5 Peluang Usaha Fashion di Bulan Puasa yang Bakal Ramai

Bulan Puasa adalah bulan yang mulia serta penuh dengan berkah. Kehadirannya sangat ditunggu oleh Umat Muslim di seluruh dunia karena di bulan tersebut segala yang dilakukan bernilai pahala.

Bulan Ramadhan selain dikenal sebagai bulan ibadah juga dikenal sebagai bulan yang bisa mendatangkan keuntungan untuk para pelaku usaha.

Bisa kita lihat bersama, para pelaku usaha di bulan puasa ini sangat banyak baik yang online maupun offline. Dan yang lebih menarik, di bulan ini para pelaku usaha makanan maupun fashionlah yang paling banyak dilakoni.

Membuka usaha fashion di bulan puasa sangatlah menjanjikan karena erat kaitannya dengan Hari raya Idul Fitri dimana orang-orang biasanya mengenakan baju atau aksesoris baru lainnya.

Bisnis fashion pun beragam adanya dari mulai wanita, anak-anak, hingga pria. Setiap lini fashion yang ada berpeluang mendaptkan keuntungan yang berlimpah.

Fashion pun sering dikaitkan dengan simbol kesucian atau kembali fitri sehingga setiap orang pasti akan membelinya untuk menemani mereka di hari yang fitri.

Nah, jika Anda berniat untuk membuka usaha di bulan puasa, Yuk tengok pembahasan di bawah ini mengenai 5 Jenis Usaha Fashion yang Berpeluang Sukses di Bulan Puasa.

Mengenal Jenis-Jenis Usaha Fashion yang Berpeluang Sukses di Bulan Puasa

1. Berjualan Jilbab atau Kerudung

peluang usaha jualan kerudung/ jilbab

Di bulan puasa, para wanita Muslimah akan berburu fashion jenis jilbab atau kerudung ini.

Tentunya akan mereka kenakan untuk kerja, menghadiri buka bersama, acara Ramadhan, dan untuk persiapan lebaran.

Mereka biasanya lebih antusias dan memperhatikan pula penampilannya terutama untuk jilbab atau kerudung yang dikenakan.

Kabar baiknya, tidak hanya wanita Muslimah saja yang sangat antusias untuk membeli jilbab atau kerudung. Tetapi, mereka yang belum berhijab pun sangat tertarik untuk membeli jenis fashion tersebut yang identik dengan wanita Muslimah.

Wanita Muslimah membeli jilbab atau kerudung selain memang karena kewajiban, juga karena trend jilbab atau kerudung setiap tahunnya mengalami perubahan. Baik dari motif, kain, yang digunakan, sampai jenis jilbab atau kerudung itu sendiri.

Salah satu trend jilbab yang diminati saat ini adalah jilbab syar’I yang biasanya sepadan dengan gamis yang sedang diminati pula oleh para wanita Muslimah.

Selain jilbab syar’i, pashmina dan jilbab instan pun banyak yang mencari karena dengan menggunakan pashmina bisa dibentuk dengan berbagai macam gaya. Sedangkan jilbab instan lebih mudah digunakan dan sangat praktis.

Nah, target pasar untuk berjualan jilbab pun bisa Anda perluas tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Jilbab untuk anak-anak pun ada yang dibuat untuk anak bayi sehingga target pasar Anda semakin luas kembali.

Jika Anda, tertarik untuk berjualan jilbab dan belum ada modal yang mencukupi, maka bisa terlebih dahulu berjualan dengan menjadi reseller.

Media penjualan yang bisa digunakan pun beragam salah satunya dengan media sosial. Lewat media sosial tersebut, Anda tinggal meminta foto-foto produk jilbab dari agen atau distributor yang terpercaya.

Anda cukup mempostingnya, sehari tiga kali di waktu prime time agar teman, kerabat, dan lain sebagainya bisa melihat-lihat produk Anda.

2. Baju Muslimah

Berjualan baju muslimah

Berikutnya, jenis usaha fashion yang berpeluang sukses di bulan puasa adalah baju Muslimah. Sebenarnya di bulan lain pun para wanita banyak yang berburu beragam model baju.

Tak terkecuali saat bulan Ramdahan, mereka pun akan berburu baju Muslimah sesuai dengan trend pada bulan itu.

Baca juga : 5 usaha yang menjadi trend saat ini, Apakah bisnis anda salah satunya !

Jenis baju Muslimah sendiri beragam, mulai dari tunik, gamis, kaftan, dress, dan jenis pakaian Muslimah lainnya.

Jenis pakaian Muslimah tersebut pasti akan dicari oleh semua wanita di seluruh dunia terutama di Indonesia. Dimana notabenenya para wanita ingin tampil berbeda dan menarik di setiap waktu dan momen.

Nah, dengan target pasar yang jelas, Anda tentunya sudah bisa menentukan produk yang akan dijual.

Bahkan target pasar yang dibidik sama halnya dengan jilbab bisa mengarah pada target pasar anak-anak atau pasangan yang biasanya para wanita ingin mengenakan pakaian yang sama dengan keluarganya.

Harga yang dibanderol untuk baju Muslimah sendiri begitu beragam. Ada yang membanderolnya dari mulai Rp 65,000 sampai Rp 500,000 bahkan lebih tergantung bahan dan model pada baju Muslimah tersebut.

Kini, menjual baju Muslimah pun sangat mudah karena tidak perlu memiliki toko. Tetapi, bisa pula menjualnya lewat online.

3. Baju Koko

Berjualan baju koko

Di bulan puasa tidak hanya wanita saja yang ‘’berburu’’ baju. Para pria pun tidak mau kalah untuk mengenakan pakaian terbaiknya baik saat Ramadhan dan juga lebaran.

Tentunya, baju yang mereka minati adalah baju koko yang biasanya dikenakan oleh para pria muslim.

Baju koko sendiri semakin diminati seiring dengan banyaknya model terbaru untuk baju koko tersebut.

Selain modelnya yang beragam, warnanya pun bermacam-macam dan disesuaikan dengan warna kesukaan para pria.

Jika dahulu, baju koko ini identik dengan orang tua. Kini, seiring dengan beragamnnya model baju koko para anak muda pun mulai berburu baju koko ini karena terlihat stylish dan juga syar’i.

Selain berpeluang mendapatkan omset yang berlipat, menjual baju koko ini juga tidak ini cenderung gampang karena model yang tidak terlalu beragam.

Dikatakan berpeluang sukses, karena Anda bisa menjualnya untuk anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjual baju koko, segera datangi produsen-produsen baju tersebut yang ada di kota Anda. Atau bisa pula menjadi reseller dari toko baju muslim yang sudah memiliki brand ternama.

Ingat, jika Anda ingin menjualnya lewat online, maka harus memiliki photo produk dengan lengkap agar konsumen Anda bisa melihatnya dan tertarik untuk membelinya.

4. Perlengkapan Sholat

Bisnis perlengkapan sholat

Usaha fashion berikutnya yang berpelaung sukses di bulan puasa adalah perlengkapan sholat. Perlengkapan tersebut meliputi, Mukena, kopiah, sajadah, tasbih, dan lain sebagainya.

Sangat berpeluang sukses karena orang-orang ingin memiliki perlengkapan sholat yang terbaik untuk melengkapi ibadah mereka baik di bulan Ramadhan dan saat Idul fitri.

Tak hanya itu, biasnaya perlengkapan sholat ini akan diberikan sebagai bonus di hari raya baik dari bos kepada karyawannya, majikan kepada asisten rumah tangganya, atau untuk dibagikan kepada tetangga yang tidak mampu.

Tingginya permintaan akan perlengkapan shalat ini, membuat produsen memproduki perlengkapan sholat dengan beragam model dan jenis.

Contohnya saja mukena, saat ini banyak sekali beragam jenis mukena baik dari bahan, modelnya, dan motif.

Tidak hanya untuk orang dewasa, mukena untuk anak-anak pun sudah banyak diual dengan beragam jenisnya.

Selain mukena, yang diminati oleh orang-orang adalah sajadah. Sajadah ini diminati karena Sudah beragamnya jenis, motif, dan bentuk.

Bahkan ada pula sajadah lipat yang bisa dibawa kemana-kemana dengan praktis. Untuk anak-anak sendiri, sajadah diminati karena bisa dibuat motif yang seusai dengan keinginan.

Nah, dengan mengingat banyaknya minat kepada perlengkapan shalat, maka bisa menjadi daftar list usaha fashion yang akan Anda geluti di bulan Ramadhan.

5. Usaha Jualan Sarung

Berjulan sarung di bulan puasa

Berikutnya adalah usaha fashion sarung. Sarung ini sangat diperlukan oleh kaum adam untuk menemani ibadah mereka di bulan puasa ataupun menjelang lebarangan.

Uniknya, saat ini sarung pun sudah dimodifkasi menjadi sarung celana dimana lebih praktis dan stylish menggunakannya.

Sehingga fungsi sarung ini bisa dikenakan juga untuk pakaian sehari-hari. Selain modelnya yang berbeda, motif sarung pun ada yang sudah dimodifikasi khususnya sarung anak-anak sehingga Sudha banyak anak-anak yang mengenakan sarung sedari kecil.

Sarung pun tidak hanya dikenakan untuk beribadah, sama halnya dengan mukena dan perlengkapan shalat ada yang membelinya sebagai bonus tunjangan hari raya atau THR.

Nah, jika Anda tertarik untuk berjualan sarung, maka bisa segera mencari produsen atau yang menjual sarung untuk dijual kembali.

Peluang sukses menjual sarung pun begitu tinggi, terlebih jika Anda menjualanya lewat online. Dikarenakan bisa menjangkau pasar lebih luas.

Tips Usaha Fashion di Bulan Puasa

Walaupun kelima usaha di atas berpeluang sukses di bulan puasa, tetapi saja ada strategi atau faktor lain yang harus Anda lakukan. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut Tipsnya yang bisa Anda pelajari.

1. Persiapkan Modal

Modal disini bisa berupa uang atau modal lainnya. modal uang memang perlu disiapkan tetapi bukan yang utama.

Karena bila Anda ingin menjual secara online, modal yang diperlukan adalah laptop atau smartphone plus kuota dan pulsa yang mencukupi.

2. Persiapkan Tempat yang Strategis

Tempat ini perlu disiapkan apabila Anda akan menjualnya secara offline. Tempat tersebut tidak harus di mall ataupun ruko, tetapi bisa dilakukan di tempat pasar kaget atau car free daya yang saat ini sudah ada disetiap daerah.

Perlu tempat strategis dikarenakan agar usaha Anda bisa dilihat dan dikenal banyak orang. Namun, jika tidak mendapatkan strategis, maka Anda harus bisa menerapkan strategi baru dengan lebih banyak berjualan lewat online.

3. Menentukan Produk Usaha yang Akan Dijual

Walaupun kelima produk di atas berpeluang sukses di bulan puasa, alangkah lebih baik untuk bisa menentukan produk mana yang akan Anda jual.

Sebaiknya fokus pada satu atau dua produk saja, agar Anda lebih fokus menjualnya, terlebih jika Anda barus pertama kali untuk berjualan.

Dengan menentukan produk usaha yang dijual, Anda bisa fokus pula menentukan target pasar akan dibidik.

4. Tentukan Target Pasar

Seperti apa yang telah ditulis di atas, setiap produk di atas bisa dikenakan oleh wanita, pria dan juga anak-anak.

Nah, Anda bisa menentukan target pasarnya apakah untuk semua target atau hanya slaah satu saja. Hal ini bisa direncanakan sesuai kemampuan Anda untuk menjual usaha fashion tersebut.

5. Promosi Secara Berkala

Setelah menentukan tips di atas, langkah berikutnya adalah mempromosikan produk-produk yang akan Anda jual.

Cara mempromosikannya sendiri bisa secara offline maupun online. Mempromosikan secara offline bisa datang ke pertemuan acara keluarga ataupun arisan yang ada di komplek Anda.

Sedangkan mempromosikan secara online, bisa lewat sosial media, seperti whats’app, Instagram, facebook, website, marketplace, dan lain sebagainya.

Selain bisnis fashion khas bulan puasa, anda juga bisa membaca artikel kami sebelumnya berjudul 13 ide bisnis yang cocok di bulan ramadhan.

Agar usaha Anda lebih sukses dan juga berkah, niatkan pula menjual produk tersebut hanya untuk membantu orang-orang terutama orang yang tidak mampu.

Karena selain urusan dunianya dapat, Anda pun akan mendapatkan pahala akhiratnya. Semoga sukses dan selamat menunaikan ibadah puasa.

Loading...