karena seperti yang sudah diketahui, menjadi seorang wirausaha tidaklah mudah. Dalam perjalanan menuju kesuksesan, akan menemukan beragam rintangan.

Tekad kuat itu pula yang mampu membuat seseorang dengan latar pendidikan apapun mampu berdiri sejajar. Kalau menurut Anda untuk menjadi pebisnis sukses harus punya gelar sarjana bisnis manajemen, maka salah besar. Karena Anda harus berkenalan dengan Ekhi Ryan. Pemuda yang kini berusia 29 tahun ini sukses membuktikan bahwa di mana ada niat, maka di situ kesuksesan bisa diwujudkan.

Bisnis Online Yang Sudah Berjalan 9 Tahun

Ekhi Ryan, lulusan SMA pemilik Flavamerch Limited
Ekhi Ryan, lulusan SMA pemilik Flavamerch Limited

Tidak ada yang namanya kesuksesan itu diperoleh secara instan. Hal itu pula yang dialami oleh Ekhi Ryan. Seperti layaknya kisah para pebisnis sukses yang mengawali profesi dari hobi, hal itulah yang terjadi pada Ekhi. Pemuda yang berdomisili di Bandung ini mengawali bisnis dari kegemarannya memesan produk luar negeri.

Tak main-main, Ekhi membeli beberapa produk langsung dari Amerika Serikat seperti kaos, CD musik hingga barang-barang lain. Koleksi Ekhi itupun diminati oleh rekan-rekannya. Sesuai dugaan, barang-barang koleksinya itu rupanya menjanjikan keuntungan yang lumayan sehingga membuat Ekhi menyadari adanya peluang bisnis.

Baca juga: 8 Peluang Usaha untuk Anda Lulusan SMA/ SMK, Anda Bisa Sukses!

Barulah pada Mei 2012, Ekhi menguatkan tekad untuk menjadi seorang pebisnis barang-barang impor. Saat itu dirinya mengeluarkan modal awal sebesar Rp 3 juta yang merupakan tabungannya selama menjadi karyawan. Di usianya yang kala itu masih 20 tahun, Ekhi mulai mempelajari selera pasar dan membeli sepatu hingga kaos band dari Amerika Serikat untuk dijual kembali di Indonesia.

Mengenalkan brand Flavamerch Limited, Ekhi saat ini fokus menggeluti bisnis berjualan sepatu impor secara online. Tidak perlu mengeluarkan budget untuk menyewa toko atau membayar karyawan, Ekhi menjalankan seluruh aspek bisnisnya sendiri. Mulai memesan barang dari luar negeri secara online dan melakukan pengiriman produk ke konsumen menggunakan jasa ekspedisi.

Omzet Flavamerch Sentuh Rp 30 Juta/Bulan

contoh produk Flavamerch Limited
contoh produk Flavamerch Limited

Dari awal menggeluti bisnis produk-produk luar negeri hingga akhirnya fokus berjualan sepatu impor lewat Flavamerch Limited, Ekhi memang memilik platform online. Menggunakan Facebook dan Instagram, Flavamerch Limited pun mendatangkan pundi-pundi rupiah yang fantastis untuk Ekhi.

Baca juga: 10 Anak muda yang kaya dari bisnis sebelum usia 25 tahun

Dalam sebuah wawancara, Ekhi mengaku bahwa bisnis sepatu impor yang dia jalankan dari rumah ini mampu meraup omzet sekitar Rp 10 juta sampai Rp 30 juta dalam satu bulan. Sebuah nilai yang sangat fantastis dan mungkin belum tentu bisa dihasilkan oleh kebanyakan pemuda seusianya. Meskipun bisnis jual-beli sepatu di Indonesia sangat banyak, Ekhi pun cukup percaya diri kalau Flavamerch Limited berbeda.

Produk Flavamerch Limited adalah sepatu-sepatu impor yang barangnya masih sedikit dijual di Indonesia. Lantaran persaingan bisnis sepatu impor tidak seketat sepatu lokal, Flavamerch Limited pun selalu diburu oleh para konsumen. Bahkan Ekhi cukup percaya diri kalau sepatu yang dia jual akan sulit ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan atau toko sepatu konvensional.

contoh produk Flavamerch Limited
contoh produk Flavamerch Limited

Hal inilah yang akhirnya membuat sepatu Flavamerch Limited dijual dengan harga cukup tinggi. Mengingat produknya cukup terbatas, Ekhi pun menjajakan sepatu-sepatu impornya dengan kisaran harga mulai Rp 1 juta per pasang. Kendati jauh lebih mahal daripada sepatu pada umumnya, pangsa pasar Flavamerch Limited sudah terbentuk sehingga bisnis yang digeluti Ekhi mampu bertahan selama sembilan tahun.

Karena bisnisnya dikenal secara online, konsumen Flavamerch Limited pun tersebar di seantero Indonesia. Konsumennya tidak hanya dari kota-kota besar di Bandung atau sekitar pulau Jawa saja. Beberapa pembelinya berasal dari Aceh, Manado hingga Papua. Bahkan Ekhi pernah mengirim sampai ke Malaysia. Tak cuma online, Ekhi pun bekerjasama dengan beberapa distro di Jakarta, Bandung dan Bekasi untuk menjajakan produk Flavamerch Limited.

Ekhi Bukti Nyata Lulusan SMA Bisa Sukses Besar

Ekhi Ryan sang pemilik Flavamerch Limited
Ekhi Ryan, lulusan SMA pemilik Flavamerch Limited

Apa yang diperoleh Ekhi melalui Flavamerch Limited memang sangat luar biasa. Di saat pemuda seusianya hanya menjadi karyawan kantoran atau sibuk mencari kerja, Ekhi sudah mampu secara finansial. Melihat apa yang sudah dia jalankan, Ekhi pun patut bangga, karena dirinya membuktikan jika lulusan SMA juga mampu sukses.

Kepada Tribun News, Ekhi pernah bercerita, “Awalnya dulu setelah lulus SMA saya ingin sekali kuliah. Tapi keadaan keluarga tidak memungkinkan bagi saya untuk lanjut kuliah karena masalah biaya. Karena sudah nggak mungkin kuliah, saya pun memantapkan diri untuk buka usaha. Walaupun cuma lulusan SMA, saya yakin bisa sukses seperti orang lain yang lulusan S1,”

Baca juga: 13 Mental dan Karakter Entrepreneur Sukses yang Harus Dimiliki

Sembilan tahun berjalan, tekad yang kuat dan kerja keras itu akhirnya membuahkan hasil. Ekhi pun mengenang kembali awal menggeluti Flavamerch Limited karena saat itu orang-orang pun memandangnya sebelah mata. “Saya waktu itu kekurangan modal. Saya ajak teman untuk joint (kerjasama) tapi dia malah bilang ‘Nggak mau kalau sama kamu mah. Nggak akan bener’, gitu katanya,”

Dan kini di usianya yang sudah 29 tahun, Ekhi sukses membuktikan mimpinya bahwa sekalipun lulusan SMA, bisa mampu sukses asalkan ada tekad kuat dan selalu kerja keras.

Ingin Berbisnis Seperti Ekhi? Ini Tips Untuk Pemula!

Apa yang sudah dilakukan oleh Ekhi memang sangat luar biasa. Tertarik ingin menggeluti bisnis sepertinya? Tidak ada kata terlambat. Bahkan sekalipun Anda adalah seorang pemula dalam dunia usaha, peluang untuk sukses pun terbuka lebar. Supaya semakin semangat, beberapa tips berikut ini bisa dicoba:

1. Mulai Bisnis Dari Hal Yang Disuka

contoh produk Flavamerch Limited
contoh produk Flavamerch Limited

Sama seperti Ekhi yang memulai Flavamerch Limited dari kegemarannya beli produk impor, Anda bisa memulai bisnis dari hal yang disuka. Hobi memasak? Jadikan itu awal bisnis kuliner atau katering kecil-kecilan. Bisnis yang dijalankan karena hobi akan membuat Anda lebih senang dan bersemangat.

2. Jangan Takut Gagal

Semua pengusaha tentu tak ingin bisnisnya mengalami masalah. Namun yang namanya bisnis pasti ada pasang-surutnya. Untuk itu Anda jangan takut gagal dan mudah menyerah. Sekalipun kondisi sulit, tetaplah fokus pada tujuan. Jeli membaca peluang karena itu adalah kunci para pebisnis besar.

3. Jangan Malu Belajar

Tinggalkan jauh-jauh rasa gengsi. Padahal untuk jadi pebisnis hebat, Anda jangan malu untuk bertanya apalagi kepada yang lebih senior. Dengan banyak sharing, Anda akan memperoleh banyak informasi dan bisa dikembangkan untuk bisnis.

Nah, bagaimana? Tidak sulit bukan untuk memulai bisnis? Dengan mengingat-ingat betul tips di atas, Anda akan bisa menjalankan bisnis secara lebih nyaman. Kelak ketika bisnis Anda sudah sukses, ingat-ingat kembali seluruh perjalanan yang sudah dilewati karena itu akan semakin membuat Anda rendah hati dan terus bersyukur. Semangat!

Loading...