Peluang Ide Bisnis Furniture dan Tips Menjalankannya

Bisnis Furniture di masa sekarang merupakan ide bisnis yang menjanjikan, meski era sekarang merupakan era dimana teknologi sudah sangat familiar dan berhasil masuk dalam industri perlengkapan rumah atau kantor. 

Namun nyatanya masih banyak orang yang menyukai kayu sebagai bahan dasar dalam memenuhi aneka macam perlengkapan rumahnya seperti desain interior, lemari, kursi, atau meja.  

Bahkan dalam beberapa jenis furniture, tidak bisa meninggalkan kayu dalam bahan dasarnya, karena dengan kayu akan bisa lebih mempercantik tampilan rumah atau kantor Anda.

Tidak hanya rumah bisnis ini juga dibutuhkan untuk instalansi kantor, sekolah dan masih banyak yang lainnya.

Hal ini semakin mengutakan meski zaman sudah berkembang dengan cepat berjualan aneka barang furniture untuk perlengkapan rumah atau kantor masih memiliki peluang yang besar untuk mendatangkan uang.

Terlebih furniture erat hubunganya dengan industri properti yang justru semakin bergeliat maju menawarkan harga yang terus tumbuh dari tahun ke tahun. Sementara peminatnya juga tak pernah sepi.

Dengan begitu akan mendukung perkembangan bisnis furniture karena akan saling berkaitan.

Berdasarkan data J.P. Morgan tahun 2019 menunjukan bahwa industri furniture dan peralatan rumah tangga menempati urutan ketiga setelah travel dan fashion, yakni sebesar 8.7%, hal ini menunjukan bahwa industri furniture masih menjanjikan dan marketnya yang luas.

Kementerian Perindustrian, mengatakan bahwa pertumbuhan industri furniture di tahun 2018, mengalami kenaikkan sebesar 4.83% dari tahun 2017; yang artinya industri furniture masih memasuki tahap mature.

Sedangkan untuk potensi target market, menurut data dari marketwatch.com, dikatakan bahwa pertumbuhan market dari furniture akan naik hingga 5.2% setiap tahunnya hingga tahun 2023.

Bisnis Furniture akan selalu ada. Karena kebutuhan papan merupakan kebutuhan yang tak kalah penting dari pangan dan sandang. Dan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia.

Demografi penduduk di Indonesia juga sangat mendukung bisnis furniture karena semakin banyak manusia, semakin banyak juga mereka membutuhkan properti dan furniture sebagai bagian dari tempat tinggal yang dibutuhkan.

Tips Memulai Usaha Furniture

Tips Memulai Usaha Furniture

Memulai bisnis furniture tidak serta merta dapat melakukan itu dengan gampang, Anda mesti mempelajari mekanismes bisnisnya dan tentunya cara agar bisnis furniture yang Anda jalankan berjalan seperti yang diharapkan. Berikut tips yang bisa Anda terapakan:

1. Modal Usaha

Untuk memulai bisnis apapun termasuk furniture, hal utama yang perlu disiapkan adalah modal usaha. Terlebih untuk bisa menjalankan bisnis furniture ini memerlukan modal yang tidak sedikit karena kita harus mempersiapkan peralatan dan bahan yang harganya tidaklah murah.

Namun modal bukanlah pengganjal utama dalam sebuah bisnis yang terpenting adalah kualitas mutu yang bisa dibersaing dalam membuat suatu produk.

Jika memang modal merupakan kendala utama cobalah untuk memulai bisnis ini dengan menjadi reseller atau sales furniture. Ini akan memberi Anda pengalaman, networking, dan tentu saja uang kas yang diperlukan.

Nah dari uang yang telah kita hasilkan dan kemapuan yang sudah semakin terasah, Anda bisa mendatangkan modal dari pinjaman suatu bank. Karena beberapa bank di tanah air konsen terhadap pemodalan suatu bisnis lewat program KUR yang ditawarkan mereka.  

2. Pandai membaca peluang

Dalam bisnis apapun tak terkecuali furniture hal yang tak kalah penting dalam mengembangakan bisnis ini adalah pandai membaca peluang yang ada. Maka dari itu Anda harus cermat membaca peluang yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Jika Anda sudah yakin ingin memulai bisnis furniture baca peluang yang sudah ada, jika memang memungkinkan tidak ada salahnya menciptkan peluang sendiri dalam bisnis furniture yang akan Anda jalani.

Tentunya kesemuanya itu sudah dalam kerangka pertimbangan dan analisa yang matang sehingga bisnis furniture Anda nantinya akan cepat berkembang dan tentunya mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

3. Memilih Target Pasar

Langkah selanjutnya dalam menjalankan bisnis furniture adalah memilih target pasar yang jelas. Ingat bisnis furniture ‘lawan’ Anda dalam bisnis ini bukan orang sembarangan.

Karena biasanya orang yang menggeluti bisnis ini adalah orang yang mempunyai kemampuan finansial yang baik. Sehingga kita harus cermat dalam memilih target pasar yang memungkinkan kita bisa ikut ‘bermain’ di pasar mereka.

Memilih target pasar disesuaikan dengan kemampaun kita juga merupakan salah satu stategi yang harus kita pilih supaya kita lebih mudah mengarahkan ke target pasar.

4. Bahan Baku

Bahan baku akan menjadi masalah yang krusial jika kita tidak menyiapkan jauh jauh hari tentang kesediaan bahan baku yang akan Anda gunakan dalam bisnis ini.

Karena kayu di Indonesia semakin sedikit, kalaupun ada, harganya biasanya selangit, karena permintaan pasar yang semakin banyak tentang bahan yang satu ini. Untuk itu Anda harus bisa mengakali itu semuanya dengan beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Sedikitnya ada 3 jenis bahan baku yang banyak dipakai di indonesia, diantaranya:

  • medium Densitey fireboard. Pernahkah melihat meja belajar dari merk terkenal? Bahannya dibuat dari serbuk gergaji kayu yang dipadatkan lalu dilapisi lempengan kayu tipis dan halus. Ini adalah pilihan bagus dan murah untuk produksi masal.
  • Rotan. Bahan satu ini sedang naik daun di pasaran internasional. Indonesia pun kaya akan bahan ini. Namun, anda perlu melakukan pelatihan khusus karena tidak semua orang bisa mengolah rotan.
  • Kayu. Ini adalah bahan yang banyak diminati publik. Bentuknya yang elegan juga menunjukkan harganya yang mahal.

5. Tenaga Kerja

Dalam menjalankan bisnis furniture kita pasti memerlukan tenaga kerja yang mumpuni dalam bisnis ini, karena kita tidak bisa menjalankan bisnis ini sendiri apalagi jika permintaan sudah semakin banyak.

Bisnis ini mengandalakan kreativitas, sehingga Anda tidak boleh terlalu mengekang karyawan Anda, karena jika seseorang terkekang malah akan mengurangi kreativitas mereka, akibatnya kreativitas mereka akan menjadi tumpul. Hal ini bisa berdampak buruk bagi usaha Anda.

6. Pemerintah

Jika bisnis Anda memiliki visi yang besar, maka Anda tidak akan pernah mungkin dapat menghindari pemerintah. Oleh sebab itu dari awal rangkullah pemerintah menjadi mitra yang strategis untuk memajukan bisnis Anda.

Anda juga pastinya memerlukan pemerintah untuk mengurus perijinan usaha Anda seperti NPWP dan SIUP. Untuk itu segeralah urus, daripada Anda mendapatkan masalah di kemudian hari.

Anda juga bisa ikut berbisnis dengan pemerintah lewat beberapa pengadan proyek yang strategis, namun bisanya proyek pemerintah menggunakan sistem lelang, sehingga Anda harus mempersiapkan dari sekarang dokumen-dokumen yang diperlukan.  

7. Terlibat Asosiasi

Komunitas atau asosiasi itu penting dalam Anda menjalankan suatu bisnis, maka dari itu tidak ada salahnya bagi Anda mengikuti asosiasi furniture yang ada disekeliling Anda. Karena dari situ Anda bisa mendapatkan ilmu dan jaringan yang bisa kita manfaatkan dikemudian hari.

Dengan mengikuti asosiasi kita bisa bekerja sama atau bahkan menciptakan peluang baru dalam bisnis yang satu ini. Pada dasarnya telibat dalam asosiasi akan memberi dampak yang positif dalam kemajuan usaha Anda.

8. Berani Ekspor

Jika ijin usaha dan dokumen yang dibutuhkan sudah kita peroleh kenapa tidak Anda coba membuka pangsa ekspor. Banyak orang yang masih ragu jika harus merambah ke pangsa dunia, padahal kesempatannya terbilang terbuka lebar.

Di beberapa belahan dunia yang lain banyak permintaan untuk ekspor furniture. Ini adalah peluang bagus karena tidak semua orang berani melakukannya.

Pasar ekspor sangat laris manis. Selain masyarakat disana menyukai seni kayu. Ada Penyebab yang lain, adalah ketika musim dingin di Eropa datang. Di musim dingin, furniture yang sudah berumur akan dimanfaatkan untuk perapian sebagai penghangat badan.

9. Pasarkan Secara Online

Di zaman yang sudah maju seperti sekarang dan internet sudah bisa diakses oleh setiap orang. Berjualan online merupakan salah satu yang bisa kita manfaatkan dalam mengembangkan binis Anda.

Ada banyak cara yang bisa kita pilih seperti memakasimalkan peran media sosial seperi facebook dan instagram. Atau bahkan kita bisa membuat semacam toko online yang menyediakan barang-barang furniture yang akan kita jual.

Itulah beberapa tips dalam menjalankan bisnis furniture yang bisa Anda coba, bisnis ini memiliki peluang besar untuk mendulang banyak uang, dengan syarat Anda harus cermat dan telaten dalam menjalankan bisnis ini. Semoga sukses.

Costume Furniture Favorit Anda di DOT Furniture Purwokerto

Jika Anda sedang membutuhkan segala macam jenis furniture untuk melengkapi keindahan rumah atau kantor namun Anda ingin mengcostume sendiri furniture yang Anda inginkan silakan hubungi DOT Furniter Purwokerto, kami melayani segala macam jenis furniture yang dibutuhkan dengan kualitas dan tawaran harga yang bersahabat.

DOT Furniture dikelola oleh beberapa orang yang sudah berpengalaman dalam dunia furniture di tanah air, kami sudah berkecimpung dalam bisnis ini puluhan tahun lamanya sehingga bila bermitra dengan kami akan mendapatkan kepuasan dengan hasil yang diinginkan.  

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengubungi Nomor berikut ini 082241627808

Saat  ini kami hanya melayani costume furniture di daerah Purwokerto dan sekitarnya.

Silahkan pesan furniture yang Anda inginkan sekarang juga. Serta dapatkan tawaran-tawaran menarik lainnya.

Berikut kami lampirkan foto hasil proyek yang sudah kami kerjakan:

Tanya Jawab :

Tips Memulai Usaha Furniture?

1. Modal usaha
2. Pandai membaca peluang
3. Memilih Target pasar
4. Bahan Baku
5. Tenaga kerja
6. Kebijakan pemerintah
7. Asosiasi
8. Ekspor
9. Pasarkan online

Bagikan ;