OVO PayLater Cicilan Tanpa Kartu Kredit Online

OVO PayLater ©Detik

OVO PayLater Cicilan Tanpa Kartu Kredit Online. Bisa membeli barang impian adalah sebuah hal yang begitu membahagiakan. Apalagi jika barang itu termasuk dalam produk terbatas, yang jelas jumlahnya hanya sedikit. Namun keinginan itu bisa pupus jika ternyata dana yang dimiliki belum mencukupi. Memang, mereka yang memiliki kartu kredit tidaklah masalah, tetapi bagaimana dengan orang yang tak punya kartu kredit? Adakah layanan yang bersedia membayarkan terlebih dulu barang impian?

Baca juga: 10 Pinjaman Modal Usaha Terbaik 2019 (Bunga dan Syaratnya)

Jawabannya adalah ada dan namanya ialah PayLater. Dengan konsep selayaknya kartu kredit yakni beli sekarang bayar nanti, PayLater kini menjadi salah satu produk layanan keuangan non tunai. Seperti yang diketahui, metode pembayaran non-tunai saat ini menjadi semakin digandrungi berkat semakin meningkatnya gaya hidup belanja online.

Mulai banyak sekali perusahaan-perusahaan keuangan berbasis teknologi alias Fintech (Financial Technology) yang mengusung pembayaran non-tunai melalui e-wallet. Tak cuma sekadar dompet digital, kini berbagai perusahaan ini mengenalkan konsep PayLater. Dari banyaknya perusahaan dompet digital, yang cukup berpengaruh dan digunakan banyak masyarakat Indonesia adalah OVO. Beruntung, OVO kini juga menawarkan layanan PayLater untuk pelanggan setianya.

Apa itu OVO PayLater?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, OVO PayLater adalah salah satu metode pembayaran yang disediakan oleh OVO dengan konsep cicilan mirip kartu kredit. Di mana pengguna yang sudah bisa memakai fitur OVO PayLater, bisa berbelanja di marketplace Tokopedia atau merchant yang bekerjasama dengan OVO menggunakan limit pinjaman.

Tampilan OVO PayLater di aplikasi OVO
©Duwitmu

Secara mudahnya, OVO PayLater membuat penggunanya bisa memperoleh produk impian dan bayarnya nanti. Bisa disebut juga kalau Anda berhutang ke pihak OVO dan membayarnya ketika sudWah jatuh tempo sesuai dengan tenor. OVO sendiri memberikan tiga pilihan tenor alias jangka waktu yakni 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Tak main-main, OVO PayLater memiliki batas limit maksimal cukup besar yakni mencapai Rp 10 juta!

Bagi mereka yang kerap melakukan transaksi di Tokopedia atau merchant yang bekerjasama dengan OVO seperti layanan transportasi online Grab, kehadiran OVO PayLater jelas sangat membantu. Misalkan saja HP yang dimiliki mendadak hilang atau rusak, Anda tentu harus beli secepatnya. Menjadi masalah kalau ternyata dana yang dimiliki belum cukup. Namun jika Anda sudah memiliki limit pinjaman misalnya Rp 5 juta, tentu bisa langsung berbelanja HP di Tokopedia dengan OVO PayLater, sehingga HP impian bisa langsung dimiliki.

Syarat dan Cara Daftar OVO PayLater, Lengkap!

Dengan konsep yang sama seperti kartu kredit, tentu OVO PayLater bisa sangat membantu konsumennya. Hanya saja Anda harus tahu, tidak semua pengguna OVO bisa serta-merta langsung menggunakan fitur PayLater. OVO rupanya menerapkan kriteria khusus untuk pengguna OVO PayLater sehingga mungkin saja akun OVO teman Anda sudah bisa menggunakan PayLater secara otomatis, tapi Anda tidak.

Berikut beberapa kriteria yang ditetapkan OVO untuk konsumen supaya memiliki fitur OVO PayLater:

  • Wajib upgrade terlebih dulu ke akun OVO Premier
  • Usia akun OVO haruslah minimal enam bulan
  • OVO PayLater sejauh ini hanya bisa digunakan oleh pengguna OVO Premier di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Surabaya (akan di-update secara berkala oleh pihak OVO)

Baca juga: 8 Tanda yang Membuktikan Kalau Anda adalah Seorang Pengusaha Sukses

Nah, jika Anda sudah memenuhi kriteria tersebut, berikut ini adalah tata cara daftar OVO PayLater yang bisa diterapkan:

1. Upgrade Akun ke OVO Premier

Langkah upgrade ke OVO Premier

Dari kriteria yang sudah disebutkan sebelumnya, fitur OVO PayLater hanya bisa digunakan oleh pengguna akun OVO Premier. Dibandingkan akun OVO biasa, OVO Premier memiliki beberapa keunggulan. Yang utama adalah Anda bisa memiliki limit saldo OVO Cash mencapai Rp 10 juta. Berikutnya, Anda bisa gratis transfer uang ke semua rekening bank dan antar pengguna OVO jika sudah memakai akun OVO Premier.

Untuk upgrade ke OVO Premier, OVO akan meminta foto KTP, konfirmasi data KTP hingga foto selfie sambil memegang KTP. Setelah dokumen dan seluruh foto diunggah, Anda langsung klik tombol PROSES supaya upgrade OVO Premier bisa berlanjut. Akan ada pemberitahuan dari OVO mengenai proses upgrade yang biasanya tidak butuh waktu lama.

2. Ajukan OVO PayLater

Langkah pengajuan OVO PayLater
©Duwitmu

Bagi akun yang tidak memenuhi kriteria, fitur PayLater hanya akan berupa halaman diam yang tidak memiliki menu selanjutnya. Namun bagi Anda yang sudah memenuhi kriteria, fitur PayLater bisa digunakan dengan melengkapi form aplikasi. Isi data-data pribadi yang diminta sesuai dengan keterangan dalam KTP. Kenapa harus mengisi data pribadi? Karena fitur PayLater bukanlah pembiayaan yang disediakan OVO sendiri.

OVO rupanya bekerjasama dengan Fintech P2P Lending yakni Taralite untuk memberikan fitur pembiayaan cicilan tanpa kartu kredit lewat PayLater. Untuk itulah data milik pengguna akan diolah sepenuhnya oleh Taralite. Biasanya data-data pribadi yang diminta seperti nama, alamat, nomor KTP, informasi pekerjaan hingga kontak yang bisa dihubungi.

3. Dapatkan Limit Pinjaman

Contoh tampilan limit pinjaman OVO PayLater
©Duwitmu

Akan ada proses waktu yang dibutuhkan Taralite untuk menguji kelayakan calon pengguna OVO PayLater. Namun tidak sampai 24 jam, Anda akan mendapatkan pemberitahuan mengenai limit pinjaman. Biasanya untuk plafon pertama kali, pengguna akan memperoleh limit OVO PayLater mencapai Rp 1 juta. Setelah memperoleh limit, Anda bisa langsung melakukan pembelanjaan di Tokopedia atau merchant yang sudah bekerjasama dengan OVO.

4. Lakukan Pembelanjaan di Tokopedia

Tampilan OVO PayLater di Tokopedia
©Duwitmu

Untuk bisa berbelanja di Tokopedia menggunakan OVO PayLater, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dulu di marketplace asli Indonesia tersebut. Sama seperti saat melakukan upgrade ke OVO Premier atau mengajukan OVO PayLater, data-data pribadi haruslah diisi termasuk informasi pekerjaan, foto KTP, foto selfie dengan KTP sampai NPWP. Tidak sampai satu jam, Anda akan memperoleh hasil pengaktifan OVO PayLater di Tokopedia.

Dengan segera, Anda akan mengetahui berapa limit OVO PayLater di Tokopedia yang di beberapa pengguna jumlahnya tidak sama dengan limit kredit di aplikasi OVO. Anda bisa langsung melakukan pembelanjaan dan membayar tagihan OVO PayLater sesuai tenor. Limit belanja ini bisa digunakan untuk seluruh transaksi di Tokopedia kecuali produk digital (angsuran kredit, tagihan kartu kredit, gift card, e-money, donasi, zakat) dan produk keuangan (reksadana, emas).

Inilah Besaran Bunga OVO PayLater

Selayaknya metode pembiayaan online, OVO PayLater rupanya juga memiliki perhitungan bunga sendiri. Untuk semua tenor pinjaman, OVO PayLater menetapkan bunga per bulan sekitar 2,9%. Dibandingkan pinjaman online, suku bunga OVO PayLater ini jauh lebih murah. Meskipun memang pinjaman online sangat cepat dalam mencairkan dana, tetapi bunga yang ditetapkan sangatlah besar yakni bisa mencapai di atas 20% dengan tenor sebulan.

Baca juga: Inilah 6 Keuntungan yang Hanya Bisa Ditemukan di Asuransi Syariah! Tertarik?

Selain bunga, akan ada biaya layanan yang ditetapkan OVO PayLater yakni 5% dari nilai transaksi. Meskipun begitu, besaran bunga OVO PayLater ini bahkan bisa dibilang cukup bersaing dengan bunga kartu kredit. Sehingga bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit, cicilan yang diberikan OVO PayLater jelas menguntungkan. Hanya saja memang OVO PayLater tidak memberikan pinjaman berupa uang tunai seperti pinjaman online.

Dengan mempertimbangkan produk yang bakal dibeli dan kemampuan membayar tagihan secara tepat, Anda tentu tidak akan kesulitan saat jatuh tempo nanti. Ingat, lakukanlah pembayaran angsuran dengan bertanggung jawab demi kredibilitas kredit dan kondisi keuangan Anda nanti.

Scroll to Top