Kumpulan Kata-kata Promosi Agar Pembeli Datang

Pernah melihat ramainya pelanggan sebuah olshop, bahkan pemesanannya harus pre-order karena saking besarnya permintaan? Hal ini tentu tidak terjadi secara tiba-tiba. Dalam menjual barang atau jasa perlu seni komunikasi penjualan. Hal inilah yang menjadi salah satu aspek penting dalam kesuksesan penjualan, yakni kata-kata promosi.

Kata-kata promosi memang bisa berdampak yang cukup signifikan. Yang tadinya sebuah produk tidak dilirik sama sekali, tapi dengan kata promosi yang tepat akan mampu menarik perhatian para calon pelanggan saat membacanya. Initinya kata-kata promosi ini mampu memperkuat awarness terhadap brand dan bahkan mengubah sikap pelanggan untuk membeli produk. Jadi penting sekali bagi para pengusaha untuk mengetahui bagaimana kata-kata promosi yang memiliki daya pikat dan juga tepat.

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi mengenai kata-kata promosi, berikut adalah beberapa ide promosi yang bisa Anda pertimbangkan!

1. Kata-Kata Promosi “Terbaru”

Kata-Kata Promosi “Terbaru”

Secara alamiah, orang-orang biasanya suka penasaran dengan hal-hal baru di dunia ini. Hal-hal baru yang ternyata bisa memancing perhatian audiens ini bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis Anda.

Apalagi jika Anda punya produk, layanan atau value apapun yang bersifat baru. Entah itu sifatnya mengambil dari sudut pandang bisnis Anda ataupun audiens, intinya hal yang baru bisa menjadi stimulus menarik bagi target pasar.

Anda bisa menggunakan kata “Terbaru” atau sejenisnya seperti :

  • New product!
  • Ada yang baru nih!
  • Fresh from the oven!”

Anda bisa mengkreasikan kata “Terbaru” sesuai konsep bisnis yang ingin di promosikan dengan kata-kata yang lebih unik, original dan antimainstream. Namun pada intinya, menggunakan kata promosi “Terbaru” bisa membantu Anda mendapatkan perhatian calon pelanggan.

Sekarang, coba refleksikan apakah ada program, produk, atau value lain dari bisnis Anda yang bisa di racik dengan kata-kata promosi yang satu ini?

2. Menggunakan Kata “Terbaik”

Anda juga bisa menggunakan kata “Terbaik” untuk mempromosikan usaha Anda. Kata ini juga berasal dari alam bawah sadar manusia yang menginginkan produk/ jasa yang memuaskan atau berkualitas. Namun Anda harus hati-hati menggunakan kata “Terbaik”, jangan sampai terkesan “over claim”. Anda juga harus berpijak pada data dan kenyataan, apalagi jika seandainya brand Anda masih kecil.

Menggunakan Kata “Terbaik”

Tujuan dari penggunaan kata “Terbaik” ini sebatas menunjukan kesan dan orientasi bisnis Anda adalah menghasilkan produk/ jasa yang berkualitas untuk pelanggan. Contoh penggunaan kata “Terbaik” untuk promosi seperti :

  • Jual beli hp bekas, dapatkan harga terbaik hanya di Tokohapeku!
  • Mamimart, solusi terbaik untuk semua kebutuhan rumah Anda
  • Sayuran dan buah-buahan terbaik untuk keluarga Indonesia, hanya di Freshmart

3. Menggunakan Kata “Hemat”

Selain kata “Terbaru” dan “Terbaik, masih ada kata-kata lainnya yang punya daya tarik luar biasa bagi calon pelanggan yakni “Hemat”. Ya, kata “Hemat” juga tidak kalah impactfulnya loh!

Walaupun murah dan mahal itu punya standart yang berbeda-beda bagi setiap orang, di sadari atau tidak orang lebih suka memilih produk/ jasa yang bisa menguntungkan secara harga.

Jadi dengan kata “Hemat” yang kurang lebih artinya melakukan pembelian dengan nominal harga yang lebih murah dari biasanya, bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk pelanggan. Apalagi ibu-ibu yang biasanya perhitungan soal harga.

Anda bisa menggunakan kata “hemat” ini untuk berbagai konteks, contohnya :

  • Beli 2 hemat Rp 5000, beli 3 hemat Rp 10.000!
  • Yuk intip paket hemat bulan ini
  • Minimal pembelian Rp. 100.000 bisa hemat sampai dengan Rp 50.000

Untuk menggunakan kata “Hemat” ini, pastikan Anda sudah mengkonsep program promosi pada usaha Anda terlebih dahulu ya. Supaya kalimat promosi Anda bisa lebih tepat sasaran.

4. Menggunakan Kata-kata Promosi “Bonus”

Menggunakan Kata-kata Promosi “Bonus”

Siapa yang tidak senang jika di beri bonus? Bonus juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan ketika membeli produk/jasa sehingga potensi repurchase (pembelian kembali) juga semakin tinggi. Jika Anda sedang mencari ide promosi, kenapa tidak mencobanya dengan menggunakan strategi pemberian bonus spesial.

Bonus bukan hanya bisa menarik perhatian pelanggan, tapi juga meningkatkan brand awarness jika pelanggan puas dengan produk/layanan Anda. Anda bisa memberikan bonus berupa voucher, produk, atau barang lainnya. Berikut contoh kalimat promosi yang menggunakan kata “Bonus”!

  • Bonus voucher diskon 20% untuk pelanggan setia!
  • Bonus Kopi Susu untuk pembelian 3 cup Kopi apa saja
  • Dapatkan bonus mainan karakter Toy Story setiap pembeli Paket Kiddo

Kira-kira bonus apa yang cocok untuk mempromosikan bisnis Anda?

5. Kata-kata “Gratis”

Jika Anda masih merasa belum pas dengan penggunaan kata-kata promosi pada poin 1-4, tenang saja masih Anda kata lainnya, yakni “Gratis”. Yup! Siapa yang tidak suka sesuatu yang berbau gratisan?

Biasanya audiens akan merasa tertarik jika melihat atau mendengar kata “Gratis”. Meskipun ada syarat dan ketentuan, pembeli tetap akan tertarik jika hal tersebut di anggap tidak memberatkan. Nah, disinilah peluang dalam mempromosikan usaha Anda.

Anda bisa menyesuaikan program promosi “Gratis” dengan target yang ingin di capai. Karena biasanya cara dan dampaknya akan berbeda. Misalnya jika kita cenderung ingin mendapatkan brand awareness terlebih dahulu, maka sebaiknya buat syarat dan ketentuan program promosi “Gratis” yang mudah saja. Contoh pembelian produk A gratis produk B.

Kami juga memiliki artikel menaril lain lho, di 6 Tips Menjual Produk Agar Cepat Sukses Dalam Berbisnis.

Tapi jika ada target keuntungan yang juga cukup besar, maka Anda bisa membuat program gratis yang menarik dan worth it dengan syarat dan ketentuannya. Anda bisa membuat kalimat promosi dari kata “Gratis” dengan bermacam program promosi. Bisa gratis ongkir, gratis produk tertentu, dll. Contohnya :

  • Booking tiket pesawat di bulan februari, gratis voucher makan di Mcd bandara mana saja
  • Gratis 1/2 dozen donut untuk pembelian 2 kopi
  • Gratis kerudung pashmina setiap pembelian minimal Rp 100.000 di tokohijabku

6. Promo All Item

Promo All Item

Ada lagi kata-kata yang bisa membuat banyak orang tertarik mampir ke toko Anda yakni dengan kata “Promo all item”. “Promo all item” memberi kesan kalau harga semua produk di toko Anda sedang “tidak wajar” alias murah. Tentunya pelanggan tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini bukan?

Sebaiknya ukur frekuensi waktu jika menggunakan jenis promo ini, jadi jangan terlalu sering. Jika promo ini selalu di gunakan setiap waktu, maka pelanggan akan merasa bahwa promo all item tidak lagi menarik toh mereka bisa mendapatkan harga tersebut kapanpun. Jadi tidak ada unsur desakan.

Namun ini akan berbeda jika And amenggunakannya pada waktu-wkatu tertentu, misalnya pada ulang tahun toko Anda, menjelang hari raya atau akhir tahun.

Momen-momen tersebut sangat pas jika “Promo all item” ini digunakan, karena biasanya orang-orang sudah menyiapkan budget belanja. Lalu Anda tinggal menyediakan barang/jasanya. Apalagi dengan “Promo all item”, maka pelanggan akan semakin terdorong untuk tidak menyia-nyiakan promo tersebut. Berikut beberapa contoh penggunaan kalimat “Promo all item”!

  • Remember December : Promo All item di Narashop
  • GCoffee birthday party, Promo all item 1-5 Maret 2021
  • Promo All Item Selama Ramadhan

7. Sale

Sale

Potongan harga juga menjadi hal yang di sukai oleh banyak orang. Oleh karena kata “Sale” sudah tidak asing lagi digunakan dalam dunia marketing. Kata “Sale” ini memang memiliki dampak menarik perhatian calon pelanggan, apalagi jika di tambahkan dengan kesan sale besar-besaran ataupun kata yang mampu memberi efek mendesak seperti “Big sale”, “End Year Sale”, “Sale Now” dll. Dengan kata-kata tersebut pelanggan akan semakin tertarik melirik toko Anda.

Kalimat ini cukup powerful karena secara umum orang-orang mudah tergiur dengan penawaran menarik. Anda tinggal membuat konsep sale yang cocok sesuai dengan konteks bisnis Anda masing-masing. Jika butuh contoh kalimatnya, berikut contoh kalimat promosi yang menggunakan kata “Sale”!

  • 12.12 Sale! Promo all item
  • Big Sale up to 70% hanya di bulan Agustus
  • Special Sale 50% untuk yang berulang tahun di bulan Agustus

8. Berikan Garansi

Berikan Garansi

Selain promo potongan harga atau penawaran bonus, pemberian garansi juga sangat penting dalam dunia pemasaran. Hal ini karena orang-orang pastinya ingin membeli produk baik itu barang/ jasa yang berkualitas.

Sehingga dengan “Garansi”, akan bisa meningkatkan rasa aman pembeli karena memberi kesan bahwa toko Anda lebih bisa di percaya. Tentunya, garansi ini harus bisa Anda pertanggung jawabkan, karena jika over claim, justru promo ini akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda.

Sebenarnya garansi juga bukan hanya terpatok pada produk saja, tapi bisa juga value lainnya yang ingin Anda tawarkan misalnya saja garansi layanan. Jika Anda melihat adanya kebutuhan akan garansi layanan yang memuaskan bagi pelanggan dan toko Anda mampu memberikan hal tersebut maka tidak ada salahnya menggunakan promosi garansi layanan.

Yuk baca artikel lainnya, 15 Cara Promosi Produk yang Ampuh Online Maupun Offline.

Anda bisa mengkreasikan kalimat promosi garansi ini seunik mungkin. Tidak mesti kaku menggunakan kata “garansi”. Contoh kalimat promosi yang memberikan garansi misalnya :

  • Korean Street Food 100% Halal
  • Dessert Nawa, Made from Premium Ingredients
  • Hanya menjual produk asli, Garansi uang kembali

9. Ada Unsur Desakan (Pembatasan)

Ada Unsur Desakan (Pembatasan)

Unsur desakan sempat di bahas sekilas pada poin 6. Salah satu cara menarik dan mengubah sikap pembelian adalah dengan memberikan unsur desakan pada pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa harus segera membeli produk Anda ketika melihat atau mendengar promo tersebut.

Desakan ini bisa behubungan dengan waktu ataupun stok. Misalnya promo cuci gudang ataupun sale yang di batasi sampai waktu tertentu saja. Promo cuci gudang identik dengan barang-barang sisa stok yang masih berkualitas namun harganya super murah. Karena ini sisa stok tentu jumlah dan jenisnya terbatas, sehingga pelanggan yang tertarik harus segera mengambil tindakan untuk membelinya.

Baca juga yuk, 10 Rahasia Bisnis Orang Tionghoa Agar Sukses dan Cepat Kaya.

Promo pembatasan waktu juga memberikan efek yang sama, yakni mendorong sikap pembelian sesegera mungkin karena pelanggan akan kehilangan kesempatan potongan harga jika melewatkannya. Contoh kata-kata promosi menarik yang mengandung unsur desakan seperti :

  • Cuma hari ini! Diskon 50% all item
  • Cuci Gudang! Kapan lagi dapat barang branded harga miring?
  • Catat tanggalnya! 5-7 Juli 2021, 75% Sale di Lunashop

Penutup

Sudah mulai tergambar bagaimana kalimat promosi yang akan Anda pakai untuk usaha Anda? Sebelum memilihnya, pastikan Anda punya rencana promosi yang cocok untuk konteks usaha Anda. Barulah setelah itu Anda bisa menimbang mana kata-kata promosi yang tepat. Anda juga tentu bisa mengembangkan contoh kata-kata promosi diatas sekreatif mungkin. Itu malah lebih bagus, karena akan melatih Anda memproduksi kata-kata promosi yang sesuai dengan karakter bisnis Anda sendiri.

Tinggalkan komentar