Memahami Metode SCAMPER untuk Pengembangan Ide Bisnis

Dengan memahami metode SCAMPER akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan ide bisnis. Hal ini sangat penting bagi Anda yang baru memulai atau ingin melakukan pengembangan bisnis.

Sebab salah satu penentu keberhasilan dari suatu bisnis adalah ide dibaliknya. Mungkin Anda tidak memiliki modal yang begitu banyak, namun jika ide tersebut cemerlang maka kesuksesan bisa lebih mudah didapatkan.

Di sisi lain, bisnis dengan modal besar akan tetap memiliki risiko kegagalan tinggi jika ide bisnis tidak bagus. Karena itulah memiliki ide bisnis yang baik sangat penting untuk mencapai kesuksesan.

Namun sayangnya mendapatkan ide bisnis yang cemerlang bukanlah suatu hal mudah. Untuk membantu Anda dalam mendapatkan dan mengembangkan ide bisnis, Anda bisa menggunakan metode SCAMPER.

Memahami Metode SCAMPER Lebih Dalam

Memahami Metode Scamper Untuk Pengembangan Ide Bisnis
Memahami Metode SCAMPER untuk Pengembangan Ide Bisnis/Unsplash

Pada dasarnya metode SCAMPER merupakan suatu metode untuk berpikir secara kreatif. Oleh karena itu metode ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk salah satunya adalah pengembangan ide bisnis.

SCAMPER sendiri merupakan singkatan dari substitute combine, adapt, modify, put to other uses, eliminatedan reverse. Berikut ini adalah penjelasan secara rinci dari masing-masing metode tersebut.

  • Substitute

Sesuai dengan artinya, substitute berarti mengganti dari hal yang telah ada menjadi hal lainnya. Penggantian ini bisa diterapkan pada satu komponen ataupun beberapa komponen di dalam ide.

Tujuan dari penggantian ini adalah untuk menjawab permasalahan ataupun kebutuhan target pasar Anda. Sehingga ide yang mungkin sebelumnya terkesan kurang relate bisa menjadi lebih diterima oleh target pasar.

Memahami metode SCAMPER pada bagian substitute juga bermanfaat jika Anda ingin mengembangkan produk yang telah ada. Sebab dengan mengganti beberapa bagian produk sebelumnya, Anda akan mendapatkan produk baru.

Bahkan produk baru ini bisa memiliki nilai yang lebih tinggi. Sehingga ketika Anda menawarkan produk tersebut, penerimaan pasar akan lebih baik dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

  • Combine
Combine
Combine/Unsplash

Cara lain dari metode SCAMPER adalah combine atau mengombinasikan. Sesuai dengan namanya, Anda bisa membuat sebuah ide bisnis baru dengan menggabungkan beberapa hal yang telah ada.

Anda bisa melihat pada produk yang telah dimiliki sebelumnya dan mencoba untuk mengombinasikan satu produk dengan produk lain. Dengan begitu Anda akan mendapatkan produk baru untuk pengembangan bisnis.

Bagi pebisnis baru, Anda bisa menggabungkan beberapa hal yang Anda lihat di sekitar. Jangan batasi diri Anda pada satu kategori tertentu untuk menggunakan metode ini.

Memang hasil dari proses kombinasi ini tidak selamanya berhasil dan bisa dipasarkan. Namun Anda akan menemukan banyak ide baru yang bisa dikembangkan dan memiliki prospek menjanjikan di masa mendatang.

  • Adapt

Hal ketiga dari memahami metode SCAMPER adalah adapt atau adaptasi. Anda bisa mencoba untuk mengadaptasi ide yang telah dimiliki dalam beberapa kasus untuk menemukan sudut pandang baru.

Cara lain dari penggunaan metode ini adalah dengan mengadaptasi suatu ide dari sektor tertentu pada sektor selainnya. Oleh karena itu jangan batasi diri Anda untuk hanya mempelajari satu bidang tertentu.

Sebab justru banyak ide inovatif yang lahir dari penyesuaian suatu ide di sektor tertentu pada sektor lainnya. Oleh karena itu hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh para pebisnis baru.

Pada pebisnis lama, strategi adaptasi juga dapat dilakukan dengan melihat sistem yang telah ada. Setelah itu Anda bisa melihat bagian yang perlu untuk disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Penggunaan metode adaptasi juga bisa digunakan ketika ingin membuka cabang di tempat lain. Sebab sudah tentu setiap wilayah memiliki keunikan tersendiri dan bisnis Anda harus bisa beradaptasi dengan keunikan tersebut.

  • Modify

Bagian modify atau melakukan modifikasi juga sangat penting untuk diketahui ketika Anda memahami metode SCAMPER. Sebab dengan melakukan modifikasi, Anda bisa menemukan ide yang lebih baik.

Metode ini cocok untuk digunakan jika Anda telah menjalankan bisnis dan memiliki produk yang dipasarkan. Anda bisa melihat pada produk tersebut dan mencari hal yang bisa diubah.

Anda bisa mengubah produk mulai dari bentuk, kemasan, rasa dan berbagai hal lainnya. Dengan begitu produk Anda akan menjadi semakin baik dan lebih diterima oleh pasar.

Penggunaan metode modifikasi tentu juga bisa diterapkan pada pebisnis pemula. Anda bisa melihat pada kompetitor dan mencari hal yang bisa Anda ubah untuk menjadi lebih baik dan diterima oleh pasar.

  • Put to Another uses
 Put To Another Uses
Put to Another uses/Unsplash

Strategi put to another uses sangat membantu Anda dalam membuka peluang bisnis baru. Cara menggunakan metode ini juga sangatlah mudah. Sehingga merupakan salah satu hal wajib ketika memahami metode SCAMPER.

Anda bisa melihat pada sistem atau produk yang telah berjalan pada bisnis saat ini. Setelah itu lihatlah peluang apakah sistem atau produk tersebut digunakan dengan cara yang berbeda.

Hal ini akan membuka banyak kemungkinan pengembangan bahkan bisa memunculkan varian produk baru. Metode ini juga bisa Anda gunakan untuk melihat sesuatu hal agar memiliki nilai lebih.

Sebagai contoh jika proses pembuatan produk Anda menghasilkan limbah. Maka Anda bisa bertanya apakah limbah tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain yang bisa menjadi nilai ekonomi.

Tentunya penggunaan metode ini juga bisa diterapkan jika Anda baru memulai bisnis. Cukup lihat bisnis di sekitar dan pikirkan bagaimana produk dari bisnis tersebut digunakan untuk penggunaan yang berbeda.

  • Eliminate

Dalam memahami metode SCAMPER, Anda juga akan menemui satu cara pengembangan ide yaitu dengan eliminate atau mengeliminasi. Cara ini digunakan untuk menghilangkan beberapa bagian dari suatu ide.

Dalam penerapan bisnis, Anda bisa melihat pada sebuah produk dan memikirkan beberapa bagian yang bisa dihilangkan. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Contohnya adalah membuat produk menjadi lebih simple, lebih keci sehingga mudah disimpan, lebih cepat, lebih ringan dan sebagainya. Sebab terkadang produk yang terlalu kompleks justru tidak disukai oleh pasar.

Penggunaan cara ini juga bisa Anda lakukan untuk mengeksekusi ide dengan kompleksitas tinggi. Eliminasi terlebih dahulu beberapa bagian agar ide tersebut lebih mudah untuk diwujudkan.

  • Reverse

Hal terakhir dari memahami metode SCAMPER adalah reverse atau membalikkan. Meski Anda tidak benar-benar harus mengubah ide menjadi terbalik karena mengubah urutannya saja sudah cukup.

Melakukan cara membalikkan ini akan memberikan Anda pandangan baru terhadap ide bisnis yang dimiliki. Sehingga Anda tidak akan terpaku pada sebuah sistem proses yang telah dipahami sebelumnya.

Penggunaan cara membalikkan ini seperti dengan melihat dampak jika proses dilakukan secara sebaliknya. Selain itu Anda juga bisa efek dari perubahan proses yang ada di dalam ide tersebut.

baca yuk, Belajar Bisnis Sukses ala Nadiem Makarim

Anda juga bisa memikirkan tentang hal yang akan terjadi jika Anda melakukan sesuatu berkebalikan dari biasanya. Hal ini akan menunjukkan hal baru yang mungkin Anda saja Anda lewatkan.

Contoh Penggunaannya dalam Pengembangan Ide Bisnis

Contoh Penggunaan Metode Scamper Dalam Pengembangan Ide Bisnis
Contoh Penggunaan Metode SCAMPER dalam Pengembangan Ide Bisnis/Unsplash

Saat ini Anda telah memahami metode SCAMPER yang bisa digunakan untuk mengembangkan ide bisnis. Namun mungkin Anda masih belum tergambarkan secara detail mengenai penggunaan metode ini.

Oleh karena itu kami akan memberikan contoh penggunaan metode ini secara sederhana. Silahkan simak penjelasan berikut agar Anda bisa lebih memahami penerapan dari metode SCAMPER.

Pertama-tama dimisalkan jika Anda adalah seorang pebisnis di bidang kuliner. Saat ini Anda sudah memiliki sebuah produk yaitu nasi goreng namun ingin melakukan pengembangan bisnis.

Dengan memahami metode SCAMPER, ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis nasi goreng tersebut. Pertama-tama bisa dimulai dari bagaimana bagian dari produk nasi goreng dapat diganti.

Contohnya jika Anda melihat bahwa kesadaran masyarakat saat ini terhadap kesehatan sudah semakin tinggi. Maka Anda bisa melihat bagian dari komponen produk nasi goreng yang bisa Anda ganti.

Contohnya Anda mengganti menggunakan beras biasa menjadi menggunakan beras organik yang dianggap lebih sehat. Contoh lain adalah mengganti penggunaan minyak dengan bahan lain yang lebih sehat.

Dengan menggunakan cara kombinasi, Anda bisa melihat peluang-peluang baru dari produk nasi goreng. Contohnya Anda mengombinasikan nasi goreng dengan makanan dari negara lain yang cocok.

Hasil kombinasi ini akan unik dan bisa menarik banyak pelanggan. Sebab meski masih terhitung nasi goreng, produk tersebut merupakan produk baru yang unik karena adanya perpaduan tersebut.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan cara adaptasi jika ingin mengembangkan bisnis tersebut ke tempat lain. Misalnya Anda bisa membuat resep nasi goreng yang mengadaptasi makanan lokal dari suatu daerah.

Dengan begitu produk nasi goreng Anda bisa lebih diterima oleh masyarakat lokal di sekitar cabang baru tersebut. Cara ini juga cukup ampuh jika Anda memiliki target pasar dengan selera tertentu.

Contoh lain dari penerapan setelah memahami metode SCAMPER adalah pada modifikasi. Yaitu Anda melakukan modifikasi pada produk nasi goreng sehingga menjadi lebih baik dan semakin disukai pelanggan.

Ada banyak cara untuk melakukan modifikasi ini seperti dengan menambahkan varian rasa seperti nasi goreng seafood, nasi goreng kambing dan sebagainya. Bahkan Anda bisa melakukan modifikasi dengan mengubah bentuknya.

Pada put to another uses, Anda bisa melihat cara berbeda dari memakan nasi goreng. Jika sebelumnya nasi goreng untuk sarapan atau makan malam, Anda bisa mencari apakah ada kemungkinan lainnya.

Eliminate juga cukup mudah diterapkan pada bisnis nasi goreng. Contohnya pada produk yang telah ada, bisakah Anda menghilangkan beberapa bagian untuk mendapatkan produk yang lebih baik.

Contohnya seperti penggunaan lebih sedikit minyak atau menghilangkan beberapa bumbu. Selain pada produk, Anda juga bisa menghilangkan beberapa hal dari sistem seperti proses order yang rumit dibuat lebih sederhana.

baca juga, Mengenal Digital Marketing

Pada cara reverse, Anda bisa mencoba mengubah urutan proses pemasakan nasi goreng. Sehingga mungkin Anda bisa menemukan metode membuat nasi goreng yang lebih baik daripada sebelumnya.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa memahami metode SCAMPER akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Anda bisa menggunakan salah satu atau seluruh cara di dalam metode ini.

Bahkan hanya dengan menggunakan satu atau dua cara di dalam metode ini bisa membuat Anda mengembangkan ide yang lebih menarik. Dengan begitu bisnis yang Anda bangun bisa berkembang lebih cepat.

Tentunya pengembangan ide tersebut harus Anda iringi dengan eksekusi yang matang. Sebab ide bagus tanpa eksekusi yang baik tetap tidak akan memberikan hasil sesuai harapan.

Namun setidaknya dengan memiliki ide cemerlang, Anda sudah mendapatkan setengah dari potensi keberhasilan. Oleh karena itu pastikan Anda memahami metode SCAMPER serta cara penggunaannya agar bisnis Anda mendapatkan keberhasilan.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar