10 Pekerjaan Part Time Menggiurkan Bagi yang Kuliah di Luar Negeri

Bisa melanjutkan kuliah ke luar negeri tentu adalah impian banyak generasi muda. Bertemu dengan orang-orang asing, teman baru yang berbahasa berbeda hingga menikmati susah senangnya hidup mandiri di negara baru.

Memang, kuliah ke luar negeri selalu menjadi keinginan banyak pelajar yang lulus SMA. Hanya saja, menempuh pendidikan di luar negeri tidaklah semudah yang dibayangkan.

Masalah terberat saat kuliah di luar negeri adalah biaya hidup tinggi. Dalam kondisi demikian, Anda sebagai mahasiswa tidak boleh putus asa.

Salah satu cara yang bisa diterapkan agar bertahan hidup di luar negeri sambil kuliah adalah dengan mencari pekerjaan sampingan alias part time. Namun supaya sukses sebagai pekerja paruh waktu, Anda harus tahu dulu beberapa aturan yang diterapkan negara-negara tujuan kuliah.

Aturan-Aturan Part Time Job di Luar Negeri

Australia memberikan kesempatan kerja 20 jam per minggu untuk pekerja paruh waktu di mana mahasiswa asing harus mempunyai visa izin part time job. Kemudian di Amerika Serikat, mahasiswa pekerja paruh waktu hanya bisa bekerja di dalam area kampus untuk tahun pertama.

Misalkan saja di kantin, perpustakaan hingga laboratorium komputer. Jika ingin bekerja di luar universitas, harus memperoleh izin dari DSO (Designated School Office) pada tahun kedua.

Baca juga: Inilah 10 Ide Bisnis Paling Menguntungkan untuk Single Moms, Pasti Sukses!

Lalu di Inggris, aturan mahasiswa pekerja paruh waktu hampir sama seperti di Australia. Anda harus punya izin bersamaan dengan visa pelajar dan memperoleh maksimal 20 jam per minggu.

Barulah ketika liburan semester, Anda bisa langsung bekerja full time. Jika di Australia rata-rata upah part time mencapai Rp10 juta per bulan, di Inggris bahkan mencapai Rp12 juta per bulan, seperti dilansir vistaeducation.

Sementara itu jika Anda berkuliah di negara tetangga Singapura, aturan pekerja paruh waktu untuk seminggu maksimal 16 jam. Anda haruslah berasal dari universitas-universitas yang diakui pemerintah setempat dan bisa memperoleh penghasilan kisaran USD8 – 10 (Rp115 ribu – 139 ribu) per jam.

Terakhir untuk mahasiswa asing di Malaysia, pemerintah Negeri Jiran memberikan waktu maksimal 20 jam per minggu dengan upah minimal RM 4 – 8 (Rp13 ribu – 26 ribu) per jam.

10 Pekerjaan Part Time Terbaik untuk Mahasiswa Kuliah di Luar Negeri

1. Menjadi Blogger

Menjadi Blogger

Sebagai mahasiswa di luar negeri, Anda bisa memperoleh penghasilan menggiurkan dengan cara menulis lewat aktivitas blogging.

Yap, jika Anda memiliki blog pribadi, coba aktifkan blog itu dengan rutin menulis konten sembari kuliah. Anda bisa menulis pengalaman kuliah di luar negeri seperti kehidupan kampus, tampilan kantin, tempat nongkrong hits, lokasi kuliner halal hingga lain-lain.

Supaya blog bisa memberikan penghasilan, jangan lupa untuk mendaftar jadi publisher Google Adsense. Di mana nantinya blog Anda akan terpasagn iklan dari Google dan setiap kali ada pengunjung blog yang klik iklan, maka Anda bakal memperoleh penghasilan.

Konsep Google Adsense ini bernama PPC (Pay Per Click). Bukan tak mungkin kalau akhirnya melalui blog, Anda bahkan bisa menjadi seorang travel blogger atau food blogger dan memperoleh endorse brand luar negeri.

2. Fotografer

Fotografer

Selain menulis, hobi yang bisa menghasilkan uang selama di luar negeri adalah dengan menjadi fotografer. Yap, pekerjaan yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan kuliah ini memang tengah menjadi incaran banyak mahasiswa Indonesia. Sebagai seorang fotografer, Anda bisa bergabung di media-media tertentu atau mungkin menawarkan jasa foto mandiri.

Tentunya supaya bisa jadi fotografer profesional, Anda harus memiliki kamera dan kemampuan memotret yang berkualitas. Jangan segan untuk memasang hasil foto di media sosial karena itu bisa menjadi rekam jejak pekerjaan Anda.

Menjadi fotografer part time juga bisa dipadukan dengan guide. Misalkan saja ada orang Indonesia di luar negeri, Anda bisa menawarkan diri sebagai pemandu wisata sekaligus fotografer pribadi.

Baca juga: 10+ Peluang Bisnis Terbaik dan Menjanjikan Bagi Pemula 2020

3. Pengasuh Hewan Peliharaan

Pengasuh Hewan Peliharaan

Anda adalah seorang pecinta hewan dan memelihara anjing, kucing, kelinci atau reptil di Indonesia? Maka pilihan pekerjaan paruh waktu yang bisa dicoba adalah mengasuh hewan peliharaan.

Orang-orang di negara maju memang memiliki kecenderungan untuk cinta hewan yang lebih tinggi, sehingga mereka membutuhkan pekerja profesional di bidang tersebut.

Sebagai pengasuh hewan peliharaan, biasanya Anda akan memperoleh upah per jam yang cukup menjanjikan. Beberapa pekerjaan yang dilakukan seperti memandikan hewan, mengajaknya berjalan-jalan atau menjaga hewan selama pemiliknya bepergian. Tentu saja jika pekerjaan ini dilakukan karena hobi, Anda bisa lebih nyaman sekaligus melepas rindu pada peliharaan di rumah, bukan?

4. Barista

Barista

Termasuk anak nongkrong hits dan doyan minum kopi? Sepertinya barista bisa menjadi sebuah part time job menggiurkan sekaligus kekinian. Ada banyak sekali coffee shop di luar negeri yang menawarkan lowongan barista untuk para mahasiswa asing.

Asalkan Anda mempunyai kemampuan meracik kopi yang lezat dan menyajikannya dengan baik, kemampuan itu tentu akan mampu memberikan penghasilan tambahan yang menjanjikan.

Satu tips untuk Anda yang ingin jadi barista, usahakan untuk mencari cafe yang lokasinya tidak jauh dari kampus atau tempat tinggal. Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa jika harus sewaktu-waktu kembali ke cafe.

Tak cuma itu saja, memilih cafe yang dekat tempat domisili dan kampus akan membuat biaya transportasi berkurang. Keuntungan lain dari barista adalah biasanya juga memperoleh jatah makan gratis yang artinya, pengeluaran untuk makanan bisa lebih hemat.

5. Kurir

kurir barang

Sama seperti di Indonesia, kurir termasuk pekerjaan yang cukup menjanjikan di luar negeri. Ada banyak hal yang bisa diantarkan mulai dari dokumen penting, makanan yang dipesan di restoran hingga barang-barang lainnya. Untuk bisa menjadi seorang kurir part time, Anda tentu harus memahami rute-rute dan wilayah tempat tinggal Anda di luar negeri.

Sekadar informasi, kurir di luar negeri biasanya dihitung dari kecepatan waktu dan ketepatan lokasi pengantaran. Karena jika melebihi estimasi waktu dan sampai tersesat, tentu itu akan membuat kinerja Anda dipandang buruk dan bisa-bisa memperoleh upah yang sangat sedikit.

Baca juga: 20 Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan Bagi Generasi Muda

6. Asisten Dosen

Asisten Dosen

Termasuk cerdas di kampus dan memperoleh nilai yang tinggi, maka part time job yang bisa jadi incaran adalah menjadi seorang Asdos alias Asisten Dosen.

Sebagai pekerjaan bergengsi, Anda tentu bakal memperoleh gaji yang besar sebagai Asdos. Bahkan bukan tak mungkin, penghasilan sebagai Asdos mampu ikut membantu pembayaran uang kuliah di luar negeri.

Hanya saja jika memang ingin jadi Asdos, Anda tentu harus memahami bakal terus-menerus ada di lingkungan kampus.

Hal ini tentu berimbas pada waktu untuk sekadar nongkrong di kantin hingga nonton bioskop yang cuma bisa terjadi di akhir pekan saat jadwal kuliah tidak ada.

Namun ketika Anda terpilih jadi Asdos, selain gajinya menjanjikan, Anda tentu akan terus menerus belajar. Sehingga bisa saja Anda bakal menyelesaikan waktu kuliah lebih cepat.

Beberapa universitas juga ada yang menawarkan beasiswa S2 atau S3 untuk mereka yang menjadi Asdos. Sebuah kesempatan yang sangat menyenangkan, bukan?

7. Desain Grafis

Desain Grafis

Termasuk salah satu pekerjaan paruh waktu yang paling laris manis dan menjanjikan. Di luar negeri banyak sekali permintaan baik perusahaan, pemilih usaha kecil atau bahkan individu-individu yang mencari jasa desain grafis. Biasanya pemilik bisnis mencari desainer untuk membuat banner website, desain logo dan lain-lain.

Anda tidak harus menjadi mahasiswa di jurusan desain untuk menggeluti profesi ini. Asalkan memiliki daya kreatif dan menguasai teknik-teknik dasar desain grafis, bisa langsung menawarkan jasa tersebut.

Berawal dari pekerja part time yang bergabung di usaha periklanan, bukan tak mungkin Anda bakal membangun bisnis di luar negeri. Bahkan jika ditekuni, pekerjaan di sektor animasi sampai video dan film juga membutuhkan sosok desainer-desainer grafis.

8. Pekerja Hotel

Pekerja Hotel

Jumlah hotel dan tempat-tempat penginapan di luar negeri terutama kawasan maju dan pusat pariwisata tentu membutuhkan banyak sekali pekerja paruh waktu.

Ini bisa menjadi peluang bagi Anda yang memang memiliki ketertarikan di sektor perhotelan. Apalagi jika Anda mempunyai kemampuan berbahasa asing yang baik, itu adalah modal untuk menjalani profesi paruh waktu ini.

Mulai dari menjadi seorang resepsionis, porter, concierge, housekeeping, room service, sampai staff dapur, mayoritas membutuhkan pekerja paruh waktu.

Tentunya jika menjadi seorang pekerja hotel, dibutuhkan yang namanya profesionalitas tinggi. Tak perlu khawatir soal upah, part time di hotel dibayar dalam bentuk per jam dengan jumlah yang cukup menggiurkan.

Baca juga: Layak Dicoba! 10 Ide Bisnis Musim Hujan yang Berikan Untung Besar

9. Pekerja Supermarket

Pekerja Supermarket

Supermarket-supermarket luar negeri biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih luas dengan produk jauh lebih beragam. Karena itulah mereka biasanya membutuhkan pekerja dalam jumlah yang lebih besar, hingga merekrut para mahasiswa asing pencari pekerjaan paruh waktu. Peluang ini harus Anda manfaatkan betul karena biasanya menawarkan upah per jam yang cukup besar.

Pilihan posisi pekerja supermarket pun beragam mulai dari pemandu calon konsumen, di bagian kasir hingga pekerja gudang yang wajib mengecek persediaan barang.

Agar Anda bisa awet dari pekerjaan ini, tentu haruslah jujur dan bertanggung jawab. Namun karena biasanya supermarket di luar negeri buka dalam waktu 24 jam, pastikan Anda memilih jam yang cocok dan sesuai dengan jadwal kuliah.

10. Pekerja Restoran

Pramusaji

Menjadi seorang pekerja restoran baik sebagai pramusaji atau bagian dapur adalah salah satu pekerjaan paruh waktu paling favorit di luar negeri. Ada banyak sekali restoran di luar negeri yang menawarkan lowongan part time seperti McDonald’s, Subway dan Burger King.

Tak main-main, biasanya upah untuk part time di restoran-restoran populer itu bahkan dihitung per jam! Artinya, semakin rajin Anda bekerja dan banyak menghabiskan waktu, penghasilan jelas makin besar.

Hanya saja jika Anda memilih bekerja paruh waktu di restoran-restoran cepat saji, pastikan untuk memiliki mental yang kuat. Bekerja di negara asing akan membuat Anda melakukan penyesuaian perilaku seperti kedisiplinan yang tinggi, keramahan terhadap pelanggan, selalu menjaga kebersihan dan ketelitian.

Terutama jika Anda mendapat kesempatan jadi pekerja restoran di bagian dapur, harus memahami betul dan mengikuti aturan sang kepala chef.

Baca juga: 9 Hobi Kreatif ini Menjadi Bisnis yang Menghasilkan Jutaan Rupiah

Bagaimana? Ada banyak sekali pilihan pekerjaan paruh waktu sambil kuliah di luar negeri, bukan? Untuk itulah Anda tak perlu khawatir lagi mengenai bertahan hidup selama menjadi mahasiswa rantau.

Asalkan mempunyai keinginan yang kuat dan mandiri, Anda bisa sukses dalam kuliah sekaligus mendapat tabungan tambahan untuk membuka bisnis kelak di Indonesia.

Tinggalkan komentar