7 Tips Sukses Menjaga Loyalitas Pelanggan Agar Bisnis Melejit

Bagaimana menjaga loyalitas pelanggan ? Menjalankan bisnis memang bukan perkara yang mudah, karena menjalankan bisnis adalah tantangan. Banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menjalankan bisnis, salah satunya adalah menjaga loyalitas pelanggan agar tetap percaya kepada kualitas produk yang Anda ciptakan.

Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa pelanggan merupakan aset utama yang harus Anda jaga agar bisnis yang kita jalani tetap berjalan lancar bahkan sukses. Perlu Anda ingat, kesuksesan bisnis yang Anda raih bukan semata karena kemahiran Anda dalam mengelola bisnis, namun karena loyalitas pelanggan Anda.

Loyalitas pelanggan terhadap produk Anda merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan oleh konsumen kepada Anda. Loyalitas pelanggan Anda menunjukkan bahwa mereka setia menggunakan produk Anda dan tidak berkhianat kepada kompetitor Anda.

Nah, bagaimana cara Anda menjaga loyalitas pelanggan Anda agar tidak berpaling ke pesaing produk Anda? Berikut adalah 7 Tips sukses menjaga loyalitas pelanggan Anda.

1. Budayakan sikap melayani dengan cara memberikan perhatian khusus kepada pelanggan

ramah pada pelanggan

Saat Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, Anda sudah mempersiapkan mental Anda untuk mau belajar. Salah satu hal yang harus Anda pelajari dalam dunia bisnis adalah Anda harus belajar tentang manajemen pemasaran. Dalam manajemen pemasaran, Anda akan diajarkan bagaimana menarik perhatian konsumen, yaitu dengan cara melayani konsumen dengan baik.

Sikap memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dapat meningkatkan penjualan, karena konsumen akan tertarik kepada Anda meskipun kualitas produk kurang. Terkadang konsumen membeli suatu produk karena adanya pelayanan yang baik. Konsumen yang tertarik dengan pelayanan Anda, dapat Anda jadikan pelanggan setia.

Membudayakan sikap melayani dengan cara memberikan perhatian khusus dapat membuat pelanggan Anda tidak berpaling ke produsen lain atau bahkan kompetitor Anda, contoh perhatian khusus kepada pelanggan adalah mendengarkan masukan dan keluhan pelanggan tentang produk Anda.

Baca juga : 13 Mental dan karakter pengusaha yang harus dimiliki

Dengan memberikan perhatian khusus kepada pelanggan, Anda telah memperlakukan pelanggan secara spesial. Akibatnya pelanggan Anda akan terus dan terus memakai produk Anda bahkan pelanggan Anda akan mengajak konsumen lain untuk memakai produk Anda.

3. Biasakan melakukan interaksi dengan pelanggan Anda

Membiasakan diri berinteraksi dengan pelanggan Anda adalah sikap yang baik. Interaksi pelanggan dapat Anda lakukan sebelum dan setelah transaksi jual beli terjadi. Berikut akan disajikan bentuk interaksi dengan pelanggan sebelum dan setelah transaksi jual beli terjadi.

  • Bentuk interaksi pelanggan sebelum transaksi jual beli adalah Anda dapat menanyakan kebutuhan pelanggan akan produk yang diinginkan, seperti spesifikasi produk dan harga produk.
  • Bentuk interaksi pelanggan setelah transaksi jual beli adalah Anda dapat menanyakan kepada pelanggan Anda melalui telepon atau email tentang produk Anda yang telah mereka beli, apakah sesuai dengan keinginan pelanggan atau apakah ada masalah terkait produk Anda.

Hal-hal tersebut merupakan cara terbaik dalam berinteraksi dengan pelanggan Anda. Membiasakan diri berinteraksi dengan pelanggan Anda adalah cara terbaik menjaga loyalitas pelanggan daripada Anda harus mencari pelanggan baru. Jadi biasakanlah berinteraksi dengan pelanggan setia Anda.

3. Selalu membina hubungan saling menguntungkan

Ketika Anda telah memutuskan terjuan ke dunia bisnis, otak Anda selalu berpikir untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Namun, perlu Anda ketahui, jangan pernah berpikir untuk mendapatkan keuntungan yang besar tanpa memperhatikan kualitas produk dan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen adalah kepercayaan bagi Anda. Kepercayaan yang Anda dapatkan akan memudahkan Anda mendapatkan loyalitas pelanggan.

Di era dunia bisnis yang semakin marak ini, Anda harus berlomba-lomba mendapatkan kepercayaan konsumen kepada produk Anda, mengapa?

Karena saat ini konsumen semakin pintar dalam menjatuhkan pilihan akan produk yang mereka beli. Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika Anda membina hubungan saling menguntungkan dengan konsumen dan pelanggan Anda.

Hubungan yang saling menguntungkan antara produsen dengan pelanggan adalah sebagai berikut.

  • Etika produsen, sebagaimana etika berbisnis, konsumen atau pelanggan adalah raja, oleh karenanya harus mendapatkan pelayanan yang layak dan jaminan atas produk yang dibelinya. Pelayanan yang baik dari pelaku bisnis adalah kepercayaan pelanggan.
  • Etika konsumen. Konsumen sebagai pengguna produk harus memberikan timbal balik yang sesuai dengan nilai produk yang dihasilkan produsen. Konsumen juga dapat memberikan masukan demi perbaikan produk agar bisnis yang dijalankan dapat berjalan lancar dan sukses.

4. Berikan tawaran yang menarik minat pelanggan

servis pelanggan Anda dengan baik

Seperti kata pepatah pembeli adalah raja sedangkan pembeli yang terus-menerus membeli produk Anda adalah pelanggan. Jadi, sudah selayaknya Anda sebagai produsen memperlakukan pelanggan Anda melebihi raja karena kesetiaannya dalam membeli produk Anda.

Nah, untuk menarik minat pelanggan Anda tersebut, Anda dapat memberikan tawaran yang menarik, misalnya memberikan harga promo atau diskon terhadap produk tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebagai pelaku bisnis yang bijaksana, selain memberikan harga promo dan diskon kepada pelanggan, Anda juga dapat memberikan program-program tertentu, seperti kartu member dari produk Anda. Kartu member ini dianggap dapat meningkatkan penjualan, karena mendorong pelanggan setia untuk berbelanja di tempat Anda.

Berikan tawaran kartu member dengan berbagai keuntungan yang Anda tawarkan, misalnya memberikan point reward bagi pelanggan yang sering belanja atau mencapai target belanja. Hal tersebut adalah cara terbaik untuk menarik pelanggan, selain itu dapat meningkatkan omzet penjualan Anda.

5. Buatlah komunitas layanan konsumen dan pelanggan

komunitas layanan konsumen dan pelanggan

Pelayanan yang baik kepada konsumen dapat menarik konsumen untuk menjadi pelanggan setia Anda. Palayanan yang baik merupakan kepuasan pelanggan.

Banyak cara untuk meningkatkan pelayanan Anda dalam menjalani bisnis, salah satunya dengan cara membuat komunitas layanan konsumen, misalnya membuat komunitas layanan konsumen di media sosial atau website.

Maraknya bisnis online, mendorong pelaku bisnis untuk berlomba-lomba membuat website dan media sosial. Fungsi dari website dan media sosial tersebut selain sebagai toko online juga sebagai komunitas atas pengguna produk yang Anda tawarkan.

Di website dan media sosial tersebut konsumen dan pelanggan dapat berinteraksi dengan Anda melalui live chat,email atau sekadar menulis testimoni atas produk yang telah dibelinya.

Loading...

Nah, cara tersebut sangat ampuh untuk membina hubungan baik dengan pelanggan apalagi jika Anda menyediakan space khusus di website atau media sosial. Cara tersebut membuat pelanggan merasa dihargai sebagai pembeli.

Selain cara di atas, Anda juga dapat membuat event tertentu yang berkaitan dengan produk Anda, misalnya Anda menjual produk panci, Anda dapat melakukan demo masak khusus untuk pelanggan setia Anda.

Anda juga dapat membuat family gathering bersama komunitas pelanggan Anda atau dapat juga mengadakan mudik lebaran bersama para pelanggan setia Anda. Dengan cara tersebut produk Anda akan semakin mendapat tempat di hati pelanggan Anda.

6. Memberikan kemudahan dalam metode pembayaran

sediakan fasilitas yang memudahkan pelanggan

Salah satu pendukung kesuksesan bisnis Anda adalah kepuasan pelanggan. Namun, untuk mempertahankan loyalitas pelanggan itu gampang-gampang susah. Salah satu usaha untuk menjaga loyalitas pelanggan dapat Anda lakukan dengan menyediakan metode pembayaran baik di toko offline maupun online Anda.

Metode pembayaran yang mudah memang dapat membuat pelanggan Anda nyaman untuk berbelanja di toko Anda. Kenyamanan pelanggan merupakan point reward bagi Anda pelaku bisnis.

Nah, bagaimana cara memberikan kemudahan dalam metode pembayaran? Untuk lebih jelasnya simak hal berikut ini.

  • Bagi Anda yang memiliki toko offline, seperti toko buku, toko peralatan rumah tangga, toko snack, toko kue, restoran, bisnis toko kelontong, butik atau toko lainnya. Anda dapat menyediakan metode pembayaran dengan menggunakan e-money, kartu kredit atau kartu debit bekerja sama dengan salah satu bank. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sofware ¬†akuntansi yang terintegrasi dengan sistem tertentu.
  • Bagi Anda yang memiliki toko online, seperti online shopping mall. Anda juga dapat bekerja sama dengan bank untuk menyediakan metode pembayaran yang dapat memudahkan pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan metode pembayaran yang bekerja sama dengan merchant tertentu seperti kantor pos atau merchant lainnya yang cukup dikenal oleh masyarakat.

Nah, kemudahan metode pembayaran tersebut dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan untuk terus berbelanja di toko Anda dan membeli produk yang Anda jual.

7. Pertahankan kualitas produk Anda

Jaga kualitas produk untuk menjaga kesetiaan pelanggan

Komitmen seseorang untuk melakukan bisnis adalah menyediakan produk yang berkualitas kepada konsumen dan produk tersebut dikenal di seluruh lapisan masyarakat. Produk yang berkualitas akan terus dipakai oleh konsumen bahkan akan menjadi produk langganan yang dicintai konsumen.

Produk yang sudah banyak dikenal konsumen akan banyak memiliki pelanggan setia, bahkan pelanggan akan membantu memasarkan produk tersebut dari mulut ke mulut.

Jika produk Anda berkualitas maka pelanggan Anda yang akan mencari Anda, bukan Anda yang mencari konsumen. Nah, bagaimana tips mempertahankan kualitas produk yang Anda buat? Berikut adalah tips mempertahankan kualitas produk.

  • Rutin Melakukan Pengukuran terhadap Kualitas Produk

Saat Anda membuat produk, Anda harus membuat pengukuran terhadap produk yang dihasilkan. Artinya Anda harus mengetahui produk tersebut gagal, sukses atau cacat sehingga dalam proses produksi semua tim dapat bekerja dengan baik dan maksimal.

Jika Anda membuat pengukuran, maka Anda dapat menentukan apa dan siapa yang melakukan kesalahan atas produk tersebut.

  • Mau Mendengarkan Masukan Konsumen dan Pelanggan

Produk yang telah dipasarkan ke konsumen, tentunya akan banyak mendapat masukan dari pengguna produk Anda. Nah, kesempatan tersebut jangan Anda lewatkan untuk perbaikan produk yang Anda buat. Buatlah daftar masukan konsumen dan pelanggan atas produk yang Anda buat.

Setelah itu, catatlah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan agar produk Anda diterima di hati konsumen dan pelanggan. Dengan cara tersebut Anda telah mempertahankan kualitas produk dan akan diterima di hati konsumen dan pelanggan Anda.

  • Selalu Berpikir Zero Mistakes sehingga Fokus pada Proses Produksi

Saat proses produksi, tentunya setiap tim bekerja keras untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Oleh karenanya, dalam proses produksi setiap tim diharapkan selalu berpikir zero mistakes, yang artinya meminimalisir kesalahan.

Selalu berpikir zero mistakes dapat meningkatkan kinerja dan fokus bekerja saat proses produksi sehingga tidak akan ditemukan cacat pada produk Anda.

  • Rutin Melakukan Evaluasi dengan Cara Rapat

Dalam menjalankan bisnis dibutuhkan rapat untuk melakukan evaluasi produk yang telah diproduksi. Namun, rapat yang dilakukan tidak perlu dilakukan sesering mungkin karena akan membosankan. Rapat untuk evaluasi produk dapat dilakukan seminggu sekali atau sebulan sekali. Cara tersebut dirasa ampuh untuk meningkatkan kualitas produk.

  • Pentingkan Solusi atas Masalah yang Terjadi

Tidak mengherankan jika produk yang dihasilkan dalam proses produksi menemui masalah. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar asalkan Anda dapat menyikapinya secara bijaksana. Jika produk yang Anda hasilkan terjadi masalah, maka pentingkan solusi untuk mengatasinya.

Baca juga : 6 Tips menjual produk agar cepat sukses

Anda dapat membuat solusi dengan cara membuat skala prioritas atas masalah yang sering terjadi dengan produk Anda. Perlu Anda ketahui, hindari memikirkan solusi atas masalah yang jarang terjadi dengan produk Anda.

Itulah 5 tips mempertahankan kualitas produk Anda untuk menjaga loyalitas pelanggan dan menarik konsumen untuk berkenan membeli produk Anda.

Penutup

Nah, hal-hal di atas adalah tips sukses menjaga loyalitas pelanggan Anda untuk terus menggunakan produk yang Anda buat. 7 tips tersebut dapat Anda terapkan untuk mempertahankan pelanggan Anda dan meningkatkan omzet penjualan bisnis Anda. Semangat sukses berwirausaha dan membangun bisnis.

Artikel Terkait :

    0 Shares
    Loading...