Panduan Lengkap Daftar dan Aktivasi Akun Jenius Secara Mudah (Disertai Gambar)!

Saat ini zaman serba digital. Mau apa-apa dan melakukan kegiatan semakin serba online. Mulai dari mencari teman, menemukan informasi, berbelanja aneka produk sehari-hari, membutuhkan layanan transportasi hingga urusan perbankan.

Kenapa bisa seperti itu?

Tak lain karena pesatnya perkembangan teknologi. Satu dekade lalu, smartphone dipandang cuma menjadi alat komunikasi telepon atau berbagi SMS saja. Namun kini ponsel-ponsel yang sudah berakses internet menjelma menjadi perangkat yang menjawab segala solusi kehidupan manusia.

Gaya hidup serba gawai dan internet memang sudah tak bisa dipungkiri lagi, terutama di kalangan anak muda. Bisa mendapatkan apapun yang dimau tanpa keluar rumah dan cuma menyentuh layar handphone, tentu sangat menguntungkan. Berangkat dari fakta itulah, BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) memperkenalkan sebuah produk inovatif yakni Jenius.

Baca juga: 2 Solusi Tepat Atasi KlikBCA yang Terblokir, Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Apa Sih Jenius itu?

Tampilan aplikasi Jenius
© Warta Ekonomi

Secara mudahnya, Jenius adalah produk layanan perbankan berbasis digital yang diluncurkan BTPN dengan target utama generasi milenial. Karena merupakan produk digital, sudah pasti Jenius ini memfokuskan operasionalnya secara online melalui gawai terutama HP. Kehadiran Jenius sendiri menjadi solusi bagi Anda yang tidak mau diribetkan oleh berbagai birokrasi, atau antrian panjang di bank yang menyebalkan dan menyita waktu itu.

Dengan menggunakan aplikasi Jenius yang sudah dipasangkan ke HP, Anda bisa membuka rekening tanpa perlu ke bank. Bahkan untuk urusan pengiriman kartu debit, pihak BTPN akan mengirimkannya langsung ke alamat nasabah. Begitu pula dalam hal transfer, semua bisa dilakukan hanya lewat sentuhan aplikasi Jenius. Masih kurang? Jenius juga memungkinkan nasabah membuka deposito berjangka yang memberikan banyak sekali keunggulan.

Lantaran kemudahan dan anti ribetnya, Jenius pun menjadi layanan perbankan digital yang sangat digandrungi anak muda. Tujuan besar BTPN untuk meningkatkan kegiatan perbankan milenial pun bisa dibilang cukup berhasil melalui Jenius. Sejak dirilis pada 11 Agustus 2016, kini Jenius yang sudah berusia 3,5 tahun telah menjadi salah satu alternatif memiliki rekening bank yang lebih efektif dan efisien.

Baca juga: BNI Internet Banking Terblokir Karena Lupa Password? Ini Cara Mengatasinya!

Panduan Daftar Akun Jenius Lewat HP

Supaya bisa memanfaatkan berbagai fitur dan layanan Jenius, hal paling mendasar yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pendaftaran terlebih dulu. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda tak perlu repot-repot untuk berkunjung ke bank karena semua bisa diakses melalui ponsel. Berikut ini adalah panduan lengkap daftar akun Jenius dan memiliki rekening bank BTPN:

1. Unduh dan Pasang Aplikasi Jenius

Langkap pertama adalah Anda harus mengunduh aplikasi Jenius terlebih dulu yang bisa diperoleh gratis di Play Store (pengguna Android) atau Apple Store (pengguna iOS). Pastikan ada ruang kosong pada HP untuk penyimpanan file mentah aplikasi Jenius. Jika sudah selesai terunduh, langsung pasang aplikasi Jenius pada HP. Tunggu prosesnya beberapa saat sampai kemudian bisa digunakan.

2. Pengisian Data Awal dan Kode OTP

Tahapan pengisian data awal dan kode OTP
© Jenius Connect

Supaya bisa masuk ke proses pendaftaran, Jenius akan meminta dua data pribadi yang akan menghubungkan langsung ke akun. Kedua data itu adalah alamat email dan nomor HP aktif. Jangan lupa juga untuk memilih pengaturan bahasa pada aplikasi Jenius yakni bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Aplikasi Jenius akan mengirimkan enam digit kode verifikasi berupa OTP yang dikirimkan ke nomor HP terdaftar. Pengiriman kode ini sebagai bukti bahwa nomor HP terdaftar memang benar-benar milik Anda dan digunakan pada HP yang terpasang aplikasi Jenius. Jika kode verifikasi cocok, maka Anda bisa mulai melengkapi sejumlah persyaratan pembukaan akun Jenius.

3. Lengkapi Dokumen Pribadi

Tahapan melengkapi dokumen pribadi
© Jenius Connect

Untuk syarat mendasar, Jenius akan meminta unggahan tiga jenis foto yakni foto KTP asli, foto selfie calon nasabah dengan KTP asli serta terakhir foto tanda tangan. Untuk apa ketiga dokumen pribadi ini? Merupakan syarat validasi identitas yang sesuai dengan ketentuan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Tenang saja, Jenius menjamin seluruh kerahasiaan data pribadi nasabah mereka.

Pastikan seluruh foto yang diambil sesuai dengan aturan dan tampak jelas. Dengan begitu Anda bisa langsung menyelesaikan tahapan ini secara cepat dan masuk ke langkah berikutnya. Ada baiknya untuk menyiapkan terlebih dulu KTP asli dan tanda tangan di atas kertas putih yang difoto.

4. Lengkapi Informasi Data Pribadi Tambahan

Tahapan lengkapi informasi tambahan
© Jenius Connect

Setelah dokumen-dokumen pribadi sebagai syarat validasi identitas sesuai aturan OJK, hal berikutnya adalah Anda harus mengisi informasi data diri tambahan. Mulai dari alamat korespondensi, tujuan pembuatan akun, besaran pendapatan dan pengeluaran bulanan, sumber penghasilan hingga jenis pekerjaan. Pastikan menulis semuanya dengan benar terutama alamat korespondensi, karena menjadi tujuan pengiriman kartu debit Jenius.

Jenius juga akan meminta informasi dan foto NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Lantas bagaimana dengan mereka yang tak punya NPWP? Tenang saja tak perlu khawatir, Anda tetap bisa melanjutkan proses pembuatan rekening Jenius.

Namun biasanya petugas juga meminta kesediaan calon nasabah untuk meminta foto NPWP dari orangtua atau wali, sebagai syarat tambahan. Anda juga harus melakukan centang masing-masing untuk pernyataan memahami syarat pendaftaran dan ketentuan serta pernyataan pajak agar pendaftaran bisa diproses tanpa kendala.

5. Tentukan $Cashtag

Tahapan menentukan $Cashtag
© Jenius Connect

Dalam tahapan personalisasi akun Jenius, Anda akan diminta untuk mulai menentukan $Cashtag unik serta nama yang bakal dicetak para kartu debit jenius. $Cashtag sendiri merupakan salah satu inovasi dari Jenius untuk memudahkan proses transfer antar pengguna Jenius.

Anda bisa menentukan $Cashtag berdasarkan nama panggilan, nama populer, julukan atau apapun yang memperlihatkan jati diri dan berbeda dari orang lain. Alih-alih memakai nomor rekening bank, para pengguna Jenius bisa mudah melakukan transfer dengan tujuan nama $Cashtag. Dalam $Cashtag, Anda bisa menemukan informasi profil dan nomor rekening nasabah.

6. Bikin Kata Sandi dan PIN

Tahapan pembuatan kata sandi dan PIN
© Jenius Connect

Untuk tahap akhir proses pendaftaran akun Jenius, Anda akan diminta untuk melakukan tindakan keamanan akun berupa kata sandi alias password dan PIN. Password sendiri digunakan dalam seluruh proses autentikasi setiap transaksi Jenius. Sementara PIN merupakan enam digit angka yang harus dimasukkan setiap kali Anda ingin masuk ke aplikasi Jenius.

Nah, seluruh proses transaksi Jenius telah dilakukan dan kini Anda sudah resmi memiliki akun Jenius. Apakah bisa langsung digunakan untuk berbagai transaksi? Belum. Karena Anda harus melakukan proses aktivasi akun terlebih dulu.

Baca juga: Pengalaman Buka Blokir Mandiri Online Karena Lupa Password

Tata Cara Aktivasi Akun Jenius

Sama halnya seperti proses pendaftaran, aktivasi akun Jenius juga bisa dilakukan tanpa pergi ke bank. Setidaknya ada tiga cara yang ditawarkan kepada pengguna jenius supaya akun mereka bisa langsung aktif. Berikut penjelasannya

Menemui Jenius Crew

Tahapan aktivasi menemui Jenius Crew
© Jenius Connect

Cara aktivasi pertama yang bisa dipilih adalah Anda memanggil Jenius Crew ke lokasi. Layaknya memesan transportasi online, Anda harus mengaktifkan lokasi pada ponsel supaya sistem bisa membaca posisi nasabah dan menyesuaikan dengan posisi Jenius Crew terdekat. Kemudian Anda diminta untuk mengisi posisi aktual lengkap dengan alamat/nama gedung, nomor rumah dan info tambahan seperti busana/aksesoris yang dipakai.

Setelah seluruh data masuk, aplikasi akan menghubungkan Anda dengan salah satu Jenius Crew terdekat lengkap dengan nama dan perkiraan waktu tiba. Nasabah pun bisa memantau pergerakan Jenius Crew di peta interaktif dan kemudian bertemu. Dalam proses aktivasi, Jenius Crew akan meminta sejumlah data seperti KTP, NPWP (opsional) serta nomor HP terdaftar dan nomor rekening BTPN dari aplikasi Jenius.

Sekadar informasi, opsi aktivasi dengan menemui Jenius Crew ini hanya bisa dilakukan di kawasan Jabodetabek.

Datang ke Jenius Center/kantor cabang BTPN

Jenius Center
© Warta Ekonomi

Jika Anda berada di luar Jabodetabek dan tidak tersedia Jenius Crew, mau tak mau proses aktivasi akun Jenius harus dilakukan ke Jenius Center atau kantor cabang BTPN. Supaya bisa mengetahui alamat Jenius Center atau kantor cabang BTPN, Anda harus mengaktifkan sinyal GPS pada HP. Nanti aplikasi Jenius akan memberikan informasi Jenius Center atau kantor cabang BTPN terdekat.

Sama seperti tahapan di cara pertama, petugas di Jenius Center atau kantor cabang BTPN akan meminta sejumlah dokumen dan data-data pendukung yang terdaftar di aplikasi pengguna.

Aktivasi Lewat Video Call

Tahapan aktivasi Video Call dan konfirmasi Jenius aktif
© Jenius Connect/Dokumen pribadi

Bagaimana jika sama sekali tidak memiliki waktu untuk keluar rumah datang ke Jenius Center atau kantor cabang BTPN? Tenang saja, Anda bisa menggunakan cara aktivasi ketiga yakni melalui Video Call. Selayaknya melakukan Video Call dengan teman, Anda akan terhubung dengan petugas Jenius melalui layar ponsel.

Supaya proses ini berjalan lancar, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen pendukung, ruangan dengan pencahayaan cukup dan pastinya akses internet lancar serta stabil, barulah kemudian ikuti tahapannya berikut ini:

  1. Buka halaman utama aplikasi Jenius kemudian pilih tombol AKTIVASI SEKARANG dan lanjutkan dengan AKTIVASI DENGAN VIDEO CALL
  2. Jenius akan meminta akses kamera dan mikrofon pada HP supaya proses aktivasi bisa dilakukan. Untuk itulah Anda pilih tombol IZINKAN
  3. Anda bisa langsung terhubung dengan Jenius Crew atau harus menunggu dalam daftar antrean, lengkap dengan estimasi waktu pelayanan
  4. Jika sudah terhubung dengan Jenius Crew, segera ikuti instruksi yang diminta mulai dari verifikasi foto KTP asli, NIK di KTP, nama ibu kandung hingga informasi nomor telepon, alamat email dan hal-hal pribadi sesuai tahapan pendaftaran akun Jenius
  5. Untuk bisa melakukan aktivasi melalui Video Call dengan Jenius Crew, Anda harus menggunakan aplikasi Jenius versi terkini. Layanan aktivasi ini cuma tersedia pada pukul 08.00 – 21.30 WIB setiap harinya

Nah, jika proses aktivasi akun sudah selesai baik menggunakan salah satu cara di atas, Anda akan memperoleh email konfirmasi. Anda bisa langsung melakukan transaksi digital di aplikasi menggunakan e-card. Barulah kemudian pihak BTPN akan mengirimkan kartu debit VISA Jenius ke alamat nasabah. Biasanya pengiriman kartu debit VISA Jenius ini membutuhkan waktu dengan estimasi sesuai ketentuan BTPN.

Baca juga: Gampang, Seperti Ini Lho Tata Cara Daftar Internet Banking Mandiri (Lengkap!)

Kesimpulan

Melihat cara pendaftaran yang cukup mudah dan proses aktivasi, Jenius memang menjadi solusi perbankan di era serba digital ini. Bagi Anda yang masyarakat modern yang selalu melakukan kegiatan online, Jenius adalah jawaban akan layanan perbankan yang sangat inovatif.

Kemudahan transaksi, kemudahan penarikan uang tunai hingga sampai urusan deposito adalah beberapa hal yang ditawarkan oleh Jenius. Jadi bagi Anda yang ingin mengelola rekening bank tanpa harus ribet cetak rekening koran atau datang ke lokasi kantor cabang bank terdekat, bisa coba mempertimbangkan Jenius sekarang juga!

Apa Sih Jenius itu?

Jenius adalah produk layanan perbankan berbasis digital yang diluncurkan BTPN dengan target utama generasi milenial.

Cara Daftar Akun Jenius Lewat HP?

1. Unduh dan Pasang Aplikasi Jenius
2. Pengisian Data Awal dan Kode OTP
3. Lengkapi Dokumen Pribadi
4. Lengkapi Informasi Data Pribadi Tambahan
5. Tentukan $Cashtag
6. Bikin Kata Sandi dan PIN

Tata Cara Aktivasi Akun Jenius?

1. Menemui Jenius Crew
2. Datang ke Jenius Center/kantor cabang BTPN
3. Aktivasi Lewat Video Call

SEKURITAS

INFO

5/5
  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

4.5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex