Koperasi Simpan Pinjam, Solusi Pinjaman Dana Bisnis Anda

Satu tahun belakangan ini kita banyak mendengar orang-orang yang terjebak dalam hutang ke aplikasi pinjaman online yang bunganya membengkak setiap bulan. Sebenarnya, ada solusi keuangan selain pinjol yang lebih aman dan manusiawi.

Itu adalah KSP atau Koperasi Simpan Pinjam. KSP merupakan salah satu jenis dari koperasi yang bergerak pada jasa keuangan. KSP sudah sangat akrab pada kalangan rakyat kecil yang tidak bisa mengakses pinjaman dari bank akibat kendala administrasi.

Salah satu kendala administrasi yang sering terjadi adalah jaminan yang tidak memenuhi syarat. Misalnya syarat BPKB kendaraan dengan maksimal waktu pembelian 5 tahun ke belakang. Namun banyak dari masyarakat yang usia motornya sudah lebih dari 5 tahun, bahkan hingga 10 tahun.

Ini yang membuat banyak pengajuan peminjaman ke Bank kemudian ditolak. Maka KSP merupakan solusi bagi masyarakat untuk memperoleh pinjaman uang untuk modal usaha atau konsumsi.

Koperasi Sebagai Lembaga Keuangan Tertua

Dalam sejarah negara Indonesia, koperasi sebenarnya merupakan salah satu lembaga keuangan tertua. Koperasi konon sudah ada sejak masa penjajahan Belanda.

Jika kita membandingkan lembaga atau badan usaha lainnya, koperasi mempunyai karakternya sendiri. Karakter yang sangat melekat pada koperasi adalah sistem kekeluargaan dan gotong royong dalam pengelolaannya.

Oleh karena itu koperasi sangat lekat dengan labelling sebagai suatu badan usaha yang berpihak pada rakyat.

Beberapa hal yang membedakan antara satu koperasi dengan koperasi lainnya adalah jenis usaha, tingkatan, status anggota, dan fungsinya.

Misalkan jika melihat berdasarkan jenis usaha koperasi mempunyai beberapa jenis. Yaitu: Koperasi Produksi, Koperasi Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam, dan Koperasi Serba Usaha.

Dari sekian banyak jenis koperasi, Koperasi Simpan Pinjam merupakan yang paling populer di kalangan masyarakat. Karena KSP berperan seperti “malaikat” ketika mereka tidak bisa mengakses bank.

Baca yuk, 15 Cara Mencari Pembiayaan Usaha Tanpa Pinjam Bank

Pada beberapa kalangan masyarakat, KSP dikenal dengan sebutan Koperasi Kredit. Karena KSP mempunyai layanan pinjaman uang sekaligus menjadi tempat menyimpan uang bagi anggotanya.

Pada prinsipnya uang yang dipinjamkan merupakan dana dari anggota yang dikumpulkan oleh koperasi. Atau seseorang yang mau meminjam uang ke KSP maka dia harus mendaftar dulu menjadi anggota.

Proses pengajuan pinjaman yang mudah dan tak berbelit-belit menjadi salah satu keunggulan KSP. Ini menjadi pilihan tepat bagi Anda ketika membutuhkan modal usaha dengan cara yang sederhana.

Meski cara kerjanya mirip sebagai lembaga keuangan, namun KSP bukanlah bank dan tidak bisa disamakan dengan bank.

Meski sekarang kita bisa menemui banyak KSP yang sudah mempunyai lisensi dari OJK , Otoritas Jasa Keuangan, sebagai lembaga keuangan yang aman secara transaksi dan sistem keuangan.

Standar berdirinya sebuah KSP biasanya diawali oleh beberapa anggota perseorangan dengan sifat terbuka serta pengelolaan yang mandiri.

Seperti koperasi pada umumnya, kekuasaan tertinggi pada KSP ada pada Rapat Anggota Tahunan (RAT). Keuntungan koperasi diperoleh dari sisa hasil usaha (SHU) dan dibagikan kepada seluruh anggota secara proporsional berdasarkan kontribusi mereka.

Fungsi Koperasi Simpan Pinjam

Dalam pidato banyak pejabat, mereka sering mengatakan bahwa Koperasi merupakan sokoguru ekonomi bangsa.

Meski pidato ini hanya formalitas belaka, karena nyatanya mereka lebih berpihak pada pengembangan industri kapitalis.

Meski minim dukungan dari pemerintah, tapi nyatanya koperasi masih bisa eksis di tengah masyarakat. Khususnya KSP yang membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi rakyat.

Oleh karena itu, koperasi tetap mendapat tempat di hati masyarakat, walaupun saat ini banyak pinjaman berbasis teknologi informasi yang menawarkan kemudahan tapi banyak memakan korban.

Ada beberapa bidang usaha yang biasa dilakukan oleh KSP, yaitu :

  • Pengumpulan dana berupa simpanan maupun tabungan anggota
  • Penyaluran dan pemberian bantuan pinjaman kepada anggota maupun calon anggota
  • Tambahan modal usaha bagi anggota maupun calon anggota
  • Pelayanan pembelian maupun penjualan barang baik tunai maupun kredit.

Dengan pelayanan yang sudah hampir mirip dengan bank, sangat wajar jika KSP kerap menjadi pilihan  masyarakat saat memiliki kebutuhan mendesak.

Jika Anda belum menjadi anggota sebuah KSP, jangan khawatir tidak bisa meminjam uang. Karena saat Anda akan meminjam ke KSP, Anda akan secara otomatis ditambahkan menjadi anggota KSP.

Nah bagi Anda yang ingin menjadi anggota koperasi atau melakukan pinjaman ke KSP. Cukup mengikuti persyaratan berikut: Warna Negara Indonesia (WNI), membayar simpanan pokok dan wajib sesuai ketentuan lembaga, kemudian menyetujui anggaran dasar (AD), anggaran rumah tangga (ART), dan ketentuan khusus koperasi.

Tentu ketika Anda meminjam sejumlah uang, maka akan dipotong sekian persen untuk simpanan pokok. Simpanan pokok merupakan syarat pertama bagi anggota untuk menjadi anggota KSP.

Bunga KSP tergolong lebih rendah daripada bunga pinjaman Bank secara umum, namun lebih besar daripada pinjaman KUR yang memang khusus ditujukan untuk membantu pedagang kecil.

Namun dengan syarat pengajuan KUR yang lumayan kompleks, maka KSP adalah solusi jika Anda tidak lolos pengajuan KUR pada sebuah Bank.

Peran Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi merupakan lembaga keuangan non-bank dengan badan hukum dan dijamin oleh undang – undang Nomor 17 Tahun 2021.

Pada masa lalu, KSP memang didirikan oleh satu komunitas, namun kini juga banyak KSP yang sengaja didirikan dengan dukungan investor yang memang bertujuan untuk menjadi badan usaha layanan jasa keuangan.

Siapapun pendiri sebuah KSP, lembaga ini tetap memiliki peran yang strategis. Terutama dalam memperkuat ekonomi anggotanya.

Melalui penyaluran kredit KSP membantu meningkatkan kesejahteraan anggota. Lalu dengan menerapkan bunga ringan, KSP merupakan pilihan tepat bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan transaksi keuangan serta terhindar dari jeratan rentenir.

Banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya KSP untuk mendapatkan modal usaha secara mudah dan murah.

Maka KSP mempunyai kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyaluran kredit kepada usaha-usaha produktif, untuk membuka usaha atau memperbesar kegiatan usaha.

Dalam skala yang lebih besar, KSP turut berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Keberadaan koperasi yang begitu dekat dengan kawan -kawan UMKM dan membantu masalah mereka tentang permodalan.

Dengan banyaknya UMKM di Indonesia, tentu tidak semua bisa dicover oleh layanan pinjaman Bank. Sehingga kehadiran KSP menjadi oase di tengah padang pasir bagi mitra UMKM.

Secara tidak langsung peran KSP yang memberikan pinjaman modal usaha akan mendorong ekonomi nasional untuk terus tumbuh.

Last but not least, peran strategis lain dari KSP adalah sebagai tempat atau lembaga penyimpanan uang selain bank.

Jadi KSP ini tidak hanya berperan untuk meminjamkan uang, tapi juga sebagai lembaga penyimpanan. Karena jika semua anggota meminjam tanpa menyimpan, lalu darimana KSP bisa mendapatkan uang untuk meminjami anggota lainnya. Hehe

Satu lagi yang perlu disebutkan adalah mengenai dua kelebihan yang dimiliki oleh koperasi, meski tidak semua koperasi menerapkannya.

Pertama, bunga deposito koperasi lebih tinggi dibanding bank. Kedua, adalah pajak bunga simpanan di koperasi lebih kecil dibanding bank. Inilah mengapa koperasi juga menarik untuk dijadikan sebagai ladang investasi.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis di sektor UMKM, boleh jadi koperasi akan menjadi jembatan untuk meningkatkan usaha Anda. Khususnya jika Anda sedang membutuhkan modal usaha.

Karena tujuan utama KSP adalah untuk memberikan solusi keuangan kepada para anggota, calon anggota, dan tentu saja bagi pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha.

Ragam Istilah Simpanan pada Koperasi Simpan Pinjam

Sebagai sebuah lembaga dengan karakter khusus, koperasi simpan pinjam juga mempunyai beberapa istilah permodalan yang mendorong operasional lembaga. Beberapa macam permodalan adalah : Simpanan wajib, merupakan jenis simpanan yang harus dibayarkan oleh anggota setiap bulan.

Simpanan pokok, merupakan simpanan awal yang menjadi biaya pendaftaran keanggotaan KSP bagi calon anggota. Simpanan pokok ini bersifat wajib.

Simpanan sukarela, simpanan yang bersifat fleksibel dan sukarela karena nominal dan waktunya sesuai keinginan masing – masing anggota.

Dana cadangan, merupakan sisa dari SHU yang kemudian bermanfaat untuk membiayai operasional KSP.

Hibah atau donasi,  merupakan dana yang berasal dari pihak lain, baik atas nama badan usaha maupun personal, sebagai modal yang bisa digunakan untuk menjalankan usaha.

Modal pinjaman, merupakan dana hasil peminjaman dari lembaga lain oleh jajaran pengurus koperasi untuk memperkuat modal koperasi.

Baca juga, 10 Pinjaman Modal Usaha terbaik

Penutup

Koperasi Simpan Pinjam merupakan lembaga keuangan alternatif bagi masyarakat yang lebih baik jika membandingkannya dengan pinjaman online yang seringkali menjebak para peminjamnya. Meski ada beberapa aplikasi yang kini sudah bersertifikat OJK.

Satu hal yang pasti, mau meminjam di KSP atau aplikasi pinjol, Anda harus memahami aturan main dari lembaga peminjaman tersebut. Jangan sampai karena dalam keadaan mendesak lalu hanya mengiyakan saja apa yang mereka katakan.

Kewaspadaan dan membaca aturan dengan teliti adalah kunci bagi kita untuk mendapatkan keamanan transaksi finansial. Semoga kita semua bisa segera bangkit dari pandemi ini dan menjalani kehidupan dengan normal kembali.

Tinggalkan komentar