2 Solusi Tepat Atasi KlikBCA yang Terblokir, Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Kalau menyebutkan bank swasta di Indonesia, maka BCA (Bank Central Asia) jelas masuk dalam hitungan. Bahkan bisa dibilang, BCA adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Bersaing ketat dengan Mandiri sebagai bank pemerintah pemilik aset terbesar, BCA turut ‘menguasai’ uang-uang milik masyarakat di Tanah Air.

Sebelum bisa menjadi terpercaya seperti sekarang, perjalanan bank yang didirikan Sudono Salim pada 21 Februari 1957 ini tidaklah singkat. BCA bahkan pernah mengalami masa sulit hingga akhirnya pada 1 Mei 1975, pengusaha Mochtar Riady bergabung dan memperbaiki sistem kerja bank tersebut. BCA pun sempat berubah jadi bank devisa ketika melakukan merger dengan bank Gemari milik Yayasan Kesejahteraan ABRI.

Hingga akhirnya saat BCA dimiliki oleh salah satu grup produsen rokok terbesar keempat di Indonesia, Djarum. Dua tokoh kunci di Djarum Grup sekaligus orang-orang terkaya di negeri ini yakni Robert Budi Hartono dan Bambang Hartono, adalah pemegang saham pengendali BCA dengan total prosentase 54,94%. Kini dengan perkembangannya yang sangat signifikan, BCA memang makin menjadi bank swasta paling inovatif.

Baca juga: BNI Internet Banking Terblokir Karena Lupa Password? Ini Cara Mengatasinya!

BCA mulai ‘naik kelas’ saat mengajukan permohonan ke BI pada awal 1980-an untuk mengeluarkan dan mengedarkan kartu kredit atas nama BCA yang berlaku internasional, setelah bekerjasama dengan MasterCard. BCA terus melakukan perubahan dan makin berkembang selama dua dekade.

Bahkan kini anda bisa membuka rekening BCA secara online, anda bisa membaca caranya disini.

Berbagai produk dan layanan pun dikembangkan terutama yang berkaitan dengan perbankan elektronik seperti Debit BCA, Tunai BCA, m-BCA (mobile banking) dan KlikBCA (internet banking).

Fitur-Fitur yang Ditawarkan KlikBCA

Fitur KlikBCA

Bisa dibilang kalau KlikBCA merupakan salah satu layanan internet banking pertama yang diperkenalkan oleh nasabah di Indonesia. Senada dengan kemajuan teknologi perbankan, KlikBCA merupakan jawaban sekaligus solusi bagi masyarakat umum yang ingin tetap melakukan transaksi perbankan, tanpa perlu keluar dari rumah dan tetap terasa aman.

BCA menjamin layanan KlikBCA tak akan bisa diakses oleh pengguna lain sekalipun mereka mengetahui User ID atau password dari akun KlikBCA Anda. Kok bisa? Karena KlikBCA dilengkapi dengan KeyBCA, sebuah alat token kecil berwarna biru yang menjamin keamanan dan kerahasiaan data transaksi.

Di mana seluruh persetujuan transaksi baik transfer, penarikan uang, pembayaran atau pembelian haruslah menggunakan kode otentifikasi yang dikeluarkan oleh KeyBCA. Setiap kali transaksi finansial dilakukan, setiap kali itulah kode KeyBCA berganti. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan peretasan.

Nah, supaya makin yakin menggunakan KlikBCA, berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan:

  • Tidak hanya menyediakan fasilitas pembelian pulsa atau token PLN saja, kini KlikBCA juga menyediakan layanan pembayaran reguler atas tagihan kartu kredit, asuransi, BPJS, Telkom/Indihome, TV kabel hingga pembayaran e-commerce sesuai dengan gaya hidup belanja online. Bahkan bisa dibilang, KlikBCA termasuk salah satu internet banking di Indonesia dengan pilihan pembayaran dan pembelian paling banyak
  • Untuk kebutuhan layanan perbankan, KlikBCA bisa digunakan dalam hal pembukaan rekening online, informasi saldo, mengetahui mutasi dalam kurun waktu tertentu, mengunduh rekening koran (e-statement) dalam hitungan maksimal enam bulan terakhir
  • Fitur transfer dana dalam KlikBCA bisa dibilang yang terlengkap mulai dari transfer antar rekening BCA, antar bank, ke Sakuku, ke BCA Virtual Account hingga e-money serta e-wallet
  • Gaya hidup investasi juga dikenalkan dalam fitur KlikBCA yang memberikan bagian khusus untuk produk-produk ORI (Obligasi Republik Indonesia), Reksadana dan investasi saham karena KlikBCA terhubung dengan KSEI yang mencatat kepemilikan saham di Tanah Air
  • Demi kebutuhan transaksi lintas negara, KlikBCA juga memberikan fitur penarikan dana PayPal. Melalui fitur ini, Anda bisa menarik mata uang asing ke rekening BCA pribadi asalkan sudah terdaftar sebagai rekening tujuan di KlikBCA
  • Terbaru fitur yang disuguhkan KlikBCA dan membuatnya makin terdepan dibandingkan layanan internet banking lainnya adalah keberadaan KlikPay. KlikPay akan mempermudah nasabah untuk melakukan pembayaran e-commerce karena dana pembayaran sudah terhubung otomatis

Baca juga: Pengalaman Buka Blokir Mandiri Online Karena Lupa Password

Kendati tampak mempermudah segala urusan perbankan, KlikBCA tetap juga seringkali dihadapkan pada masalah klise yakni terblokir.

Salah satu penyebab utama akun KlikBCA terblokir adalah ketika seorang pengguna lupa password. Sistem KlikBCA memiliki ketentuan jika Anda tiga kali berturut-turut keliru memasukkan kata sandi saat login, maka akses KlikBCA akan terblokir otomatis.

2 Cara Mengatasi KlikBCA Terblokir

Cara mengatasi pemblokiran KlikBCA

Ketika KlikBCA terblokir, tentu nasabah akan benar-benar merasa kerepotan. Apalagi jika harus melakukan transfer dana atau pembayaran tagihan di waktu darurat dan tidak ada mesin ATM terdekat.

Sebetulnya perihal pemblokiran KlikBCA ini, mayoritas memang terjadi karena kesalahan nasabah itu sendiri saat lupa kata sandi. Selain kata sandi login KlikBCA, kekeliruan memasukan kode respon KeyBCA baik APPLI 1 atau APPLI 2 juga menyebabkan bisa terblokir otomatis.

Solusi pemblokiran KlikBCA ini hanyalah dengan meminta bantuan kepada pihak bank. Ada dua pilihan yang tersedia yakni menghubungi call center resmi Halo BCA atau datang ke kantor cabang BCA terdekat. Berikut ulasannya sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Menghubungi Call Center HaloBCA

Tampilan KlikBCA versi mobile ┬ęCermati

Tidak memiliki waktu untuk pergi ke kantor cabang BCA terdekat? Tenang saja, proses pembukaan blokir KlikBCA bisa dilakukan dengan menelepon call center resmi HaloBCA.

Layanan HaloBCA memiliki nomor 1500888 yang bisa dihubungi dari seluruh pelosok Indonesia, baik menggunakan operator selular atau telepon kabel. Sekadar informasi, HaloBCA ini beroperasi selama 24 jam dalam tujuh hari sehingga tak mengenal hari libur.

Sehingga artinya, Anda bisa langsung menghubungi HaloBCA ketika KlikBCA terblokir saat dini hari atau di Hari Raya Idul Fitri sekalipun. Hanya saja satu yang patut diketahui, menghubungi HaloBCA akan membutuhkan biaya pulsa yang jumlahnya tentu tidak sedikit apalagi jika Anda menelepon mengunakan handphone.

Sama seperti pelayanan buka blokir di bank, petugas HaloBCA juga akan meminta sejumlah data mulai dari nomor KTP, nomor rekening, nomor kartu ATM atau Paspor BCA hingga informasi nama ibu kandung dan perkiraan saldo terakhir.

Untuk itulah supaya pulsa tidak keluar terlalu besar, ada baiknya Anda menyiapkan data-data dan dokumen pribadi itu terlebih dulu sebelum menelepon HaloBCA. Ketahui juga kalau biasanya panggilan Anda tidak langsung diterima petugas BCA, karena bisa saja dilayani mesin penjawab otomatis.

Baca juga: 7 Platform Dropship Terbaik Solusi Bisnis Tanpa Modal dan Stok Barang

Kendati memang terdengar cukup efektif dan tidak perlu keluar ruangan, proses pembukaan blokir KlikBCA lewat HaloBCA memiliki kelemahan.

Karena setelah membuat laporan pemblokiran, petugas HaloBCA akan meminta nasabah untuk melakukan registrasi ulang KlikBCA lewat ATM dan aktivasi ulang KeyBCA juga.

Kenapa begitu?

Karena HaloBCA akan membantu Anda untuk menghapus akun KlikBCA yang bermasalah. Sehingga untuk bisa menggunakan layanan internet banking ini, Anda harus mendaftar lagi.

Datang ke Kantor Cabang BCA

Customer Service BCA

Jika Anda tak memiliki pulsa dan anti ribet, mungkin bisa langsung menyelesaikan masalah pemblokiran KlikBCA ke kantor cabang BCA terdekat. Anda tak harus datang ke cabang pembukaan rekening, untuk itulah bisa memilih cabang yang relatif sepi.

Supaya proses pembukaan blokir bisa cepat dilakukan, jangan lupa membawa kartu identitas (KTP, SIM, paspor), buku tabungan, kartu ATM atau Paspor BCA dan KeyBCA.

Ketika tiba di kantor cabang BCA terdekat, Anda harus mengambil antrian di bagian Customer Service (CS).

Jika antrian sudah dipanggil, petugas CS akan bertanya keperluan Anda dan meminta sejumlah dokumen sebagai bukti kepemilikan akun KlikBCA. Biasanya akan ada beberapa pertanyaan yang diperlukan seperti nama ibu kandung hingga informasi pribadi lainnya.

Kalau seluruh informasi dan data yang diberikan cocok, proses pembukaan blokir akun KlikBCA bisa berlangsung sangat singkat yakni berkisar 15-20 menit saja.

Petugas CS akan melakukan seluruh tahapannya dan Anda tinggal menunggu sambil sesekali diminta untuk membuat PIN KlikBCA yang baru. Jika sudah selesai, akses KlikBCA akan langsung terbuka dan Anda bisa menggunakan layanan internet banking ini sesuka hati.

Tips Aman Transaksi KlikBCA

tips keamanan KlikBCA

Dengan berbagai kemudahan penggunaan hingga mengatasi masalah pemblokiran, tak heran kalau KlikBCA selalu jadi layanan perbankan unggulan dari BCA.

Namun sekalipun tingkat keamanannya begitu terjamin dengan keberadaan KeyBCA, KlikBCA masih memiliki celah yang bisa dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab. Ada beberapa kasus nasabah mengalami pencurian data, penipuan hingga akses tidak dikenal. Supaya semakin nyaman, berikut ini adalah beberapa tips singkat yang bisa Anda terapkan:

  1. Jangan pernah memberitahu nomor kartu ATM atau kode OTP kepada pihak lain, sekalipun dari oknum yang mengaku pihak bank, lembaga keuangan hingga operator layanan transportasi online
  2. Sering-sering melakukan pemutakhiran data terutama untuk nomor ponsel terdaftar. Kenapa begitu? Karena KlikBCA menggunakan nomor HP terdaftar sebagai nomor tujuan pengiriamn kode otorisasi perbankan. Jika sewaktu-waktu nomor HP sekaligus ponsel Anda hilang, langsung laporkan ke pihak BCA agar tidak terjadi transaksi di luar sepengetahuan nasabah
  3. Ada banyak sekali oknum penipu yang menggunakan akun media sosial palsu untuk layanan HaloBCA. Untuk itulah Anda harus memeriksa keaslian akun, terutama jika dalam kondisi bingung karena KlikBCA mendadak terblokir
  4. Pastikan untuk selalu mengakses KlikBCA melalui situs resmi internet banking BCA yakni di http://www.klikbca.com. Jika Anda mengakses lewat smartphone, tulis alamat https://ibank.klikbca.com atau https://m.klikbca.com di halaman browser. Situs resmi internet banking BCA sudah dienkripsi dengan SSL yang sah yang berciri adanya gambar gembok/kunci di sebelah kiri atas url bar
  5. Jika selesai menggunakan KlikBCA, pastikan untuk selalu logout dan jika perlu lakukan penghapusan pada histori browser. Usahakan tidak mengakses KlikBCA di komputer warnet atau menggunakan jaringan WiFi umum

Jika Anda menerapkan tips-tips di atas, tentu bisa menggunakan KlikBCA dengan lebih bertanggung jawab dan tidak perlu khawatir dengan aksi peretasan oknum tak bertanggung jawab.

Baca juga:

Kesimpulan

Pada dasarnya layanan KlikBCA memang diberikan oleh BCA kepada seluruh nasabahnya dalam mempermudah pengalaman transaksi perbankan. Dengan sistem keamanan yang canggih dan terjamin, KlikBCA memang mampu membuat nasabah tenang.

Namun ada kalanya nasabah mendadak ceroboh sehingga KlikBCA mereka terblokir dan tak bisa digunakan. Tak perlu bingung, Anda bisa langsung berkunjung ke bank BCA terdekat atau menghubungi HaloBCA untuk mengatasi semuanya. Supaya layanan KlikBCA bisa berjalan sebagaimana mestinya, gunakan dengan tanggung jawab penuh agar kondisi finansial Anda tetap sejahtera.

SEKURITAS

INFO

5/5
  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

4.5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex