10 Model Kebaya Baju Wisuda Elegan yang Mempesona

Wisuda adalah momen berharga yang sangat ditunggu oleh para mahasiswa yang telah menyelesaikan sidang skripsinya. Tak heran untuk menghadiri wisuda tersebut, banyak hal yang harus dipersiapkan salah satunya adalah menyiapkan baju terbaik yang akan dikenakan saat wisuda.

Biasanya yang “sibuk” menyiapkan baju tersebut adalah para wisudawan perempuan yang memang harus menggunakan kebaya. Transformasi pemakaian kebaya dai tahun ke tahun pun terlihat perbedaannya.

Walaupun menggunakan kebaya, kesan “kuno” pun terkikis ketika perkembangan fashion di Indonesia sudah mulai bangkit dan bergerak lebih baik.

Kebaya wisuda yang notabennya dikenakan oleh para anak muda pun terlihat menarik dan juga elegan. Sehingga mereka yang mengenakannya terlihat begitu cantik tanpa harus menghilangkan identitas budaya bangsa Indonesia.

Jika Anda saat ini, sedang mencari model baju kebaya yang elegan untuk wisuda berikut akan kami paparkan mengenai 10 model kebaya baju wisuda elegan. Dan berikut ulasannya!

Mengenal Jenis-jenis Model Baju Wisuda Elegan

1. Kebaya dengan Model Kutu Modern

Kebaya dengan Model Kutu Modern

Baju wisuda yang kerap menjadi favorit adalah kebaya dengan model kutu modern. Kebaya dengan model kutu ini sebenarnya telah dikenakan sejak dulu oleh para wanita Indonesia khususnya di wilayah Jawa.

Baca juga : 10 Background Foto Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pada zaman dahulu kebaya kutu tersebut dipadu padankan dengan selendang yang dipasang di pundak. Kemudian, rok yang dikenakan adalah rok span dan kain songket dengan warna yang sesuai dengan kebaya.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kebaya kutu sendiri dibuat modern sehingga anak-anak muda bisa memakainya sesuai dengan perkembangan fashion saat ini.

Kebaya kutu pun dibuat dengan warna dan model yang menarik sehingga menjadi daya tarik sendiri untuk bisa dikenakan saat acara wisuda.

2. Kebaya Bernuansa Emas

Kebaya Bernuansa Emas

Baju wisuda elegan berikutnya yang biasa dipakai untuk acara wisuda adalah kebaya dengan nuansa emas atau gold. Selain elegan, efek yang ditonjolkannya adalah memukau bagi yang menggunakannya.

Baca juga : 5 Hal yang Akan Anda Perjuangkan Setelah Anda Wisuda

Biasanya untuk acara wisuda bahan yang dipilih adalah brokat yang dipadu padankan dengan sifon dan satin. Untuk model yang dibuat rata-rata hampir menggunakan model gaun ataupun long dress.

Untuk mendapatkannya bisa didapatkan di toko baju maupun menjahit sendiri dengan membeli bahan-bahannya terlebih dahulu.

Kebaya dengan model tersebut sangat cocok

3. Kebaya Wisuda dengan Menggunakan Warna Hitam

Kebaya Wisuda dengan Menggunakan Warna Hitam

Bila Anda tidak menyukai warna-warna cerah maupun pastel. Boleh mencoba menggunakan kebaya dengan warna netral. Biasanya warna yang biasa digunakan adalah hitam sehingga akan menimbulkan efek elegan, gothic, dan glamour.

Tentunya saya wisuda tersebut, Anda akan menjadi orang yang spesial dan berbeda karena mengenakan baju wisuda elegan.

4. Kebaya Wisuda dengan Model Brokat pada rok dan one shoulder

Kebaya Wisuda dengan Model Brokat pada rok dan one shoulder

Untuk Anda yang ingin tampil beda dan senanng mengeksplorasi model fashion. Boleh dicoba dengan model kebaya kekinian yang sedang hits.

Model tersebut bernam one shoulder dimana brukat tidak dipasang menyeluruh di bagian leher dan tangan. Melainkan, brukat tidak dipasang penuh pada bagian bahu kiri atau kanan sehingga disebut dengan one shoulder.

Baca juga : 10 Boneka Paling Lucu untuk Kado Wisuda

Brukat yang pada umumnya dipakai untuk atasan baju. Saat ini tengah hits dengan paduan brukat dan rok yang biasa dipakai untuk kebaya. Brukat tersebut disimpan di depan rok sehingga paduan tersebut sangat elegant.
Rupanya, model kebaya tersebut sangat disukai oleh anak muda terutama yang ingin dipakai untuk momen wisudanya.

5. Kebaya dengan Menggunakan Pita dan Kerah Shanghai

Kebaya dengan Menggunakan Pita dan Kerah Shanghai

Masuknya China ke Indonesia ternyata meninggalkan jejak budaya yang sampai hari ini masih digunakan oleh penduduk Indonesia. Sentuhan budaya tersebut bisa dilihat dari beberapa baju tradisional khas daerah di Indonesia yang memang memasukkan unsur kebudayaan China.

Salah satunya adalah dengan pemakaian model kerah shanghai pada kebaya. Walaupun terlihat kecil tetapi model dengan kerah tersebut sangat diminati oleh penduduk Indonesia.

Tak terkecuali Anak muda Indonesia yang memang menggunakannya untuk acara wisuda. Sehingga membuat baju wisuda tampak elegan. Selain menggunakan kerah tersebut, biasanya dipadupadankan dengan pemasangan pita pada pinggang hingga menimbulkan efek anggun.

Warna yang digunakan untuk kebaya sendiri biasanya menggunakan warna peach atau pastel.

6. Kebaya dengan Model Obi

Kebaya dengan Model Obi

Baju wisuda elegan berikutnya adalah dengan mengenakan kebaya model obi. Obi ini merupakan sehelai kain yang fungsinya untuk mengikat seragam karate serta kimono.

Dengan menggunakan obi, selain bisa menimbulkan efek elegan juga bisa membuat tubuh tampak lebih indah.

Selain itu, ada beberapa jenis obi yang bisa Anda pilih yaitu obi selendang yang biasa dipakai dalam kontes kecantikan, obi lipatan yang dibuat dari atasan yang disambungkan dengan bawahan.

Serta jenis obi pita yang paling sering digunakan karena minimalis dan simpel serta cocok digunakan untuk wisuda.

7. Kebaya dengan Model Peplum

Kebaya dengan Model Peplum

Kebaya model peplum pun bisa dipakai oleh Anda untuk menghadiri acara wisuda. Kebaya dengan model tersebut dikenal sebagai model terkini yang modern, modis, dan juga tetap mencirikan identitas dari kebaya itu sendiri.

Bila dipadupadankan dengan kain atau rok span dengan warna yang cerah maka akan terlihat sebagai baju wisuda yang elegan.

Selain itu, baju ini bisa memberikan efek kurus atau menyamarkan perut bagi Anda yang bertubuh gemuk. Sedangkan efek bagi yang bertubuh krusu adalah bisa membuat tubuh menjadi lebih berisi.

Selain bisa dijahit sendiri, saat ini sudah banyak toko-toko yang menjual kebaya dengan model peplum.

8. Kebaya dengan Model Panjang Berbahan Renda

Kebaya dengan Model Panjang Berbahan Renda

Kebaya Panjang dengan menggunakan bahan renda pun saat ini tengah digemari oleha masyarakat terutama Anak muda.

Kebaya dengan bahan renda memang bukan yang pertama, tetapi seiring dengan berkembangnya fashion, banyak designer yang merancang kebaya panjang tersebut dengan apik.

Oleh karenanya, efek yang ditonjolkan dari kebaya tersebut adalah mewah dan feminin. Tak hanya itu, apabila Anda gunakan untuk acara penting seperti wisuda maka akan membuat baju wisuda Anda tampak elegan.

Sebaiknya jika Anda memilih bahan renda bisa dikombinasikan dengan sutra Thailand. Karena dengan begitu baju yang Anda buat akan tampak sempurna dan modern.

9. Kebaya dengan Model Leher Berbentuk V

Kebaya dengan Model Leher Berbentuk V

Untuk Anda yang memiliki bentuk tubuh gemuk atau berisi, maka sangat disarankan untuk memakai baju dengan leher yang berbentuk V. Termasuk juga ketika Anda akan membuat kebaya, sebaiknya buatlah model dengan leher bentuk V.

Efek yang akan dirasakan dengan model tersebut adalah bisa memberikan kesan leher ramping dan jenjang.

Warna kebaya pun sebaiknya warna netral sehingga akan menambah efek elegan pada baju wisuda Anda.

10. Kebaya dengan Model Sabrina

Kebaya dengan Model Sabrina

Model sabrina pada umumnya dikenal pada baju berbahan sweater atau yang lainnya. Model tersebut pun setiap tahun selalu mendapatkan tempat terbaik di hati para pecinta fashion.

Seiring dengan berkembangnya fashion, model sabrina pun bisa dijadikan untuk model kebaya. Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang baru sehingga Anda wajib untuk mencobanya terutama di hari spesial Anda.

Dengan menggunakan model sabrina, maka efek yang ditampilkan adalah akan memberikan kesan indah pada leher dan bahu Anda. Dan yang pasti baju wisuda tersebut tampak elegan dan membuat Anda semakin feminin serta modern.

Tips Memilih Kebaya saat Momen Wisuda Anda

Kebaya bukanlah pakaian yang sering digunakan untuk aktivotas sehari-hari. Di zaman modern ini, kebaya digunakan hanya untuk momen penting dan berharga seperti wisuda.

Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin tampil sempurna ketika wisuda harus memilih kebaya yang sesuai dan membuat Anda nyaman. Tidak hanya itu, Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih kebaya seperti:

• Memilih Kebaya yang bisa menyerap keringat

Bagi Anda yang akan menghadiri momen wisuda jangan lupa untuk mengenakan kebaya yang menyerap keringat.
Hal ini perlu diperhatikan mengingat acara wisuda yang cukup lama dan belum tentu gedung tempat berlansgung acara tersedia Ac.

Kebaya yang bisa menyerap keringat biasanya menggunakan bahan katun. Selain bisa menyerap keringat, bahan tersebut bisa menimbulkan efek ramping dan juga ringan saat dipakai.

• Pakai Kebaya Sesuai dengan Ukuran

Selain harus menggunakan kebaya sesuai dengan warna kulit hal yang harus diperhatikan adalah tentang ukuran penggunaan kebaya.

Jangan sampai Anda menggunakan kebaya yang tidak sesua dengan ukuran badan. Misalnya saja Anda yang bertubuh kurus menggunakan kebaya dengan ukuran terlalu besar ataupun sebaliknya.

Hal tersebut bisa membuat Anda tidak percaya diri dan jelas tidak akan nyaman. Dan yang lebih parah lagi bisa saja karena kebaya, acara wisuda Anda tampak tak sempurna.

Oleh karena itu, jika tidak ada ukuran yang pas dan sesuai dengan Anda lebih baik membeli bahannya dan menjahit di tempat yang terpercaya. Anda pun bebas memilih model kebaya yang diinginkan.

• Gunakan Kebaya dengan Motif yang Sederhana

Motif dari kebaya memang beragamn bentuknya. Tak dipungkiri pula motif dalam kebaya tersebut sangat unik karena mencerminkan budaya di negeri sendiri. Tentunya ada kebangaan tersendiri apabila menggunakan kebaya tersebut.

Walaupun banyak motif, tetap saja ada “aturan” yang harus diperhatikan. Aturan yang dimaksud adalah sebaiknya pilih motof kebaya yang sesuai dengan kepribadian, usia, dan juga bentuk tubuh.

Jangan sampai untuk Anda yang bertubuh gemuk menggunakan motif kebaya yang terlalu rame, banyak payet dan juga manik-manik. Bila hal tersebut dipakai maka akan memberikan kesan bertambah gemuk pada Anda.

Karenanya, lebih baik memilih motif kebaya yang sederhana dan disesuaikan dengan bentuk tubuh Anda.

Dengan begitu baju wisuda yang Anda kenakan akan memberikan efek elegan sesuai dengan umur, usia, bentuk tubuh, dan juga kepribadian Anda.

Penutup

Layaknya sebuah momen pernikahan, momen wisuda ini pasti sangat ditunggu-tunggu oleh Anda.
Selama 4 tahun Anda menimba ilmu dan bersusah payah Anda korbankan tenaga serta pikiran maka wisuda adalah momen terpenting bagi setiap mahasiswa.

Loading...

Tak heran, momen wisuda pun sangat dinantikan oleh orangtua karena mereka memang memiliki cita-cita agar anaknya bisa mencapai gelar sarjana.

Maka dari itu, siapkan momen terindah tersebut dengan meenyiapkan segala sesuatunya. Hal tersebut bisa dimulai dari dengan menyiapkan baju wisuda terbaik Anda. Sebagai warga negara yang baik tentunya Anda bisa mengenakan baju kebaya agar tampak feminin, elegan, dan juga mencirikan budaya Indonesia itu sendiri.