Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Manfaat Memiliki Asuransi untuk Mobil

Kendaraan bermotor terutama mobil, saat ini memang sudah menjadi investasi harta benda. Seseorang yang telah memiliki penghasilan, tentu berhasrat memiliki mobil pribadi yang mempermudah transportasi mereka. Apalagi dengan semakin murah dan beragamnya mobil di pasaran Indonesia, membuat jumlah pemilik mobil terus meningkat.

Namun memiliki kendaraan pribadi bukanlah sekadar beli, diparkir di garasi dan menggunakannya. Seperti layaknya rumah, aset bergerak ini haruslah dijaga dan senantiasa dirawat dengan biaya yang tidak sedikit. Sebagai alat transportasi, mobil memiliki peluang untuk rusak entah karena kesalahan pemilik, kecelakaan lalu lintas atau musibah bencana alam seperti terendam banjir.

Tentunya ketika menghadapi masalah-masalah tersebut, pemilik harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit supaya mobil kesayangan kembali bisa digunakan. Karena itulah, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan yang namanya asuransi kendaraan bermotor. Seperti asuransi jiwa, kesehatan atau pendidikan, asuransi mobil ini juga memberikan pertanggungan kerugian atau kerusakan mobil para nasabah dengan kondisi sesuai ketentuan.

Baca juga: Cara dan Syarat Turun Serta Naik Kelas BPJS Kesehatan Terbaru

Jenis-Jenis Pertanggungan/Premi Asuransi Mobil

jenis premi asuransi mobil
© motor1.com

Meskipun peradaban manusia sudah mengenal kendaraan bermotor di era tahun 1880-an, faktanya perkembangan asuransi kendaraan bermotor baru mulai muncul di tahun 1930. Semua bermula ketika Kerajaan Inggris mengeluarkan Undang-Undang bernama Road Traffic Act, di mana pengemudi kendaraan bermotor harus membayar ganti rugi terhadap pihak lain yang menjadi korban atas kecelakaan lalu lintas.

Berawal dari Road Traffic Act itulah, asuransi mobil ikut mengalami perkembangan dan akhirnya menjadi pilihan paling efisien untuk mengatasi potensi risiko pemilik kendaraan bermotor dan korban. Ada dua jenis pertanggungan dasar yang dijamin oleh perusahaan asuransi mobil yakni kerusakan kendaraan dan tanggung gugat baik tanggung jawab hukum pihak ketiga serta tanggung jawab hukum penumpang.

Sementara untuk pertanggungan alias premi yang diberikan perusahaan asuransi mobil, berikut dua di antaranya yang wajib Anda ketahui:

1. Gabungan (Comprehensive)

Perusahaan asuransi mobil biasanya menyebut premi jenis sebagai All Risk. Namun dalam prakteknya, tidak sepenuhnya benar karena ada juga risiko-risiko yang dikecualikan. Jaminan tanggung gugat Comprehensive melibatkan pihak lain atau pihak ketiga. Beberapa kerugian atau kerusakan yang bisa diganti asuransi mulai dari mobil tergores, penyok, bagian kendaraan hilang, hingga kerusakan total. Hanya saja setiap klaim akan dikenakan biaya risiko yang harus dibayarkan oleh pemilik polis.

2. TLO (Total Loss Only)

Sama-sama menggunakan ketentuan risiko seperti pertanggungan Comprehensive, kerugian pada TLO bisa diganti jika melebihi 75% dari harga pasaran mobil. Lantaran itulah, pertanggungan TLO bisa lebih murah dan mencapai 50% lebih rendah daripada premi Comprehensive. Kenapa begitu? Perusahaan asuransi baru bersedia memberikan klaim jika mobil sudah rusak total atau hilang.

Baca juga: Konsep, Manfaat dan Daftar Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia

Penyebab dan Risiko Kerusakan yang Tidak Dijamin Asuransi Mobil

risiko yang tidak dijamin asuransi mobil
© edmunds-media.com

Sebagai produk asuransi, tentu saja ada ketentuan khusus mengenai jaminan risiko pada asuransi mobil. Hal inilah yang kadang tidak dipahami betul oleh pemilik polis, sehingga membuat mereka mengalami kerugian ketika mengajukan klaim. Supaya bisa merasakan manfaat dari asuransi mobil, Anda tentu harus mengetahui aturannya.

Untuk kerugian atau kerusakan mobil, perusahaan asuransi akan memberikan jaminan pertanggungan asalkan disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir di jalan, adanya perbuatan jahat orang lain, tindakan pencurian kendaraan dan peralatan, kerugian karena kebakaran, sambaran petir hingga kerusakan saat pengangkutan.

Sementara itu, ada risiko-risiko yang tidak akan dijamin oleh perusahaan asuransi jika kendaraan mengalami pencurian terhadap onderdil mobil yang sudah tidak standar dari pabrik, adanya tindakan penggelapan mobil, aksi kriminalitas yang dilakukan oleh suami/istri, keluarga tertanggung hingga orang-orang yang bekerja terhadap pemegang polis.

Begitu pula jika mobil kelebihan muatan, dijalankan dalam keadaan rusak, terlibat dalam aksi kebut-kebutan,dikemudikan oleh orang yang tidak memiliki SIM, hingga melewati jalur terlarang, sudah pasti segala kerusakan yang timbul tak bakal dijamin oleh pihak asuransi. Kondisi lain juga tidak jadi pertanggungan perusahaan asuransi kalau mobil Anda menjadi korban perang, adanya pergolakan/pemberontakan politik, aksi terorisme hingga kerusuhan massa.

Namun tenang saja, pemegang polis bisa mengajukan perluasan jaminan dengan menambah pembayaran premi. Biasanya beberapa perluasan jaminan yang ditawarkan perusahaan asuransi seperti pertanggungan biaya pengobatan pengemudi/penumpang, kecelakaan pribadi, jaminan huru-hara, terorisme hingga musibah banjir. Dengan begitu, pemegang polis asuransi mobil akan memperoleh manfaat yang sesuai harapan.

7 Manfaat Asuransi Mobil yang Jarang Diketahui

Dengan semakin banyaknya pemilik kendaraan bermotor dan terus meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas, memiliki asuransi mobil tentu harus jadi pertimbangan ketika Anda membelinya. Kendati masih banyak saja yang meremehkan karena terlalu yakin dengan kemampuannya berkendara, asuransi mobil justru memiliki sejumlah manfaat yang mungkin jarang disadari. Seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Pikiran Lebih Tenang

asuransi mobil menenangkan pikiran
© earningdiary.com

Pemilik mobil di kota-kota besar biasanya sering meninggalkan mobil di garasi atau diparkir di bandara dalam waktu berhari-hari, karena terlibat perjalanan bisnis ke luar kota atau luar negeri. Meninggalkan mobil kesayangan tanpa dibersihan atau mesin dinyalakan jelas akan memberikan pengaruh ke performa mesin mobil. Tak hanya itu, kecemasan kalau mobil tiba-tiba hilang juga turut membebani pikiran.

Namun kondisi ini tak akan terjadi jika Anda sudah mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bentuk pertanggungan klaim asuransi mobil juga menerima risiko kehilangan. Oleh sebab itu jika mobil sudah memiliki asuransi sendiri, pikiran bisa lebih tenang meninggalkan mobil selama berhari-hari demi perjalanan bisnis atau travelling.

2. Bentuk Perencanaan Keuangan

perencanaan keuangan
© gmbroker.org

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memiliki mobil artinya juga harus mempersiapkan biaya untuk perawatannya. Biaya perawatan bisa jadi lebih besar kalau Anda menggunakan mobil untuk transportasi di jalur yang berbahaya dan rawan kecelakaan. Pemilik haruslah memiliki perencanaan keuangan yang tepat supaya penghasilan tidak ludes begitu saja ketika tiba-tiba mengalami musibah di jalan raya.

Nah, di sinilah manfaat asuransi mobil bekerja, karena Anda akan dibantu dalam perencanaan keuangan untuk mempersiapkan dana darurat kendaraan bermotor. Dengan mengikuti asuransi mobil, Anda wajib membayar sejumlah premi setiap bulan kepada perusahaan sesuai ketentuan. Dari premi itulah, berbagai risiko kerusakan mobil akan ditanggung sehingga tidak mengganggu finansial bulanan Anda.

3. Dapat Perlindungan Lebih

Manfaat berikutnya asuransi mobil yang mungkin tidak banyak disadari adalah peluang memperoleh perlindungan lebih. Sudah disinggung sebelumnya bahwa ada dua jenis asuransi utama yang ditawarkan perusahaan asuransi mobil yakni perbaikan (all risk) dan penggantian unit kendaraan (TLO). Namun dalam polis, perusahaan asuransi juga memiliki perlindungan tambahan yang bisa dimanfaatkan pemilik polis.

Beberapa perlindungan tambahan itu seperti bantuan hukum pihak ketiga jika terlibat kecelakaan besar atau pencurian, hingga adanya asuransi jiwa. Sehingga bisa dibilang, Anda cuma akan membayar satu bentuk premi saja tapi memperoleh berbagai perlindungan tambahan itu. Sangat menguntungkan, bukan?

Baca juga: Tepat Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik 2020 (Allianz, Cigna, AXA, Prudential dll)

4. Bebas Tanggungan Pihak Ketiga

Yang namanya musibah kecelakaan tidaklah ada yang pernah berharap mengalami atau menduga bakal dialami. Namun semua hal bisa terjadi di jalan raya dan musibah bisa menghantui setiap waktu. Jika Anda terlibat kecelakaan tunggal, tentu cuma akan menanggung biaya atas diri sendiri dan mobil yang dikendarai. Tetapi jika mengalami kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga lantaran kecerobohan Anda, tentu menjadi masalah.

Sebagai pelaku kecelakaan, Anda haruslah menanggung kerugian yang dialami korban baik kendaraan bermotor hingga biaya pengobatan. Jika kondisi finansial tidak memungkinkan, jelas akan bikin pusing. Di sinilah keberadaan asuransi mobil menjadi sangat penting. Kenapa begitu? Karena saat ini sudah banyak perusahaan asuransi mobil yang memberikan jaminan bebas biaya pihak ketiga saat pemilik polis terlibat kecelakaan.

Seluruh tanggungan yang dibebankan oleh pihak ketiga akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi mobil, sehingga Anda bisa fokus pada pengobatan dan perawatan mobil milik pribadi yang terlibat kecelakaan. Namun wajib diingat, ada biaya tertentu yang harus dibebankan dalam premi jika ingin memperoleh manfaat perluasan tanggungan pihak ketiga ini.

5. Kepastian Biaya

Hingga sejauh ini, banyak orang yang berpikir kalau pemilik mobil adalah orang yang memang memiliki kesejahteraan finansial di atas rata-rata. Padahal kondisi ini tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa orang yang terpaksa membeli mobil demi kebutuhan transportasi atau pekerjaan. Orang-orang jenis ini kadang masih akan tetap mengeluh mengenai tingginya biaya perawatan mobil.

Tentunya ketika mereka mengalami musibah selain kecelakaan seperti pencurian mobil, kebanjiran atau aksi vandalisme yang membuat mobil rusak, akan benar-benar terbebani. Bagaimana mau melakukan perawatan mobil jika biaya kebutuhan sehari-hari saja sudah pas-pasan? Hasilnya, mobil kesayangan harus rela mengalah dan membuat kondisinya makin tidak layak dikendarai.

Supaya tidak mengalami kejadian seperti demikian, memiliki asuransi mobil adalah keharusan. Yap, salah satu manfaat istimewa asuransi mobil adalah Anda sebagai pemegang polis akan terbebas dari biaya tambahan termasuk bencana alam dan insiden lainnya. Dengan mengasuransikan mobil, perkiraan biaya atas risiko yang bisa terjadi kapanpun sudah memiliki nilai yang relatif pasti. Bahkan sekalipun Anda mengalami kondisi serius, perusahaan akan tetap membayarkan klaim sesuai ketentuan sehingga risiko kerugian menjadi sangat minim.

6. Memperoleh Layanan Tambahan

layanan tambahan asuransi mobil

Selain perlindungan lebih, manfaat lain yang ditawarkan oleh asuransi mobil adalah adanya layanan tambahan. Yap, pemegang polis akan memperoleh fasilitas hotline 24 jam yang bisa dibuhubungi sewaktu-waktu. Tak hanya itu, layanan tambahan juga termasuk fasilitas derek mobil hingga mobil pengganti.

Tentunya beragam fasilitas tambahan ini diberikan perusahaan asuransi agar pemilik polis tetap bisa beraktivitas sementara mobilnya dibenahi. Pastikan bertanya dulu mengenai informasi layanan tambahan ini sekaligus apakah ada penambahan biaya pada premi atau tidak.

Baca juga: Wajib Dipahami, Inilah 5 Jenis Asuransi yang Harus Anda Miliki

7. Pertimbangan Investasi

investasi asuransi mobil
© mpm-insurance.com

Terakhir, manfaat asuransi mobil yang mungkin tidak banyak diduga adalah menjadi sarana investasi yang menjanjikan. Lho, kok bisa? Karena ketika Anda memilih mengasuransikan mobil, secara tidak langsung itu merupakan bentuk penjaminan aset dan cara menabung yang tepat. Dalam jangka panjang, mobil yang diasuransikan jelas lebih terjamin dalam hal perubahan nilai daripada yang tidak.

Untuk itulah supaya memperoleh berbagai manfaat yang sudah diulas sebelumnya, sudah seharusnya pemilik mobil memilih produk asuransi terbaik. Pastikan terlebih dulu mengenai pertanggungan risiko dan jaminan klaim yang ditawarkan, supaya Anda benar-benar memperoleh manfaat perlindungan yang tepat. Dengan begitu, mobil bisa terjamin, keuangan lebih teratur dan Anda hidup bahagia.