8 Manajer Investasi Reksadana Pasar Uang Teratas di Aplikasi Bareksa

Sebagai orang yang baru ingin belajar investasi reksadana, pasti dikenalkan dengan yang namanya Manajer Investasi Reksadana. Investasi jenis ini memiliki beberapa macam pilihan, salah satunya pasar uang.

Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang relatif aman dan mudah untuk pemula yang baru saja mendapatkan penghasilan.

Investasi reksadana pasar uang cocok untuk orang-orang yang ingin berinvestasi tapi memiliki waktu, pengalaman dan modal yang terbatas. Tapi tidak hanya pemula, untuk orang-orang yang ingin berinvestasi dengan resiko lebih rendah daripada treding saham juga bisa menggunakan investasi reksadana ini.

Secara umum ada 4 jenis reksadana yang dapat dipilih untuk berinvestasi, yaitu investasi reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham. Pada artikel ini kita hanya akan membahas reksadana pasar uang.

Reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana yang dapat dibilang memiliki resiko paling kecil dari semua jenis reksadana. Uang yang telah dihimpun manajer investasi reksadana ini nantinya akan diinvestasikan pada instrument pasar uang. Instrument pasar uang yang dipilih yaitu yang masa jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Seberapa besar imbal hasil yang nantinya akan kita dapatkan dari investasi reksadana pasar uang tergantung dari manajer investasi yang dipilih untuk mengelolah uang yang telah terhimpun. Beda manajer investasi akan berbeda pula instrument yang dipilih untuk mengelolah uangnya.

Lalu apakah itu manajer investasi?

Manajer investasi reksadana adalah pihak profesional yang memiliki tugas dan kewenangan dalam mengelolah dana dari para investor. Manajer investasi memiliki tugas untuk memilih instrument mana yang akan diambil. Dalam mengambil sebuah instrumen, manajer investasi pasti mengamati serta mengolah data agar mendapatkan keuntungan maksimal dengan resiko rendah.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk investasi reksadana adalah Bareksa.

Bareksa merupakan aplikasi marketplace online yang menjual berbagai produk reksadana dari berbagai manajer investasi dengan lisensi resmi dari pemerintah.

Bahkan bareksa juga mendapatkan kepercayaan untuk menyediakan Surat Berharga Negara (SBN) ritel langsung dari Kementerian Keuangan RI.

Maka dari itu, berikut 8 manajer investasi reksadana pasar uang teratas  di Aplikasi Bareksa:

1. PT Sucorinvest Asset Management

Manajer Investasi Sucorinvest Sharia Money Market Fund
PT Sucorinvest Asset Management

Manajer investasi reksadana pasar uang yang paling atas di aplikasi bareksa adalah PT Sucorinvest Asset Management dengan produk Sucorinvest Sharia Money Market Fund. Di aplikasi Bareka mereka mendapatkan bintang sebesar 4,69.

Manajer investasi ini mulai berdiri sejak tahun 1997 dan memperoleh ijin pada tahun 1999. Mereka memiliki visi misi menjadi boutique asset management yang melayani para nasabah yang berfokus pada tujuan investasi dan profil risiko yang sesuai melalui kapabilitas investasi yang luas dan unik.

Dengan produk Sucorinvest Sharia Money Market Fund, manajer investasi teratas di aplikasi bareksa ini mengalokasikan dana sebanyak 37,37% di obligasi. Sedangkan sisanya sebanyak 62,31% dialokasikan di pasar uang. Dana yang dikelola pada produk ini sampai sekarang telah mencapai Rp 2,67 Trilliun.

2. PT Syailendra Capital

Manajer Investasi Syailendra Dana Kas
PT Syailendra Capital

Manajer investasi yang berada di posisi kedua adalah PT Syailendra Capital dengan produk Syailendra Dana Kas. Di aplikasi bareksa, manajer investasi reksadana pasar uang ini mendapat bintang sebesar 4,64.

Syailendra Capital memiliki misi menjadi Manajer Investasi yang independen tanpa kepentingan grup bisnis manapun. Mereka berkomiten untuk terus memaksimalkan pengalaman berinvestasi bagi para investor dengan memberikan kruntungan lebih.

Mereka juga memiliki misi untuk terus memperluas pengetahuan berinvestasi nasabahnya dengan cara menyediakan berbagai jenis program dan produk investasi.

Pada produk Syailendra Dana Kas, PT Syailendra Capital mengalokasikan sebanyak 22,47% dana yang telah dihimpun ke obligasi. Sedangkan 77, 53% yang lain dialokasikan di instrument pasar uang. Dana yang dikelola sampai sekarang di produk ini sebesar Rp 2,24 Triliun.

3. PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen

Batavia Dana Kas Maxima
PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen

Dengan produk pasar uangnya yang bernama Batavia Dana Kas Maxima, PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen menduduki peringkat ke tiga di aplikasi bareksa. Produk ini mendapat bintang sebanyak 4,19 dari rate 5.

Manajer investasi reksadana ini mulai berdiri sejak tahun 1996 dan sudah langsung mendapat ijin dari Bapepam-LK No. KEP-03/PM/MI/1996. BPAM merupakan salah satu manajer investasi yang mengelola portofolio berbagai produk reksadana dan kontrak pengelolaan dana bilateral.

BPAM menyediakan berbagai layanan dan produk untuk para nasabah individu baik nasional maupun asing. Serta telah memiliki nasabah institusi yang terdiri dari dana pensiun, yayasan, perusahaan asuransi dan korporasi.

Reksadana pasar uang Batavia Dana Kas Maxima mengalokasikan 54,19% dana yang telah dihimpun ke dalam obligasi. Sedangkan sisanya yang sebesar 45,81% dialokasikan ke pasar uang. Hingga artikel ini diterbitkan, dana yang dikelola manajer investasi ini sebesar Rp 6,54 Triliun.

4. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

Manajer Investasi Manulife Dana Kas II
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

Diperingkat keempat dengan bintang sebesar 4,19 ada PT Manulife Aset Manajemen Indonesia dengan produk reksadana pasar uang Manulife Dana Kas II.

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1996. Manajer investasi reksadana ini telah melayani berbagai individu termasuk korporasi.

Memiliki komitmen untuk selalu memberikan solusi investasi berkualitas membuat MAMI mampu mempertahankan posisinya sebagai salah satu manajer investasi terbesar di industri reksadana.

MAMI merupakan manajer investasi yang termasuk dalam bagian perusahaan manajemen investasi global yang merupakan bagian dari Grup Manulife.

Sampai saat ini dana Kelola PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) di produk pasar uang Manulife Dana Kas II sudah terkumpul sebesar Rp 4,86 Triliun. Dengan semua dana yang telah terhimpun dialokasikan 100% di instrumen pasar uang.

5. PT Bahana TCW Investment Management

Bahana Dana Likuid
PT Bahana TCW Investment Management

Bahana Dana Likuid dengan manajer investasi reksadana PT Bahana TCW Investment Management berada di posisi kelima dengan bintang sebesar 4,04.

PT Bahana TCW Investment Management sudah terdaftar sebagai Manajer Investasi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Manajer investasi ini merupakan salah satu perusahaan joint-venture yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN ) bernama Indonesia Financial Group (IFG).

Sampai saat ini dana yang dikelola pada produk investasi reksadana pasar uang Bahasa Dana Likuid sebesar Rp 5,46 Triliun. Dengan pengalokasian dana himpun sebesar 1% saja pada obligasi dan 99% lainnya pada instrument pasar uang.

6. PT Mandiri Manajemen investasi

Manajer Investasi Mandiri Investa Pasar Uang
PT Mandiri Manajemen investasi

Di posisi ke enam ada produk reksadana pasar uang Mandiri Investa Pasar Uang dengan manajer investasi PT Mandiri Manajemen investasi. Pada aplikasi bareksa, manajer investasi reksadana ini mendapat bintang 3, 99.

PT Mandiri Manajemen investasi merupakan bagian dari grup PT. Bank Mandiri Tbk yang merupakan salah satu Bank BUMN yang ada di Indonesia.

Manajer yang satu ini sudah berdiri sejak tanggal 26 Oktober 2004 setelah memisahkan diri (spin-off) dari PT Mandiri Sekuritas. Mandiri manajemen Investasi menjadi salah satu manajer investasi nasional terbesar yang berpengalaman di bidang pengelolaan portofolio sejak 1993.

Produk investasi reksadana pasar uang ini mengalokasikan dana yang telah terhimpun sebesar 30,8% di instrumen obligasi. Sedangkan 69,2% lainnya di instrument pasar uang. Dana Kelola yang telah dihimpun sampai saat ini sebesar Rp 14,28 Triliun.

7. PT Setiabudi Investment Management

Setiabudi Dana Pasar Uang
PT Setiabudi Investment Management

Produk Setiabudi Dana Pasar Uang dari manajer investasi reksadana PT Setiabudi Investment Management berada di peringkat ke tujuh di aplikasi Bareksa.

PT Setiabudi Investment Management sudah berdiri sejak tahun 2016 dan memiliki tujuan memperoleh pendapatan yang optimal dengan berusaha mempertahankan nilai investasi awal.

Selain itu PT Sediabudi ingin memastikan tingkat likuiditas yang tinggi terhadap dana investasi agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu singkat. Manajemen ini telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor lisensi KEP-49/D.04/2016.

Dengan dana Kelola Rp 313,90 Miliar, ptoduk Setiabudi Dana Pasar Uang mengalokasikan 38,7% dana yang telah dihimpun ke instrument obligasi. Sedangkan 59,3% selainnya dialokasikan pada instrument pasar uang.

8. PT Danareksa Investment Management

Manajer Investasi Danareksa Seruni Pasar Uang II
PT Danareksa Investment Management

Danareksa Seruni Pasar Uang II merupakan produk reksadana pasar uang dari PT Danareksa Investment Management. Manajer investasi reksadana ini berada di urutan ke delapan dengan bintang 3,84.

DIM sudah menyediakan produk reksadana di Indonesia pada bulan Juli 1996. Saat ini produk investasi yang dikelola oleh DIM sudah lebih dari 80 produk. Hal ini bertujuan untuk mengakomodasikan berbagai kebutuhan investasi nasabah.

Salah satu produk unggulannya adalah Danareksa Seruni Pasar Uang II. DIM memiliki fokus pada imbal hasil investasi yang tinggi berdasarkan risk-adjusted return dalam setiap produk yang dikelolanya.

Saat ini dana yang dikelola PT Danareksa Investment Management di produk Danareksa Seruni Pasar Uang II sebesar Rp 2,45 Triliun. Pengelolaan dana yang telah terhimpun ini dialokasikan sebesar 37,16% ke dalam instrument obligasi. Sedangkan 62,84% lainnya ke instrument pasar uang.

Tips Memilih Manajer Investasi Terbaik

Manajer investasi satu dengan lainnya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Untuk memilih manajer mana yang terbaik itu tergantung pada masing-masing nasabah karena pasti juga memiliki asumsi berbeda satu dengan yang lainnya.

Untuk si Budi mungkin manajer investasi yang cocok adalah manajer investasi reksadana pasar uang A, karena memiliki modal yang cukup terbatas. Tapi bisa jadi untuk si Bunga manajer investas yang cocok adalah B karena modal yang ia miliki lebih banyak dan memiliki profil resiko cukup tinggi.

Namun, meskipun tergantung profil masing-masing nasabah ada beberapa variabel yang bisa menjadi acuan dalam memilih manajer investasi. Berikut beberapa di antaranya:

a. Pastikan manajer investasi reksadana yang dipilih sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena akan dijamin secara hukum.

b. Pilih manajer investasi yang berpengalaman agar kita bisa melihat treck recordnya. Data-data tahun sebelumnya ini bis akita jadikan bahan pertimbangan untuk memastikan apakah sesuai dengan profil resiko atau tidak.

c. Pilih manajer investasi yang memiliki dana kelola yang cukup besar dan memiliki “banyak nasabah”. Hal ini akan berguna jika salah satu nasabah menarik dananya, produk investasi yang dikelola tidak oleng karena kehilangan banyak dana.

d. Pastikan manajer investasi memiliki reputasi yang baik. Hal ini akan berguna untuk memastikan kredibilitas manajer dalam mengelolah dana kelola yang telah terhimpun.

Untuk ulasan lengkap cek di, Inilah 7 Manajer Investasi Reksadana Terbaik dan Produknya

Penutupan

Itulah 8 Manajer Investasi Reksadana Pasar Uang Teratas yang ada di Aplikasi Bareksa. Untuk memastikan dana yang diinvestasikan tetap aman, jangan lupa mempelajari dan mengenal terlebih dahulu siapa manajer investasinya. Calon investor bisa memastikan tingkap kredibilitas manajer investasi dari data yang sudah banyak tersedia di website dan aplikasi resmi.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar