Layak Dicoba! 10 Peluang Usaha Menggiurkan Cocok untuk Pensiunan

Setiap orang yang bekerja entah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau mungkin karyawan perusahaan swasta bonafit, pasti akan mencapai masa pensiun. Ya, masa di mana sudah tidak produktif untuk bekerja ini memang dinantikan tapi juga dihindari.

Ada yang bahagia akhirnya bisa pensiun dengan tenang setelah belasan atau puluhan tahun bekerja. Namun ada yang bersedih karena memasuki masa pensiun berarti akan kehilangan rutinitas pekerjaan yang sudah rutin dilakukan selama ini. Beberapa orang berusia tua yang memasuki masa pensiun bahkan banyak yang mencoba mencari kesibukan supaya tidak rindu kerja.

Meskipun memang beberapa instansi dan perusahaan memberikan Jaminan Hari Tua (JHT), tetap saja menambah penghasilan saat pensiunan begitu menarik. Nah, bagi Anda yang kini tengah menghadapi masa pensiun, sepertinya bisa melirik beberapa peluang usaha berikut ini.

10 Ide Usaha Dengan Untung Besar Yang Cocok Untuk Para Pensiunan

1. Rumah Kos/Kontrakan

peluang usaha kontrakan rumah
peluang usaha kontrakan rumah

Bisnis properti memang tidak pernah merugi. Bahkan harganya terus melonjak seiring dengan kebutuhan manusia akan tempat tinggal. Jika anak-anak Anda sudah hidup mandiri dan berkeluarga sementara banyak kamar kosong di rumah, langsung saja sediakan jasa sewa kamar alias kos-kosan.

Lebih baik lagi kalau Anda memiliki tabungan yang cukup untuk membeli atau membangun rumah, bisa dikembangkan menjadi full kamar kos-kosan atau dikontrakkan dalam jangka waktu tertentu. Usaha rumah kos/kontrakan ini sangatlah menguntungkan dan tidak ribet untuk dijalani. Anda yang sudah memasuki usia pensiun bisa mengelola di sela-sela kegiatan santai di rumah.

2. Rental Kendaraan Bermotor

Manusia jelas butuh alat transportasi, tapi tidak semua orang beruntung bisa memiliki kendaraan bermotor. Jika Anda punya lebih dari satu mobil atau sepeda motor, langsung saja sewakan untuk memperoleh tambahan penghasilan. Bahkan jika memperoleh dana pensiun lebih, bisa dimanfaatkan untuk membeli kendaraan bermotor baru dan disewakan kembali.

Bisnis persewaan kendaraan bermotor ini memang memiliki risiko tinggi, tapi jika semua dijalankan dengan disiplin dan bertanggung jawab, akan memberikan untung besar. Bahkan di momen-momen liburan seperti Hari Raya Idul Fitri atau Tahun Baru, harga sewa mobil dan sepeda motor bisa meningkat berkali-kali lipat. Bukan tak mungkin keuntungan itu bisa Anda gunakan untuk membeli armada kendaraan bermotor baru.

3. Usaha Peternakan

peluang usaha ternak ayam
peluang usaha ternak ayam

Inilah salah satu peluang usaha yang sangat cocok bagi para pensiunan. Selain tak terikat waktu kerja, Anda bisa mengelola sembari mengisi waktu luang. Ada banyak jenis ternak yang bisa Anda pilih entah ayam petelur, ayam daging, sapi, kambing, kerbau, bebek bahkan hingga burung kicau. Setiap ternak jelas memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri.

Untuk itulah sebelum memulai bisnis peternakan, ada baiknya jika Anda banyak bertanya ke pihak yang lebih ahli. Banyak belajar dan melakukan promosi dengan tepat. Bukan tak mungkin usaha peternakan yang dirintis akan membuat masa tua Anda benar-benar menyenangkan dan menguntungkan.

4. Usaha Agrobisnis

Sama seperti bisnis peternakan, usaha agrobisnis juga sangat cocok dilakukan oleh pensiunan. Apalagi jika Anda memiliki lahan kosong yang cukup luas. Lahan itu bisa ditanam aneka hasil bumi menguntungkan seperti padi, jagung, cabai, tomat, wortel, singkong atau tanaman palawija lainnya. Cobalah bekerjasama dengan petani setempat agar bisa memperoleh hasil terbaik.

Kelola usaha agrobisnis secara maksimal entah menjual produk langsung ke konsumen di pasar atau bekerjasama dengan supermarket besar. Selalu belajar dan memperbanyak informasi maka usaha agrobisnis akan bisa berkembang sesuai dengan harapan.

5. Waralaba/Franchise

Baca juga: 8 Ide Bisnis untuk Pria saat Bulan Puasa yang Bikin Cepat Jadi Jutawan

Inilah salah satu jenis peluang usaha untuk pensiunan yang enggan repot. Ya, dengan usaha waralaba, Anda tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar. Bahkan seluruh properti jualan, bahan baku hingga karyawan biasanya sudah disediakan oleh pemilik waralaba.

Anda hanya perlu mengatur dan menyediakan lokasi supaya waralaba tersebut menghasilkan keuntungan. Tenang saja, saat ini ada banyak varian waralaba yang bisa dipilih. Mulai dari waralaba di bidang kuliner, kesehatan, transportasi bahkan industri.

6. Toko Serba Ada

peluang usaha toko sembako
peluang usaha toko sembako

Tetap ingin memperoleh penghasilan tapi dijalankan dari rumah saja saat pensiunan? Maka peluang usaha Toko Serba Ada alias Toserba bakal sangat cocok. Melalui Toserba atau yang kerap disebut toko kelontong, Anda bisa menjalankan bisnis bahkan di rumah sendiri. Mau buka atau tutup toko jam berapapun, semua menjadi hak Anda.

Usahakan untuk menjual barang kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat sekitar seperti sembako, makanan ringan, alat-alat tulis hingga bumbu masak ringan. Dengan begitu, toko kelontong Anda akan selalu didatangi oleh pembeli yang memang membutuhkan.

7. Buka Tempat Makan

peluang usaha restoran prasmanan
peluang usaha restoran prasmanan

Fakta bahwa semua orang butuh makan membuat bisnis tempat makan menjadi peluang usaha yang paling diminati pensiunan. Namun supaya restoran yang Anda kelola bisa menarik perhatian dan mampu bersaing, Anda perlu memiliki konsep yang menarik. Misalkan saja seluruh masakan disajikan secara prasmanan, khusus menyediakan masakan Minang atau cafe.

Pertahankan kualitas masakan, selalu berinovasi dan promosi maksimal adalah kunci bisnis kuliner bisa bertahan sampai kapanpun. Lebih baik lagi jika Anda memiliki tempat yang strategis, sehingga tempat makan yang dikelola bakal laris manis.

8. Agen Travel

Semua orang tentu senang liburan sehingga bisnis paket wisata merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menarik. Anda bisa mengembangkan agen travel yang dikelola dengan menawarkan paket ibadah tertentu.

Atau mungkin demi memperluas pasar, sediakan pula pembelian tiket transportasi umum. Asalkan bertanggung jawab dan profesional, bisnis agen travel bakal menguntungkan.

9. Investasi Tanah

Tidak ada cerita seseorang yang memiliki tanah bakal merugi. Kenapa begitu? Karena harga tanah bakal selalu meningkat. Untuk itulah jika Anda memiliki dana pensiun cukup besar, bisa mulai membeli tanah. Belilah dari ukuran yang paling kecil lalu semakin lama perluas tanah yang dimiliki.

Baca juga: 8 Peluang Usaha untuk Anda Lulusan SMA/ SMK, Anda Bisa Sukses!

Selain bisa jadi investasi jangka panjang, Anda bisa menyewakan tanah ke pihak yang membutuhkan. Harga sewa jelas bakal terus bertambah sehingga bukan tak mungkin dalam kurun waktu beberapa tahun saja, modal pembelian tanah bakal didapat.

10. Counter Pulsa

Peluang usaha counter pulsa termasuk salah satu bisnis yang bisa dikerjakan hampir seluruh pensiunan. Anda bisa memulainya dengan modal sangat minim atau langsung besar. Jika modal minim, asalkan punya ponsel dan deposit awal, Anda bisa berjualan pulsa. Namun jika ingin dikembangkan, Anda bisa menambah deposit pulsa.

Bukan hanya pulsa telepon atau pulsa data internet, Anda bisa menjadi counter pusat pembayaran. Misalkan saja pembelian token PLN atau pembayaran tagihan listrik, air, TV kabel, asuransi, BPJS hingga leasing. Tak perlu khawatir deposit pulsa kadaluarsa karena pastinya setiap hari bakal ada pembeli.

Baca juga : 10 ide bisnis franchise denagn modal kurang dari 10 juta

Lewat 10 rekomendasi peluang usaha di atas, Anda bisa memilih salah satu di antaranya yang paling sesuai dengan kemampuan. Jangan paksakan berbisnis jika Anda sama sekali tidak tahu. Karena masa pensiun memiliki risiko keuangan yang cukup besar, maka Anda harus memilih peluang usaha secara matang dan penuh pertimbangan. Semangat dan selamat menikmati masa pensiun yang menyenangkan.

Loading...