Mengenal Mandiri Sekuritas, Broker Lokal Teraktif di Pasar Modal

Perekonomian saat ini memang tengah dalam kondisi yang belum menggembirakan. Pandemi Covid-19 yang berlarut dan belum ada yang tahu kapan usai, membuat banyak orang lebih berhati-hati dalam menentukan pengelolaan finansial mereka.

Mungkin keinginan untuk memulai sebuah bisnis itu selalu ada. Hanya saja melihat kondisi ekonomi yang tak menentu, rasa-rasanya butuh lebih waspada daripada uang lenyap begitu saja. Termasuk yang bingung dan galau tapi tak ingin membiarkan uang diam begitu saja? Hmm, bagaimana kalau Anda mencoba untuk melakukan investasi sekuritas.

Yap, sekuritas alias efek memang tidak pernah salah menjadi instrumen investasi yang menjanjikan. Ada banyak sekali jenis sekuritas ini mulai dari surat pengakuan hutang, surat berharga komersial, obligasi, kontrak investasi kolektif serta tentunya saham. Sebagai dokumen berharga yang bisa diperdagangkan, sekuritas bahkan tetap memiliki peluang untung dalam kondisi ekonomi saat ini.

Tapi, tapi, bukankah sulit untuk melakukan perdagangan di pasar modal?

Tidak lagi, asalkan Anda bisa memilih perusahaan sekuritas yang tepat.

Nah, dari banyaknya perusahaan sekuritas di Indonesia, Mandiri Sekuritas muncul menjadi salah satu solusi terbaik. Bahkan sekalipun Anda adalah pemula dan benar-benar baru menjadi investor, Mandiri Sekuritas akan memberikan berbagai kemudahan mulai dari proses pendaftaran hingga berbagai fasilitas yang ditawarkan. Yuk, cari tahu!

Baca juga: Tetap Cuan, Inilah 10 Saham Terbaik di Era New Normal

Apa Sih Mandiri Sekuritas itu?

tampilan website Mandiri Sekuritas (1)
website Mandiri Sekuritas

Dari namanya saja, Anda tentu sudah tahu kalau Mandiri Sekuritas ini merupakan anak cabang dari bank dengan total aset terbesar di Indonesia, Bank Mandiri. Berdiri pada tahun 1991, Mandiri Sekuritas awalnya bernama Merincorp Securities Indonesia.

Namun ketika Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor dan Bank Pembangunan Indonesia melebur jadi satu membentuk Bank Mandiri, Merincorp pun melakukan merger pada tahun 2000. Dua perusahaan yang terlibat dalam merger tersebut adalah Exim Sekuritas dan Bumi Daya Sekuritas sehingga akhirnya dikenal menjadi Mandiri Sekuritas seperti saat ini.

Berstatus sebagai penyedia layanan Investment Banking terkemuka, Mandiri Sekuritas bergerak di bidang Perantara Pedagang Efek (Surat Persetujuan Bapepam dan LK nomor Kep-13/PM/1992 tanggal 23 Januari 1992) dan Penjamin Emisi Efek ( Surat Persetujuan Bapepam dan LK nomor Kep-12/PM/1992 tanggal 23 Januari 1992). Dengan izin resmi itu, Mandiri Sekuritas pun terdaftar sekaligus diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga seluruh kegiatannya terjamin.

Telah hadir sebagai mitra investasi terpercaya selama 20 tahun, Mandiri Sekuritas pun berhasil menjadi broker lokal paling aktif di pasar modal. Sebagai pemimpin di industri pasar modal, jaringan distribusi Mandiri Sekuritas sudah tersebar di lebih dari 40 kantor layanan di seluruh Indonesia.

Mandiri Sekuritas pun mendirikan anak usaha di bidang Manajer Investasi (MI) yakni Mandiri Manajemen Investasi. Anak perusahaan ini sebetulnya merupakan divisi MI di dalam Mandiri Sekuritas yang sudah ada sejak 2004.

Bukan hanya di Tanah Air, Mandiri Sekuritas pun menjadi satu-satunya perusahaan sekuritas Indonesia yang melakukan ekspansi regional Asia. Di mana pada 15 Mei 2017 lalu, telah berdiri Mandiri Securities Singapore. Dengan berbagai pencapaian dan terjaminnya kualitas perusahaan, Mandiri Sekuritas tak dipungkiri lagi menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin terjun ke pasar modal.

Baca juga: Pengertian Dividen: Jenis, Keuntungan, Syarat, dan BUMN Dividen Terbesar

Bagaimana Cara Daftar di Mandiri Sekuritas?

tampilan website MOST
Website MOST

Untuk bisa melakukan perdagangan di pasar modal, yang harus Anda miliki adalah rekening efek. Kalau dulu untuk membuka rekening efek harus datang ke perusahaan sekuritas, mengirim berbagai dokumen fisik dan menunggu proses verifikasi, maka hal-hal itu tak akan terjadi saat Anda memilih Mandiri Sekuritas.

Melalui platform bernama MOST (Mandiri Online Securities Trading) yang diluncurkan pada 2011, Anda bisa langsung menginvestasikan dana ke pasar modal secara online seperti jual-beli obligasi, reksadana dan tentunya saham. Bisa diakses melalui smartphone, website dan aplikasi, MOST juga menjadi tempat Anda melakukan pendaftaran secara online. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Siapkan terlebih dulu dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan sebagai syarat pembukaan rekening efek di Mandiri Sekuritas. Dokumen-dokumen itu adalah KTP, NPWP, buku rekening tabungan, kartu nama, foto diri. Lantaran secara online, pastikan dokumen ini sudah dalam versi digital
  2. Buka website resmi MOST di www.most.co.id
  3. Cari menu PENDAFTARAN atau REGISTER di bagian sisi atas website dan klik
  4. Anda akan dialihkan ke Formulir Pembukaan Rekening Efek (FPRE) yang harus diisi dengan informasi data profil pribadi, data pekerjaan, data tambahan hingga Risk Profile Questionaire
  5. Unggah seluruh dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya
  6. Pilih media untuk melakukan proses verifikasi lewat video call lalu SUBMIT alias KIRIM

Tunggu sampai ada petugas Mandiri Sekuritas yang menghubungi Anda dan melakukan verifikasi. Biasanya calon investor juga akan diberi beberapa pertanyaan untuk pengecekan kelengkapan dokumen. Jika sudah, akan ada berkas yang dikirim melalui email. Unduh dan cetak berkas FPRE serta MTBI (Mandiri Tabungan Bisnis Investor) dalam ukuran kertas A4.

Bubuhkan tanda tangan di atas materai tempel pada FPRE dan MTBI tersebut, lalu masukkan ke dalam amplop cokelat dan kirim balik ke kantor cabang Mandiri Sekuritas terdekat. Dalam waktu beberapa hari dan jika sudah disetujui, Anda akan memperoleh rekening efek lalu bisa melakukan deposit awal dan langsung memulai perdagangan di pasar modal.

Aturan Deposit Awal dan Fee Transaksi Mandiri Sekuritas

Sebagai mitra terbaik yang menghadirkan layanan Investment Banking dan Capital Markets baik untuk nasabah korporat, institusi dan individu, MOST memang bekerja dengan kualitas tak main-main. Bahkan MOST ini memiliki berbagai kelebihan yang hanya akan dinikmati oleh nasabah Mandiri Sekuritas. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menggunakan metode enskripsi SSL sehingga sangat aman
  • Informasi yang diberikan cepat dan realtime
  • Ada informasi daily trading ideas dari pakar secara cuma-cuma
  • Bagi pemula dan nasabah Mandiri Sekuritas, akan memperoleh training pasar modal gratis
  • Tidak ada biaya bulanan dan administrasi

Dengan berbagai keunggulan, kemudahan pendaftaran dan pelayanan super berkualitas, pastinya Mandiri Sekuritas mematok deposit awal dan fee transaksi yang sangat besar! Bukankah istilah ada harga ada rupa? Tenang saja, hal itu tidak terjadi dalam Mandiri Sekuritas.

Baca juga: Investasi Saham, Inilah Rahasia 8 Cara Kaya Ala Warren Buffett

infografis MOST
infografis MOST © Instagram @mandiri_sekuritas

Di mana untuk saat ini, setoran deposit awal di Mandiri Sekuritas hanyalah sebesar Rp3 juta! Tentu saja nominal ini sangatlah terjangkau mengingat dulu harus minimal Rp10 juta untuk nasabah umum dan Rp5 juta untuk nasabah mahasiswa. Tak hanya deposit awal yang semakin terjangkau, besaran fee transaksi jual-beli saham di Mandiri Sekuritas pun tidak menekan nasabah.

Untuk biaya pembelian atau BUY, akan dikenai fee 0,18%, sementara untuk biaya penjualan atau SELL sebesar 0,28%. Satu yang harus Anda ingat, besaran biaya alias fee ini biasanya berubah-ubah tergantung dengan kebijakan Mandiri Sekuritas. Namun tetap tidak akan membebani investor.

Baca : 10 saham blue chip Indonesia terbaik saat ini

Bagaimana? Sangat menggiurkan sekali bukan penawaran dan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Mandiri Sekuritas? Lantaran itulah, sekarang bukan saatnya lagi untuk berpikir terlalu panjang dalam melakukan investasi sekuritas. Karena bersama Mandiri Sekuritas, siapapun kini bisa melakukan perdagangan di pasar modal tanpa perlu khawatir dan dimulai dengan dana terjangkau. Yuk gabung Mandiri Sekuritas sekarang juga!

Bagikan ;