Intip 8 Kunci Sukses Bill Gates Dalam Membangun Bisnis

Siapa yang tidak kenal Bill Gates? Program komputer yang membantu Anda mengetik di PC, Laptop bahkan smartphone Anda bernama Microsoft adalah salah satu karya dari pria asal Amerika bernama lengkap William Henry Gates III.

Pada tahun 2019 yang lalu, Bill Gates di nobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia, mengalahkan Jeff Benzos. Bill Gates juga dikenal sebagai orang terkaya kedua di dunia namun memiliki gaya hidup yang tetap sederhana.

Dengan Microsoft Bill Gates berhasil menghadirkan teknologi yang membuat peradaban lebih baik lagi. Namun dibalik kesuksesannya itu ternyata Bos besar microsoft ini juga pernah mengalami masa-masa sulit yang hampir menghentikan langkahnya dalam berkarir.

Rata-rata, orang yang berhasil meraih kesuksesan dalam hidupnya selalu memiliki prinsip hidup tertentu. Tak terkecuali Bill Gates.

Ia memiliki kisah hidup yang inspiratif dan bisa kita jadikan sebagai pembelajaran. Kali ini kita akan membahas mengenai apa saja prinsip hidup Bill Gates dalam membangun bisnisnya selama ini.

Namun sebelum itu, mari kita berkenalan lebih dekat dengan sosok hebat ini, siapakah ia dan bagaimana latar belakang hidupnya!

Siapakah Bill Gates

Bill Gates mulai menyukai komputer sejak usianya 13 tahun. Pada awalnya Bill Gates bersekolah di sekolah umum, lalu kemudian Bill menghaddiri sebuah sekolah persiapan pribadi di Seattle dan menemukan passionnya dari sana dalam pemrograman komputer.

Pada usianya yang masih mudah, Bill Gates berhasil membuat program komputer pertamanya yakni permainan Tic Tac Toe menggunakan bahasa pemrograman dasar.

Sebelum mendirikan Microsoft, Bill pernah membentuk bisnis pertamanya saat dirinya masih menginjak sekolah menengah. Ia bertemun dengan Paul Allen, lalu mendirikan perusahaan bernama Traf O Data.

Mereka mengumpulkan komputer kecil berdasarkan chip intel, untuk menganalisis data lalu lintas jalan raya negara bagian Washington. Dari situ mereka mendapatkan $20.000.

Namun perusahaan itu harus terhenti karena pada tahun 1973 Bill Gates memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Harvard, sedangkan Paul Allen harus bekerja di sebuah perusahaan.

Keputusan kuliah di Harvard ternyata tidak bisa ia selesaikan sampai lulus. Bill Gates memutuskan untuk keluar dari Harvard dan memilih untuk mengembangkan Microsoft bersama Paul Allen. Hasilnya?

Bill Gates bahkan tercatat dapat memiliki pendapatan sebesar $380 per detiknya dari kepemilikan saham Microsoft. Namun tentunya perjuangan Bill Gates dalam membangun Microsoft tidak mudah. Butuh waktu dan proses yang tidak sedikit.

1. Miliki Semangat yang Besar dan Tindakan yang Seiringinan

Kunci Sukses Bill Gates Dalam Membangun Bisnis

Bill Gates mengatakan bahwa saat ia mendirikan Microsoft ia sangat antusias dan tidak terlalu memikirkan resiko. Ia tahu bahwa perusahaan yang ia dirikan bisa saja gagal dan bangkrut, namun Bill Gates tahu bahwa ia memiliki kemampuan untuk sukses.

Menurutnya, untuk membangun sebuah perusahaan, kita memerlukan banyak tenaga dan wajib untuk siap menghadapi perasaan takut gagal.

Bill Gates juga mengaku, bahwa ia memiliki kebiasaan buruk sewaktu kuliah di Harvard, yakni suka menunda-nunda sehingga tidak jarang ia hanya belajar 2 hari sebelum ujian atau bahkan tidak bisa masuk kelas.

Kebiasaan ini bahkan masih ia lakukan saat masa awal mendirikan perusahaan. Namun akhirnya ia menyadari kalau membuat keputusan perusahaan pada detik-detik terakhir adalah tindakan yang kurang bijak.

Jadi, semangat yang besar tetap harus di iringi dengan usaha kita yang benar-benar kuat untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

2. Berani Mengambil Resiko

Kunci Sukses Bill Gates Berani ambil resiko

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, bahwa Bill Gates memutuskan untuk keluar dari Harvard. Karena keputusannya tersebut BIll Gates di drop out dari dari salah satu univertas terbaik di dunia tersebut. Keputusan tersebut tentu saja mengandung konsekwensi.

Untuk seseorang yang merupakan lulusan Harvard, tentunya kesempatan akan masa depan yang cerah terbuka lebih lebar.

Namun ia memilih drop out dan mendirikan microsoft. Padahal ia pun tahu bahwa ada resiko kegagalan yang harus ia hadapi. Ditambah lagi ia hanya lulusan SMA, dimana kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak cukup sulit pada saat itu.

Dari keputusan Bill Gates tersebut terlihat bahwa Bill Gates bukan hanya memiliki semangat yang besar untuk menjalani passion dan mewujudkan mimpinya.

Tapi ia juga berani mengambil resiko. Kita bisa mengatakan bahwa inilah salah satu tindakan yang juga seiringan dengan antusiasmenya.

3. Bekerja dengan Maksimal

Di balik kesuksesan seseorang, sebenarnya ada proses yang seringkali tidak ingin di lihat orang. Sebenarnya pencapaian Bill Gates dalam membesarkan microsoft jugamustahil terjadi tanpa kerja kerasnya. Bill Gates merupakan sosok yang terkenal pula karena sikapnya yang suka bekerja keras.

Bahkan pada saat mendirikan microsoft, ia hanya tidur 8 jam dalam seminggu dan tetap bekerja pada saat hari minggu.

Tak heran ada ungkapan yang menyatakan bahwa orang sukses memang suka bekerja keras lebih dari orang pada umumnya. Namun demikian, bukan berarti kita harus bekerja tanpa memperhatikan kesehatan. Sebab kesehatan juga merupakan aset terbesar yang perlu di jaga.

Intinya adalah kita bisa memanfaatkan waktu dan tenaga kita semaksimal mungkin untuk fokus mengerjakan apa yang menjadi passion kita. Untuk bisa melakukan itu semua kita tetap memerlukan kesehatan fisik dan juga psikis bukan?

4. Menikmati Apa yang Anda Lakukan

Pada beberapa poin diatas, telah di singgung mengenai passion. Ya, semua keputusan Bill Gates ketika keluar dari harvard hingga mendirikan microsoft di dasari oleh passion.

Kecintaannya pada dunia komputerisasi telah membawanya pada keputusan-keputusan penting dan keberhasilan yang hingga saat ini berdampak besar bagi masyarakat di dunia.

Bill Gates mengatakan bahwa ia akan menghadirkan masa depan pada dunia. Dulu, microsoft hadir dengan konsep windows pada tahun 1983.

Hingga hari ini, hampir seluruh masyarakat di dunia telah mengenal dan menggunakan windows. Tidak hanya sampai di situ, walaupun BIll Gates kini tiak lagi menjabat sebagai ketua, tapi microsoft terus melakukan riset dan inovasi untuk masa depan.

Untuk bisa memiliki semangat yang besar, pengambilan keputusan yang berani serta bekerja keras, Anda perlu menikmati pekerjaan yang Anda lakukan.

Jika Anda menikmati kegiatan yang Anda lakukan, Anda tidak akan terus menerus berhadapan dengan rasa stres yang melumpuhkan.

Justru rasa stres yang datang akan semakin membangun diri Anda untuk terus berkembang, karena Anda benar-benar suka untuk menemukan problem solving untuk setiap masalah yang Anda hadapi dalam pekerjaan.

5. Belajar dari Kesalahan

Kunci Sukses Bill Gates belajar dari kesalahan

Bill Gates pernah mengatakan, “Apa tujuan dari menyalahkan orang lain atas kesalahanmu? Kesalahanmu adalah anggung jawabmu.

Jadi, berhentilah menyalahkan orang lain untuk kesalahan yang kamu buat hanya untuk menghilangkan rasa bersalah. Kesalahan dibuat, untuk di pelajari”.

Poin ini sangat penting dalam menjalani karir dan bisnis, namun seringkali sulit di aplikasikan banyak orang.

Tapi, jika seandainya kita mau belajar untuk tidak mementingkan ego pribadi dan fokus pada kemajuan maka sangat mungkin bisa kita lakukan.

Dengan mempelajari kesalahan, kita menjadi tahu aspek apa yang masih kurang atau harus di perbaiki, kita juga bisa tahu apa yang harus di lakukan dan tidak harus dilakukan di waktu yang bersamaan.

Baca juga : Tips Sukses Bisnis 5P Ala Pendiri Wardah, Nurhayati Subakat

Sehingga kita bisa lebih baik dari sebelumnya dan tidak tidak melakukan kesalahan yang sama secara terus-menerus.

6. Miliki Social Circle yang Tepat untuk Meminta Nasihat

Kunci Sukses Bill Gates meminta nasihat

Siapa yang masih berfikir orang jenius tidak memerlukan saran ataupun orang lain dalam hidupnya? Hal ini salah besar, karena pada kenyataannya manusia tetap memerlukan orang lain untuk menjalani kehidupan yang seimbang. Termasuk orang-orang yang bisa melengkapi kekurangannya dan dimintai nasihat.

Bill Gates mengaku bahwa ia tidak terlalu pandai dalam membuat keputusan apa lagi ketika ia sedang antusias terhadap sesuatu.

Baca juga : Investasi Saham, Inilah Rahasia 8 Cara Kaya Ala Warren Buffett

Namun Bill Gates selalu meminta nasihat kepada ayahnya, dan terutama istrinya yang pandai mengoreksi hal-hal yang tidak terpikirkan oleh Bill Gates sebelumnya.

Jadi menurutnya, jika kita memiliki seseorang untuk melakukan itu, artinya kita memiliki aset yang luar biasa berharga.

7. Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Kunci Sukses tepat dalam memilih partner bisnis

“Semua kesuksesan bisnis yang telah saya capai saat ini berkaitan dengan memilih orang” kata Bill Gates. Keputusannya bekerjasama dengan Paul Allen merupakan salah satu keputusan terpenting dalam sejarah bisnis Bill Gates. Bill Gates mengaku bahwa keputusan bekerja dengan Paul adalah keputusan yang bagus.

Baca juga : Belajar Saham, Kisah Sukses Lo Kheng Hong “Warren Buffett Indonesia”

Bekerja dengan orang-orang bisa dipercaya dan memiliki komitmen yang tinggi adalah salah satu kunci utama yang membuat BIll Gates bisa melakukan pencapaiannya yang luar biasa pada hari ini.

Jadi memilih orang yang akan berpartner dengan Anda adalah hal yang benar-benar krusial.

8. Memiliki Selera Humor

Kunci Sukses Bill Gates memiliki selera humor

Sebagai orang yang cerdas dan cukup ambisius dalam karirnya, mungkin orang-orang akan mengira bahwa Bill Gates merupakan orang yang sangat serius sepenuhnya.

Tapi nyatanya justru Bill Gates menyarankan untuk tetap memiliki selera humor ketika Anda sedang bekerja keras menjalani passion dan impian Anda. Bill Gates mengatakan bahwa tidak baik menjadi orang yang terlalu serius.

Hal ini penting karena dalam perjalanan, kita akan dihadapkan denan berbagai tekanan yang aklan menguji mental dan menguras emosi.

Baca juga : Tips Investasi Ala Raditya Dika Sampai Bisa Pensiun Dini

Dengan memiliki selera humor, kita bisa membuat diri menjadi lebih relax dan bisa mengurangi sedikit tekanan tersebut. Sehingga beban mental dan emosi lebih mudah kita atasi dan bisa melihat permasalahan dengan lebih baik.

Kesimpulan

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis di bidang apapun tentunya kita memerlukan prinsip hidup dan strategi yang tepat.

Hal -hal inilah yang tidak akan pernah selesai kita pelajari, bahkan bagi orang jenius seperti Bill Gates. Keseimbangan dalam hidup menjadi hal penting yang sejalan dengan kefokusannya dalam menjalani mimpinya. Antara bisnis, passion dan sosial.

Bahkan BIll Gates kini memiliki yayasan amalnya sendiri bersama istrinya yang bernama Bill and Melinda Foundation. Yayasan ini kini sudah berdiri sejak tahun 2000.

Di tahun 2010 Bill Gates dan istrinya juga menginisiasi gerakan “The Giving Pledge”, yakni gerakan agar orang-orang terkaya di dunia mau menyumbangkan kekayaannya untuk amal.

Nah, semoga dari 8 kunci sukses Bill Gates diatas dapat memberi Anda inspirasi baru untuk terus mengembangkan passion dan mimpi Anda.

Bagikan ;