10 KPR Terbaik yang Bisa Milenial Pertimbangkan Tahun 2020

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah sebuah program kredit/cicilan yang dilakukan untuk mendapatkan kepemilikan rumah. KPR menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia, bahkan berdasarkan data Bank Indonesia per-triwulan I tahun 2018 sebanyak 75,8% masyarakat Indonesia menggunakan KPR untuk memiliki rumah.

Dapat di bilang bahwa memiliki rumah tinggal merupakan kebutuhan dasar semua orang. Tetapi rasanya akan sangat berat dan lama sekali jika kita hanya mengandalkan tabungan. Jika di hitung secara matematis, mungkin setelah berpuluh tahun kita baru bisa memiliki rumah, atau bahkan tidak sama sekali. Mengingat godaan menggunakan uang untuk berbagai keinginan lainnya cukup tinggi.

Padahal rumah termasuk aset yang bisa di wariskan. Oleh karena itu, KPR menjadi alternatif solusi untuk bisa mendapatkan rumah secara lebih ringan dan cepat, yakni dengan cara di cicil. Saat ini berbagai produk KPR telah tersedia di Indonesia, berikut adalah 10 KPR terbaik yang bisa Anda pertimbangkan!

1. BTN BP2BT

Sejak dulu bank BTN sudah terkenal dengan KPR-nya, hingga saat ini bank BTN memiliki produk-produk KPR yang di rancang sesuai kondisi khusus masyarakat. Anda tidak perlu khawatir jika Anda ingin memiliki rumah tetapi merasa gaji masih kecil. Karena KPR BTN BP2BT bisa menjadi alternatif solusi bagi Anda untuk mendapatkan rumah tinggal sendiri.

Salah satu syarat dan ketentuan dari KPR BTN BP2BT adalah gaji/penghasilan pokok tidak melebihi Rp 6.500.000 untuk pembelian Rumah Tapak dan Pembangunan Rumah Swadaya atau Rp 8.500.000 untuk Rumah Sejahtera Susun. Memang, KPR bersubsidi ini adalah hasil program kerja sama antara Bank BTN dengan Kementerian PUPR yang hendak mendorong agar masyarakat Indonesia bisa hidup lebih sejahtera dengan memiliki rumah tinggal sendiri.

Jadi, selain harga rumah yang lebih murah, lewat KPR BTN BP2BT masyarakat yang telah mempunyai tabungan untuk pembelian rumah tapak dan pembangunan rumah swadaya juga dapat menikmati kelebihan lainnya seperti :

  • Uang muka yang di bayarkan minimal 5% saja
  • Diberikan subsidi uang muka dari pemerintah. Besaran subsidi uang muka tersebut bisa mencapai Rp. 34.500.000
  • Kelebihan lainnya ada pada jangka waktu pembayaran cicilan yg cukup lama yakni 20 tahun

Tentu saja rumah yang hendak di beli harus sesuai dengan ketentuan pemerintah. Untuk mengajukan KPR BTN BP2BT ini jangan lupa untuk mempertimbangkan besaran bunga setiap cicilan yang nantinya harus di bayarkan. Berikut adalah daftar suku bunga KPR BTN BP2BT ini :

  • Suku bunga tahun pertama : 10%
  • Suku bunga tahun kedua : 11%
  • Suku bunga tahun ketiga : 12%
  • Suku bunga tahun keempat : floating dengan tetap memperhatikan batas tertinggi yang ditetapkan Pemerintah

2. KPR BRI

KPR BRI

KPR lainnya yang bisa Anda andalkan adalah KPR BRI. Jika KPR BP2BT mensyaratkan kriteria rumah yang akan di beli harus sesuai dengan ketentuan pemerintah, maka dengan KPR BRI Anda bisa lebih dari itu.

KPR BRI mencoba memberikan solusi jika seandainya Anda memiliki kriteria rumah impian di luar ketentuan pemerintah seperti rumah tinggal, apartemen, condotel, ruko atau rukan. Hal ini berlaku baik untuk kondisi pembelian baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over/take over top up dari bank lain.

Disisi jangka waktu KPR, KPR BRI kurang lebih sama dengan KPR BTN BP2BT yakni 20 tahun. Tetapi KPR BRI menawarkan berbagai kelebihan lainnya, seperti proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat, suku bunga ringan yang kompetitif, juga disertai asuransi jiwa kredit dan asuransi kerugian/kebakaran. Mengenai DP-nya sendiri KPR BRI ketentuan minimumnya adalah 10% dari total harga rumah.

3. KPR BCA

KPR BCA

KPR BCA bukan hanya memberikan pinjaman kredit untuk rumah atau ruko baik dalam kondisi baru maupun second tapi juga peminjaman dana KPR untuk melakukan renovasi rumah. KPR BCA juga sudah bekerjasama dengan banyak developer sehingga Anda lebih leluasa memilih developer kepercayaan Anda.

Pengajuan KPR secara online bisa di lakukan dengan memiliki KPR BCA. Anda hanya perlu mengisi formulir pengajuan KPR di website melalui smartphone Anda. Karena sudah berbasis digital, KPR BCA juga menyediakan fitur cek status pengajuan KPR secara realtime. Caranya dengan memasukkan nomer referensi dan tanggal lahir maka Anda bisa mengecek status pengajuan dalam fitur “tracking KPR”. Sangat mudah bukan?

Mengenai suku bunganya sendiri, KPR BCA termasuk kedalam daftar KPR dengan bunga yang rendah dan menarik. Rata-rata, banyak orang menjadi ragu dan menunda-nunda pengajuan KPR dikarenakan khawatir dengan suku bunga yang tidak tentu dan suatu saat bisa sangat besar. Nampaknya KPR BCA mencoba menjawab masalah tersebut dengan ketentuan suku bunga yang lebih stabil dan bisa dikatakan cukup rendah selama 5 tahun sementara tenornya hampir sama seperti yang lain yakni hingga 20 tahun.

Ketentuan suku bunga tersebut berupa program yang bisa Anda pilih sebagai berikut:

  • Suku bunga FIX 1-2 tahun sebesar 8,75 %
  • Suku bunga FIX 3 atau 5 tahun sebesar 8 %-8,5%
  • Suku bunga FIX & CAP selama 5 tahun sebesar 8% untuk 3 tahun dan 9% untuk 2 tahun

Selain itu terdapat biaya administrasi KPR yang harus di bayarkan jika Anda mengajukan KPR BCA :

  • Plafon s/d 1 Milyar : Rp. 500.000
  • Plafon lebih dari 1- 3 Milyar: Rp. 750.000
  • Plafon lebih dari 3 Milyar : Rp. 1.000.000

4. Mandiri KPR

Mandiri KPR

Seperti namanya, Mandiri KPR adalah kredit kepemilikan rumah milik Bank Mandiri. Mandiri KPR dapat memberikan kredit untuk membeli rumah tinggal, apartemen, ruko/rukan, baik melalui developer atau tidak.

Suku bunga Mandiri KPR untuk 3 tahun pertama cukup rendah yakni bunga fix selama 3 tahun mulai dari 7.58%. Sementara setelahnya, mengikuti bunga floating seperti biasanya. Ada beberapa fitur Mandri KPR yang patut Anda pertimbangkan yakni seperti :

  • Mandiri KPR Take Over
    Adalah pembiayaan untuk pengambilalihan kredit dari KPR bank lain, dengan maksimum limit kredit sebesar sisa pinjaman yang terakhir di bank asal atau limit kredit baru sesuai dengan perhitungan bank. Kelebihannya, apabila jumlahnya lebih besar dari sisa pinjaman terakhir di bank asal, Anda bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan lain yang Anda perlukan.

  • Mandiri KPR Top Up
    Yakni penambahan limit kredit untuk mandiri KPR yang sudah berjalan minimal satu tahun. Syaratnya pembayaran angsuran selama 6 bulan terakhir berjalan lancar.
  • Mandiri KPR Flexible
    Sistem lainnya yakni Mandiri KPR Flexible, merupakan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel. Hal ini memungkinkan Anda untuk membeli rumah tinggal, ruko, rukan, apartemen dengan jangka waktu dan pembagian jumlah kreditnya yang bisa di atur sendiri.
  • Mandiri KPR Angsuran Berjenjang
    FItur terakhir dari Mandiri KPR adalah KPR angsuran berjenjang. KPR ini memberikan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ketiga sehingga memudahkan karyawan untuk membeli rumah. Tetapi perlu di ketahui bahwa pada tahun keempat, jumlah angsuran akan kembali normal.

5. Mandiri KPR Milenial

Mandiri KPR Milenial

Selain Mandiri KPR, bank Mandiri juga membuka produk KPR yang di rancang khusus mienial yakni Mandiri KPR Milenial yang dimulai dengan uang muka 0%. Jika Anda merupakan generasi milenial yang baru memulai karir atau sudah beberapa tahun meniti karir dan sedang memikirkan bagaimana caranya untuk memiliki rumah tinggal, Mandiri KPR Milenial mungkin bisa menjadi jawabannya.

LImit kredit yang bisa di ajukan dengan Mandiri KPR Milenial adalah sebesar Rp.200.000.000 hingga Rp.3.000.000.000 (dengan syarat & ketentuan tertentu). Tentu saja limit tersebut terhitung cukup besar, Anda sebagai generasi milenial sangat berkesempatan untuk memiliki rumah impian di usia muda. Tetapi tenor cicilan KPR yang di tawarkan Mandiri KPR Milenial pilihannya hanya dari 10, 15, 20, dan 25 tahun saja. Anda bisa menetukannya sesuai kemampuan finansial saat ini.

6. KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga

KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga memiliki 2 program KPR yakni KPR konvensional dan syariah. Salah satu program KPR konvensional dari bank CIMB Niaga yang bisa menjadi pilihan KPR Anda adalah KPR Xtra Manfaat Niaga. KPR ini memiliki penawaran menarik bagi Anda yang ingin menggapai rumah impian dan juga terbebas dari beban bunga KPR.

Apakah KPR Xtra Manfaat Niaga bisa membiayai selain cicilan rumah?

Ya, tentu saja! Seperti namanya, KPR Xtra Manfaat Niaga juga bisa di manfaatkan untuk berbagai keperluan. Anda bisa membeli properti selain rumah karena selain pembelian rumah KPR Xtra Manfaat Niaga bertujuan dalam pembiayaan pembelian apartemen, ruko/rukan, tanah kavling, alih pinjaman, renovasi rumah dan juga multiguna top up.

Salah satu program unik dari KPR ini adalah penawaran pengurangan bunga yakni dengan menyimpan semakin banyak saldo dalam tabungan CIMB Niaga yang terhubung dengan KPR. Jadi, sebesar 80% dari saldo tabungan Anda yang terhubung dengan KPR Xtra Manfaat diperhitungkan sebagai pengurang dalam perhitungan porsi bunga KPR.

Menarik ya?

7. BNI Griya Gue

BNI Griya Gue

Satu lagi yang sudah go online adalah BNI Griya Gue dari Bank BNI. Anda bisa melakukan pengajual KPR lewat pendaftaran lewat website BNI dan bahkan hanya lewat aplikasi mobile banking BNI saja. KPR ini sepertinya menyasar pasar generasi milenial yang sangat lekat dengan kepraktisan dan teknologi. Selain itu, bunga KPR dalam 2 tahun pertama lebih ringan dari yang lain yakni sebesar 6,75% p.a fixed 2 tahun pertama.

Baca juga : Berikut 8 Tips Membeli Rumah Impian

Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari BNI Griya Gue adalah jangka waktu yang lebih panjang yakni 30 tahun. Dan yang terpenting untuk mengawali KPR adalah DP. Jika KPR lain masih menawarkan 20%-30% DP, maka dengan BNI Griya Gue, Anda bisa memulai KPR dengan cicilan DP mulai dari 0%.

8. KPR Danamon

KPR Danamon

Jika Anda hendak membeli properti selain rumah, KPR Danamon patut untuk Anda pertimbangan. Sebab selain bertujuan untuk membiayai pembiayaan pembelian rumah, KPR Danamon juga bisa membiayai pembelian properti lain seperti ruko, apartemen, renovasi rumah, konstruksi rumah, kavling dan villa dengan pengajuan KPR hingga Rp. 15.000.000.000. Itu adalah nilai limit tertinggi di antara semua KPR yang telah kita bahas.

KPR Danamon memiliki beberapa ketentuan tujuan penggunaan KPR di antaranya :

  • KPR untuk pembelian rumah / ruko / rukan / rumah usaha / asrama baik baru maupun bekas memiliki tenor angsuran selama 1-20 tahun
  • KPA untuk pembelian apartemen dengan maksimal pinjaman lebih rendah yakni RP. 8.000.000 dan tenor angsuran 1-15 tahun
  • Kredit untuk memperbaiki rumah tinggal, ruko/ rukan / apartemen hanya memiliki jangka waktu angsuran 1-10 tahun
  • Sedangkan untuk pembelian tanah kavling tnor angsurannya hanya 1-7 tahun saja

9. Maybank KPR AKUBISA

Maybank KPR AKUBISA

Ternyata banyak bank yang membat produk KPR untuk milenial, salah satunya yakni Maybank KPR AKUBISA dari Maybank. Jika KPR khas milenial lain berani untuk memberikan DP 0%, lain lagi dengan Maybank KPR AKUBISA yang mensyaratkan pembayaran DP minimal 5% saja. Walaupun demikian angka DP ini tentu jauh lebih rendah di banding KPR biasanya. Tenor yang di berikan untuk cicilanpun sangat panjang yakni maksimal 30 tahun.

10. KPR Panin

KPR Panin

KPR terakhir yang akan kita bahas adalah KPR Panin dari PaninBank. KPR Ini cocok untuk Anda yang menginginkan suku bunga fix di tahun awal KPR. Bahkan KPR Panin memberikannya selama 3 tahun untuk Anda dengan bunga fixed yang rendah yakni 6,88%. KPR Panin dapat di gunakan untuk pembelian tempat tinggal, investasi, pembangunan kavling, renovasi, konstruksi dan refinancing.

Baca juga :

Kelebihan lainnya dari KPR Panin berada dalam proses pengajuan yang cukup cepat yakni 3 hari kerja saja. Untuk tenor angsuran KPR Panin hampir sama seperti KPR lainnya yakni maksimal 20 tahun. Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa mengatur pendapatan Anda untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Jika anda milenial dan ingin memiliki rumah, anda bisa membaca tips dan strategi bagaimana anda bisa memiliki rumah sendiri pada artikel lain berjudul cara milenial memiliki rumah sendiri.

Tanya jawab :

Apa itu KPR ?

Merupakan produk pembiayaan atau pinjaman yang diberikan kepada pembeli rumah dengan skema pembiayaan Bank/ perusahaan pembiayaan dengan persentase tertentu dari harga rumah atau properti.

Jenis-jenis KPR di Indonesia ?

KPR Konvensional dan Syariah

Apa persyaratan pengajuan kredit KPR?

1. Warga Negara Indonesia
2. Usia 21 – 50 tahun pada saat jatuh tempo pinjaman.
3. Memiliki penghasilan rutin per bulan
4. Lama bekerja minimal 2 tahun
5. Lokasi tempat tinggal, tempat bekerja dan obyek jaminan harus berada di wilayah operasional bank yang diajukan KPR.

Itulah 10 KPR yang bisa Anda pertimbangkan untuk membanty mewujudkan berbagai impian Anda dengan cara yang lebih ringan. Pelajari lebih lanjut syarat dan ketentuan KPR pilihan Anda serta sesuaikan dengan kemampuan finansial saat ini untuk mencicil KPR.

Tinggalkan komentar