Cara Mudah Mendaftar Internet Banking BRI Terbaru

Sejak internet sudah mewabah di Indonesia, banyak bank yang menggunakan layanan fitur online untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Layanan tersebut dikenal dengan nama internet banking.

Banyak manfaat yang bisa digunakan seperti mengecek saldo, transfer, pembayaran non tunai dan lain sebagainya.

Dengan begitu para nasabah tidak perlu repot-repot lagi untuk datang langsung ke bank atau ke ATM. Semuanya bisa dilakukan menggunakan HP,tablet, laptop atau PC.

Nah, layanan internet banking sudah dilakukan oleh seluruh bank yang ada di Indonesia salah satunya adalah bank rakyat Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BRI.

Baca juga :

Untuk Anda yang baru menjadi nasabah bank tersebut atau memang tertarik menggunakan layanan internet banking berikut akan kami paparkan ulasannya tentang Cara Mudah Mendaftar Internet Banking BRI Terbaru. Ini dia ulasannya!

Langkah Cara Mendaftar Internet Banking

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk Mendaftar Internet Banking BRI. Langkah yang dilakukan ada 2 cara yaitu:

1. Pendaftaran Internet Banking di Kantor BRI Terdekat

Bank BRI sudah tersebar di seluruh kota Indonesia, karena itu datangi kantor cabang yang terdekat di kota Anda. Sebelum datang ke BRI jangan lupa untuk membawa ;

  • Kartu Tanda Penduduk ( KTP )
  • NPWP jika ada,
  • Smartphone dengan kuota yang mencukupi untuk proses verifikasi.
  • Buku Tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) beserta kartu ATM nya, jika memang Sudah menjadi nasabah bank BRI.

Jika belum, maka bisa meminta kepada customer service untuk sekalian membuka rekening tabungan.

  • Email Aktif untuk proses validisasi serta notifkasi pendaftaran internet Banking BRI.

Setelah persyaratan terpenuhi dengan baking, Anda bisa segera datang ke Bank BRI untuk melakukan pendaftaran kepada customer service yang ad di Bank tersebut.

Kemudian pihak customer service akan memberikan formulir pendaftran yang harus Anda isi dengan lengkap sesuai KTP.

Jika Sudah mengisi formulir, Anda akan mendapatkan M-Token BRI yang wajib dimiliki untuk akses layanan internet banking.

Jangan khawatir tentang penggunaannya, karena pihak customer service akan memandu Anda untuk dalam menggunakan M-Token tersebut.

2. Mendaftar Melalui ATM BRI

Bila tidak memungkinkan untuk datang ke kantor BRI pada saat itu, maka bisa mendaftar dulu lewat mesin ATM BRI yang ada di dekat Anda. Adapun langkah cara yang harus dilakukan dan diperhatikan adalah sebagai berikut;

  • Masukkan kartu ATM BRI yang Anda milik ke dalam mesin ATM.
  • Ketikkan PIN ATM Anda
  • Pilih menu lainnya, kemudian pilih menu ‘’Internet Banking’’
  • Ikuti perintah dari mesin ATM tersebut, yaitu masukkan password akun internet banking Anda. Boleh sama dengan PIN ATM ataupun berbeda. Alangkah lebih baik untuk tidak menggunakan angka lahir.
  • Tulis ulang password internet Banking Anda untuk konfirmasi
  • Tunggu beberapa saat, Jika proses berhasil Anda akan mendapatkan USER ID Internet banking.
  • Bila sudah selesai, Anda akan menerima struk yang berisi password dan User ID akun internet banking BRI. Jangan dulu dibuang simpan dahulu untuk proses verifikasi ke bank BRI
  • Walaupun sudah mendaftar di mesin ATM, untuk proses aktivasi tetap harus dilakukan di bank BRI terdekat. Karena untuk bisa mendapatkan M-Token sebagai alat tambahan yang aman untuk proses transaksi di internet banking.

Langkah Aktivasi Internet Banking BRI

Setelah mendaftar Internet Banking BRI langkah berikutnya adalah mengaktivasinya. Adapun langkah cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut;

  • Buka situs web https://ib.bri.co.id baik di Laptop maupun smartphone
cara mendaftar internet banking BRI terbaru
  • Masukkan User ID Internet Banking berserta password yang Anda daftarkan di awal. Jangan lupa masukkan kode captca dengan benar untuk proses validasi.
  • Klik tombol setuju ketika Anda masuk ke halaman syarat dan ketentuan yang ada pada internet banking BRI.
  • Kemudian langkah berikutnya adalah Anda harus mengubah password akun internet banking BRI dan masukkan alamat email yang aktif.
  • Setelah melakukan empat langkah di atas dengan benar, maka Anda Sudah bisa menggunakan akun internet banking BRI.

Adapun tampilan internet banking BRI yang bisa Anda lihat adalah sebagai berikut ;

Cara aktivasi internet banking terbaru

Tentu saja dengan begitu Anda bisa menggunakan intenet banking dari BRI dengan menggunakan M-Token.

Cara Aktivasi M-Token BRI

cara aktivasi M-token BRI

Setelah Anda mendaftar dan mendapatkan layanan internet banking BRI, maka untuk memaksimalkan layanan tersebut harus dengan mengaktivkan M-Token BRI.

Fungsi utama m-token ini sebagai pengaman tambahan yang biasanya diperlukan untuk setiap transaksi, seperti transfer uang, pembelian, dan juga pembayaran tagihan.

Cara mendapatkan M-Token sendiri biasa Anda dapatkan di seluruh kantor cabang BRI setelah selesai melakukan pendaftaran.

Pihak customer bank akan memandu Anda untuk menggunakan m-token. Namun yang terpenting adalah Anda harus selalu ingat nomor PIN tersebut sebagai langkah awal mengunakan m-token.

Bila sebanyak tiga kali Anda salah memasukkan nomor PIN, maka m-token akan diblokir dan harus diaktivasi kembali di kantor BRI terdekat di kota Anda.

Karena alatnya yang kecil, sebaiknya simpan ditempat yang kondusif agar tidak hilang atau dimainkan oleh anak-anak.

Biasanya untuk mengganti m-token tersebut dikenakan biaya Mulai dari Rp 50,000 sesuai dengan kebijakan pihak bank BRI terkait.

cara registrasi m token bri

Keuntungan Menggunakan Layanan Internet Banking BRI

panduan mendaftar internet banking terbaru

Pada mulanya, layanan internet banking ini digunakan oleh salah satu bank dunia yaitu Security First Network Bank.

Layanan ini dibuka mengingat pengguna internet di dunia semakin banyak dan berubahnya life style penduduk dunia yang ingin melakukan sesuatu dengan mudah dan cepat.

Adapun manfaat yang bisa dirasakan menggunakan layanan internet banking ini adalah sebagai berikut ;

  • Layanan Transaksi bisa Dilakukan Kapanpun dan Dimanapun

Dengan layanan transaksi bisa dilakukan kapanpun dimanapun seperti menggunakan laptop atau smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Karena itu Anda tidak perlu datang ke kantor BRI untuk bertransaksi atau keluar rumah untuk bertransaksi lewat ATM.

Tentu saja ini menjadi keuntungan karena ditengah kesibukan pun Anda masih bisa bertransaksi untuk transfer atau mengecek saldo Anda.

Sedangkan fasilitas yang bisa digunakan adalah bisa transfer dana non tunai atau tunai, bayar tagihan dan lain sebagainya.

  • Mengecek Kondisi Keuangan di Rekening

Dengan adanya layanan internet banking, Anda bisa mengecek kondisi keuangan masuk dan juga mutasi keuangan dengan cepat.

Tentunya sangat direkomendasikan untuk Anda yang bekerja di bagian keuangan atau bisnis online shop yang notabenenya harus mengecek atau transfer keuangan dengan cepat.

Di layanan internet banking BRI ini, Anda bisa mengetahui mutasi keuangan Anda dari tahun-tahun sebelumnya. Limit transaksi pun bisa dilakukan hingga 1 miliyar.

  • Mengetahui Program Terbaru dari Bank dengan Cepat

Dengan menggunakan layanan internet banking Anda bisa mengetahui program bank terupdate seperti layanan investasi, program deposito, dan juga pinjaman dana.

Dengan begitu, Anda akan selalu menjadi nasabah terupdate dan terdepan untuk mengetahui segala informasi yang dikeluarkan oleh pihak bank.

  • Bisa Diakses 24 Jam

Dengan menggunakan layanan internet banking maka proses transaksi bisa dilakukan 24 jam tidak terbatas waktu asalkan terhubung dengan internet.

  • Mudah Dioperasikan

Fitur layanan internet banking sangat mudah untuk dioperasikan. Tampilannya dibuat friendly sehingga siapapun bisa mengaksesnya tidak terbatas usia.

  • Tampilan Website yang Mudah Dimengerti

Tampilan website pada layanan internet banking BRI ini mudah dimengerti karena setiap menunya berada pada halaman atau menu yang pas untuk diakses.

Selain itu, ada dua pilihan Bahasa yang bisa dipakai baik Indonesia maupun inggris. Karena itu, bisa disetting sesuai keinginan Anda.

Baca juga :

Tips Menggunakan Layanan Internet Banking BRI

Bagi Anda yang sudah memiliki layanan internet banking BRI, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menggunakannya. Tips ini perlu dilakukan agar aman saat bertransaksi, adapun yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ;

  • Buka Akses layanan BRI Internet Banking pada situs resminya yaitu https://ib.bri.co.id . Anda bisa membukanya di smartphone maupun PC. Pastikan Anda membuka situs website tersebut agar akun Anda bisa tetap aman.
  • Rahasiakan User ID dan paswordnya, Anda boleh memberitahu pada keluarga. Jangan beritahu pada siapapun sekalipun petugas bank BRI itu sendiri.
  • Sebaiknya simpan password dan username pada tempat yang menurut Anda aman. Bisa di smartphone di bagian menu note, pc, laptop, dan lain sebagainya.

Namun, harus diingat pula bila akan menyimpannya pastikan smartphone Anda terkunci dan hanya orang-orang terdekat saja yang mengetahuinya.

Bila ingin menyimpannya di PC/Laptop pastikan simpan di tempat yang aman atau menggunakan kode yang Anda ketahui beserta orang terdekat. Kewaspadaan ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi bila handphone atau laptop Anda hilang atau rusak.

  • Alangkah lebih baik untuk mengganti password secara berkala, bisa satu atau dua bulan sekali. Sekali lagi Anda perlu waspada dan berhati-hati mengingat banyaknya kejahatan di dunia maya.
  • Sebaiknya tidak mengakses layanan internet banking BRI melalui koneksi internet umum yang ada di tempat umum. Baik di mall atau tempat umum lainnya.
  • Jika terjadi sesuatu pada saat mengakses layanan internet banking, maka bisa langsung menghubungi Customer BRI di 1500017 atau 14017.
  • Jangan Lupa untuk selalu klik tombol Log Out saat sudah selesai bertransaksi. Baik itu di smartphone atau laptop pribadi. Ingat kewaspadaan perlu ditingkatkan karena banyaknya kejahatan yang ada saat ini terutama di dunia maya.
  • Jika ada hal yang mencurigakan Anda bisa langsung datang ke kantor Bank BRI terdekat ataupun menghubunginya lewat layanan call BRI. Termasuk ketika Anda lupa username dan password sebaiknya segera lakukan di kantor BRI terdekat.

Aktifkan Layanan Internet Banking BRI Sekarang Juga!

Bagaimana, Anda tertarik menggunakan layanan internet Banking BRI? Untuk memulainya, Anda bisa langsung mendaftar di kantor bank BRI terdekat.

Baca juga : Peluang usaha agen bank laku pandai di Indonesia

Layanan internet banking ini adalah layanan terbaru dari setiap bank mengingat sudah banyak orang yang mengakses hal apapun lewat bank.

Setiap bank memiliki keunggulan dan fitur tersendiri, termasuk bank BRI yang memiliki fasilitas terbaik untuk memudahkan para nasabahnya.

Perlu diingat pula setelah mendaftar dan memiliki user name untuk layanan akses bank BRI, Anda harus merahasikannya untuk membuat akun Anda tetap aman dan terhindar dari orang-orang jahat yang banyak berkeliaran di dunia maya.

Jika Anda ingin menagkses keuangan dengan mudah, maka pilihan internet banking BRI inilah yang terbaik untuk Anda. Selamat Mencoba!

Loading...