Tertarik? Inilah 10 Peluang Usaha Paling Menggiurkan Pasca Banjir

Sejak awal tahun 2020 hingga di bulan Maret ini, curah hujan di Indonesia memang masihlah sangat tinggi. Hujan yang terus-menerus datang setiap hari jelas menimbulkan masalah klasik yakni banjir. Hampir setiap hari di media-media elektronik, online atau cetak selalu saja ada informasi mengenai banjir menggenang di suatu wilayah.

Bukan hanya di Jakarta, musibah banjir awal tahun ini juga melanda beberapa kawasan lain seperti Kabupaten Bandung Barat, Lebak-Banten, Sikka-NTT, Demak, Surabaya, Bolaang Mongondow hingga tanah dan jalan longsor di Malang dan Jember. Sudah bisa dipastikan kerugian akibat musibah banjir ini sangatlah besar. Menurut HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia), taksiran kerugian banjir Jakarta menembus Rp1 triliun, seperti dilansir Cermati.

Dengan prediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) bahwa puncak musim hujan terjadi pada Februari-Maret 2020, kewaspadaan jelas masih harus dilakukan. Namun bukan artinya Anda bisa terus-menerus bermuram durja meratapi hilangnya harta benda usai banjir. Di balik kegetirannya, banjir justru bisa menjadi sebuah peluang usaha untuk Anda yang cukup jeli dan meraup keuntungan pasca musibah.

Baca juga: Virus Corona Masuk ke Indonesia, 8 Bisnis Menjanjikan ini Layak Dicoba!

10 Bisnis Paling Menguntungkan yang Layak Dicoba Pasca Banjir

1. Bengkel Kendaraan Bermotor

Bengkel Kendaraan Bermotor
© Liputan 6

Dalam laporan-laporan musibah banjir, selalu disebutkan kalau ketinggian air sampai menembus 1,5 meter. Dengan air menggenang setinggi itu, sudah pasti kendaraan-kendaraan bermotor yang Anda miliki entah mobil atau sepeda motor pasti terendam. Berada di dalam air berlumpur selama berhari-hari, air banjir jelas membuat kendaraan bermotor bermasalah.

Tak heran ketika banjir sudah surut, pemilik usaha bengkel kendaraan bermotor langsung ramai dikunjungi. Permintaan servis kendaraan bermotor pasca banjir sangatlah membludak sehingga bisa jadi peluang usaha menjanjikan. Mau bengkel dadakan di depan rumah atau menyewa lahan secara serius di pinggir jalan, bisnis bengkel bisa dimulai asalkan Anda memiliki montir dan teknisi berkualitas.

Anda bisa mencoba menawarkan servis mulai dari yang paling sederhana seperti pembersihan busi atau karbulator yang memang banyak dibutuhkan setelah kendaraan bermotor terendam air. Dengan tarif di kisaran Rp50-100 ribu rupiah sekali servis, tentu bisa dibayangkan berapa banyak cuan yang diperoleh kalau dalam sehari ada 5-10 sepeda motor datang.

Jika ingin mengembangkan bisnis bengkel makin serius, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menyediakan suku cadang. Karena air yang masuk ke mesin-mesin kendaraan bermotor jelas bisa merusak suku cadang sehingga membuat pemilik mobil harus menggantinya. Tenang, servis penggantian suku cadang jelas memiliki tarif yang lebih besar sehingga keuntungan pemilik bengkel makin meningkat usai banjir.

2. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Kendaraan Bermotor

Ketika musibah banjir tiba, akan ada banyak kendaraan bermotor terendam dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Beruntung jika Anda sudah mendaftarkan asuransi untuk kendaraan bermotor kesayangan, tentu hanya akan tinggal mengajukan klaim saja. Lhah, kalau banyak nasabah yang mengajukan klaim apakah itu tidak membuat perusahaan asuransi bangkrut?

Tenang saja, itu tidak akan terjadi. Tito Sulistio yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama BEI (Bursa Efek Indonesia) kepada Merdeka pernah menyebutkan bahwa banjir tak serta-merta membuat perusahaan asuransi merugi. Perusahaan asuransi jelas mempunyai antisipasi jangka panjang menyambut musim penghujan. Bahkan setelah banjir, kinerja perusahaan asuransi makin positif.

Kok bisa? Ada banyak nasabah yang mengalami keuntungan berkat klaim asuransi kendaraan bermotor pasca banjir, sehingga membuat orang lain tertarik. Konsumen-konsumen baru ini jelas membuktikan kalau bisnis asuransi kendaraan bermotor termasuk yang paling bisa tersenyum lebar pasca banjir. Apalagi dengan fakta banjir tak akan datang sepanjang tahun, perusahaan asuransi bakal tetap mendulang cuan.

3. Servis Alat-Alat Elektronik

Servis Alat-Alat Elektronik
© UKM Riau

Masuknya air banjir ke dalam rumah jelas akan merusak berbagai perangkat elektronik. Mulai dari TV, mesin cuci, kulkas, kipas angin, komputer hingga AC sudah pasti jadi korban keganasan banjir. Perangkat elektronik yang sudah berhari-hari terendam air dan lumpur tak akan bisa beroperasi dengan maksimal. Bahkan jika dipaksa, cenderung berbahaya lantaran bisa memicu konsleting listrik.

Kalau sudah begini, satu-satunya cara yang dilakukan adalah membawa perangkat elektronik ke tukang reparasi. Untuk itulah bisnis servis alat-alat elektronika termasuk yang paling menggiurkan dimulai pasca banjir. Apalagi jika Anda memiliki keahlian di bidang tersebut, bisa membuka servis elektronik dadakan di rumah. Tak perlu mencari konsumen, korban banjir akan datang ke tempat servis sambil membawa perangkat rusak mereka.

Baca juga: 10 Pekerjaan Part Time Menggiurkan Bagi yang Kuliah di Luar Negeri

Tentunya semakin parah tingkat kerusakan dan makin besar perangkat elektronik tersebut, tarif servis jelas makin mahal. Jika dalam satu bulan saja Anda bisa memperbaiki lima perangkat dengan tarif ratusan ribu hingga jutaan Rupiah, pundi-pundi keuntungan jelas di depan mata.

4. Jasa Laundry

Jasa Laundry

Musim hujan yang terus-menerus dan banjir yang melanda membuat jumlah pakaian kotor jelas menumpuk. Apalagi kalau mesin cuci ikut rusak dan sinar matahari malu-malu, kegiatan mencuci baju akan malas dilakukan. Satu-satunya solusi yang bisa dipilih adalah menggunakan jasa laundry. Karena itulah, bisnis laundry menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan setelah banjir surut.

Anda bisa mencoba bisnis laundry dengan modal kisaran Rp5 jutaan di rumah. Lantaran tingginya permintaan cuci, bukan tak mungkin tarif laundry kiloan yang biasanya Rp4-5 ribu bisa melambung dua hingga tiga kali lipat. Supaya bisnis laundry ini sukses, pastikan Anda mencuci dengan benar-benar bersih dan rapi saat menyetrika pakaian. Dengan begitu konsumen akan percaya dan permintaan makin bertambah.

5. Jasa Kebersihan

Jasa Kebersihan
© The Sun

Di kota seperti Jakarta yang kerap jadi langganan banjir, bisnis jasa kebersihan justru bisa jadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Anda bisa memulai bisnis ini secara kecil-kecilan dengan peralatan sederhana seperti sapu, alat pel lantai, kanebo hingga kemoceng. Namun bisnis jasa kebersihan juga bisa dilakukan secara profesional dengan memiliki sejumlah alat seperti penyedot debu sampai penyedot lumpur demi memberikan jasa yang maksimal.

Tak main-main, tarif paket jasa kebersihan yang menjamin mampu menghilangkan lumpur bekas banjir dan membersihkan setiap sudut rumah bisa ditawarkan di kisaran ratusan ribu hingga jutaan Rupiah. Semakin lengkap dan terjamin jasa yang Anda tawarkan, bisnis cleaning service bisa membuat Anda jadi jutawan pasca banjir.

6. Perabotan Rumah Tangga

Perabotan Rumah Tangga
© Detik

Banyaknya perabot rumah tangga yang rusak karena terendam banjir tentu membuat orang ingin membeli yang baru. Biasanya beberapa perabotan yang rusak itu berbahan dasar plastik dan dibutuhkan dalam hal kebersihan rumah atau perlengkapan dapur, hingga kamar mandi. Untuk itulah, bisnis yang bisa dilirik pasca banjir adalah berjualan perabotan rumah.

Untuk memulai bisnis perabotan rumah tidaklah membutuhkan modal terlalu besar. Anda bisa menyewa lapak di pinggir jalan atau ruko khusus, hingga berjualan di rumah. Ingin yang lebih simple? Anda bisa memanfaatkan kendaraan dengan cara jualan perabotan plastik ini dengan berkeliling. Manfaatkan pula keberadaan media sosial untuk berdagang online. Pastikan memperoleh barang dari supplier atau distributor besar sehingga memperoleh harga jual lebih terjangkau.

7. Jasa Pencucian Kendaraan Bermotor

Jasa Pencucian Kendaraan Bermotor
© Satu Harapan

Kendaraan bermotor yang terendam banjir tentu akan memiliki lumpur-lumpur yang menempel. Sebelum bisa digunakan kembali, kendaraan bermotor itu haruslah dicuci. Hanya saja beberapa orang malas mencuci setelah terkena banjir. Untuk itulah jasa pencucian kendaraan bermotor sangat laris-manis dikunjungi pasca banjir. Bahkan sampai ada yang rela mengantre demi sepeda motor atau mobilnya kinclong kembali.

Membuka bisnis jasa pencucian kendaraan bermotor sebetulnya bukanlah hal yang sulit. Anda bisa memulai dengan modal Rp5 juta dan memanfaatkan lahan di depan rumah. Alat-alat yang dibutuhkan pun sederhana seperti air, selang, shampoo, spons, kompresor hingga mesin steam/pressure air. Namun jika ingin serius menggeluti bisnis yang mampu meraup untung jutaan Rupiah per bulan ini, Anda harus menyediakan peralatan yang lebih lengkap dengan modal lebih besar pula.

8. Bisnis Sembako

Bisnis Sembako
© Fast Pay

Dampak beruntun berikutnya yang timbul pasca banjir surut adalah tingginya harga-harga sembako. Mulai dari beras, mie, gula, telur, kopi, teh hingga kebutuhan pokok lainnya, harga jual di pasaran akan melambung sehingga membuat pedagang makin cuan. Untuk itulah berjualan sembako bisa menjadi pertimbangan Anda berikutnya jika ingin memulai bisnis pasca banjir.

Baca juga: Inilah 10 Ide Bisnis Paling Menguntungkan untuk Single Moms, Pasti Sukses!

Disebut sebagai bisnis yang tak ada matinya, berjualan sembako pun tetap bisa berjalan sekalipun musim hujan sudah berganti. Apalagi saat ini tinggal dua bulan lagi menyambut Hari Raya Idul Fitri, harga-harga sembako jelas akan terus meningkat sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan lagi setelah banjir surut. Untuk mulai berdagang sembako, biasanya modal yang dibutuhkan di kisaran Rp5-10 juta dan pasti untung karena target pasarnya jelas.

9. Furniture Rumah Tangga

Furniture Rumah Tangga

Selain merusak peralatan elektronik dan perabotan rumah tangga, banjir juga membuat aneka furniture di dalam rumah hancur hingga hanyut. Barang-barang mebel seperti sofa, kasur, meja, kursi dan lemari yang terbuat dari kayu dan busa memang sangat rentan rusak di musim hujan. Jika tidak memungkinkan untuk dicuci, dikeringkan dan diperbaiki, pilihan satu-satunya adalah membeli furniture baru.

Karena itulah, bisnis furniture mengalami peningkatan permintaan ketika banjir surut dan bisa jadi pertimbangan peluang usaha yang menjanjikan. Untuk memulai bisnis furniture, memang modal yang dibutuhkan cukup besar mengingat harga sofa, kasur dan lemari tidaklah murah. Namun lantaran masyarakat yang habis kebanjiran sangat membutuhkan furniture baru, Anda akan tetap memperoleh konsumen dan meraup untung.

10. Bisnis Air Bersih

Bisnis Air Bersih
© Rencong Post

Saat banjir datang, keluhan yang paling sering dirasakan adalah asupan air bersih. Apalagi banjir selalu membawa air berlumpur yang kotor dan sampah, sehingga bukan tak mungkin merusak saluran air di pemukiman. Kalau sudah begini, air bersih bisa menjadi komoditas bisnis yang cukup menjanjikan. PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sampai mematok tarif ratusan ribu Rupiah untuk setiap tangki air yang dibawa ke pemukiman warga korban banjir.

Baca juga: Layak Dicoba! 10 Ide Bisnis Musim Hujan yang Berikan Untung Besar

Bahkan seorang sopir tangki air yang dibayar per tangki, bisa meraup untung hingga Rp1 juta per hari berkat pengantaran tangki air bersih ke pemukiman warga. Untuk itulah, bisnis air bersih memang sangat menjanjikan dimulai pasca banjir surut.

Bagaimana? Terbukti bukan bahwa banjir bukanlah akhir segalanya. Jika Anda cukup jeli dan bisa memanfaatkan peluang, musibah banjir justru bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Pastikan Anda memilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan kemauan, sehingga mampu menjadi ladang penghasilan menjanjikan pasca banjir. Ingat, selalu buang sampah pada tempatnya supaya banjir tidak datang lagi!