Mengenal Google Analytics Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Sedang mempelajari Google Analytics untuk mengembangkan bisnis lewat website?

Tidak masalah jika Anda masih pemula dan masih bingung menggunakan tools yang bernama Google Analytics, yang penting Anda sudah selangkah lebih maju. Karena tengah persaingan bisnis saat ini, bagi yang tidak mau belajar dan hanya mengandalkan cara-cara lama nampaknya bisnis akan sulit bertahan. Saat ini sudah lebih dari 27 juta website yang terhubung dengan Google Analytics.

Tapi mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya, apa sebenarnya Google Analytics? Bagaimana cara menggunakan GA untuk meningkatkan bisnis?

Semua itu akan di bahas pada artikel kali ini. Anda bisa membaca penjelasan mengenai apa sebenarnya Google Analytics itu dan juga beberapa istilah-istilah penting yang terkait. Setelah itu lanjutkan membaca lebih dalam mengenai tools serta cara menggunakannya. Selamat membaca!

Mengenal Apa itu Google Analytics (GA)

Google Analitycs adalah suatu software berbasis web dari Google yang berfungsi untuk menganalisis data perilaku pengunjung dari situs Anda. Cara kerjanya adalah dengan melacak, melihat usia, mengetahui jumlah dan minat pengunjung serta masih banyak fitur lain yang di manfaatkan. Nah, data dari Google analytics ini bisa di jadikan pijakan untuk meningkatkan kualitas konten pada situs Anda.

Mengapa Google Analytics di Butuhkan Untuk Bisnis

Mau tidak mau untuk bisa bertahan dan bersaing, bisnis juga harus ikut eksis di dunia online salah satunya adalah di mesin pencari seperti Google. Anda tahu kenapa?

Berdasarkan data riset dari We Are Social tahun 2020 tercatat bahwa ada sekitar 175,2 juta orang yang aktif menggunakan internet dari Indonesia. Selain itu, tercatat pula bahwa sebanyak 160 juta orang yang aktif ber-social media.

Para pengguna internet maupun social media tersebut aktif melakukan browsing mencari informasi untuk berbagai kebutuhan mereka. Baik itu informasi untuk kebutuhan jual beli barang atau jasa, mempelajari sesuatu, untuk hiburan, dll.

Sederhananya, mesin pencari seperti Google adalah tempat berkumpulnya sebagian besar masyarakat saat ini. Hampir semua hal yang mereka butuhkan di cari lewat google. Jadi apapun bisnisnya kita perlu menghadirkannya di internet agar mudah di cari oleh pasar. Untuk itu kita butuh data tentang pengunjung situs sebagai dasar pengembangan bisnis.

Nah, sekarang bayangkan jika bisnis kita bisa di temukan lewat internet? Tentunya peluang bisnis menjadi lebih luas. Namun jika tidak, maka Anda akan kehilangan kesempatan emas tersebut dan kalah dengan pesaing yang sudah go online dan mudah di temukan oleh target pasar.

Namun masalahnya, tidak semudah itu untuk bisa terlihat di internet. Kita butuh berbagai data untuk meningkatkan visibilitas online dan salah satu tools penting dalam proses tersebut adalah Google Analytics.

Manfaat GA Untuk Mengembangkan Bisnis

Manfaat GA Untuk Mengembangkan Bisnis

Apa saja manfaat GA yang bisa di gunakan untuk pengembangan bisnis?

1. Sebagai Analytics Intellegence

GA memiliki fitur-fitur keren yang bisa membantu Anda mendapatkan data-data yang di perlukan untuk meningkatkan visibilitas online bisnis Anda. GA bisa memberikan data terbaru, adanya perubahan tren, ataupun peluang lain berupa saran untuk website berdasarkan data yang telah di terima.

2. Untuk Melakukan Reporting

Anda bisa mendapatkan berbagai laporan penting yang bisa Anda bagikan kepada divisi lain untuk di tindak lanjuti. Google Analytics memiliki fitur-fitur yang sangat bermanfaat bagi para blogger dan juga mereka yang memiliki bisnis agar eksis di Google. Beberapa hal yang bisa di cek lewat Google analytics seperti :

  • Realtime
  • Demografi pengunjung
  • Perilaku pengunjung
  • Jumlah traffic
  • Sumber traffic
  • Kecepatan website
  • Conversions

3. Sebagai Data Visualization

Ga memungkinkan Anda untuk melihat dari segi visual menggunakan charts. Dengan charts, data menjadi lebih mudah di pahami sehingga proses analysis bisa menjadi lebih cepat. Selain dari website , kini Anda bisa membuka GA melalui aplikasi mobile yang bisa instal di smartphone dan melakukan pemantauan dimana saja.

Yuk baca, Cara Membuat Website Company Profile Bisnis dengan Elementor Free

4. Menjadi Data Collection & Management

GA juga sudah support Open Measurement (OM) protocol. OM memungkinkan Anda bisa terhubung dengan aplikasi lain sehingga data-datanya bisa di gabungkan dengan Google Analytics agar lebih lengkap. Sebab untuk menoptimasi website membutuhkan perangkat lainnya selain GA.

Cara Registrasi Akun GA

Untuk bisa mengakses fitur-fitur keren dari Google Analytics, tentunya Anda harus melakukan registrasi atau memiliki akun GA yang terdaftar. Untuk itu Anda bisa menggunakan email atau langsung masuk melalui akun gmail. Berikut adalah langkah-langkah untuk registrasi akun Google Analytics selengkapnya!

  1. Kunjungi link www.google.com/analytics
  2. Klik tombol “Sign in” yang berada di bagian atas halaman
  3. Klik “Set up for free”
  4. Pilih “Create account” dan isi data-data yang di perlukan (seperti nama domain website, kategori industri dll)
  5. Jika sudah selesai mengisi data, selanjutnya klik “Create” dan isi centang form agreement
  6. Masukan data yang di perlukan dan pilihlah tombol “Get tracking ID” dan copy kodenya
  7. Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat akun Google Analytics, selanjutnya tinggal memasang kode tracking ID di website
  8. Log in ke dashboard WordPress Anda
  9. Instal plug in Google Analytics (klik menu plug in > new > ketik Google analytics > instal)
  10. Masuk ke menu “Settings” dan klik “Google Analytics”
  11. Masukan ID tracking dan klik “save changes”
  12. Sekarang website Anda sudah terhubung denga GA, laporan akan tampil mulai dari 12-24 jam ke depan.

Bagaimana, apakah penjelasan mengenai langkah aktivasi Google Analytics sudah cukup jelas? Jika sudah, mari kita lanjutkan untuk membahas cara membaca laporan-laporan yang ada di google analytics.

Cara Membaca Laporan Pada Google Analytics

Cara Membaca Laporan Pada Google Analytics

Google Analytics bisa memberikan laporan lengkap yang berguna untuk berevaluasi dan meningkatkan performa website agar semakin banyak di kunjungi visitor.

Namun laporan ini tidak akan berguna jika kita tidak bisa membacanya. Oleh karena itu membuat akun dan menghubungkannya ke website saja tidak cukup, Anda harus bisa membaca laporan-laporan yang ada untuk kepentingan pengembangan website nantinya.

Baca juga, 5 Fungsi Website dalam Bisnis, Segera Bangun Website Bisnis Anda !

Nah apa saja fitur-fiturnya dan bagaimana cara membaca data yang di hasilkan? Berikut adalah beberapa cara membeca laporan pada GA yang penting untuk meningkatkan performa bisnis di internet!

1. Memahami Asumsi Pengunjung Secara Umum

Namun jika Anda ingin melihat laporan secara umum tentang audiens, semuanya bisa Anda lihat secara lengkap pada bagian report khususnya tentang “Audiens”. Klik menu “Overview” (ringkasan) untuk melihat gambaran besar datanya. Laporan ini berbentuk charts dan juga terdapat data berupa angka sehingga Anda bisa lebih mudah memahami.

Anda bisa melihat data-data seperti jumlah :

  • Pengguna (user)
  • Tayangan halaman (page views)
  • Pengguna baru (new user)
  • Halaman yang di buka per satu sesi (page/ session)
  • Sesi (Session)
  • Sesi per pengguna (number of session/ user)
  • Bounce rate
  • Geografi
  • Demografi
  • Sistem operasi yang digunakan

2. Memahami Lokasi Pengunjung Website

Selanjutnya adalah laporan yang berkaitan dengan geografi audiens. Siapa saja yang mengunjungi website Anda dan dari mana mereka berasal berdasarkan bahasa, kota, negara, benua bahkan sub benua. . Data mengenai lokasi ini bisa Anda manfaatkan untuk memahami hal menarik apa yang bisa di bahas.

Misalnya saja target Audiens Anda adalah orang-orang yang tinggal di lokasi kota metropolitan yang banyak membutuhkan saran dan suggest untuk pengembangan karir. Maka Anda bisa membahas hal-hal terkait pengembangan diri, tips karir dll. Nah, pengunjung ini tidak berasal dari satu kota atau bahkan satu negara saja.

3. Mengetahui Keyword Populer

Kata kunci menjadi hal yang penting untuk di ketahui dalam mengembangkan bisnis lewat wesbite. Dengan kata kunci yang tepat, para pengunjung akan mudah menjangkau bisnis Anda sehingga traffic semakin kencang. Masalahnya, apakah website Anda sekarang sudah menempati peringkat teratas untuk kata kunci yang di targetkan?

Misalnya, bisnis Anda adalah berjualan baju anak dan salah satu kata kunci utama yang di targetkan adalah “toko baju anak”. Nah Anda bisa mengecek bagaimana keyword tersebut bekerja pada website Anda. Caranya?

Anda bisa melihat halaman mana yang performanya sudah bagus dan mana yang belum. Anda bisa mengklik menu “Acquisition” (akuisisi) dan memilih “Search console”. Untuk mendapatkan laporan ini pastikan akun GA Anda terhubung dengan akun Google Console. Jika belum, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

4. Mengetahui Sumber Traffic

Traffic website bisa dari berbagai macam sumber. Diantaranya dari sumber seperti dari browser google/organic atau media sosial (instagram, twitter) dll.

Data ini bisa membantu Anda memaksimalkan promosi untuk mendapatkan visitor lebih banyak. Jika Anda cukup aktif di instagram dan memiliki banyak followers, Anda bisa memanfaatkan sumber traffic website dari sanda dengan membuat konten-konten yang merujuk pada website.

Bukan tidak mungkin jika mereka juga mengetikan nama website Anda dan mengunjugi website lewat google dan menghasilkan traffic organic. Karena sudah teringat namanya, mungkin saja sewaktu-waktu mereka mengetikan nama website atau kata kunci terkait lewat browser. Ini juga akan berefek pada performa website di mata google dan mempengaruhi SEO.

5. Mencari Tahu Penyebab Pengunjung Meninggalkan Website

Selanjutnya adalah mengetahui perilaku pengunjung terutama mengapa mereka meninggalkan website Anda. Hal ini sangat bermanfaat untuk melakukan perbaikan di halaman mana biasanya pengunjung menjelajah di website Anda. Dengan begitu Anda juga bisa meningkatkan performa halaman agar mereka semakin betah nantinya.

Baca juga, 14 Cara Membangun Backlink Berkualitas Website Bisnis

Untuk ini Anda bisa mengklik bagian “Behavior” (perilaku) > “Behavior Flow” (Alur perilaku). Atau jika ingin mengetahui rinciannya, Anda bisa mempelajari metrik detail di bawahnya. Seperti konten situs, kecepatan situs, dll.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada laporan lain yang bisa Anda dapatkn dari Google Analytics. Misalnya saja laporan realtime, dimana Anda bisa melacak berapa banyak jumlah visitor yang datang, halaman apa yang di kunjungi dan lainnya secara realtime. hal ini bisa di manfaatkan untuk mengirim email marketing.

Karena Google Analitycs adalah alat untuk mendapatkan data perilaku pengunjung dari situs, nampaknya tools ini tidak cukup jika Anda ingin melakukan SEO secara menyeluruh atau menganalisa iklan Adsense. Anda perlu tools lainnya jika punya tujuan untuk hal tersebut. Namun dengan memahami perilaku pengunjung lewat data yang akurat dan rinci, bisa menjadi masukan dalam memikirkan langkah apa yang paling efektif untuk mengembangkan situs agar target pengunjung Anda bisa tercapai.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar