KKB BRI, Kredit Kendaraan dengan Bunga Kompetitif

Bagi banyak orang, memiliki kendaraan bermotor memang masih menjadi salah satu bukti kesuksesan. Apalagi kalau mobil yang memang memiliki harga ratusan juta Rupiah, siapapun pasti bangga memilikinya. Hal inilah yang membuat fungsi kendaraan bermotor bergeser dari alat transportasi, menjadi simbol gaya hidup.

Bahkan sekalipun harga kendaraan bermotor cepat turun sehingga tidak cocok dijadikan investasi jangka panjang (kecuali kendaraan antik), tetap saja keinginan membeli kendaraan menjadi salah satu tujuan hidup banyak orang. Hal ini pula yang akhirnya membuat harga kendaraan bermotor di pasaran makin variatif.

Bukan hanya seputar ratusan juta Rupiah saja, harga-harga kendaraan bermotor banyak yang menembus miliaran Rupiah. Masyarakat perkotaan dengan gaya hidup menengah ke atas, tentu menjadikan mobil-mobil mewah ini sebagai salah satu aset kekayaan. Tak cuma mobil, sepeda motor juga ada yang dipatok dengan harga fantastis dan rupanya memiliki pangsa pasar tersendiri.

Baca juga: KTA BRI: Informasi Lengkap Soal Jenis, Syarat dan Produk

Waduh, kalau begitu semakin mahal dong harga kendaraan bermotor? Butuh menabung bertahun-tahun baru bisa beli satu unit. Termasuk yang berpikir demikian? Tenang saja tak perlu cemas. Karena BRI menawarkan satu produk kredit untuk memiliki kendaraan impian lewat KKB BRI.

Apa itu KKB BRI?

pameran mobil © blackxperience.com
© blackxperience.com

Berstatus sebagai bank dengan jumlah aset terbesar di Indonesia, BRI sejauh ini memang lebih identik dengan pembiayaan finansial UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Hal ini pula yang akhirnya membuat BRI meraup laba hingga Rp34,41 triliun pada tahun 2019, yang berarti meningkat 6,2% dibanidngkan laba tahun 2018.

Hanya saja kenaikan laba tahunan BRI itu bukan karena pembiayaan finansial saja, tapi juga karena pertumbuhan kredit yang melonjak sampai Rp908,8 triliun di tahun 2019. Pencapaian ini menjadikan BRI cukup serius mengembangkan layanan kredit. Bukan hanya untuk kebutuhan produktif, BRI juga menyediakan produk kredit untuk konsumtif, salah satunya adalah KKB BRI.

Seperti namanya, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) adalah produk finansial yang ditawarkan BRI untuk para nasabah, demi keperluan kepemilikan kendaraan bermotor. Hadirnya KKB BRI ini membuat BRI mengikuti jejak bank lain yang juga menawarkan layanan kredit kendaraan bermotor seperti Mandiri Tunas Finance, BCA Finance dan BNI KPM.

Diharapkan, layanan KKB ini akan ikut menggenjot pertumbuhan kredit yang dipatok BRI bisa tumbuh sampai 10%, lebih besar dari catatan tahun 2019 yang meningkat 8,4%. Apalagi jika dibandingkan kredit pembelian kendaraan bermotor dari bank dan perusahaan pembiayaan lain, bunga KKB BRI bisa dibilang yang sangat kompetitif. Seperti apa? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Jenis-Jenis Produk KKB BRI

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kendaraan bermotor saat ini tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi saja. Dalam perkembangannya, kendaraan bermotor telah menjadi aset kekayaan dan gaya hidup terutama di kalangan masyarakat perkotaan. Dengan semakin meningkatnya pendapatan seseorang, keinginan memiliki kendaraan bermotor yang lebih baik pun menjadi lebih besar.

Baca juga: 8 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik Saat Ini

Hal inilah yang akhirnya membuat BRI memberikan tiga layanan berbeda untuk produk KKB BRI. Seperti apa saja? Berikut ulasannya:

1. KKB BRI Mobil Baru & Bekas

pameran mobil © intersport.id
© intersport.id

KKB BRI Mobil Baru & Bekas adalah produk pembiayaan BRI untuk nasabah yang ingin memiliki mobil. Dengan harga mobil baru yang terus meningkat hampir setiap tahunnya, banyak orang mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas yang masih berkualitas. Jangan anggap remeh mobil bekas, karena jika Anda cukup jeli, bisa memperoleh mobil bekas yang terawat dan memuaskan.

Hanya saja jika Anda ingin membeli mobil bekas, tentu tidak semua mobil bisa diajukan ke KKB BRI Mobil Baru & Bekas. Kenapa begitu? Karena pihak BRI biasanya memiliki aturan dan kebijakan khusus untuk batas usia mobil bekas. Untuk itulah supaya tidak keliru, tanyakan betul kepada BRI mengenai kriteria mobil bekas yang bisa dipilih. Lepas dari itu, berikut keuntungan yang bakal didapat calon debitur lewat KKB BRI Mobil Baru & Bekas:

  • Bebas biaya provisi
  • Jangka waktu alias tenor untuk KKB BRI Mobil Baru sampai 6 tahun
  • Jangka waktu alias tenor untuk KKB BRI Mobil Bekas sampai 4 tahun
  • Besaran DP mulai dari 25% atau sesuai ketentuan
  • Plafon pinjaman mulai Rp10 juta-Rp5 miliar
  • Menggunakan suku bunga tetap mulai 4,99% sampai 7,00% (KKB BRI Mobil Baru) dan 6,55% (KKB BRI Mobil Bekas)

2. KKB BRI Motor Premium

Harley Davidson © iamautomodified.com
Harley Davidson © iamautomodified.com

Bukan hanya menyediakan kendaraan bermotor berupa mobil saja, KKB BRI rupanya juga menyediakan layanan KKB BRI Motor Premium bagi masyarakat yang gemar mengendarai sepeda motor. Seperti namanya, motor-motor ini memang mempunyai kualitas dan harga yang jauh di atas sepeda motor pada umumnya, bahkan menembus ratusan juta Rupiah setara dengan mobil.

Beberapa sepeda motor premium yang mengaspal di Indonesia pada tahun 2019 seperti Vespa GTS Super Tech 300 (Rp152 jutaan), Qooder skutik (Rp357 jutaan), Kawasaki New Versys 1000 (Rp373 jutaan), BMW F750 GS (Rp492 jutaan), Triumph Scrambler 1200 XE (Rp545 jutaan) sampai Harley-Davidson FXDR 114 (Rp645 jutaan). Meskipun harganya fantastis, faktanya penggemar motor premium di Tanah Air cukup tinggi terutama di kalangan pejabat, pebisnis hingga selebritis.

Melalui KKB BRI Motor Premium, calon debitur akan memperoleh keuntungan-keuntungan seperti:

  • Bebas biaya provisi
  • Jangka waktu pembiayaan alias tenor hingga 3 tahun
  • Suku bunga KKB BRI Motor Premium cukup variatif dan kompetitif yakni mulai 5,11%, sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi finansial nasabah
  • DP yang dibebankan untuk calon debitur minimal 25%

3. KKB BRI Refinancing

Butuh dana cepat untuk berbagai kebutuhan entah produktif atau konsumtif tapi tak mempunyai tabungan? Maka Anda bisa memanfaatkan mobil atau sepeda motor yang dimiliki untuk diajukan ke layanan KKB BRI Refinancing. Ya, melalui KKB BRI Refinancing, Anda bisa mendapatkan dana dengan menjaminkan kendaraan bermotor yang dipunya.

Alih-alih mengagunkan BPKB kendaraan bermotor ke leasing yang belum tentu bertanggung jawab dan bunga kelewat besar, KKB BRI Refinancing yang ditawarkan BRI ini tentunya lebih bikin nyaman. Ada dua kategori KKB BRI Refinancing yang ditawarkan yakni untuk mobil dan sepeda motor. Di mana setiap kategori mempunyai keuntungan masing-masing seperti berikut ini:

  • Plafon pinjaman antara Rp100 juta – Rp5 miliar (KKB BRI Refinancing Mobil) dan Rp6,25 juta – Rp50 juta (KKB BRI Refinancing Sepeda Motor)
  • Tenor atau batas waktu pinjaman mulai 12-48 bulan alias hingga 4 tahun
  • Suku bunga flat yakni 4,61% per tahun (tenor 12 bulan), 5,50% per tahun (tenor 15-24 bulan), 6,10% (tenor 27-36 bulan) dan 6,65% per tahun (tenor 39-48 bulan)
  • Bebas biaya provisi, administrasi, asuransi dan materai

Baca juga: Fitur-Fitur iBank BCA KlikBCA Internet Banking yang Cocok untuk #DiRumahAja

Syarat Umum Pengajuan KKB BRI

isi formulir pengajuan KKB BRI
© notbuyingit.uk

Sama seperti pengajuan produk kredit lainnya di BRI, untuk KKB BRI pun ada syarat-syarat umum yang harus dipenuhi calon debitur. Pastikan Anda sudah memenuhi berbagai syarat dan dokumen yang diperlukan, supaya proses pengajuan KKB BRI bisa lancar dan disetujui. Apa saja syarat yang wajib dipenuhi? Berikut ulasan lengkapnya:

  • WNI (Warga Negara Indonesia) yang bertempat tinggal di Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat KKB BRI lunas
  • Mempunyai pekerjaan dan penghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan
  • Membayar DP sesuai dengan ketentuan bank (untuk KKB BRI Mobil Baru & Bekas serta KKB BRI Motor Premium)
  • Fotokopi KTP/SIM/Paspor
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Bagi debitur yang sudah menikah, sertakan fotokopi Akta Nikah, fotokopi KTP dan pas foto suami/istri terbaru
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi rekening koran/tabungan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir
  • Slip gaji tiga bulan terakhir
  • Tagihan kartu kredit tiga bulan terakhir (jika punya kartu kredit)
  • Membuka atau memiliki rekening BRItama

Kalau seluruh syarat dan dokumen di atas sudah disiapkan serta dipenuhi, maka Anda bisa langsung mengajukan KKB BRI ke kantor cabang BRI terdekat. Pastikan Anda mengisi formulir pengajuan KKB BRI dengan jujur dan tepat, termasuk perihal kepemilikan rumah apakah tinggal bersama keluarga, milik pribadi atau sedang mengontrak. Informasi yang jujur akan memudahkan pihak BRI dalam melakukan survei sehingga proses pengajuan KKB BRI bisa berlangsung cepat.

Hal-Hal Penting Seputar KKB BRI

Dengan berbagai produk yang ditawarkan, KKB BRI jelas menjadi solusi terbaik untuk siapapun yang hendak mempunyai kendaraan bermotor, tapi tidak bisa langsung membeli lunas. Khusus untuk KKB BRI Mobil Bekas, tentu Anda harus tahu bahwa bisa saja pihak BRI tidak menyertakan asuransi kendaraan. Kenapa begitu? Karena biasanya mobil bekas yang sudah berusia, akan sulit diasuransikan.

Dalam aturan asuransi kendaraan, biasanya usia maksimal mobil yang bisa dilindungi hingga delapan tahun untuk all risk dan 15 tahun untuk TLO (Total Loss Only). Lagipula, mobil-mobil bekas dikhawatirkan sudah mengalami pergantian komponen yang membuat pihak asuransi kendaraan bakal pikir panjang untuk memberikan jaminan. Untuk itulah jika Anda hendak beli mobil bekas, pastikan dulu komponen dan usianya, sesuai dengan aturan KKB BRI.

Baca juga:

Hal penting terakhir sebelum mengajukan KKB BRI, Anda harus benar-benar mempunyai kemampuan finansial yang sesuai dengan tanggung jawab tagihan yang bakal dibebankan kelak. Ada banyak sekali cerita debitur yang terpaksa kehilangan mobil atau motor miliknya lantaran ditarik oleh debt collector dan pihak leasing. Semua ini terjadi karena debitur menunggak pembayaran tagihan. Dengan perhitungan cermat di awal dan tanggung jawab penuh, Anda tentu akan mempunyai kendaraan bermotor idaman secara menyenangkan.

Tanya Jawab ;

Apa itu KKB BRI?

Seperti namanya, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) adalah produk finansial yang ditawarkan BRI untuk para nasabah, demi keperluan kepemilikan kendaraan bermotor.

Jenis-Jenis Produk KKB BRI?

1. KKB BRI Mobil Baru & Bekas
2. KKB BRI Motor Premium
4. KKB BRI Refinancing

Syarat Umum Pengajuan KKB BRI?

1. WNI (Warga Negara Indonesia) yang bertempat tinggal di Indonesia
2. Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat KKB BRI lunas
3. Mempunyai pekerjaan dan penghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan
4. Membayar DP sesuai dengan ketentuan bank (untuk KKB BRI Mobil Baru & Bekas serta KKB BRI Motor Premium)
5. Fotokopi KTP/SIM/Paspor
6. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
7. Bagi debitur yang sudah menikah, sertakan fotokopi Akta Nikah, fotokopi KTP dan pas foto suami/istri terbaru
8. Fotokopi NPWP
9. Fotokopi rekening koran/tabungan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir
10. Slip gaji tiga bulan terakhir
11. Tagihan kartu kredit tiga bulan terakhir (jika punya kartu kredit)
12. Membuka atau memiliki rekening BRItama

Bagikan ;

SEKURITAS

INFO

  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex

5/5
  • 50% Bonus deposit

  • $ 50 Deposit Awal

  • Trading Forex, CFD

  • Komoditas dan indeks Saham

5/5