Cara Mendaftar Internet Banking BNI Terbaru

Siapa bilang transaksi non tunai di zaman ini sulit dioperasikan? Boleh jadi sulit dioperasikan tersebut dikarenakan belum mumpuninya pengetahuan Anda akan hal tersebut atau boleh jadi fasilitas transaksi belum mendukung secara utuh.

Karena itu, Bank BNI salah satu bank yang tersohor di Indonesia membuat sebuah gebrakan baru bernama fasilitas layanan internet banking.

Layanan ini hadir seiring dengan berkembangnya teknologi dan mengubah gaya hidup masyarkat Indonesia yang ingin cepat, mudah, dan tidka ribet dalam bertransaksi di bank.

Salah satu keuntungan menggunakan layanan ini adalah Anda tidak perlu capek-capek lagi ke kantor BNI untuk transaksi non tunai. Terlebih jika jaraka rumah dengan BNI cukup jauh dan menghambat aktivitas transaksi Anda.

Jika anda nasabah BRI ( Bank Rakyat Indonesia ), kami juga sudah membuatkan panduan mendaftar internet banking BRI, silahkan bisa anda baca panduan tersebut.

Nah, jika Anda belum membuat layanan internet banking BNI, berikut akan kami paparkan ulasannya di bawah ini!

Tahap Mendaftar Internet Banking BNI

Pada dasarnya untuk menggunakan layanan internet banking BNI sangat mudah bila Anda memenuhi syarat yang telah BNI tetapkan. Karena itu, Anda perlu melihat terlebih dahulu pembahasan berikut ini tentang syarat-syarat yang bisa dimiliki untuk menggunakan layanan tersebut, seperti;

Terdaftar sebagai Nasabah BNI

Bila Anda belum terdaftar menjadi nasabah bisa datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat yang ada di kota Anda.

Memiliki Alamat Email yang Aktif

Email ini sangat diperlukan dalam menggunakan layanan internet banking. Nantinya, notifikasi setiap transaksi dari layanan tersebut akan terkirim lewat alamat email tersebut.

Bila belum memilikinya, maka harus membuatnya terlebih dahulu. Biasanya masyarakat kita terkendala dengan lupa password yang digunakan. Maka ada baiknya setelah selesai membuat email, Anda langsung mencatatnya di buku atau notes smartphone.

Memiliki Nomor Handphone yang Aktif dan Gampang Dihubungi

Selain email, hal lain yang perlu disiapkan adalah nomor handphone. Handphone memang sebagian besar orang pasti sudah memilikinya. Bahkan satu orang ada yang memiliki nomor handphone lebih dari dua.

Nah, karena itulah berikan nomor smartphone yang benar-benar sering digunakan dan aktif, agar pihak bank sewaktu-waktu bisa menghubungi Anda.

Mengisi Formulir dan Memenuhi Syarat-Syarat Menggunakan Layanan Internet Banking BNI.

Pihak Bank biasanya akan memberikan formulir khusus untuk menggunakan layanan internet banking BNI.

Sebelum mengisinya, Anda bisa membacanya terlebih dahulu dan bila sudah sesuai maka proses menggunakan layanan internet banking akan dilakukan saat itu juga.

Cara Mendaftar Layanan Internet Banking BNI

Cara mendaftar layanan internet banking BNI ini tergolong mudah. Selain bisa dilakukan di kantor Bank BNI di semua cabang, layanan tersebut bisa dilakukan melalui ATM. Adapun langkah cara menggunakannya adalah sebagai berikut;

cara mendaftar internet banking terbaru BNI
  • Kunjungi ATM BNI terdekat yang ada di kota Anda. Biasanya ada di sekitar pusat perbelanjaan atau di tempat-tempat umum miliki pemerintah dan swasta.
  • Masukkan kartu ATM BNI ke mesin ATM seperti pada transaksi pada umumnya. Jangan lupa untuk input pula PIN ATM Anda sebelum bertransaksi.
  • Setelah berhasil masuk, Pilih Menu kemudian Registrasi E-Channel.
  • Setelah itu akan ada pilihan menu lain, Anda tinggal memilih menu Internet Banking kemudian pilih ‘’setuju’’.
  • Masukkan PIN Baru untuk mengaktifkan internet banking BNI. Kemudian konfirmasi ulang kembali dengan menuliskan kembali PIN yang baru dibuat. Agar mudah diingat, alangkah lebih jika PIN tersebut sama dengan pin ATM atau pin lainnya yang menurut Anda aman.
  • Konfirmasi ulang PIN yang baru Anda buat untuk internet banking BNI. Setelah itu klik ‘’oke’’ atau ‘’setuju’’ yang ada pada layar ATM.
  • Setelah selesi, jangan dulu keluar dari ATM apabila muncul pertanyaan di ATM “Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi?”, maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah menekan ‘’Ya’’.
  • Tunggu beberapa saat sampai keluar struk dari mesin ATM. Struk tersebut berisi kode aktivasi yang nantinya digunakan untuk mengaktivasi layanan internet banking BNI.
cara terbaru mendaftar internet banking bank rakyat indonesia

Cara Mengaktivasi Layanan Internet Banking BNI

Walaupun sudah memiliki struk berupa kode aktivasi, Anda belum bisa menggunakan layanan internet banking BNI. Karena harus melakukan langkah-langkah berikutnya seperti yang tertera di bawah ini;

  • Setelah melakukan pendaftaran di mesin ATM, Anda bisa mengaktivasinya di website resmi BNI, yaitu ibank.bni.co.id. website tersebut bisa dibuka di smartphone, tablet, PC atau laptop. Namun lebih baik untuk proses aktivasi lakukanlah menggunakan PC atau laptop agar terlihat jelas dan mudah digunakan.
  • Setelah terhubung dengan halaman website ibank.bni.co.id, Pilih Menu Aktivasi kemudian ikuti perintah yang ada didalamnya.
  • Dilayar akan menemukan halaman Aktivasi Pengguna Baru/Reset Password BNI Internet Banking. Pilih menu tersebut dan masukkan angka-angka yang tertera di struk ATM tersebut pada kolom yang disediakan di website tersebut.
  • Jika berhasil pada tahap tersebut, maka langkah berikutnya adalah akan diminta verifikasi nomor handphone.
  • Setelah dikonfirmasi, Password akan dikirim lewat SMS ke nomor yang sebelumnya Anda daftarkan. Maka dari itu, pastikan nomor handphone yang dimasukkan masih aktif dan jika ada di handphone lain pastikan handphonenya ada di sekitar Anda.
  • Setelah mendapatkan password tersebut, Anda bisa memasukkan kodenya pada kolom yang disediakan di halaman website.
  • Pastikan menginputnya benar dan sesuai agar proses aktivasi bisa berjalan dengan baik, sehingga layanan internet banking BNI bisa digunakan kembali.
  • Jika prosesnya berhasil, maka And aakn diminta memasukkan password sebanyak dua kali. Sebaliknya, bila kode password tidak sesuai maka proses akan dihentikan.
  • Setelah itu, Anda akan terhubung dengan halaman website yang menampilkan data diri Anda meliputi User ID, rekening di Bank BNI, Nomor handphone, dan juga alamat email.
  • Jika belum sesuai, maka Anda bisa mengubahnya. Jika sudah sesuai maka akan masuk ke halaman website aktivasi selanjutnya.
  • Sebelum Menekan tombol ‘’Proses’’, Anda akan masuk ke halaman website dimana terdapat pilihan untuk bisa mengakses layanan internet banking BNI di mobile browser.
  • Bila setuju, maka tinggal mencentang kolom yang disediakan. Sebaliknya, jika tidak setuju, maka tinggal menghilangkan tanda cetang tersebut.
  • Jika sudah tidak ada masalah lagi, maka Anda wajib menekan tombol ‘’Proses’’ untuk melanjutkan proses Aktivasi selanjutnya.
  • Halaman berikutnya tentu saja proses akhir sebagai tanda sudah bisa melakukan transaksi dengan menggunakan Layanan Internet Banking BNI.

Hanya saja, perlu diketahui dan diperhatikan baik-baik. Saat melakukan aktivasi lewat website transaksi yang bisa Anda gunakan hanya mencakup, mutasi rekening, informasi tagihan, dan juga mengecek saldo.

Sedangkan untuk transfer, bayar tagihan, dan juga isi ulang, bisa dilakukan dan diaktivkan dengan bantuan customer service yang berada di setiap kantor cabang BNI yang ada di sekitar Anda.

Oleh karena itu proses mengaktivasinya adalah sebagai berikut;

  • Datang ke kantor cabang BNI dengan membawa kartu identitas diri seperti paspor, KITAS, SIM, atau KTP. Jangan lupa untuk membawa pula buku tabungan dan kartu ATM BNI.
  • Kemudian, temui bagian customer service BNI dan minta untuk diaktifkan layanan transfer, bayar tagihan, dan juga isi ulang.
  • Proses tersebut akan dilakukan tidak memakan waktu lama, dan selain diaktifkan, layanan internet banking BNI pun akan dibekali dengan BNI m-Secure agar proses transaksi lewat internet aman dan mudah dijangkau.

Mengenal Fitur-Fitur yang Ada di Layanan Internet Banking BNI

Untuk Anda yang baru menggunakan layanan internet banking BNI, pasti akan bertanya-tanya tentang fitur yang ada di halaman website tersebut.

Nah, agar tidak bingung berkepanjangan atau lupa setelah diberitahu oleh pihak customer service BNI, kami buka kembali ‘’bocorannya’’ untuk bisa menggunakan fitur-fitur tersebut.

aktivasi internet banking BNI

Tentunya layanan internet banking ini dibuat untuk memudahkan setiap nasabah BNI dalam bertransaksi. Karena itu, fitur-fitur yang kami tampilkan pun mencakup fitur yang biasa digunakan untuk bertransaksi beserta info nominal yang bisa digunakannya.

Adapun Fitur-Fitur yang Dimaksud adalah sebagai berikut;

  • Fitur Transfer Antar Bank BNI, dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa transaksi hingga Rp 1 miliar per transaksinya dan tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.
  • Fitur Transaksi Online, dengan menggunakan fitur ini Anda bisa bertransaksi sebesar Rp 10 juta per transaksi dan Rp 25 juta per harinya. Dimana akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 6.500.
  • Fitur RTGS, dengan menggunakan fitur ini Anda bisa melakukan transaksi hingga Rp 1 miliar untuk setiap transaksinya dalam waktu satu hari. Biaya yang dikenakan sebesar Rp 25.000.
  • Fitur Kliring, dengan menggunakan fitur teersebut Anda bisa melakukan transaksi sebesar Rp 500 juta per transaksi dan Rp 500 juta untuk per harinya dengan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000.
  • Fitur Pembelian Pulsa, Pulsa sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang, maka dari itu BNI pun meluncurkan fitur tersebut untuk memudahkan para nasabahnya.

Adapun transaksi yang bisa dilakukan hingga mencapai Rp 1 juta per transaksinya dan Rp 20 juta dalam waktu satu hari. Tidak dikenakan biaya adminisitrasi kecuali yang menggunakan telkomsel akan dikenakan biaya Rp 1.500.

  • Fitur Go-Pay, Gopay saat ini sudah menjadi ‘’dompet’’ online yang tidak hanya untuk membayar gojek tetapi bisa juga digunakan untuk transaksi lainnya.

Mengingat banyaknya pengguna gojek di Indonesia, maka pihak BNI pun memfasilitasi nasabahnya yang menggunakan ojek online tersebut untuk difasilitasi dengan fitur pengisian Go-pay.

Transaksi yang bisa digunakan hingga mencapai Rp 1 juta pert transaksi untuk setiap harinya dengan biaya admin sebesar Rp 1.000.

  • Fitur Membayar Tagihan

Fitur membayar tagihan ini mencakup banyak hal yang sangat erat kaitannya dengan gaya hidup para nasabah.

Adapun Fitur-fitur tersebut diantaranya untuk pembayaran kartu kredit BNI dan kartu kredit bank lain, untuk ZIswaf yang terhubung dengan Lembaga amil zakat yang ada di Indonesia, membayar listirik, PDAM, Tiket pesawat dan KAI, TV kabel, bayar asuransi atau BPJS, Top-up agen, setoran pajak, dan lain sebagainya.

Alasan Memilih Layanan Internet Banking BNI

  • Tidak ribet
  • Mudah prosesnya terutama bagi yang baru mengenal internet
  • Bisa mengaktivasi lewat ATM
  • Praktis dan semua layanan ada
  • Customer service ramah dan cepat mengaktivasinya
  • Tidak dikenakan biaya apabila mengaktivasi di kantor maupun atm
  • Transaksi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Nah, itulah dia proses membuat layanan internet banking BNI terbaru yang bisa Anda lakukan saat ini juga

Jangan takut dengan perubahan, karena sejatinya perubahan tersebut untuk membuat Anda lebih baik dan mudah , serta cepat menggunakannya.

Bagaimana, siap untuk menggunakan layanan internet banking BNI? Yuk, segera datang ke ATM atau kantor cabang BNI terdekat di kota Anda.

Semoga bermanfaat.

Loading...