Tepat Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik 2019 (Allianz, Cigna, AXA, Prudential dll)

Memilih asuransi kesehatan 2019

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang ingin sakit. Harapan untuk hidup sehat, baik diri sendiri dan orang-orang di sekeliling memang jadi fokus utama hampir setiap orang. Apalagi saat ini biaya pengobatan semakin mahal, seolah-olah membuat kesehatan sangat penting. Ada banyak sekali cerita orang yang tidak bisa menerima pengobatan maksimal dan akhirnya harus meregang nyawa hanya karena tak mampu membayar biaya perawatan.

Tentu kondisi ini sudah pasti sangat menyedihkan, sehingga setiap orang harus mulai memahami betapa mahalnya kesehatan. Lantaran tak ada yang tahu kapan musibah itu terjadi, menabung demi pengobatan yang bisa datang tiba-tiba menjadi sangat penting. Apalagi jika Anda adalah seorang kepala keluarga, tentu harus punya dana darurat saat istri atau buah hati tercinta mendadak jatuh sakit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan dana kesehatan adalah lewat asuransi kesehatan. Seperti namanya, asuransi kesehatan adalah sebuah produk asuransi yang memang bertujuan memberikan jaminan kesehatan kepada para tertanggungnya.

Ada banyak sekali pilihan asuransi kesehatan yang ditawarkan dengan perhitungan manfaat dan premi yang tentunya berbeda-beda. Nah supaya bisa memilih asuransi kesehatan yang terbaik, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dari masing-masing provider.

Baca juga: Pilih dengan Tepat, Inilah Manfaat dan Risiko Asuransi Investasi Unit Link

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Pilih Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Sebagai sebuah produk perlindungan, asuransi kesehatan memang diharapkan memiliki manfaat dalam jangka panjang. Karena fungsinya bisa memberi jaminan kesehatan ketika musibah itu datang, Anda jelas tak bisa gegabah dan sembrono dalam memilih asuransi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipertimbangkan terlebih dulu saat mau memilih asuransi kesehatan:

1. Pembayaran Reimburse atau Cashless

Jika dulu untuk klaim asuransi kesehatan adalah lewat reimburse, di mana Anda harus membayar biaya pengobatan baru mengajukan pergantian biaya ke pihak asuransi. Namun saat ini, sudah banyak produk asuransi kesehatan yang menawarkan sistem klaim secara cashless. Maksud dari cashless ini adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk pengobatan. Lalu siapa yang bakal membayar pengobatan? Pihak asuransi melalui kartu asuransi yang bisa digesek.

Dibandingkan reimbure, klaim cashless tentu jauh lebih mudah terutama jika Anda mengalami musibah seperti kecelakaan yang membutuhkan prosedur operasi secepatnya. Hanya saja untuk bisa menikmati klaim cashless, pihak asuransi dan rumah sakit yang Anda pilih haruslah bekerjasama. Saat ini memang mayoritas rumah sakit sudah menerima klaim cashless, hanya saja jika rumah sakit tujuan Anda tidak bekerjasama dengan asuransi, klaim cashless tidak akan bisa dilakukan.

2. Jaringan Rumah Sakit

Hal berikutnya yang jadi pertimbangan untuk memilih asuransi kesehatan adalah perihal jaringan rumah sakit. Memang ada banyak sekali rumah sakit di Indonesia, tapi mungkin tidak semuanya menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi kesehatan, terutama produk asuransi swasta. Tentu akan merepotkan jika Anda yang tengah butuh perawatan malah gagal mendapat penanganan hanya karena rumah sakit tujuan tidak bekerjasama dengan perusahaan asuransi.

Apalagi jika ingin memakai konsep klaim cashless, harus benar-benar memperhatikan apakah asuransi kesehatan yang dipilih sudah bekerjasama dengan banyak jaringan rumah sakit atau tidak. Sebuah perusahaan asuransi yang profesional tentu bekerjasama dengan berbagai pilihan rumah sakit baik di kota-kota besar hingga pelosok. Bahkan ada beberapa perusahaan asuransi yang menyanggupi klaim pengobatan hingga ke luar negeri.

Baca juga: Wajib Dipahami, Inilah 5 Jenis Asuransi yang Harus Anda Miliki

3. Penyesuaian Plafon dengan Premi

Ingin memperoleh fasilitas perawatan yang terbaik misalkan plafon untuk kelas VVIP? Maka Anda harus sadar diri bahwa premi yang dibayarkan perbulan tentu bakal lebih besar. Karena memang semakin tinggi plafon, makin besar pula premi yang ditawarkan. Sebagian orang memang mendambakan perawatan terbaik, hanya saja jangan sampai hal ini membebani keuangan Anda karena harus membayar premi di luar batas kemampuan penghasilan bulanan.

Ada baiknya untuk mengetahui apakah asuransi kesahatan yang dipilih memberikan limit alias plafon berdasarkan gabungan seluruh perawatan atau per perawatan. Misalkan asuransi A memberikan limit Rp300 juta dalam setahun sementara asuransi B membatasi perawatan operasi maksimal Rp10 juta setahun. Tentu jika disuruh memilih, lebih menyenangkan asuransi A karena bisa membuat pemegang polis bebas berobat sewaktu-waktu.

Masih berkaitan dengan plafon, Anda harus tahu bahwa dalam produk asuransi kesehatan ada yang namanya masa tunggu. Contohnya adalah sebuah perusahaan asuransi memiliki kebijakan beberapa penyakit tertentu seperti TBC, batu ginjal, darah tinggi hingga diabetes baru bisa di-cover setelah 12 bulan sejak tanggal mulai berlakunya asuransi. Adanya masa tunggu ini jelas mempengaruhi premi sehingga benar-benar harus Anda perhatikan.

4. Jangan Tergiur Telemarketing

Pernah mendapatkan telepon dari marketing asuransi kesehatan? Kalau memang iya, maka Anda tidak sendiri. Saat ini perusahaan-perusahaan asuransi memang sering menawarkan produk mereka melalui telepon. Usahakan untuk tidak melakukan proses persetujuan asuransi lewat telepon karena ini akan merugikan. Alasannya adalah telemarketing biasanya berbicara sangat cepat dan sehingga membuat informasi yang diperoleh calon nasabah tidak lengkap.

Padahal idealnya sebelum melakukan persetujuan atas sebuah produk asuransi kesehatan, Anda memiliki waktu untuk berpikir. Kemudian membandingkan antara satu asuransi dengan asuransi lainnya berdasarkan limit pertanggungan, manfaat perlindungan hingga besaran premi.

Jika Anda membeli asuransi lewat telemarketing, jelas hal-hal di atas tak bisa dilakukan lantaran keterbatasan waktu. Telemarketing asuransi juga banyak yang dilaporkan memaksa hingga tanpa sadar membuat nasabah menyetujui proses autodebet rekening pribadi untuk pembayaran premi.

5. Perhatikan Risiko Tertanggung

Jika Anda sudah berkeluarga, tentu ingin manfaat asuransi dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Beruntung saat ini banyak produk asuransi yang bisa menjadi solusi terhadap hal tersebut.

Untuk itulah sebagai pertimbangan sebelum membeli asuransi, cari tahu ada berapa orang yang bisa tertanggung dalam satu polis. Kebanyakan premi asuransi kesehatan keluarga lebih terjangkau dan memiliki fasilitas klaim cashless. Dengan memperhatikan risiko tertanggung, tentu Anda bakal merasa lebih nyaman karena seluruh anggota keluarga terlindungi.

Baca juga: Hendak Pilih Asuransi Pendidikan? Ini 6 Hal yang Harus Anda Perhatikan

6 Asuransi Kesehatan Terbaik 2019 (Besaran Premi dan Manfaat Perlindungan)

Asuransi Kesehatan - 2

1. Asuransi Kesehatan Prudential

Dikenal sebagai salah satu penyedia produk asuransi terbaik di Indonesia, Prudential jelas memiliki produk asuransi kesehatan yang layak dipertimbangkan. Ada banyak sekali manfaat tambahan yang ditawarkan oleh Prudential yang tentunya bisa disesuaikan dengan besaran premi.

Setidaknya ada 34 jenis penyakit kritis yang ditanggung oleh asuransi kesehatan Prudential berdasarkan manfaat tambahan seperti jantung, paru kronik, stroke, meningitis bakterial, parkinson, alzeimer, multiple sclerosis, tumor jinak, kanker, gagal ginjal, hati kronik, luka bakar kritis hingga HIV dari transfusi darah.

Supaya lebih bisa menentukan sesuai dengan kebutuhan, berikut ini adalah beberapa produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh Prudential. Untuk produk syariah, manfaat yang diberikan sama dengan produk konvensional, hanya saja dijalankan berdasarkan risk sharing dan pembagian hasil sesuai prinsip-prinsip syariah agama Islam:

a. PRUMed Cover

Merupakan produk asuransi yang memberikan manfaat tambahan untuk tunjangan harian rawat inap, ICU sampai prosedur bedah yang dialami tertanggung utama.

Proteksi yang diberikan PRUMed Cover ini sampai usia tertanggung utama mencapai 55 – 65 tahun, sesuai kesepakatan polis. Tak hanya di Indonesia, PRUMed Cover juga membiayai kebutuhan rawat inap di luar negeri jika tertanggung mengalami kecelakaan, dengan besaran pertanggungan mencapai dua kali lipat. Untuk manfaat inap harian, besaran plafonnya mencapai Rp1 juta.

b. PRUPrime Healthcare

Untuk produk ini, Prudential memberikan perlindungan kesehatan sesuai tagihan rumah sakit terhadap sejumlah manfaat berdasarkan polis. Nasabah bisa meningkatkan batas manfaat tahunan melalui PRUPrime Limit Booster atau bahkan mengurangi biaya asuransi dalam jangka panjang lewat PRUPrime Saver.

Bagi pengguna PRUPrime Healthcare, bisa memperoleh biaya kamar rumah sakit dan akomodasi maksimal Rp8 juta/hari. Lingkup perlindungan asuransi kesehatannya pun bisa sampai ke seluruh dunia (kecuali Amerika Serikat). Fitur unggulan dalam PRUprime Healthcare adalah nasabah bisa memperoleh bonus peningkatan batas manfaat tahunan hingga 10%, dengan nilai maksimalnya 50% dari batas manfaat tahunan awal.

c. PRUHospital & Surgical Cover Plus

Produk ini merupakan asuransi tambahan yang tersedia dalam rupiah dan memberi manfaat penggantian biaya rawat inap, rawat ICU sampai operasi sesuai polis yang dipilih. Asalkan Anda dirawat di rumah sakit/klinik rekanan Prudential, maka seluruh biaya perawatan bakal ditanggung Prudential.

Manfaat lain yang bakal diperolah dari produk ini termasuk biaya kunjungan dokter, fisioterapi sebelum dan sesudah rawat inap, rawat jalan darurat, perawatan kanker, dialisis hingga santunan kematian. Keunggulan PRUHospital & Surgical Cover Plus ini adalah pada fasilitas cashless hingga pertanggungan rawat inap harian mencapai Rp3 juta/hari.

Untuk mengajukan produk asuransi kesehatan Prudential, calon nasabah harus memenuhi syarat utama yakni peserta alias tertanggung harus berusia 1 bulan – 65 tahun. Tak perlu repot dalam pembayaran premi, Anda bisa memilih mulai dari autodebet rekening atau kartu kredit, pembayaran giro hingga pembayaran ATM.

2. Asuransi Kesehatan Allianz

Berdiri sejak tahun 1980 di Jerman, Allianz adalah perusahaan asuransi skala global. Telah beroperasi di lebih dari 70 negara seluruh dunia, Allianz tentu menjadi salah satu pertimbangan terbaik jika membutuhkan asuransi kesehatan.

Jika Anda tertarik pada produk Allianz, harus mendaftarkan diri dalam usia 1 bulan – 70 tahun. Siapkan juga beberapa dokumen pribadi seperti KTP/KITAS hingga hasil pemeriksaan kesehatan. Supaya bisa memilih sesuai kebutuhan, berikut ini adalah beberapa produk asuransi kesehatan Allianz:

a. SmartHealth Maxi Violet

Merupakan produk asuransi kesehatan yang bisa Anda dan keluarga gunakan saat sakit atau mengalami musibah kecelakaan. Pergantian biaya perawatan disesuaikan dengan polis dan fasilitas klaimnya adalah cashless. Beberapa manfaat perlindungannya mencakup rawat inap, rawat jalan, rawat gigi hingga persalinan.

Jika Anda terpaksa berobat di rumah sakit yang bukan rekanan Allianz, sistem klaim berupa reimburse atau eAZy claim. Keunggulan produk ini adalah tidak adanya masa tunggu dan batasan tahunan, serta peluang memperoleh diskon premi 5% jika mengajak keluarga sampai no claim bonus berupa diskon jika tertanggung tak mengajukan klaim apapun.

b. Smartmed Premier

Butuh asuransi kesehatan yang bahkan bisa menanggung biaya hingga ke luar negeri? Maka produk ini adalah jawabannya.

Ada banyak manfaat perlindungannya mulai rawat jalan, persalinan, rawat gigi, pergantian biaya kemoterapi, HIV/AIDS, hemodialisis, biaya pemakaman, biaya pemulangan jenazah ke Indonesia hingga evakuasi darurat. Anda bisa melakukan klaim secara cashless di beberapa rumah sakit renakan Allianz di luar negeri pula, di mana manfaat tertanggung mencapai Rp6 miliar/orang dalam setahun.

c. Allysia Care

Tak mau ketinggalan dengan berbagai perusahaan asuransi kesehatan yang menawarkan produk asuransi syariah, Allianz pun mememiliki Allysia Care. Lantaran berkonsep syariah, produk ini dikelola dengan azas tolong-menolong antara peserta asuransi. Untuk proses klaimnya, Allysia Care sudah menyediakan fasilitas cashless.

Manfaat perlindungan yang diperoleh nasabah termasuk rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, persalinan dan santunan harian. Salah satu keuntungan Allysia Care adalah adanya pembagian surplus underwriting yang diambil dari dana tabarru yang sudah terkumpul, jika peserta tidak melakukan klaim dalam jangka waktu tertentu. Jika Anda mengajak keluarga, akan ada potongan kontribusi 5%.

d. Critical Illness (CL)

Bagi penderita penyakit kritis, produk Critical Illnes (CL) dari Allianz adalah asuransi kesehatan yang sangat cocok. Ada tiga jenis CL yang bisa Anda pilih yakni CL 100 yang mencakup 100 macam penyakit kritis dengan masa perlindungan hingga usia 100 tahun dengan usia masuk mulai 5-75 tahun.

Lalu ada CL Plus yang memberikan perlindungan tanpa syarat masa bertahan hidup terhadap 49 jenis penyakit kritis tahap akhir, dengan masa perlindungan hingga 70 tahun dan usia masuk 1-64 tahun. Kemudian terakhir adalah CL Accelerated yang lebih fokus pada 9 kondisi penyakit kritis tahap akhir. Di mana usia perlindungan CL Accelerated ini mencapai 85 tahun dan bisa masuk mulai 1 – 64 tahun.

e. Hospital and Surgical Care Plus/Allysia

Jika mencari produk asuransi kesehatan yang memberikan ganti rugi perawatan di rumah sakit baik untuk klaim reimburse atau cashless, maka produk ini sangat cocok.

Allianz bahkan menjamin jika Hospital and Surgical Care Plus (termasuk yang versi Allysia/Syariah) bisa memberikan perlindungan kesehatan komprehensif dengan jaringan rumah sakit luas sampai di seluruh dunia. Demi memenuhi kebutuhan nasabah, ada 10 plan yang bisa dipilih dan tidak ada top-up wajib serta batasan maksimal klaim rawat inap per tahun.

Baca juga: Inilah 6 Keuntungan yang Hanya Bisa Ditemukan di Asuransi Syariah! Tertarik?

3. Asuransi Kesehatan Sinarmas

Sejak berdiri pada 27 Mei 1985, Sinarmas kini menjadi salah satu perusahaan asuransi umum sekaligus asuransi kesehatan terbesar di Tanah Air. Beberapa keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan mulai dari ada pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sampai tak perlu melakukan pemeriksaan kesehataan saat mendaftar.

Untuk bisa mengajukan asuransi kesehatan Sinarmas, setidaknya tertanggung harus berusia mulai 1 bulan – 59 tahun, atau 75 tahun saat perpanjangan. Sertakan juga KTP/KITAS untuk keperluan administrasi, sebelum akhirnya Anda memilih beberapa produknya berikut ini:

a. Simas Sehat Gold/Executive

Baik Simas Sehat Gold atau Executive sama-sama fokus memberikan ganti rugi terhadap berbagai risiko finansial yang timbul karena tertanggung mengalami sakit, kecelakaan atau operasi di rumah sakit rekanan. Dalam proses klaim, kedua produk ini bisa menggunakan cashless.

Untuk jaminan ganti ruginya bisa sampai usia 75 tahun dengan princian jaminan rawat jalan, jaminan rawat inap 365 hari/tahun (inap kamar rumah sakit) atau 60 hari/tahun (inap di ruang ICU). Perbedaan utama kedua produk ini hanyalah pada Simas Sehat Executive memberikan jaminan transplantasi organ tubuh dengan limit khusus.

b. Simas Sehat Income

Jenis produk asuransi kesehatan yang memberikan santunan kepada nasabah jika menjalani rawat inap akibat risiko sakit, kecelakaan atau pembedahan. Di mana santunan tunai harian Simas Sehat Income mencapai Rp1 juta, dengan harga premi mulai Rp1.200/hari.

Bahkan jika dirawat lebih dari 8 hari di rumah sakit, bisa memperoleh santunan hingga Rp10 juta. Kalau melakukan pembedahan, santunan yang diberikan bisa mencapai Rp20 juta/operasi. Yang menyenangkan, jika tidak ada klaim selama 12 bulan berturut-turut, bakal memproleh bonus manfaat hingga Rp1 juta. Terakhir, Simas Sehat Income juga memberikan santunan meninggal dunia atau menderita cacat tetap sampai Rp200 juta.

c. Simas Sehat Platinum

Merupakan produk asuransi kesehatan antara Sinarmas dengan CEGA dan IPH London untuk memberikan jaminan perlindungan Anda serta keluarga, hingga usia 99 tahun.

Melalui Simas Sehat Platinum, nasabah bisa memperoleh manfaat kesehatan tahunan sampai USD2 juta dengan klaim cashless (rumah sakit rekanan Sinarmas). Bukan hanya itu saja, nasabah juga memperoleh layanan dokter profesional sekaligus limit kemoterapi dan radioterapi yang dihitung per tahun.

d. Simas Sehat Corporate (Asuransi Kesehatan Perusahaan)

Seperti namanya, produk ini bertujuan memberikan perlindungan dan ganti rugi kesehatan terhadap karyawan mulai rawat inap, rawat jalan, melahirkan, rawat gigi hingga kacamata.

Beberapa keunggulan Simas Sehat Corporate mulai dari jenis jaminan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, jaringan rumah sakit rekanan yang luas hingga di luar negeri, klaim cepat maksimal 7 hari (rawat jalan) dan atau 14 hari (rawat inap), hingga klaim yang dibayarkan lewat gaji (payroll) karyawan.

Pihak perusahaan pun akan memperoleh laporan klaim berkala termasuk laporan pembayaran lewat email HRD perusahaan.

4. Asuransi Kesehatan Manulife

Perusahaan asuransi kesehatan Manulife berasal dari Kanada yang sudah beroperasi di Kanada, Amerika Serikat dan Asia. Di Indonesia sendiri, nasabah PT Asuransi Jiwa Manulife sudah menyentuh lebih dari 2 juta orang.

Tertarik bergabung? Setidaknya calon tertanggung harus mendaftar di usia mulai 6 bulan – 70 tahun sembari menyertakan fotokopi KTP/KITAS. Berikut ini adalah beberapa produk asuransi kesehatan Manulife yang bisa dipertimbangkan:

a. MiUltimate HealthCare (MiUHC)

MiUHC adalah produk asuransi kesehatan dasar dari Manulife yang paling diunggulkan. Manfaat perlindungan MiUHC termasuk ganti rugi rawat jalan, biaya inap dan persalinan hingga tertanggung berusia 80 tahun.

Bila dirawat di luar negeri (kecuali Amerika Serikat). santunan rawat inap bisa mencapai 3 kali lipat dari plafon pada polis. MiUHC juga memberikan santunan pengobatan untuk penyakit HIV/AIDS.

Jika Anda menderita penyakit kritis (serangan jantung, kanker, gagal ginjal, transplantasi organ), akan memperoleh limit tambahan. Ada juga manfaat tambahan yang diberikan untuk pembedahan rekonstruksi karena masektomi, kecelakaan, pengobatan tradisional, fisioterapi sampai chriopractic.

b. ProHealth (PH)

Jika Anda mencari asuransi kesehatan perorangan dengan perlindungan komprehensif, PH adalah pilihan tepat. Produk ini siap menanggung biaya medis sampai nasabah berumur 99 tahun. Hanya saja klaim untuk PH saat ini haruslah lewat reimburse.

Beberapa biaya yang ditanggung oleh produk PH mulai biaya rawat inap harian, biaya ICU, biaya inap karena penyakit kritis, biaya pembedahan, biaya konsultasi dokter, laboratorium, obat hingga ambulans. Jika tertanggung meninggal dunia, Manulife akan memberikan santunan sebesar 100% dari premi yang sudah dibayarkan.

c. HealthSafe (HS)

Asuransi kesehatan tambahan yang bisa melakukan klaim cashless ini bertujuan memberikan pergantian biaya perawatan rumah sakit, saat tertanggung terkena penyakit atau kecelakaan.

d. Hospital Benefit Plus

Termasuk produk asuransi tambahan dengan melakukan pergantian biaya rumah sakit lewat harga premi yang terjangkau. Perlindungan kesehatan seperti biaya operasi, biaya dokter sampai kapar operasi, bakal diberikan sampai tertanggung berusia 65 tahun. Saat tertanggung meninggal, Sinarmas akan memberi santunan hingga Rp15 juta.

e. Manulife Crisis Cover/Protection

Merupakan produk asuransi kesehatan tambahan yang memberikan santunan saat tertanggung didiagnosa satu dari 50 penyakit kritis, sampai berusia 75 tahun.

Pembayaran santunan pun mencapai 100% dari uang pertanggungan. Namun jika penyakit kritis yang diderita harus melakukan tindakan medis Angioplasty, santunannya menjadi sebesar 25%.

Baca juga: Inilah 5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Paling Gampang dan Cepat!

5. Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Sempat dikenal sebagai Asuransi Jiwa Staco Raharja sampai tahun 2002, baru mulai 2004 perusahaan ini dikenal dengan nama AXA Mandiri karena memang merupakan proyek kerjasama AXA dan bank Mandiri.

Keunggulan utama AXA Mandiri ada pada produk yang beragam, manfaat rawat inap hingga Rp1 juta/hari serta tentunya pilihan premi yang terjangkau sesuai kemampuan masyarakat Tanah Air. Berikut ini adalah beberapa produk asuransi kesehatan dari AXA Mandiri:

a. Asuransi Mandiri Kesehatan Prima

Produk asuransi ini memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh mulai dari santunan rawat inap di rumah sakit karena penyakit atau kecelakaan, rawat jalan hingga manfaat tunai.

Dengan jaringan yang luas, Anda bisa menggunakan AXA Mandiri di berbagai rumah sakit swasta, dokter umum bahkan spesialis. Untuk proses seleksi kesehatannya juga sangat sederhana yakni tanpa medical check-up. Beberapa rawat jalan juga diberikan ganti rugi seperti chriopractic, akupuntur, pengobatan tradisional China dan lainnya. Jika proses klaim tidak terjadi, akan ada pengembalian premi 100%.

b. Asuransi Mandiri Jaminan Kesehatan

Untuk produk ini, perlindungan kesehatan diberikan kepada Anda dan keluarga saat harus menjalani rawat medis atau rawat inap di rumah sakit. Jika dalam periode lima tahun berturut-turut tidak ada klaim, maka premi bisa dikembalikan 100%.

Saat Anda menyertakan seluruh anggota keluarga, akan ada potongan 10% dari total premi yang sudah dibayarkan. Dan yang cukup menyenangkan, premi tahunan cukup dibayar selama 10 bulan saja. Nasabah juga memperoleh manfaat santunan harian maksimal 90 hari/tahun polis (rawat inap penyakit/kecelakaan) dan 30 hari/tahun polis (ICU). Untuk santunan pembedahan bisa mencapai Rp10 juta/operasi.

c. Asuransi Mandiri Proteksi Kanker

Seperti namanya, asuransi kesehatan ini memang memberikan perlindungan ganti rugi terhadap risiko kanker yang dialami tertanggung dan keluarganya.

Beberapa keunggulannya seperti manfaat uang pertanggungan jika didiagnosa atau meninggal dunia karena kanker mencapai Rp250 juta dan pemberian manfaat premi jika dalam 3 tahun berturut-turut tak ada klaim. Perinciannya dari premi total sebesar 25% (1-3 tahun), 50% (4-6 tahun) dan 100% (7-9 tahun).

d. Asuransi Mandiri Hospitalife

Tujuan dari produk ini untuk memberikan ketenangan bagi Anda dan keluarga karena sudah terjamin atas risiko kesehatan seperti uang santunan rawat inap hingga uang kematian.

Keunggulan utama produk Asuransi Mandiri Hospitalife ada pada premi yang besarannya tetap dalam jangka waktu empat tahun. Premi juga bisa dikembalikan 100% entah ada klaim atau tidak.

e. Asuransi Mandiri Heart Protection

Tak hanya kanker, AXA Mandiri juga memiliki produk asuransi kesehatan khusus untuk organ jantung yakni Asuransi Mandiri Heart Protection. Jika tertanggung didiagnosa mengalami serangan jantung, stroke hingga meninggal dunia (disebabkan oleh apapun), bisa memperoleh manfaat perlindungan. Akan ada pengembalian premi sebesar 105% dari total yang dibayarkan selama 10 tahun.

6. Asuransi Kesehatan Cigna

Sebagai perusahaan pelayanan kesehatan global, Cigna tentu sudah memiliki jaminan mutu terhadap berbagai produk asuransi kesehatan mereka. Sudah beroperasi di lebih dari 30 negara seluruh dunia, total nasabah Cigna menembus 90 juta orang.

Untuk mendaftar di asuransi Cigna, calon tertanggung harus berusia 6 bulan – 65 tahun sekaligus menyertakan fotokopi KTP/KITAS dan lampiran hasil pemeriksaan kesehatan. Dan ini adalah beberapa produk asuransi kesehatan unggulan dari Cigna:

a. Cigna Proteksi Sehat

Produk asuransi kesehatan ini memberikan manfaat rawat inap dan pembedahan di i seluruh jaringan rumah sakit rekanan Admedika. Anda bisa membayarkan klaim secara cashless, bahkan kartu anggota Cigna bisa digunakan untuk diskon di banyak merchant.

Jika tertanggung harus rawat inap karena sakit/kecelakaan, santunannya mulai Rp300 ribu – Rp1,5 juta/hari. Untuk pembedahan mulai Rp3-15 juta/operasi. Tak hanya itu, tertanggung juga bisa memperoleh layanan ambulans lokal.

b. Cigna Family Care Optima & Eazi Care

Perlindungan lewat produk ini bisa dinikmati Anda atau keluarga yang terdaftar dalam satu polis (maksimal lima orang). Semua klaim bisa dilakukan secara cashless atau reimburse. Akan ada pengembalian premi sebesar 30% setiap tahun, entah anda mengajukan klaim atau tidak (Cigna Family Care Optima).

Untuk rawat inap (kecelakaan/sakit), santunan diberikan mulai Rp300 ribu – Rp1,2 juta dan Rp 600 ribu – Rp2,4 juta jika dirawat di ICU. Untuk prosedur pembedahan, manfaat perlindungan yang diberikan mulai Rp6-24 juta/pembedahan. Perbedaan utama kedua produk ini ada pada besaran premi di mana Cigna Family Eazi Care lebih murah yakni mulai Rp 7.000/hari.

c. Cigna Senyum Sehat

Seperti namanya, produk Cigna ini memberikan layanan perawatan khusus untuk kesehatan gigi dan mulut. Jenis perawatan yang didapat mulai pembersihan dan pengecekan gigi rutin baik di Indonesia atau luar negeri yang bisa diklaim secara cashless.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan dengan Cigna Senyum Sehat mulai pembersihkan rutin karang gigi, tambal/cabut gigi sampai perawatan gigi karena kecelakaan.

d. Cigna Eazicare Blue, Gold, Platinum

Ketiga produk ini sama-sama menyediakan manfaat perlindungan kesehatan baik secara individu maupun keluarga. Anda bisa mengajukan klaim secara cashless dan memperoleh layanan ambulans selain tentunya santunan harian untuk rawat inap hingga pembedahan.

Perbedaannya adalah untuk Eazicare Blue memproleh layanan rumah sakit domestik, Eazicare Gold mendapat tambahan perawatan gigi dan bantuan kesehatan internasional, lalu Eazicare Platinum jauh lebih eksklusif.

Di mana untuk Eazicare Platinum ada santunan ICU (maksimal Rp6 juta), meninggal dunia, medical concierge, layanan opini medis dan banyak lainnya. Bahkan santunan harian rawat inap Eazicare Platinum mencapai maksimal Rp3 juta dan pembedahan hingga Rp60 juta/operasi.

e. Cigna Health Protection

Inilah produk asuransi kesehatan dengan harga cukup terjangkau dari Cigna. Di mana mulai Rp36 ribu/bulan (usia 18-29 tahun) atau mencapai Rp4112 ribu/bulan (usia 60-65 tahun).

Tak cuma itu, bayi mulai usia enam bulan juga akan terlindungi. Nasabah juga berpeluang memperoleh bonus 25% dari total pembayaran premi jika tidak melakukan klaim selama dua tahun.

f. Cigna Care and Save

Masih berupa produk asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan bagi Anda dan keluarga yang ada dalam satu polis. Beberapa manfaat yang bisa dinikmati mulai tunjangan biaya rawat inap sampai santunan ICU.

Anda bisa memilih paket produk sesuai kemampuan mulai Rp70 ribu/bulan (usia 18-29 tahun) sampai Rp504 ribu/bulan (usia 50-59 tahun). Jika mengajak pasangan dan anak, akan ada potongan premi sebesar 5%.

Wah, ternyata ada banyak sekali produk-produk asuransi kesehatan yang ditawarkan setiap perusahaan, bukan? Ada baiknya Anda memperhatikan satu-persatu dan mulai mempertimbangkan produk mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Lagi-lagi, jangan sampai hanya karena ingin memperoleh fasilitas kesehatan terbaik, Anda sampai harus membayar premi begitu tinggi yang akhirnya mengacaukan keuangan bulanan. Karena pada hakikatnya, kesehatan itu mahal harganya sehingga harus dijaga dengan baik!

Apa yang Dipertimbangkan Saat Pilih Asuransi Kesehatan ?

(1) Pembayaran Reimburse atau Cashless, (2) Jaringan Rumah Sakit, (3) Penyesuaian Plafon dengan Premi, (4) Jangan Tergiur Telemarketing, (5) Perhatikan Risiko Tertanggung.

Scroll to Top