Kode Bank Mandiri Syariah 2020 : Cara Transfer dan Kode Transfernya

Saat ini semua Bank di Indonesia memiliki kode transfer masing-masing untuk memudahkan dalam aktifitas transfer antar bank, termasuk ke Bank Mandiri Syariah. Tapi jika Anda ingin melakukan transfer ke sesama rekening Mandiri Sayariah, maka Anda tidak memerlukan kode transfer tersebut.

Jadi misalnya Anda ingin melakukan transfer dari bank lain seperti BCA ke Mandiri Syariah, maka Anda perlu menambahkan kode Mandiri Syariah sebelum nomor rekening tujuan.

Dengan semakin tingginya kebutuhan aktifitas perbankan yang tertuju ke Bank Mandiri Syariah, kode dan cara transfernya semakin banyak di cari orang.

Sebagai salah satu bank syariah terbesar dan terbaik di Indonesia hal ini tak heran karena jumlah nasabah Mandiri Syariah ternyata naik hingga 16, 77% pada bulan April 2020 yang lalu.

Seperti yang kita tahu, secara umum bank syariah menggunakan sistem yang berbeda dari bank konvensional karena konsep dan sistemnya di dasarkan pada prinsip-prinsip Islam untuk menghindari riba.

Ini menunjukan bahwa masyarakat semakin terbuka dengan konsep syariah dan benefit yang bisa di dapatkan dari Bank Mandiri Syariah. Oleh karenanya mungkin banyak juga yang mengarahkan transaksinya ke anak perusahaan Bank BUMN terbesar yang satu ini.

Baca juga : 12 Persyaratan Buka Rekening BRI 2020, Lengkap dengan Caranya!

Biasanya kode transfer bank terdiri dari 3 digit angka, namun setiap bank memiliki kombinasi yang berbeda. Berapakah kode Bank Mandiri Syariah, dan bagaimana jika kita ingin mentransfer sejumlah uang ke rekening Mandiri Syariah? Yuk langsung kita bahas saja.

Kode Mandiri Syariah

Kode transfer Bank Mandiri Syariah saat ini adalah 451. Jadi jika Anda ingin melakukan transfer dari rekening lain misalnya BCA, jangan lupa sertanya kode tersebut.

Tanpa kode ini Anda tidak akan bisa melakukan transaksi, kecuali Anda men-transfer uang dari dan ke sesama Mandiri Syariah. Lalu hal lain yang seringkali ditanyakan adalah “apakah kode Mandiri Syariah sama dengan Bank Mandiri konvensional?”

Jawabannya, tidak. Bank Mandiri konvensional memiliki kodenya tersendiri (008), begitupun Mandiri Syariah. Transaksi Anda tidak akan berhasil jika seandainya ingin melakukan transfer ke nomor rekening Bank Mandiri Syariah namun menggunakan kode transfer Bank Mandiri konvensional, atau melakukan hal yang sebaliknya.

Jadi pastikan kode transfer Mandiri konvensional dan Mandiri Syariah tidak tertukar ya. Untuk men-transfer uang dari rekening bank lain ke Mandiri Syariah gunakanlah kode yang benar yakni 451.

Lalu bagaimana cara transfernya? Bagi Anda yang belum tahu, mari simak tutorial di bawah ini!

Cara Transfer ke Bank Mandiri Syariah Menggunakan ATM

cara transfer dari bank lain ke mandiri syariah

Untuk melakukan transfer dari rekening bank lain ke nomor rekening Mandiri Syariah bisa menggunakan beberapa cara tergantung ketersediaan fasilitas rekening Bank yang Anda miliki.

Namun umumnya semua bank pasti bisa menyediakan fasilitas transfer menggunakan ATM. Jadi sekarang kita akan membahas langkah-langkah yang umumnya bisa di lakukan untuk transfer ke Mandiri Syariah melalui ATM.

1. Cari Gerai ATM Terdekat

Hal pertama yang pastinya harus Anda lakukan adalah mencari lokasi gerai ATM terdekat. Sebagai informasi, jika kartu ATM Anda memiliki logo Mastercard atau VISA, maka Anda bisa melakukan transaksi di dalam maupun luar negeri, sedangkan jika kartu ATM Anda berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) maka Anda hanya bisa melakukan transaksi di dalam negeri saja.

Namun kali ini kita akan lebih fokus membahas cara transfer menggunakan ATM yang ada di Indonesia saja. Anda juga bisa menggunakan ATM dari bank mana saja untuk bertransaksi ke sesama bank maupun antar bank jika kartu ATM Anda memiliki logo ATM Bersama.

Saat ini kurang lebih ada 94 bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama. Coba cek, apakah bagian belakang kartu ATM Anda memiliki logo ATM Bersama atau tidak.

Jika ya, maka Anda tidka perlu khawatir jika seandainya Anda tidak menemukan gerai ATM dari rekning bank yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan ATM apa saja, dengan ketentuan biaya admin transfer yang rata-rata sama di setiap bank, yakni Rp. 6500. Namun ada juga beberapa bank yang menggratiskan biaya ini.

2. Masukan Kartu ATM Anda dan Tunggu Beberapa Saat

Setelah masuk ke dalam gerai ATM, masukan kartu ATM Anda. Jika kartu ATM tidak bisa di masukan ke dalam slot mesin ATM, maka jangan dipaksakan.

Coba periksa kembali apakah posisi kartu sudah benar atau belum. Pada beberapa kartu ATM, biasanya terdapat simbol petunjuk dekat dengan chip berwarna gold atau silver.

Atau, pastikan Anda memasukan kartu dengan posisi chip menghadap ke depan dan garis hitam panjang di belakang kartu tersentuh oleh jari telunjuk Anda.

Jika posisi sudah benar, secara otomatis mesin akan menarik kartu ATM Anda kedalam mesin. Tunggulah bebera saat, mesin akan segera membaca kartu ATM Anda. Jika jaringan dan mesin ATM sedang tidak bermasalah, maka layar akan memunculkan langkah selanjutnya.

3. Pilih Bahasa Untuk Proses Transaksi

Mesin ATM akan meminta Anda memilih bahasa yang akan dipergunakan untuk melakukan transaksi. Biasanya terdapat dua pilihan yakni Bahasa “Indonesia” dan “English”. Pilihlah sesuai preferensi Anda masing-masing.

Untuk memilihnya, Anda bisa menekan tombol yang berada di sisi kanan layar mesin ATM atau dengan menekan langsung menu pada layar jika mesin ATM sudah berteknologi touch screen.

4. Masukan Nomor PIN ATM Sesuai Perintah yang Tertera di Layar ATM

Selanjutnya Anda akan di minta memasukan nomor PIN ATM yang biasanya ebrjumlah 6 digit angka. Lalu tekan menu “Benar” jika Anda sudah yakin.

Tekan PIN ATM dengan hati-hati, karena jika Anda salah memasukan kode PIN sebanyak kurang lebih 3 kali maka kartu ATM Anda akan terblokir dan Anda harus mengurusnya terlebih dahulu ke kantor cabang untuk melepas blokir-annya.

Jika Anda ragu, dan ingin mengulangi nomor PINnya Anda bisa menekan tombol “CLEAR” yang tersedia pada mesin ATM atau “CANCEL” jika ingin mengeluarkan kartu terlebih dahulu.

5. Pilih Menu Transfer ke Bank Lain

Sebenarnya ada beberapa ATM yang memeiliki sedikit perbedaan dalam menu transfer ke bank lain, namun hal ini tidka masalah karena perbedaannya pun tidak rumit.

Pertama, untuk memilih menu transfer ke bank lain Anda harus menekan menu “Transaksi lainnya” dan memilih menu “Transfer”. Setelah itu Anda langsung bisa melanjutkan langskah selanjutnya.

Namun pada mesin ATM lainnya Anda perlu menekan menu “Transfer” lalu pilih menu “Antar bank online”. Dan terakhir, ada pula yang mengharuskan Anda menekan menu “Transfer” dan pilih “Ke rek bank lain”.

Memang kata-kata yang dipergunakan mesin atm mungkin berbeda tapi pada intinya maknanya sama yakni transfer ke bank lain. Sehingga Anda tidak perlu bingung jika menukan kata berbeda pada mesin atm lain, kuncinya Anda tinggal menemukan menu transfer terlebih dahulu.

6. Masukan Kode Bank Mandiri Syariah dan Nomor Rekening Tujuan

Nah, jika Anda sudah masuk pada menu transfer ke bank lainnya Anda harus mengisi kolom kode transfer Mandiri Syariah beserta nomor rekening tujuannya.

Anda sudah tau bukan bahwa kode transfer Bank Mandiri Syariah adalah 451? Contohnya seperti ini : 4517755443322. Setelah itu tekanlah menu “Benar”

Pastikan nomor rekening tujuan Anda sudah sesuai. Biasanya nomor rekning Mandiri Syariah terdiri dari 10 digit angka. Jika Anda ragu dan ingin mengedit kembali nomor rekening tujuan, Anda bisa menekan tombol “CLEAR” pada mesin ATM. Lalu masukan kembali nomor rekening tujuan dan tekan “Benar”.

7. Masukan Nominal Uang yang Ingin di Transfer

Jika Anda sudah mengisi kode transfer Mandiri Syariah beserta nomor rekening tujuan, selanjutnya Anda harus memasukan nominal uang yang ingin Anda transfer lalu tekan “Benar”.

Biasanya nominalnya dalam satuan Rupiah (Rp). Jika Anda ingin menarik uang dalam kurs mata uang lain melalui ATM, biasanya Anda harus melakukan pendaftaran program tertentu sesuai dengan kebibjakan bank yang Anda pilih.

Pastikan bahwa Anda memasukan nominal uang yang ingin di transfer dengan benar. Karena tidak ada jaminan kalau kesalahan nominal akan bisa di perbaiki setelah struk transaksi keluar.

Baca juga : 7 Cara Transfer SMS Banking BRI ke Sesama BRI dan Beda Bank

Baik itu terlalu banyak atau terlalu sedikit sesuai dengan kepentingan Anda masing-masing ketika men-transfer uang. Maka dari itu jika Anda menyadari ada kesalahan dalam nominal, Anda bisa menghapusnya dengan menekan tombol “CLEAR” dan mengulangi langkah sebelumnya.

8. Konfirmasi Kembali Identitas dan Jumlah Transfer

Setelah Anda mengisi kode dan nomor rekning Mandiri Syariah serta mengisi nominal uang yang hendak Anda kirimkan, selanjutnya layar akan menampilkan pemberitahuan konfirmasi.

Isinya adalah nama serta nomor rekening penerima, nomor referensi, jumlah uang yang di transfer dan juga biaya admin yang dikenakan dalm transaksi yang Anda lakukan. Inilah kesempatan terakhir Anda untuk memerika apakah semua sudah sesuai atau belum.

Jika sudah, maka Anda bisa memilih menu “Benar” namun sekiranya masih ada yang perlu di perbaiki, Anda bisa menekan tombo “CANCEL” namun konsekwensinya Anda harus mengulangi langkah-langkahnya dari awal.

9. Silahkan Tunggu Struk Transaksi dan Keluarkan Kartu ATM dari Mesin

Jika Anda sudah mengkonfirmasi seluruh data transaksi dan menekan menu “Benar” maka transaksi Anda kan segera diproses dalam beberapa detik. Pada sebagian mesin ATM, struk transaksi secara otomatis tercetak, namun pada mesin ATM lainnya Anda bisa memilih untuk mencetaknya ataupun tidak.

Setelah struk transaksi keluar, layar mesin ATM akan mengajukan pertanyaan untuk melanjutkan atau mengakhiri transaksi. Jika Anda tidak ingin melakukan transaksi apapun lagi maka Anda bisa memilih “Tidak”, lalu kartu ATM akan keluar secara otomatis.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, pastikan kartu ATM Anda tidak tertinggal di mesin ATM. Karena banyak kasus kartu ATM di tinggalkan begitu saja ketika uang mesin transaksi berhasil/mesin telah mencetak struk di karenakan orang sedang terburu-buru.

Baca juga : 11 Cara Transfer BRI ke BNI Lewat ATM Terbaru

Kasus lainnya adalah kartu ATM tertelan mesin. Jika yang terjadi demikian, sebaiknya Anda langsung menelepon call center dan memblokir kartu ATM sebelum keluar dari gerai mesin ATM.

Penutup

Itulah kode transfer Bank Mandiri Syariah dan juga langkah-langkah melakukan transfer ke nomor rekening Mandiri Syariah dari bank lain. Kini Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah dan lancar. Semoga Anda terbantu dengan informasi diatas.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar