10 Pilihan Part Time Mahasiswa untuk Menambah Penghasilan

Mengandalkan uang kiriman orang tua saja tentu tidak akan cukup bagi sebagian mahasiswa. Sehingga ia harus bisa bekerja sambilan untuk menambah uang jajan atau membeli buku. Selain itu, dengan menggunakan uang sendiri lebih bebas untuk apapun juga.

Saat menjadi mahasiswa memang waktu terbatas, karena harus dibagi dengan waktu kuliah yang tidak jarang padat. Tetapi kesempatan ini tidak boleh dilewatkan, karena selain menambah penghasilan, juga bisa memberikan banyak pengalaman untuk kerja kedepannya.

Mencari penghasilan saat masih kuliah sangat mungkin untuk dilakukan. Kamu bisa mengambil kerja part time, agar waktumu untuk kuliah tidak banyak tersita.

Dan berikut 10 pilihan part time untuk mahasiswa yang bisa dicoba.

1. Part Time Mahasiswa Sebagai Guru Les Privat

Pekerjaan sampingan mahasiswa yang paling banyak dipilih oleh mahasiswa adalah guru les privat. Mahasiswa bisa mengajar private kepada anak SD hingga SMA. Biasanya mereka membutuhkan waktu lebih untuk belajar selain di sekolah.

Kamu bisa mengajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Seperti misalnya jika di kuliah jurusan matematika, bisa mengajar anak-anak sekolah matematika. Bisa juga mengajar fisika, mengaji, atau bahkan bahasa asing.

Jika ditekuni dan punya banyak murid, mengajar private bisa memberikan keuntungan finansial yang cukup besar. Karena biasanya guru private di bayar per-jam. Dan cukup besar karena mereka dianggap guru ahli dalam bidang tertentu.

Selain itu, part time sebagai guru private juga bisa menyesuaikan waktu dengan jadwal kuliah. Jadi, kuliah tidak akan terbengkalai. Dan waktu luangmu bisa digunakan dengan sangat bermanfaat.

2. Ojek Online

Pilihan part time untuk mahasiswa selanjutnya adalah ojek online. Saat ini pengguna ojek online semakin banyak, karena selain bisa mengantarkan seseorang sampai tujuan, ojek online juga bisa dipesan untuk pesan-antar makanan.

Ada dua perusahaan ojek online di Indonesia yang besar, yaitu Grab atau Gojek. Tentukanlah perusahaan mana yang ingin dilamar. Persyaratannya juga tidak terlalu sulit, asalkan memiliki kendaraan dan surat-surat kendaraan yang lengkap, sudah bisa bergabung.

Menjadi ojek online waktunya lebih fleksible, sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah. Sehingga jika waktu narik siang hari terlalu padat dengan jadwal kuliah, kamu bisa narik di malam hari.

Penghasilan dari ojek online lumayan jika setiap harinya mampu mendapatkan banyak pelanggan. Hari libur juga bisa digunakan untuk menarik penumpang, meskipun lelah secara fisik tetapi akan terbayarkan dengan penghasilan lumayan yang bisa didapatkan.

Anda bisa mulai mendaftar gojek dengan membaca artikel ini, Syarat dan Tata Cara Daftar Gojek Tahun ini.

3. Menjadi Penulis Artikel

Selain menjadi guru private, pilihan part time untuk mahasiswa yang banyak dicari adal menjadi penulis artikel lepas. Untuk mendapatkan part time yang satu ini, harus memiliki kemampuan untuk dapat menulis artikel dengan baik.

Menjadi penulis artikel lepas adalah pekerjaan yang sangat seru untuk dilakukan mahasiswa. Karena bisa mengasah kemampuan menulis tugas dan artikel ilmiah ke depannya. Dengan menulis lepas, tentu pengetahuan akan sesuatu juga bisa menjadi lebih luas.

Untuk mencari lowongan penulis lepas, kamu bisa mencari blogger yang mencari penulis artikel. Biasanya mereka akan membayar tulisan per artikel yang dibuat. Jika kamu mampu menulis artikel berbahasa Inggris, kesempatanmu lebih banyak.

Pekerjaan ini juga bisa dicari di berbagai situs freelance di website. Atau kamu juga bisa mencoba bergabung di Upwork dan mencari berbagai lowongan menjadi penulis artikel lepas di website tersebut.

4. Blogger

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari menulis, daripada menulis untuk orang lain lebih baik kamu menulis sendiri artikelmu dan diterbitkan di blog sendiri. Penghasilan yang bisa didapatkan dari blogger cukup besar.

Untuk memulai menjadi seorang blogger, pastikan kamu harus tahu tema yang ingin ditulis di blog. Pastikan satu tema yang sama, agar mudah ditemukan mesin pencari. Pada awalnya memang tidak mudah, karena dibutuhkan ketekunan untuk membangun sebuah blog.

Akan tetapi, jika pengunjung blogmu sudah banyak dan kamu sudah menautkan blogmu dengan Adsense, maka penghasilan fantastis akan kamu dapatkan setiap bulannya. Bahkan pendapatannya bisa lebih besar dari pekerja kantoran, jika blogmu terkenal.

Blogger memang pilihan part time untuk mahasiswa yang paling menggiurkan jika bisa mengelolanya dengan baik. Selain itu, menjadi blogger juga tidak akan memakan banyak waktu. Karena sangat fleksible dan bisa dikerjakan di kamar.

5. Sosial Media Influencer

Popularitas sosial media semakin tinggi, sehingga muncul sebuah pekerjaan baru yang dinamakan social media influencer. Mereka yang bisa menjadi influencer biasanya yang sudah memiliki banyak followers di sosial media, khususnya Instagram atau Youtube.

Perusahaan-perusahaan banyak memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Karena dinilai lebih efektif daripada sekeder iklan biasa. Para influencer biasanya memiliki pengikut yang setia sehingga mereka mengikuti apa yang disarankan influencer.

Biasanya influencer di Instagram atau Youtube mempromosikan sebuah produk dengan cara mereview produk tersebut. Dan perusahaan dari produk tersebut membayar mereka dengan harga yang mahal.

Hal pertama yang harus dilakukan agar bisa menjadi influencer adalah mengupload konten dengan rutin. Selain itu, konten yang diupload juga harus menarik sehingga membuat orang lain tertarik untuk mengikuti akunmu.

Selain itu, sering-seringlah berinteraksi dengan followersnya sehingga mereka bisa terpengaruhi oleh apa yang kamu gunakan. Yang tidak kalah penting, kamu juga harus selalu membagikan hal-hal positif.

Sehingga akan lebih banyak followers baru yang mengukuti akunmu. Dan nantinya bisa dillirik oleh perusahaan-perusahaan. Seperti kecantikan, baju, dan lain sebagainya. Mereka akan membayarmu sesuai dengan banyaknya followers.

Bayaran yang diberikan juga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Setelah mendapatkan banyak followers, terus pertahankan dengan selalu mengupload konten-konten terbaru di Instagram. Sehingga pengikutmu tidak pernah bosan dengan konten yang dibagikan.

6. Desainer

Untuk kamu yang jago desain, banyak lowongan desain part time untuk mahasiswa yang dibutuhkan. Kemampuan mendesain bisa dimanfaatkan untuk membuat jasa CV, membuat desain logo, kartu nama, hingga website.

Biasanya di kampus juga banyak acara mahasiswa, dan mereka menggunakan banner untuk acara tersebut. Manfaatkan momen tersebut untuk menawarkan jasamu kepada mereka. Dan berikan mereka tarif yang sesuai dengan kantong mahasiswa.

Jika ingin bayaran yang lebih mahal untuk kemampuan desain yang kamu miliki. Cobalah mencari lowongan untuk desain di website freelance, seperti freelancer dan upwork. Kamu akan menemukan partner orang luar negeri, dan bayaran yang akan diterima lebih besar.

7. Fotografer

Pilihan part time untuk mahasiswa yang cocok denganmu yang hobi fotografi yaitu menjadi fotografer. Bekerja dengan hobi yang dibayar tentu saja sangat menyenangkan, kamu juga bisa punya banyak pengalaman baru jika bakatmu ini digunakan untuk mencari uang.

Apalagi di zaman sosial media seperti sekarang ini. Dimana setiap momen ingin selalu diabadikan, beberap orang lebih memilih jasa fotografer agar feed sosial media mereka menjadi menarik, dibandingkan foto asal-asalan lewat ponsel.

Banyak sekali yang membutuhkan jasa fotografer, seperti misalnya sebuah restoran yang baru buka. Mereka akan membutuhkan jasa fotografer untuk mempotret menu-menu yang akan disajikan di restoran tersebut.

Kamu bisa mempromosikan jasamu di berbagai media sosial. Dan pastinya, harus menunjukan fortofolio hasil pemotretanmu sendiri. Jadi, pastikan sosial mediamu juga memasang foto-foto hasil jepretan yang bagus, sehingga orang yakin menggunakan jasamu.

8. Penerjemah

Jangan sia-siakan kemampuan bahasa asingmu, gunakan kemampuan tersebut untuk menghasilkan uang. Bukalah lowongan penerjemah untuk bahasa yang dikuasai, seperti misalnya bahasa Inggris, Korea, Prancis, dan lain sebagainya.

Woman relaxing while reading a book

Jasa penerjemah sangat banyak dibutuhkan. Baik itu terjemah dari bahasa asing ke Indonesia, maupun sebaliknya. Apalagi di kampus banyak sekali menggunakan jurnal. Untuk bisa menerbitkan jurnal secara internasional harus menggunakan bahasa Inggris.

Ambil kesempatan itu untuk ditawarkan kepada dosen yang ingin menerbitkan jurnal internasional. Kenakan tarif yang sesuai dengan kesulitan menerjemahkan jurnal tersebut.

9. Part Time Mahasiswa , Waiter atau Barista

Menjadi waiter atau barista bisa menjadi pilihan part time untuk mahasiswa yang tidak kalah seru loh. Selain itu, sekarang cafe sedang ngetrend di kalangan kaum urban. Sehingga banyak sekali cafe yang bermunculan, apalagi di sekitaran kampus.

Part Time Mahasiswa untuk menambah penghasilan

Biasanya akan banyak barista yang dibutuhkan, lowongan menjadi barista juga biasanya diperuntukan bagi mahasiswa untuk kerja part time. Kamu juga akan dibayar per jam, dan bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah.

Tugas seorang barista adalah membuat makanan dan minuman, menyajikannya, hingga bersih-bersih toko. Jangan khawatir jika tidak bisa meracik kopi sendiri, karena biasanya akan ada training terlebih dahulu.

Dengan bekerja di cafe dan menjadi barista, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu baru. Seperti cara meracik kopi yang lezat, hingga cara berbisnis dari bosmu bahkan kenalan yang datang ke cafe.

Pekerjaan ini cukup seru dan banyak diminati mahasiswa. Karena selain mendapatkan penghasilan, juga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menghilangkan jenuh setelah berjam-jam menghadapi dosen di kampus.

10. Jualan Online

Pilihan part time untuk mahasiswa yang terakhir adalah jualan online. Sekarang penggunaan media sosial sedang sangat tinggi, apalagi bagi yang memiliki jiwa bisnis. Pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menjaring pelanggan dengan media sosial.

Berjualan di media sosial bisa dilakukan di Instagram, Facebook, bahkan WhatsApp. Tentu untuk Facebook dan WhatsApp target penjualan lebih kepada teman-teman dekat. Berbeda dengan Instagram yang jangkauan targetnya lebih luas.

Atau kamu juga bisa gunakan marketplace yang sedang naik daun seperti Shopee, Bukalapak, Lazada dan yang lainnya. Jika sudah memiliki nama, tentunya penjualanmu bisa lebih laris dimanapun tempat jualan yang dipilih.

Untuk memulai jualan online, kamu bisa memilih produk yang ingin dijual. Sekarang banyak sekali yang menawarkan sistem pekerjaan yang menjual satu brand yang sudah ternama, dan kamu hanya perlu menjual dan mempromosikannya saja.

Itu bisa kamu jadikan kesempatan, karena kamu tidak perlu repot-repot membangun brand. Karena orang lain pasti sudah tahu kualitas dari brand tersebut. Penjualan juga biasanya akan cepat, karena brand tersebut memang sudah diakui banyak orang.

Atau, kamu juga bisa membuat brand sendiri. Seperti misalnya membuat kaos dengan nama brand sendiri. Itu akan jauh lebih bagus, hanya saja butuh usaha yang lebih untuk mempromosikan produk tersebut.

Yuk baca juga apa usaha yang cocok untuk mahasiswa, 13 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa.

Akhir kata, Itulah 10 pilihan part time untuk mahasiswa yang bisa dicoba. Dengan bekerja part time, kamu tetap bisa kuliah dan mendapatkan penghasilan. Bahkan jika penghasilanmu sudah besar, tidak mustahil kamu bisa kirim uang kepada orang tua.

Yulinda Nurlisdiana: Hai, saya Yulinda Nurlisdiana, penulis di folderbisnis